Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Metri Sriwati
"ABSTRAK
Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara nilai tukar
terhadap nilai ekspor dan impor di Indonesia, baik pada jangka pendek
maupun jangka panjang. Data yang digunakan adalah data ekspor dan
impor bilateral Indonesia dengan 37 negara mitra dagang Indonesia
antara 1980:1 sampai 2006:4, diolah dengan memanfaatkan
pendekatan kointegrasi dan error-correction model. Hasilnya pada
jangka pendek, arah dan besarnya pengaruh perubahan nilai tukar
terhadap nilai ekspor, dan impor Indonesia dengan negara mitra
dagang tidak memiliki pola dan tidak memiliki pengaruh yang
signifikan. Sementara pada jangka panjang, pengaruh perubahan pada
nilai tukar riil atau pendapatan terhadap nilai ekspor dan impor yang
berlaku sesuai hipotesis untuk sebagian besar negara, terutama
negara-negara mitra dagang Indonesia yang nilai perdagangannya
termasuk 10 besar. Pengaruh perubahan nilai tukar terhadap niiai
ekspor maupun impor, rata-rata akan bertahan selama lima triwulan.
Perdagangan Indonesia dengan 18 negara memenuhi Marsha/I Lerner
Condition. Termasuk di dalamnya negara yang termasuk 10 besar
mitra dagang Indonesia, yaitu: Jerman, Jepang, Malaysia, Singapura,
Thailand, dan Amerika Serikat

"
2007
T34463
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Utami Kusuma Negara
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas masalah eksklusivitas ekonomi arus utama dalam ilmu ekonomi, eksklusivitas ini berdampak pada munculnya masalah sosiologis, pedagogis dan metodologis dalam ilmu ekonomi. Untuk menjawab hal tersebut, penelitian ini menggunakan perspektif Kuhnian untuk menunjukkan secara jelas sisi sosiologis yang ada dalam sains dan mekanisme dalam bekerjanya ruang lingkup komunitas ilmiah itu sendiri, dalam hal ini ekonomi. Untuk memahaminya, penelitian ini berusaha melihatnya dari awal perkembangan ekonomi sebagai suatu disiplin ilmu yang mulai menemukan bentuknya, terutama dari awal periode ekonomi klasik hingga titik revolusi marginalis sebagai transisi ke ekonomi neoklasik. Untuk tujuan metodologis, penelitian ini secara khusus melihat aspek nilai dalam analisis eksplanasi. Wawasan yang diperoleh dari penggambaran retrospektif ini kemudian digunakan untuk membandingkan permasalahan dalam arus utama ekonomi, di mana sisi inklusivitas justru muncul di era pra-paradigma. Makalah ini menyimpulkan bahwa sangat penting untuk mencoba memperluas definisi komunitas ilmiah dalam suatu disiplin ilmu.
ABSTRACT
This thesis discusses the issue of mainstream economic exclusivity in economics, this exclusivity has an impact on the emergence of sociological, pedagogical and methodological problems in economics. To answer this question, this study uses a Kuhnian perspective to clearly show the sociological side that exists in science and the mechanism in which the scientific community itself operates, in this case the economy. To understand it, this study seeks to see it from the beginning of economic development as a discipline that began to find its form, especially from the beginning of the classical economic period to the point of the marginalist revolution as the transition to neoclassical economics. For methodological purposes, this study specifically looks at the value aspect in explanatory analysis. The insights gained from this retrospective depiction are then used to compare problems in the mainstream of the economy, where the inclusivity side actually emerged in the pre-paradigm era. This paper concludes that it is important to try to broaden the definition of the scientific community within a discipline."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Putri Fadillah
"Pertumbuhan streaming musik telah mengubah industri musik secara signifikan, dengan sebagian besar pendapatan berasal dari aktivitas streaming. Di Indonesia, konten musik online merupakan konten online yang paling banyak diakses masyarakat setelah konten video online. Model bisnis freemium menjadi populer di platform streaming music atau platform Audio on-Demand (AoD) seperti Spotify, YouTube Music, dan Joox, di mana pengguna dapat mengakses layanan dasar streaming musik secara gratis serta melakukan peningkatan ke versi premium untuk fitur tambahan. Namun, terjadi penurunan pengguna premium Spotify sebesar 4% persen dari Q1 2019 hingga Q1 2023 yang memunculkan pertanyaan menarik mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pengguna untuk meningkatkan langganan ke premium pada AoD freemium. Untuk meneliti hal tersebut, peneliti menggunakan teori Consumer Value Theory (CVT), yaitu teori yang digunakan untuk memahami perilaku konsumen dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihannya dalam berbagai kategori produk dan layanan. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh secara kuantitatif melalui kuesioner yang diisi oleh 693 responden dan kualitatif melalui wawancara dengan 30 narasumber. Data kuantitatif diolah dengan Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM), sedangkan data kualitatif diolah menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa enjoyment, performance expectancy, social influence, attractiveness of alternatives, facilitating conditions, dan price value berpengaruh terhadap intention to upgrade to AoD premium. Selain itu, intrusiveness of alternatives juga berpengaruh terhadap enjoyment pengguna platform AoD. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembang platform AoD agar dapat meningkatkan jumlah pengguna akun premium pada aplikasinya.

The growth of music streaming has significantly transformed the music industry, with the majority of revenue now coming from streaming activities. In Indonesia, online music content is the most accessed online content after online video content. The freemium business model has become popular on music streaming platforms or Audio on-Demand (AoD) platforms such as Spotify, YouTube Music, and Joox, where users can access basic music streaming services for free and upgrade to premium versions for additional features. However, there has been a 4% decrease in Spotify premium users from Q1 2019 to Q1 2023, raising intriguing questions about the factors influencing users' decisions to upgrade to premium subscriptions on freemium AoD platforms. To investigate this, researchers used the Consumer Value Theory (CVT), which is employed to understand consumer behavior and the factors influencing their choices across various product and service categories. The data for this study were collected quantitatively through questionnaires filled out by 693 respondents and qualitatively through interviews with 30 participants. Quantitative data were analyzed using Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM), while qualitative data were processed using content analysis. The results showed that enjoyment, performance expectancy, social influence, attractiveness of alternatives, facilitating conditions, and price value affect the intention to upgrade to AoD premium. Additionally, the intrusiveness of alternatives also affects users' enjoyment of AoD platforms. The findings of this study are expected to provide insights for AoD platform developers to increase the number of premium account users on their applications."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library