Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 127 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Badan Penerbit Pekerjaan Umum, 1972
R 624.03 IST
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
"ABSTRAK
The use of fiber reinforced polymer (FRP) composites for the seismic retrofit of columns and piers, flexural strengthening of beams and girders, and strengthening of slabs has been fairly well established on a structural basis. However, aspects related to materials selection and use, design detailing, fracture and failure mechanisms, and durability are still not well understood. The functional efficiency of the rehabilitated structure is largely dependent on materials-related issues, which are highlighted in this paper, emphasizing effects pertaining to constituent materials, interfaces, and overall systems response. Major implications of processing and fabrication schemes are highlighted focusing on materials use efficiency, potential of defect formation, and effects on durability. Examples of the importance of detailing are shown, and design guidelines pertaining to materials are discussed."
Reston: American Society of Civil Engineers, 2018
624 JMC
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Wiratman Wangsadinata
Bandung: Bandung, 1968
624.01 WIR t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Wiratman Wangsadinata
Bandung: Bandung, 1968
624.01 WIR t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hutajulu, Benhard
"Tingginya tingkat perjalanan dan jumlah kendaraan yang memadati jaringan jalan di Jakarta mengakibatkan kemacetan hampir di seluruh ruas jalan, terlebih pada jam sibuk yang dapat dilihat dari parameter VIC yang mendekati 1. Hal ini mengakibatkan travel time menjadi lebih lama, juga mengakibatkan biaya perjalanan menjadi lebih mahal dan tingkat pencemaran udara yang lebih tinggi.
Untuk mengurangi jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta hanya sebagai perlintasan dan perjalanan di wilayah DKI Jakarta sendiri maka keberadaan Jakarta Gutter Ring Road sangat diperlukan.
Adapun penelitian ini menganalisis route choice (pemilihan tol-non tol) menggunakan model probit dengan pendekatan simulasi Montecarlo. Sebagai perbandingan, model logit dan model probit dengan pendekatan Clark juga dianalisis. Alat bantu untuk menganalisis dilakukan dengan membangun program Montecarlo menggunakan bahasa VB.
Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan metoda Stated Preference.
Dari hasil estimasi parameter model yang dibangun terlihat bahwa atribut yang memberikan utilitas positif adalah atribut penghematan waktu dan atribut yang menghasilkan disutilitas adalah atribut biaya.
Model probit simulasi Montecarlo menghasilkan kondisi yang lebih mendekati kondisi lapangan dibandingkan dengan model Logit dan probit Clark, hal ini dapat terlihat dari nilai teta Montecarlo yang selalu lebih kecil dibandingkan dengan model Logit dan probit Clark, dimana hal ini menggambarkan lebih terdistribusinya data model probit dengan menggunakan simulasi Montecarlo. Akan tetapi perbedaan model dengan kondisi aktual menghasilkan model probit dengan pendekatan Montecarlo terbesar yaitu : 4.7 %, untuk model probit dengan pendekatan Clark sebesar 3.6 % dan model Logit sebesar 0.9 %, hal ini dikarenakan model probit dengan pendekatan simulasi Montecarlo menganalisis data dengan membangkitkan data dan memperhitungkan error term
Hal menarik dari penelitian ini adalah ditemukannya parameter lamda yang mengakomodir responden yang captive. Dimana pada kondisi utilitas maksimum masih ada user yang tidak memilih tot. Probabilitas responden captive bervariasi dengan nilai
1. katagori 1 = 18 %
2. katagori 2 = 17 %
3. katagori 3 = 16 %
4. katagori 4 = 15 %
5. katagori 5 = 12 %
6. katagori 6 = 9 %
7. katagori 7 = 9 %
Hal ini menyebabkan pada londisi Utilitas tol = utilitas non tol, probabilitas yang memilih tol 50 %, tetapi turun sebesar probabilitas responden captive.
Sedangkan tarif tol yang ditawarkan untuk masing-masing katagori lebih banyak berada di atas nilai waktu responden. Hal ini mengakibatkan keengganan dari responden untuk memilih tol."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T14648
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Bahrawi
"Perkembangan perusahaan-perusahaan penerbangan (airline) dengan konsep biaya murah (low cost airlines) sejak pertengahan tahun 2000 berdampak pada terjadinya kompetisi antar airline. Persaingan antar perusahaan penerbangan dalam rangka mendapatkan pasar dapat kita lihat dari terjadinya 'perang tarif' antar perusahaan. Perang tarif antar airline perlu dikaji dan dicermati, sehingga tidak merugikan baik konsumen selaku pengguna jasa maupun perusahaan penyedia jasa itu sendiri.
