Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Ilham
"Bus Rapid Transit telah banyak diterapkan di Indonesia, salah satunya adalah Trans Jogja. Seiring dengan pertumbuhan kendaraan yang tinggi per tahunnya, hal ini berdampak pada penurunan kinerja lalu lintas yang juga mempengaruhi keandalan Trans Jogja. Salah satu opsi untuk meningkatkan keandalan Trans Jogja adalah dengan menerapkan Transit Signal Priority. Namun, dalam penerapannya, perlu diperhatikan dampak yang akan terjadi pada pengendara lalu lintas lainnya. Untuk mengetahui dampak tersebut, simulasi dengan menggunakan software VISSIM akan menguji beberapa skenario dengan mengubah volume lalu lintas pada setiap persimpangan dan ruas jalan. Dengan mengetahui volume lalu lintas yang optimal, kita dapat membuat skenario yang membuat TSP lebih optimal, yang bertujuan untuk meningkatkan keandalan bus dan mengurangi dampak yang diterima oleh pengguna jalan lainnya.

Bus Rapid Transit has been widely implemented in Indonesia, one of which is Trans Jogja. Along with the high growth of vehicles per year, it impacts reducing traffic performance, which also affects the reliability of Trans Jogja. One option to improve the reliability of Trans Jogja is to implement Transit Signal Priority. However, in its application, it is necessary to consider the impact that will occur on other traffic drivers. To determine the impact, a simulation using VISSIM software will test several scenarios by changing the traffic volume of each intersection and road section. By knowing the optimal traffic volume, we can create scenarios that make the TSP more optimal, aiming to increase bus reliability and reduce the impact received by other road users."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vania Utami
"Saat ini Rotunda Pondok Indah merupakan rotunda empat kaki dengan pengaturan bersinyal. Pada kondisi jam sibuk, khususnya sore hari, kerap terlihat antrian pada lengan ruas antara rotunda dengan Simpang MRT Lebak Bulus. Penelitian ini menganalisis perbaikan kinerja simpang bersinyal tersebut dengan mengoptimasi menghilangkan pulau pada rotunda agar jarak tempuh lebih dekat sehingga dapat mengurangi antrian di dalam simpang. Selain itu analisis juga melakukan integrasi waktu sinyal pada tiga simpang terdekatnya (simpang Pondok Indah Mall, simpang MRT Lebak Bulus, dan simpang Pondok Pinang).

Pondok Indah roundabout is a four-legged roundabout with signalized settings. During peak hours, especially in the afternoon, vehicle queues often occur along the segment between the roundabout and the Lebak Bulus MRT intersection. This research aims to improve the performance of signalized intersections by optimizing and exploring scenarios that involve removing islands within roundabouts to shorten travel distances and alleviate queues at intersections. In addition, the analysis includes integrating signal timings across three nearby intersections: Pondok Indah Mall intersection, Lebak Bulus MRT intersection, and Pondok Pinang intersection."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pamuka Prasetya Primantara
"Pembangunan Infrastruktur khususnya Jalan Tol mempunyai peranan penting terhadap pengembangan perkotaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengevaluasi kebijakan pemerintah saat Pandemi Covid-19, yaitu PPKM. Objek penelitian ini yaitu Jalan Tol Cibitung – Cilincing. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif dilengkapi dengan metode analisis kuantitatif dan kualitatif, dengan melakukan deskripsi melalui sumber data konstruksi dan operasional, lalu dilengkapi dengan analisis di komponen biaya konstruksi bulanan dari Maret 2020 sampai dengan Juli 2021, serta melakukan wawancara, dan melakukan perbandingan antara proyeksi lalu lintas rencana tahun 2020, dan 2021 dan realisasinya saat pengopersian jalan tol Agustus 2021 – Agustus 2022. Hasil dari penelitian ini akan memberikan gambaran aspek dan komponen biaya apa saja yang paling terdampak akibat kebijakan PPKM dan penyelesaian pembangunan serta operasional Jalan Tol Cibitung – Cilincing melalui prinsip multidisiplin ilmu dan perkotaan.

