Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Nicholson, David W.
Boca Raton: CRC Press, Taylor & Francis Group, 2008
620.112 1 NIC f
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Prazna Anindito
"Karet alam merupakan bahan yang memiliki elastisitas yang baik dan digunakan untuk bahan baku ban kendaraan. Kelemahan karet sebagai bahan baku ban adalah kekuatan fisik karet yang rendah. Carbon black digunakan sebagai filler yang digunakan dalam produk ban, tetapi memiliki kekurangan yaitu harganya yang mahal dan non-biodegradable. Alternatif untuk menggantikan carbon black adalah dengan menggunakan serat sorgum sebagai filler, tetapi serat sorgum mempunyai keterbatasan karena sifat permukaannya yang polar sehingga tidak kompatibel dengan karet yang bersifat non-polar. Mengatasi masalah tersebut digunakan coupling agent hibrida lateks-pati yang diciptakan dengan proses GDEP untuk meningkatkan kompatibilitas karet alam dan serat sorgum. Pada penelitian ini dilakukan variasi komposisi coupling agent sebesar 0, 1, 2, dan 3 phr dan menggunakan serat sorgum sebesar 20 phr. Karakterisasi FTIR dan DMA dilakukan untuk mengetahui kompatibilitas dan sifat termomekanik komposit. Hasil penelitian menunjukkan semakin banyak kandungan coupling agent, ikatan hidrogen yang terbentuk semakin banyak dan kompatibilitas semakin baik. Sifat termomekanik komposit semakin baik dengan penambahan coupling agent dilihat dari temperatur degradasi yang semakin meningkat. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan komposisi coupling agent optimum sebesar 3 phr.
Natural rubber is a material that has good elasticity and is used as a raw material for vehicle tires. The weakness of rubber as a raw material for tires is the low physical strength of rubber. Carbon black is used as a filler used in tire products, but it has the disadvantage of being expensive and non-biodegradable. An alternative to replace carbon black is to use sorghum fiber as a filler, but sorghum fiber has limitations due to its polar surface properties so that it is not compatible with non-polar rubber. To overcome this problem, a latex-starch hybrid coupling agent was used which was created by the GDEP process to improve the compatibility of natural rubber and sorghum fiber. In this study, variations in the composition of the coupling agent were carried out at 0, 1, 2, and 3 phr and used sorghum fiber of 20 phr. FTIR and DMA characterization were carried out to determine the compatibility and thermomechanical properties of the composites. The results showed that the more coupling agent content, the more hydrogen bonds formed, the better the compatibility. The thermomechanical properties of the composites got better with the addition of coupling agent seen from the increasing degradation temperature. Based on the results of the study, the optimum coupling agent composition was 3 phr."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Arbi Hasby Shadiqie
"Karet alam merupakan industri yang memiliki potensi sangat besar untuk terus dikembangkan di Indonesia, dengan ban kendaraan menjadi salah satu produk utamanya. Pembuatan ban membutuhkan penambahan filler untuk memberikan sifat kekakuan dan kekuatan yang baik. Serat tandan kosong kelapa sawit (TKKS) memenuhi kebutuhan sifat tersebut sekaligus memiliki keuntungan dari segi ketersediaannya yang sangat melimpah dan belum banyak dimanfaatkan. Proses untuk menyatukan karet dengan serat memerlukan penambahan coupling agent untuk mengatasi perbedaan sifat permukaan dari keduanya. Coupling agent yang ditambahkan adalah hibrida lateks-pati hasil sintesis dengan metode GDEP yang parameternya sudah teroptimasi pada penelitian sebelumnya. Komposisi coupling agent yang digunakan besarnya tetap sebesar 3 phr, sedangkan komposisi serat TKKS divariasikan sebesar 0, 5, 10, dan 15 phr. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari pengaruh variasi komposisi serat TKKS terhadap kompatibilitas dan sifat termomekanik komposit karet alam serta mengetahui komposisi serat TKKS optimum untuk kedua hal tersebut. Pengujian yang dilakukan untuk membantu tercapainya tujuan penelitian ini adalah Fourier Transform Infrared (FTIR) Spectroscopy dan Dynamic Mechanical Analysis (DMA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan komposisi serat TKKS terbukti meningkatkan kompatibilitas dan sifat termomekanik dengan komposisi optimum sebesar 15 phr.
Natural rubber is an industry that has enormous potential to continue to be developed in Indonesia, with vehicle tires being one of its main products. Tire manufacture requires the addition of filler to provide good rigidity and strength properties. Oil palm empty fruit bunch (OPEFB) fiber fulfills the need for these properties while at the same time having the advantage in terms of its availability which is very abundant and has not been widely used. The process of joining rubber with fiber requires the addition of a coupling agent to overcome the differences in surface properties of the two. The coupling agent added is a latex-starch hybrid synthesized by the GDEP method whose parameters have been optimized in previous studies. The composition of the coupling agent used was fixed at 3 phr, while the composition of the OPEFB fiber was varied at 0, 5, 10, and 15 phr. This research was conducted to study the effect of variations in OPEFB fiber composition on the compatibility and thermomechanical properties of natural rubber composites and to determine the optimum OPEFB fiber composition for both. The tests carried out to help achieve the objectives of this research are Fourier Transform Infrared (FTIR) Spectroscopy and Dynamic Mechanical Analysis (DMA). The results showed that the addition of OPEFB fiber composition was proven to increase compatibility and thermomechanical properties with an optimum composition of 15 phr."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library