Untuk itu perlu diadakan suatu kajian mengenai kompetisi yang terjadi antar perusahaan penerbangan. Sumatera Utara dengan bandaranya Polonia merupakan salah satu daerah yang juga dilayani oleh perusahaan penerbangan berbiaya mewah. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan dokumentasi dan mengkaji kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait dengan low cost carriers, mengetahui tingkat elastisitas pengguna jasa penerbangan (jumlah penumpang) dengan tingkatan tarif untuk masing-masing maskapai penerbangan.
Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah masih cenderung reaktif atas perkembangan yang terjadi di lapangan. Hal ini terlihat dari kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan adalah setelah terjadinya suatu peristiwa atau kejadian di lapangan. Dari hasil model utilitas yang dibangun, dimana variabel-variabel yang digunakan adalah variabel kenaikan harga, keterlambatan yang dialami selama penerbangan dan sumber dana yang ada didapatkan bahwa ketiga variabel tersebut sangat mempengaruhi probabilitas pemilihan suatu airline. Model utilitas dibangun dengan menggunakan data yang didapatkan dari quisioner dengan menggunakan metode stated preference."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16963
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damanik, Rudi
"Adanya anggapan bahwa menggunakan sepeda motor jauh lebih murah dan lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum tidak mengurangi minat orang yang melakukan perjalanan menuju Jakarta untuk tujuan bekerja menggunakan sistem Park and Ride (P&R) sepeda motor. Orang menggunakan sepeda motor sampai stasiun kereta api, terminal bus atau pintu-pintu tol lalu melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sehingga memilih menggunakan sistem P&R, menganalisa manfaat yang diperoleh bila dibandingkan dengan menggunakan sepeda motor serta menganalisa daerah pelayanan suatu fasilitas P&R sepeda motor. Survei stated preference dilakukan terhadap orang yang menitipkan sepeda motornya di 3 (tiga) stasiun kereta api KRL Jabotabek. Metodologi yang digunakan adalah dengan analisa secara deskriptif, selisih biaya umum perjalanan dan perubahan surplus konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna P&R dengan moda KRL Ekonomi adalah tarif kereta api, waktu perjalanan, usia, tingkat pendapatan dan pernah atau tidak menggunakan sepeda motor sebelumnya. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi bagi pengguna P&R dengan moda KRL Ekspres adalah tarif kereta api dan waktu perjalanan. Manfaat yang didapat pengguna P&R dengan moda KRL Ekonomi adalah biaya perjalanan yang lebih murah sebesar Rp. 1.929,-, serta tingkat ketidaknyamanan dan resiko kecelakaan yang lebih rendah yang dinyatakan dengan selisih biaya umum perjalanan sebesar Rp. 3.808,-. Sedangkan pengguna P&R dengan moda KRL Ekspres mendapat manfaat berupa waktu perjalanan lebih cepat 7,86 menit serta tingkat ketidaknyamanan dan resiko perjalanan yang lebih rendah yang dinyatakan dengan selisih biaya umum perjalanan sebesar Rp. 6.053,-. Daerah pelayanan suatu fasilitas P&R dipengaruhi oleh aksesibilitasnya dan jarak antara lokasi P&R dengan tujuan perjalanan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16865
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Budiman
Bandung: M2S, 1991
R 624.03 ARI k
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Luqmanul Hakim
"Secara umum investasi teknologi informasi memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja perusahaan baik yang terukur dan tidak terukur. Upaya pengukuran seberapa jauh pengaruh investasi teknologi informasi terhadap kinerja perusahaan perlu dilakukan untuk membantu manajemen perusahaan dalam hal keputusan investasinya. Thesis ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran hubungan faktor-faktor investasi teknologi informasi terhadap kinerja perusahaan. Teknik estimasi yang digunakan adalah dengan mengidentifikasi variabel total investasi dan kinerja perusahaan pada periode waktu tertentu. Ukuran kinerja perusahaan didasarkan pada standar rasio keuangan, yaitu rasio profitabilitas. Agar dapat memperoleh gambaran yang menyeluruh terhadap sistem informasi perusahaan, dilakukan pula pengukuran kapabilitas teknologi informasi dan kinerja sistem teknologi informasi tersebut.

In general, information technology investment give a significant impact in firm performance both for tangible and intangible. Measurement effort how information technology invesment influencing company performance require to be conducted to assist company management in the case of decision of their invesment. This Thesis asses the relationship between information technology invesment factors and company performance. Estimation technique used in this thesis is identifying total variable of company performance and invesment at selected period of time. Company performance measurement based on monetary ratio standard, that is profitability ratio. In order to obtain useful information about firm information system, it also measures the implementation of information technology capability and information system performance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24253
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Aditya Firmansyah
"Infrastruktur listrik, gas dan air bersih mempunyai peranan yang cukup strategis dalarn perekonomian nasional. Pembangunan infrastruktur listrik, gas dan air bersih ini melibatkan proyek-proyek konstruksi berskala besar yang bila terealisasi dapat menimbulkan dampak kepada kebutuhan sumber daya proyek konstruksi dan dampak bagi perekonomian nasional. Dalam membentuk Produk Domestik Bruto, pembangunan infrastruktur listrik, gas dan air bersih melibatkan sektor konstruksi tidak berdiri sendiri melainkan berinteraksi dengan sektor-sektor lainnya.
