Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arnold Alexander Tuwaidan
"ABSTRAK
Mengkonversi kendaraan coupe menjadi convertible adalah proses untuk memenuhi permintaan dari konsumen atau penggemar mobil yang ingin melakukan modifikasi kendaraan mereka. Tidak seperti lainnya yang telah dimodifikasi kendaraan menjadi convertible, dalam tesis ini meliputi desain garis atap baru dengan mengubah kemiringan kaca depan untuk mendapatkan garis atap yang lebih baik. Atap baru membutuhkan kerangka untuk menahan gaya dari luar sehingga atap tidak runtuh atau berubah bentuk dengan cara seperti itu dan itu adalah penting dalam mendesain ulang coupe menjadi convertible karena dengan pemangkasan kekakuan atap kendaraan akan berkurang. Merancang atap baru dan juga kerangka kerja baru untuk kendaraan membutuhkan software yang dapat membantu kita. Software CAD seperti Solidworks, Autodesk, dan banyak lagi. Menggambar kendaraan dalam 3D dan kemudian diubah menjadi convertible, ketika atap baru telah diperoleh. Dengan mendapatkan desain ini atap baru, Kerangka atap dapat dirancang dan dijalankan seluruh jenis tertentu pengujian struktural, seperti Solidworks Simulation. Bahan juga dapat didefinisikan, dalam hal ini bahan lokal digunakan. Sebuah Baja Karbon dengan nama AISI 1020, yang memiliki jumlah Yield Kekuatan 351 MPa.

ABSTRACT
Converting a coupe vehicle into a convertible is the process to fulfill the demand of consumers or car enthusiasts that want do modify their vehicle. Unlike other that has modified vehicles into a convertible, in this thesis include a new roofline design by changing the slope of the front windshield to get a better roofline. The new roof needs a framework to withstand the force from outside so the roof does not collapse or deform in such ways and it is important in redesigning a coupe into a convertible because by trimming the roof rigidity of an vehicle will be reduced. Designing a new roof and also a new framework for the vehicle requires software that can help us. Software such as CAD drawing like Solidworks, Autodesk, and many more. Drawing the vehicle in 3D and then modified it into a convertible, when the new roof has been obtained. By obtaining this new roof design, Frameworks can be designed and run throughout certain kind of structural test, such as Solidworks Simulation. Material can also be defined, in this case a local material is used. A Carbon Steel with the name AISI 1020, which has the amount of Yield Strength of 351 MPa."
2016
S63750
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amir Faisal
"Mobil beratap Convertible sesungguhnya adalah model kendaraan untuk terlihat lebih stylish. Terdapat dua bentuk atap yang digunakan pada mobil-mobil Convertible pada umumnya, yaitu berbahan kanvas (softtop) dan berbahan keras berupa carbon fiber (hardtop) seperti yang penulis desain untuk mobil Toyota Soarer UZZ31 di tulisan ini. Setiap bentuk desain atap memiliki ciri khas desainnya sendiri, dan terdapat mekanisme pelipatan 3 pieces roof pada tulisan ini dengan menggunakan sumber penggerak motor. Desain nantinya akan merubah sedikit pada angle kaca depan Toyota Soarer sebanyak 3° yang nantinya juga akan menurunkan sedikit nilai center of gravity mobil itu sendiri, serta desain juga akan disertai dengan penggambaran FBD analisa kinematika pelipatan atap. Pada akhirnya, akan didapat nilai torsi motor yang diperlukan untuk menggerakkan atap convertible tersebut.

Convertible roof car is a very stylish car from its looks. In Convertible car there are two kinds of rooftops that they used for the roof, there is the softtop with canvas and hardtop roof, which in this thesis the author will used Carbon Fiber as the material for designing the Toyota Soarer?s rooftop. Each of these design has their own characteristics, and there will be 3 pieces roof folding method in this thesis with the usage of electric motor as their mechanism movement source. In designing there will be also a lowering 3° of front window angle in Toyota Soarer to lowering the Centre of Gravity for the car itself, and the author will also add the Free Body Diagram of kinematic analysis from the mechanism of roof folding. Later, the thesis will conclude with the amount of torque needed to fold the convertible roof."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S65547
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library