Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
R. Chrisna Triehadi Permana
"Pertumbuhan ekonomi nasional yang dicapai melalui pembangunan yang berwawasan industri, telah mengesampingkan sektor pertanian. Hal ini kemudian mengakibatkan timbulnya ancaman krisis pangan akibat ketersediaannya yang semakin tidak menentu di masa depan. Faktor konversi lahan pertanian menjadi lahan industri dan permukiman, serta beralihnya sebagian besar tenaga petani pedesaan menjadi buruh industri perkotaan, adalah beberapa alasan yang menyebabkan semakin rendahnya kontribusi sektor pertanian jika dibandingkan dengan sektor industri dalam perekonomian nasional. Provinsi Jawa Barat, sebagai salah satu provinsi termaju yang juga merupakan daerah produsen pertanian terbesar di Indonesia pada masa lalu, kini menghadapi persoalan semakin meningkatnya aktivitas industri dan menurunnya aktivitas pertanian (transformasi struktural). Indikasi terjadinya transformasi struktural ini bersamaan dengan dimulainya pembangunan infrastruktur secara pesat, salah satunya adalah infrastruktur jalan. Akibatnya, timbul opini yang cenderung mengarah pada anggapan bahwa pembangunan infrastruktur jalan menstimulasi pertumbuhan aktivitas sektor industri dan mengancam pertumbuhan aktivitas sektor pertanian. Dari persoalan empirik di atas, penelitian ini dilakukan dalam rangka membuktikan secara ilmiah seberapa besar pengaruh pembangunan infrastruktur jalan terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Barat. Selain itu, sesuai dengan permasalahan utamanya, penelitian ini juga hendak membuktikan seperti apa pengaruh infrastruktur jalan terhadap teijadinya proses transformasi struktural di berbagai kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis ekonometrika yang mengacu pada model pertumbuhan ekonomi dan sektoral dari Teori Solow, di mana pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh fungsi produksi yakni modal (publik dan privat) dan tenaga kerja serta faktor-faktor yang terkait dengan kemajuan teknologi. Sedangkan untuk menguji pengaruh pembangunan infrastruktur jalan terhadap proses transformasi struktural, maka analisis dilakukan dengan melihat pengaruh infrastruktur jalan terhadap perubahan prosentase kontribusi output sektor pertanian terhadap total output Provinsi Jawa Barat di masing-masing kota/kabupaten.
National economic growth that achieved through development process with an industrial conception, has been put the agricultural sector as an inferior economic activities. This situation, then lead our country to the occurrence of the threat about food crisis due to the instabilized of food availability in the future. The conversion of land from agricultural function into industrial and settlements function, and urbanization which changing most of rural farmers into urban industrial workers, are some main reasons that caused the contribution of the agricultural sector compared to the industrial sector in the national cconomy getting decreased time by time. West Java Province, as one of the well-developed provinces which is also the largest agricultural producing areas in Indonesia in the past, now facing the problems of structural transformation, mean that the industrial activities increase so fast and the other side, agricultural activities decrease and growing so slow. The indication of the occurrence of this structural transformation coincides with the begin of the rapid development of infrastructure, that one of the type is road infrastructure. As a result, there a lot of opinions which likely to arise on that road infrastructure development activity stimulated the growth of the industrial sector and threaten the growth of agricultural sector activities. From above empirical issues, this research was conducted in order to scientifically prove how much the influence of road infrastructure development to the economic growth in West Java Province. In addition, in accordance with the main issues of research, second pait of the analysis also tried to prove what the influence of roads infrastructure to the occurrence of structural transformation in the various districts and municipalities in West Java Province. The research using econometrics approach analysis method that draws on the model of economic growth and sectora! from Solow's theory, where economic growth is influenced by the production function of Capital (public and private) and employment as well as factors related to the progress of technology. Meanwhile, to identify the influence of road infrastructure development to the process of structural transformation, the analysis is done by looking at how the road infrastructure influencing the changes of percentage contribution of agricultural output to the total economic output in West Java Province spread by each municipalities/district."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26274
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Nurita Afridiana
"POLA TRANSFORMASI STRUKTURAL INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI KONVENSIONAL DAN ISLAM PERIODE 1960-2018
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola transformasi struktural yang terjadi di Indonesia serta analisa syariah terhadap proses tersebut. Dengan menggunakan data Indonesia selama 50 tahun terakhir, yang kemudian dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif analisis, serta metode Sistem Neraca Sosial dan Ekonomi (SNSE) untuk menunjang analisa, ditemukan bukti bahwa Indonesia secara pola telah mengalami proses transformasi ekonomi. Hal ini ditunjukkan dengan seiring peningkatan pendapatan per kapita, terjadi penurunan proporsi pertanian dan naiknya sektor industri dan jasa. Namun dalam prosesnya, struktur ekonomi Indonesia tidak menunjukkan kondisi yang ideal, diantaranya penyediaan lapangan pekerjaan yang tidak sesuai di setiap sektornya, komposisi PDB Indonesia yang tumbuh stagnan bahkan mengalami penurunan, serta ketimpangan yang semakin naik. Dalam sudut pandang syariah, proses transformasi harus dikaji ulang seuai dengan kondisi ideal yang ditetapkan oleh Al-Qur'an dan sunnah.
