Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Dina Novita Sari
Abstrak :
ABSTRAK
Ajaran melawan hukum materiil dalam tindak pidana korupsi di Indonesia telah lama
dipergunakan dan ditemui dalam Yurisprudensi Mahkamah Agung Republik Indonesia.
Penafsiran dari melawan hukum pun mengalami perkembangan dan terpengaruh dengan
konsep melawan hukum dalam hukum perdata. Permasalahan mengenai bagaimanakah
penerapan dan pergeseran ajaran melawan hukum materiil dalam Yurisprudensi
Mahkamah Agung RI khususnya kasus korupsi sejak berlakunya UU No. 24 Tahun 1960
hingga UU No. 20 Tahun 2001 jo. UU No. 31 Tahun 1999 menjadi pokok pembahasan
dalam penelitian ini. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Mahkamah Agung
mengalami pergeseran pandangan ajaran melawan hukum dari bentuk formil ke dalam
bentuk materiil. Bentuk materiil pun meliputi penggunaan dalam fungsi positif dan
negatif. Pada masa sekarang ini, ajaran melawan hukum materiil cenderung
dipergunakan dalam fungsinya yang positif dimana hakim juga sangat berhati-hati
menggunakan fungsi negatifnya karena tuntutan sosiologis kemasyarakatan yang
semakin besar dalam pemberatasan korupsi. Dengan demikian pendekatan yang
digunakan tidak hanya pendekatan secara hukum tetapi juga secara sosiologis.
Rekomendasi penelitian adalah pemberian batasan penggunaan fungsi positif ajaran ini
dalam kasus serta hakim harus jeli menggali nilai-nilai dalam masyarakat. Metode
penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan desain deskriptif.
abstract
The using of Substantive Law Concept against corruption cases in Indonesia has long
been used and found in the Jurisprudence of The Supreme Court of The Republic of
Indonesia. This concept has been influenced by civil law concept. The application and
the shift of substantive law concept since Act No. 24 In 1960 until Act No. 20 In 2001 jo.
Act No. 31 In 1999 has became the main problems in this research. The result reveal that
The Supreme Court has shifted the view from formal law concept to the substantive law
concept. The substantive law concept used in two kind of function: positive and negative
where the judge also very careful about using negative function because of the demands
from sociological community to eradicate corruption. Thus the approach used is not only
legal approach but also sociological approach. Research recommendation is the provision
limits the use of positive function of this doctrine in the case and the judge should be
cautious explore values in the society. The methode used is the juridical normative with
descriptive design.
Universitas Indonesia, 2012
S43672
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Tobing, Christopher
Abstrak :
ABSTRAK
Salah satu wewenang Presiden sebagai Kepala Pemerintahan dalam sistem
presidensil adalah wewenang mengangkat pejabat publik. Wewenang ini termasuk
dalam bidang wewenang administrasi yang disebut juga sebagai hak prerogatif
Presiden. Wewenang ini merupakan wewenang yang melekat pada Presiden
sebagai bagian dari kekuasaan pemerintahan yang disebutkan pada Pasal 4 ayat
(1) UUD 1945. Wewenang ini telah mengalami pembatasan setelah perubahan
UUD 1945 sebagai akibat semakin dianutnya teori pemisahan kekuasaan pada
UUD 1945. Presiden tidak dapat lagi dengan leluasa mengangkat pejabat publik
tanpa melibatkan lembaga legislatif (DPR). Skripsi ini akan secara khusus
membahas mengenai pengangkatan jabatan Wakil Menteri. Jabatan Wakil
Menteri, walaupun tidak disebutkan secara eksplisit pada Pasal 17 UUD 1945,
bukan berarti bahwa jabatan Wakil Menteri ini inkonstitusional sehingga Presiden
tidak dapat membentuk jabatan Wakil Menteri ini. Berdasarkan pada Putusan
Mahkamah Konstitusi No. 79/PUU-IX/2011, jabatan Wakil Menteri tidak
inkonstitusional sehingga jabatan Wakil Menteri tersebut dapat dibentuk. Putusan
ini juga memperkuat wewenang Presiden dalam mengangkat jabatan Wakil
Menteri.
Abstract
One of the Presidential power as Head of Government in presidential system is
power to appointing public official. This power is part of administrative power
which is also known as President prerogative. This power is attached to the
President as part of the power of government mentioned in the article 4 paragraph
(1) Indonesia constitution. This power has experienced restrictions after the
change of constitution as a result of the embrace of the theory of separation of
powers in Indonesia constitution. President can no longer freely appoint public
officials without involving the legislature (the House of Representatives). This
thesis will in particular discuss the appointment of the position of Vice Minister.
The position of Vice Minister, although not explicitly mentioned in Article 17
Indonesia constitution, not mean that the position of Vice Minister of this
unconstitutional, so the President can not establish the position of Vice Minister.
Based on the Constitutional Court Decision Number 79/PUU-IX/2011, the
position of Vice Minister not unconstitutional so that the position of Vice Minister
can be formed. This ruling also strengthens the power of the President in
appointing the position of Vice Minister.
Universitas Indonesia, 2012
S43673
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Rahmanofa Yunizaf
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library