Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Achmad Syaeful Anwar
"Naskah disertasi dengan judul ?Perkembangan Teater Kontemporer Indonesia 1968-2008? adalah suatu hasil penelitian yang tercakup dalam disiplin ilmu sejarah yang fokusnya berada dalam disiplin ilmu sejarah kesenian dan yang secara khusus di dalam seni teater. Kurun waktu dimulainya penelitian yaitu sejak tahun 1968 bertepatan dengan diresmikannya penggunaan pusat kesenian Taman Ismail Marzuki di Jakarta. Sementara itu, masa berakhirnya penelitian pada tahun 2008 bersamaan dengan berakhirnya masa pemerintahan Presiden R.I. ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Di antara rentang waktu itulah teater kontemporer Indonesia dibeberkan sebagai sebuah kajian untuk sumber penulisan naskah disertasi ini. Landasan teori yang dipergunakan untuk mengungkapkan makna di balik peristiwa serta proses berlangsungnya perkembangan teater kontemporer Indonesia bertolak dari teori strukturistik yang diperkenalkan oleh Christoper Lloyd, Anthony Gidden, dan Charles Tilly. Dalam teori strukturistik ini dapat diungkap hal-hal yang tidak kasat mata mengenai relasi, makna, institusi dari agency dan struktur. Pemeran utama atau aktor sebagai agen perubahan maupun institusi sebagai bagian dari struktur secara sadar melakukan perubahan dalam masyarakat. Berdasarkan analisis data yang terkumpul dapat diungkap suatu kesimpulan peran peran dari setiap kelompok teater kontemporer terutama dari Bengkel Teater pimpinan Rendra, Teater Mandiri pimpinan Putu Wijaya, Teater Koma pimpinan N. Riantiarno.

This dissertation ?Development of Indonesian contemporary theatre 1968-2008? is the result of a research encompassed in the discipline of history with the focus being in the realm in the discipline of the history of the arts and specifically in the theatre arts. The time frame in which the research of Taman Ismail Marzuki (TIM) in Jakarta. Then the research ended 2008 coinciding with the end of the presidential term of the 6th President of the Republic of Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Between those time frames, the Indonesian contemporary theatre is described to be an assessment as source materials for the writing of this dissertation. The theoretical platform used to discover the meaning behind the event and the process of the development of the Indonesian contemporary theatre is derived from the structuration theory introduced by Christopher Llyod, Anthony Gidden, and Charles Tilly. The structuration theory can uncover intangible issues regarding relations, meanings, institutions of agency and structure. The main role players or actors are agents of change or institution as part of the structure that is consciously making change in society. Based on the analysis of accumulated data conclusion can be surmised of the roles of each contemporary theatre companies especially of Bengkel Teater led by Rendra, Teater Mandiri led by Putu Wijaya, Teater Koma led by N. Riantiarno."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
D1266
UI - Disertasi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rima Dini Rahayu
"ABSTRAK
Teater Koma dibentuk pada tahun 1977 oleh N. Riantiarno dan kawankawan.
Mereka merupakan salah satu kelompok teater kontemporer Indonesia
yang paling sukses. Mereka berniat untuk menciptakan sebuah kelompok teater
yang berbeda dari sebelumnya. Dalam Teater Koma unsur gerak, tari dan nyanyi
bersatu menjadi sebuah karya yang dibalut dengan cara-cara produksi modern.
Di Indonesia, kebijakan pemerintah Orde Baru mengenai stabilitas
nasional turut mempengaruhi perkembangan bidang seni dan budaya pada
masanya. Kebebasan berekspresi ditekan dengan tujuan menghindari konflik
dalam negeri. Hal ini turut mempengaruhi perkembangan Teater Koma sehingga
banyak karya-karyanya yang mendapat masalah karena dianggap bersinggungan
dengan kebijakan tersebut.
Seiring berjalannya waktu, para anggota datang dan pergi, Teater Koma
mengalami berbagai perkembangan. Meskipun terhadang batu bernama
?kebijakan pemerintah? dalam rangka mewujudkan stabitilas nasional. Namun
dengan dukungan seluruh anggota Teater Koma dan segenap seniman dari luar
kelompoknya, Terater Koma terus memperjuangkan hak demi terus berkarya.
Teater Koma, sebuah wujud kelompok teater kontemporer yang terus
bereksplorasi tanpa henti dengan menggabungkan berbagai unsur modern dengan
tradisional. Sampai kapanpun namanya akan tetap ?Koma?.

ABSTRACT
Teater Koma was formed in 1977 by N. Riantiarno and his friends. This is
one of the most successful Indonesia contemporary theater group. They created a
group of theater which different from the earlier. In Teater Koma, elements of
movements, dance and sing united into a masterpiece that wrapped by means of
modern theatrical method.
In Indonesia, New Order?s government policy of national stability was
also affected art and culture. The freedom of expression was pressured to avoid
national conflict. This also affected on the development of Teater Koma, that is
why many of its creations got in trouble, because it was collide with the policy.
Over time, members come and go, Teater Koma undergone various
developments. Even though they blocked by a rock called ?government policies?
in order to achieved national stability. But with all the supports of members and
artists, Theater Koma were continuing fight for their rights.
Teater Koma, a form of contemporary theater group that continues to
explore endlessly by combining modern with traditional elements. Its name will
forever remain "Koma" (In Indonesian the word koma is conjunctive, which
means that Teater Koma will always keep on continuing their works)."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42188
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library