Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Riska Aghnatia
Abstrak :
ABSTRAK
Pertumbuhan teknologi mobile dan peningkatan penggunaan smartphone memberikan kesempatan bagi perusahaan inovasi untuk menciptakan metode pembayaran baru untuk customers mereka. Near Field Communication (NFC) mobile payment memungkinkan konsumen mengubah smartphones menjadi dompet digital. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor product dan personal-related, serta attractiveness of alternatives terhadap intention to adopt NFC mobile payment, studi kasus TCASH Tap. Responden penelitian ini adalah pengguna Telkomsel dan belum menggunakan TCASH Tap. Data yang didapatkan diolah menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan semua variabel, kecuali perceived ease of use, perceived risk, perceived cost, absorptive capacity, dan attractiveness of alternatives, berpengaruh positif terhadap intention to adopt.
ABSTRACT
The growth of mobile technology and the increase use of smartphones have given opportunities for innovative companies to create new payment method for their customers. Near Field Communication (NFC) mobile payment can enable consumers to turn their smartphones into digital wallets. This study aims to analyze the effect of product-related and personal-related factors, and attractiveness of alternatives on intention to adopt NFC mobile payment. It uses Multiple Regression analysis. The result is all variables, except perceived ease of use, perceived risk, perceived cost, absorptive capacity, and attractiveness of alternatives, are significantly influence intention to adopt NFC mobile payment.
2016
S65285
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Sena Adipraja
Abstrak :

Pembayaran digital di Indonesia dari tahun 2016 hingga 2021 diproyeksikan akan bertumbuh sebesar 788%. Penggunaan sistem pembayaran digital yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia akan memberikan pertumbuhan inklusif, kemudahan, dan kenyamanan yang akan membuat akselerasi transaksi di Indonesia. Data penelitian diperoleh dari hasil pengumpulan kuesioner online serta didapatkan 356 responden dengan 42% dari Pulau Jawa-Bali, 19% dari Pulau Sumatera, 16% dari Pulau Kalimantan, dan 22% dari Pulau Sulawesi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling alternatif yang berbasis varians, yaitu Partial Least Square. Faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah trust (kepercayaan pengguna), perceived ease of use (kepercayaan pengguna terhadap pemberi layanan), perceived usefulness(kegunaan yang dirasakan oleh pengguna), perceived risk (persepsi kerusakan yang mungkin dialami pelanggan saat menggunakan layanan),convenience (kenyamanan), attitude towards service (sikap pengguna terhadap layanan yang diberikan), social influence (pengaruh sosial), dan behavioral intention.  Dari penelitian ini didapatkan bahwa faktor yang mempengaruhi penggunaan layanan pembayaran digital di Indonesia menggunakan model adopsi Technology Acceptance Model (TAM) adalah perceived usefulness (kegunaan yang dirasakan oleh pengguna), trust(kepercayaan pengguna), social influence (pengaruh sosial), dan attitude towards service (sikap pengguna terhadap layanan). Kelima dari faktor tersebut secara empiris berpengaruh dalam keinginan pengguna untuk menggunakan pembayaran digital di Indonesia.


Digital payments in Indonesia predicted from 2016 to 2021 will grow by 788%. The use of a digital payment system that is in accordance with the needs of the Indonesian people will provide inclusive growth, convenience, and comfort that will accelerate transactions in Indonesia. The research data was obtained from an online survey collection and obtained 356 respondents with 42% from Java-Bali Island, 19% from Sumatra Island, 16% from Kalimantan Island, and 22% from Sulawesi Island. Hypothesis testing in this study uses an alternative Structural Equation Modeling method based on variance, namely Partial Least Square. The factors used in this study are trust, perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, convenience, attitudes towards services, social influence, and behavioral intentions. From this study it was found that the factors that affect the intention to use digital payment services in Indonesia using the Technology Acceptance Model (TAM) adoption model are the perceived usefulness, trust, social influence, and attitudes towards the service. These five factors empirically influence the desire of users to use digital payments in Indonesia.

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library