Interaksi yang terjadi antar sektor memunculkan keterkaitan sektor listrik, gas dan air bersih dengan sektor konstruksi dan sektor lainnya sehingga setiap permintaan akhir yang terjadi terhadap output di sektor ini tidak saja berpengaruh pada peningkatan aktivitas ekonomi untuk pembentukan output di sektor listrik, gas dan air bersih saja tetapi juga di sektor konstruksi dan sektor lainnya yang pada akhirnya berpengaruh pada aktivitas ekonomi secara nasional. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan multiplier effect dari pembangunan infrastruktur listrik, gas dan air bersih terhadap perekonomian nasional khususnya sektor konstruksi.
Pertanyaan yang harus dijawab dalam penelitian ini, yaitu:
Pertama, seperti apa hubungan keterkaitan antar sektor ekonomi yang dipengaruhi oleh sektor listrik, gas dan air bersih.
Kedua, berapa besar dampak multiplier effect dari setiap peningkatan pembangunan infrastruktur listrik, gas dan air bersih terhadap output sektor konstruksi dan sektor lainnya.
Ketiga, berapa besar dampak investasi listrik, gas dan air bersih terhadap proyek konstruksi.
Keempat, bagaimana hubungan faktor investasi listrik, gas dan air bersih dengan multiplier effect-nya terhadap sektorkonstruksi.
Pendekatan penelitian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, yaitu pendekatan analisis arsip (archieval analysis) untuk menjawab pertanyaan pertama dan kedua, sedangkan untuk menjawab pertanyaan ketiga dilakukan pendekatan survai dan pertanyaan keempat dengan studi kasus pada investasi proyek pembangunan infrastruktur listrik, gas dan air bersih.
Dari basil penelitian diperoleh hubungan keterkaitan kedepan sektor listrik dengan sektor perdagangan dan sektor bangunan dan hubungan keterkaitan ke belakang dengan sektor pertambangan dan penggalian. Setiap perubahan permintaan pada investasi pembangunan infrastruktur listrik, gas dan air bersih mempunyai dampak pengganda (multiplier effect) terhadap perekonomian nasional yang ditinjau terdiri dari peningkatan kesempatan kerja, nilai tarnbah bruto, pajak tak langsung serta upah dan gaji. Dari basil analisis studi kasus diperoleh bahwa faktor-faktor investasi pada infrastruktur listrik, gas dan ail' bersih rnernpunyai hubungan keterkaitan yang kuat dengan multiplier effect perekonomian nasional khususnya sektor konstruksi.

Electricity, gas and water supply infrastructure sector play a strategic role in the national economic. The development of this sector involve a big scale construction projects which create impact on the resource used in the project and also have impact to the growth of national economic. Electricity, gas and water supply infrastructure sector together with other economic sectors form Gross Domestic Bruto. Each sector cannot stand alone and need other sector to have transaction so it makes interaction among the sectors.
This interaction makes not only rising in the sector which is developed but also increasing in the other sectors. The development in electricity, gas and water supply infrastructure sector not only make raising in the electricity, gas and water supply infrastructure sector itself but also increasing in the construction sector and other economic sector so it influence to the national economic growth. The purpose of this research is to analyze multiplier effect of electricity, gas and water supply infrastructure sector's development to the national economic, especially to the construction sector.
Few research question that have to be answered are:
first, how is the interaction among economic sectors due to development in electricity, gas and water supply sector;
second, How much multiplier effect affected to the construction sector and other sectors due to development in electricity, gas and water supply sector;
third, how much resources is impacted on the power plant construction project;
fourth, how is the relationship between electricity, gas and water supply sector and the multiplier effect of the construction sector. Archieval analysis to answer the first and second research question, survey to answer the third research question and case study to answer the fourth.
The results of this research are interaction among economic sectors especially forward and backward linkage of electricity, gas and water supply sector. Multiplier effect of electricity, gas and water supply sector development are looked from increasing of job opportunity, gross domestic product, indirect tax and also salary of employee. The result of relationship between electricity, gas and water supply sector and construction sector show that investment in electricity, gas and water supply sector have great influence to the national economic especially the construction sector."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24300
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>