Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
Indah Erma Suryani
"Biology is one of the science subjects learnt by the senior high school students .The research was done to aplly class discussion model by using think-pair-discussion in learning biology at the first class (X) of SMAN 2 Padangpanjang"
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11 : 2 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Fitria Cahyaningrum
"Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis argumentasi dan keterampilan menulis argumentasi melalui penerapan model Think Pair Share dengan media audiovisual siswa kelas X-10 SMA Negeri Kebakkramat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Sumber data berupa peristiwa, informan, dan dokumen. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data dengan teknik triangulasi metode, triangulasi sumber data dan review informan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Model Think Pair Share dengan audiovisual mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis argumentasi dengan indikator kinerja guru dan siswa. Pada prasiklus, nilai kinerja guru dan siswa masih berada di bawah indikator pencapaian. Siklus I, nilai kinerja guru meningkat menjadi 69,29% dan kinerja siswa sebesar 47,22% sedangkan pada siklus II nilai kinerja guru menjadi 80,71% dan kinerja siswa menjadi 78,95%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, siswa yang tuntas hanya 21 siswa yang artinya dianggap belum memenuhi indikator pencapaian. Penerapan Think Pair Share dengan media audiovisual pada siklus II, menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan menulis argumentasi, yaitu skor 31 siswa melampaui KKM. Disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dengan audiovisual mampu meningkatkan kualitas proses dan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri Kebakkramat.
"
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2018
370 JPK 3:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Fitria Cahyaningrum
"This research aims to improve learning process quality of writing argumentationtext and argumentation writing skills through the Think Pair Share model with audiovisualmedia of students X-10 grade SMA Negeri Kebakkramat. This research was a ClassroomAction Research (CAR) with two cycles. Data sources include events, informants, anddocuments. Data collection through interviews, observation, and document analysis. Datavalidity by triangulation method technique, triangulation of data source and informant review.Data analysis technique using comparative descriptive analysis technique. Think Pair Sharemodel with audiovisual is able to improve the quality of learning process of argumentationwriting skill indicated by teacher and student performance. In pre-cycles, the teacher andstudent performance values were still below the achievement indicator. In cycle I, thevalue of teacher performance increased to 69.29 and the percentage of student performanceof 47.22%. Meanwhile, in cycle II the teacher performance value became 80.71 and thepercentage of student performance became 78.95%. After the action done on the firstcycle, there were only 21 students who achieved the value of KKM (minimum completenesscriteria) which means it did not meet the achievement indicators. Implementation of ThinkPair Share with audiovisual media in cycle II showed a significant improvement inargumentation writing skill, that is, score of 31 students exceeded KKM. In conclusion, theapplication of Think Pair Share model with audiovisual media is able to improve learningprocess quality and argumentation writing skill for the tenth grade students of SMA Negeri Kebakkramat."
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2018
370 JPK 3:1 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Umi Chotimah
"Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar mahasiswa melalui penerapan model cooperative learning tipe think pair share dalam pembelajaran telaah kurikulum SMP dan SMA (TKSS) mahasiswa program studi PPKn FKIP Unsri...."
Palembang: Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang, 2007
370 FORKE 27:1 (2007)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Kartika Dian Pratiwi
"Tidak bisa dipungkiri bahwa passive learning merupakan masalah yang serius dalam budaya belajar yang ada di Indonesia. Kurangnya keaktifan dan antusiasme pelajar membuat interaksi dan dinamika pembelajaran menjadi berkurang. Hal ini berdampak buruk pada pemahaman pelajar beserta sulitnya para pengajar dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Masalah serupa juga didapatkan dari kuesioner dan wawancara yang dilakukan oleh tim penulis. Mayoritas sampel pengguna menyebutkan kurangnya keaktifan selama proses pembelajaran, rasa percaya diri yang rendah ketika ingin menyampaikan pendapat, serta kurangnya fokus pelajar atau partisipan pada suatu proses diskusi. Melalui pengkajian studi literatur, salah satu pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah penerapan collaborative learning menggunakan diskusi forum. Kegiatan ini mampu mendorong pelajar lebih aktif berinteraksi satu sama lain dan melakukan eksplorasi. Berdasarkan penelitian sebelumnya, masih terdapat keterbatasan sehingga diperlukan adanya suatu strategi pembelajaran dalam proses diskusi. Strategi pembelajaran yang telah terbukti adalah Think-Pair-Share. Penelitian ini memanfaatkan strategi tersebut untuk diintegrasikan di sebuah aplikasi website online forum yang setiap fiturnya merepresentasikan tahapan dari strategi Think-Pair-Share bernama ShareNReflect. Setelah melalui evaluasi berupa UT (Usability Testing),software testing, dan UAT (User Acceptance Test), ShareNReflect mampu memberikan performa yang bagus secara teknis dan mendapatkan respon positif dari para tester.