Infrastructure development, specifically toll roads, has an important role in urban development. This research was conducted to analyze and evaluate government policies during the Covid-19 Pandemic, PPKM. The object of this research is the Cibitung – Cilincing Toll Road. The method used during the research was descriptive analysis, also completed with quantitative and qualitative method, it is conducting descriptions through construction and operational data sources, then complemented by analysis of the monthly construction cost components from March 2020 to July 2021, as well as conducting interviews, and making comparisons between the projected traffic plans for 2020, and 2021 and its realization during the operation of the August 2021 - August 2022 toll road. The results of this research will provide an overview of which aspects and cost components are most affected by the PPKM policy and the completion of the construction and operation of the Cibitung - Cilincing Toll Road through the multidisciplinary and urban principle."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jevon Radytia
"Sektor transportasi merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Keberadaan kendaraan, terkhusus kendaraan bermotor dapat mempersingkat waktu tempuh sebuah perjalanan. Namun karena banyaknya jumlah kendaraan yang diproduksi, kerap kali kendaraan-kendaraan tersebut menyebabkan terjadinya kemacetan di berbagai ruas jalan, tidak terkecuali jalan tol.
Jalan tol merupakan jalan yang dibuat khusus untuk kendaraan beroda empat atau lebih. Sistem transaksi tiket pada pintu tol mengkondisikan kendaraan untuk berhenti. Pada saat volume kendaraan sedang dalam keadaan tinggi, tidak jarang pintu tol ini menjadi area kemacetan. Dampak buruk yang diakibatkan kemacetan tersebut adalah penurunan kualitas udara. Pekerja pengumpul tol diduga menjadi orang-orang yang terkena dampak negatif akibat adanya pencemaran ini.
Salah satu parameter pencemar di udara yang berbahaya dan diemisikan oleh kendaraan adalah NOx. Karena itu perlu dilakukan penelitian terhadap konsentrasi NOx pada udara ambien di sekitar pintu tol dan melihat risikonya terhadap kesehatan para pekerja pengumpul tol. Pengukuran NOx pada udara ambien menggunakan metode Griess Saltzman sesuai dengan SNI 19-7119.2-2005. Alat yang digunakan untuk mengambil sampel bernama impinger. Pengambilan data dilakukan pukul 06.00-13.00. Konsentrasi NOx terbesar pada penelitian ini adalah 159,94 μg/m3.
Dengan melihat hubungan antara konsentrasi NOx terhadap jumlah kendaraan yang melalui pintu tol, diperoleh nilai korelasi terhadap parameter NO selama 3 hari sebesar 0,21; -0,28; dan 0,51, sedangkan untuk NO2 adalah -0,19; 0,36; dan 0,04. Munculnya korelasi yang sangat lemah disebabkan karena adanya faktor lain yang menentukan jumlah konsentrasi NOx di udara selain kendaraan, seperti faktor alam dan meteorologis.
Penelitian ini mendapati kendaraan jenis kendaraan bermotor penarik atau gandeng atau tempel menjadi kontributor terbesar polutan NOx di udara. Hasil penelitian ini sekaligus menunjukkan bahwa konsentrasi NOx yang diemisikan kendaraan amat dipengaruhi oleh volume silinder kendaraan. Risiko kesehatan terhadap pekerja tol dinyatakan tidak ada karena Risk Quotient (RQ) < 1. Angka RQ tertinggi adalah sebesar 0,50.

Transportation is one of the technology advances that holds a very important function in human's daily activities. The existence of vehicles, especially the motorized vehicles, can greatly shorten the time people need to reach their destination. But then, because there are more and more vehicles been produced these days, frequently they have been causing traffic jams everywhere on the street and the worse part is sometimes it also happen at freeway.
Freeway is especially made for vehicles with four wheels or more. Ticket transaction system on toll gate creates a situation where every vehicle has to stop. When the vehicles volume is in peak situation, sometimes traffic jam could happen at the toll gate. One of the negative effects for this situation is the degradation of air quality. The officers who collect the toll estimated to be the one that suffer the most from the air pollution.
One of the pollutants in the air that emitted by vehicles is NOx. Therefore, there is a need to do the experiment on the concentration of NOx in ambient air around the toll gate and to observe the health risks of the officers that have been exposed to the pollutant.
NOx measurement in ambient air is using Griess Saltzman's method according to SNI 19-7119.2-2005. The name of the equipment that is used for taking the data is impinger. The air sample is taken from 06.00 AM to 01.00 PM. The largest concentration of NOx from this experiment is 159,94 μg/m3.
This experiment shows that heavy duty truck is the biggest contributor of NOx pollutant in the air. It shows that NOx concentration that emitted by vehicles is depending on the volume of the vehicle's cylinder. And also, it is determined that there are no health risks upon the officers because Risk Quotient (RQ) < 1. The highest RQ is 0,5.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1337
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library