It is undeniable that passive learning is a serious issue in the current learning culture in Indonesia. The lack of active participation and enthusiasm among students reduces the interaction and dynamics of the learning process. This negatively affects students' understanding and makes it difficult for teachers to evaluate learning. Similar problems were found in questionnaires and interviews conducted by the writing team. The majority of user samples mentioned a lack of active participation during the learning process, low confidence when expressing opinions, and a lack of focus from students or participants during discussions. Through a literature review, one approach to address this issue is the implementation of collaborative learning using discussion forums. This activity can encourage students to interact more actively with each other and explore different perspectives. Previous research indicates limitations still exist, necessitating a specific learning strategy for the discussion process. A proven strategy is Think-Pair-Share. This research leverages that strategy by integrating it into an online forum website application, where each feature represents the stages of the Think-Pair-Share strategy, named ShareNReflect. After evaluations through usability testing, software testing, and user acceptance testing, ShareNReflect demonstrated good technical performance and received positive feedback from testers."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Atifah Nabilla Al Qibtiyah
"Tidak bisa dipungkiri bahwa passive learning merupakan masalah yang serius dalam budaya belajar yang ada di Indonesia. Kurangnya keaktifan dan antusiasme pelajar membuat interaksi dan dinamika pembelajaran menjadi berkurang. Hal ini berdampak buruk pada pemahaman pelajar beserta sulitnya para pengajar dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Masalah serupa juga didapatkan dari kuesioner dan wawancara yang dilakukan oleh tim penulis. Mayoritas sampel pengguna menyebutkan kurangnya keaktifan selama proses pembelajaran, rasa percaya diri yang rendah ketika ingin menyampaikan pendapat, serta kurangnya fokus pelajar atau partisipan pada suatu proses diskusi. Melalui pengkajian studi literatur, salah satu pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah penerapan collaborative learning menggunakan diskusi forum. Kegiatan ini mampu mendorong pelajar lebih aktif berinteraksi satu sama lain dan melakukan eksplorasi. Berdasarkan penelitian sebelumnya, masih terdapat keterbatasan sehingga diperlukan adanya suatu strategi pembelajaran dalam proses diskusi. Strategi pembelajaran yang telah terbukti adalah Think-Pair-Share. Penelitian ini memanfaatkan strategi tersebut untuk diintegrasikan di sebuah aplikasi website online forum yang setiap fiturnya merepresentasikan tahapan dari strategi Think-Pair-Share bernama ShareNReflect. Setelah melalui evaluasi berupa UT (Usability Testing),software testing, dan UAT (User Acceptance Test), ShareNReflect mampu memberikan performa yang bagus secara teknis dan mendapatkan respon positif dari para tester.
It is undeniable that passive learning is a serious issue in the current learning culture in Indonesia. The lack of active participation and enthusiasm among students reduces the interaction and dynamics of the learning process. This negatively affects students' understanding and makes it difficult for teachers to evaluate learning. Similar problems were found in questionnaires and interviews conducted by the writing team. The majority of user samples mentioned a lack of active participation during the learning process, low confidence when expressing opinions, and a lack of focus from students or participants during discussions. Through a literature review, one approach to address this issue is the implementation of collaborative learning using discussion forums. This activity can encourage students to interact more actively with each other and explore different perspectives. Previous research indicates limitations still exist, necessitating a specific learning strategy for the discussion process. A proven strategy is Think-Pair-Share. This research leverages that strategy by integrating it into an online forum website application, where each feature represents the stages of the Think-Pair-Share strategy, named ShareNReflect. After evaluations through usability testing, software testing, and user acceptance testing, ShareNReflect demonstrated good technical performance and received positive feedback from testers."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Najwa Kariza Anjel
"Tidak bisa dipungkiri bahwa passive learning merupakan masalah yang serius dalam budaya belajar yang ada di Indonesia. Kurangnya keaktifan dan antusiasme pelajar membuat interaksi dan dinamika pembelajaran menjadi berkurang. Hal ini berdampak buruk pada pemahaman pelajar beserta sulitnya para pengajar dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Masalah serupa juga didapatkan dari kuesioner dan wawancara yang dilakukan oleh tim penulis. Mayoritas sampel pengguna menyebutkan kurangnya keaktifan selama proses pembelajaran, rasa percaya diri yang rendah ketika ingin menyampaikan pendapat, serta kurangnya fokus pelajar atau partisipan pada suatu proses diskusi. Melalui pengkajian studi literatur, salah satu pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah penerapan collaborative learning menggunakan diskusi forum. Kegiatan ini mampu mendorong pelajar lebih aktif berinteraksi satu sama lain dan melakukan eksplorasi. Berdasarkan penelitian sebelumnya, masih terdapat keterbatasan sehingga diperlukan adanya suatu strategi pembelajaran dalam proses diskusi. Strategi pembelajaran yang telah terbukti adalah Think-Pair-Share. Penelitian ini memanfaatkan strategi tersebut untuk diintegrasikan di sebuah aplikasi website online forum yang setiap fiturnya merepresentasikan tahapan dari strategi Think-Pair-Share bernama ShareNReflect. Setelah melalui evaluasi berupa UT (Usability Testing),software testing, dan UAT (User Acceptance Test), ShareNReflect mampu memberikan performa yang bagus secara teknis dan mendapatkan respon positif dari para tester.
It is undeniable that passive learning is a serious issue in the current learning culture in Indonesia. The lack of active participation and enthusiasm among students reduces the interaction and dynamics of the learning process. This negatively affects students' understanding and makes it difficult for teachers to evaluate learning. Similar problems were found in questionnaires and interviews conducted by the writing team. The majority of user samples mentioned a lack of active participation during the learning process, low confidence when expressing opinions, and a lack of focus from students or participants during discussions. Through a literature review, one approach to address this issue is the implementation of collaborative learning using discussion forums. This activity can encourage students to interact more actively with each other and explore different perspectives. Previous research indicates limitations still exist, necessitating a specific learning strategy for the discussion process. A proven strategy is Think-Pair-Share. This research leverages that strategy by integrating it into an online forum website application, where each feature represents the stages of the Think-Pair-Share strategy, named ShareNReflect. After evaluations through usability testing, software testing, and user acceptance testing, ShareNReflect demonstrated good technical performance and received positive feedback from testers."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library