Kata kunci: transformasi struktural; pertumbuhan ekonomi; pendapatan per kapita; perspektif Islam
INDONESIA STRUCTURAL TRANSFORMATION PATTERNS IN CONVENTIONAL AND ISLAMIC ECONOMIC PERSPECTIVE PERIOD 1960-2018The objective of this study is to analyze the pattern of Indoensia structural transformation and sharia analysis of the process. Using Indonesian data for the past 50 years, which analize using descriptive analysis and Social Accounting Matrix (SAM) methods to support analysis, evidence was found that Indonesia had patterned a process of economic transformation. This is indicated by the increase in per capita income, followed by a decline in the proportion of agriculture and increasing in industrial and services sector. But in the process, the structure of the Indonesian economy doesnt show ideal conditions, including the provision of jobs that are not suitable in each sector, the composition of Indonesias GDP that grows steadily even decreases, and increasing inequality. In the Islamic perspective, the transformation process must be reviewed according to the ideal conditions set by the Quran and the Sunnah.Keywords: structural transformation; economic growth; income percapita; Islamic perspective"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Saragih, Andreas Alfonsus Sahat Angelo
"Konsentrasi yang tinggi pada ekspor barang primer serta kinerja logistik yang relatif lemah menjadi sejumlah tantangan bagi Indonesia yang memiliki aspirasi untuk mencapai status sebagai negara berpendapatan tinggi melalui transformasi struktural. Penelitian ini menguji korelasi antara kinerja logistik dan export margins (extensive dan intensive margin), yang didisagregasi menjadi barang primer dan manufaktur. Penelitian ini menggunakan model gravitasi dengan 50 negara tujuan ekspor Indonesia terbesar selama tahun 2011-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kinerja logistik (LSCI) secara positif dan signifikan berpengaruh pada extensive margin (EM) dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensive margin (IM). Lebih lanjut, hasil empiris menunjukkan bahwa peningkatan kinerja logistik (LSCI) secara signifikan meningkatkan variasi ekspor produk manufaktur lebih besar dibandingkan volume impor produk primer, yang menunjukkan bahwa peningkatan kinerja logistik, secara khusus pada sektor maritim, adalah syarat keharusan, namun bukan syarat kecukupan untuk menempuh transformasi struktural. Sebagai kesimpulan, kebijakan-kebijakan yang terkait pada kinerja logistik sektor maritim dan program Indonesia National Single Window (INSW) perlu untuk diperkuat, dengan perhatian yang sama pada kebijakan sisi permintaan maupun penawaran untuk meningkatkan diversifikasi ekspor dan transformasi struktural secara efektif.
High concentration on primary exports and logistics-based deficiencies have remained significant challenges for Indonesia as this nation has been aspiring to achieve a high-income status through structural transformation. This study examines the correlation between logistics performance and export margins (extensive and intensive margins), disaggregated into primary and manufacturing goods. This study uses a gravity model with 50 of Indonesia's most significant trading counterparts and uses a time interval between 2011-2019. The result suggests that improvement in logistics performance (LSCI) will positively improve extensive margin (EM) and not significantly affect intensive margin (IM). Furthermore, the empirical results show that improvement in logistics performance (LSCI) will significantly raise the manufacturing export variety higher than primary goods export volume, which points out that logistics improvement, especially in the maritime sector, is a necessary condition, but not a sufficient condition to undergo the structural transformation. In conclusion, policies to enhance the maritime logistics performance and the Indonesia National Single Window (INSW) program are some of the policies needed to be strengthened and concerns on both demandside and supply-side policies to improve Indonesia's export diversification and accelerate the structural transformation effectively."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Terasia Mayangriani
"Di Indonesia, sektor jasa berkembang relatif lebih cepat dibanding sektor lain sejak tahun 2000 hingga saat ini. Perubahan proporsi sektor jasa menurut hipotesis Baumol (1967, 1985, 1989) berpengaruh negatif terhadap laju pertumbuhan agregat. Penelitian ini bermaksud mengkaji pengaruh pertumbuhan sektor jasa terhadap laju pertumbuhan produktivitas agregat di Indonesia. Metode empiris yang digunakan adalah dekomposisi dan estimasi model pertumbuhan Solow extended. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan sektor jasa berdampak positif terhadap laju pertumbuhan produktivitas. Sektor jasa modern (telekomunikasi dan keuangan) berpengaruh positif lebih besar dibanding sektor jasa lainnya.
Services sector is growing relatively faster than other sectors in Indonesia. The growth of the service sector according to the hypothesis Baumol (1967, 1985, 1989) negatively affect aggregate growth rate. This study intends to assess the effect of the growth of the services sector to aggregate productivity growth rate in Indonesia. Empirical methods used are decomposition and estimation of the Solow growth model extended. The results showed that growth in the services sector had a positive impact on productivity growth rate. Modern service sector (telecommunications and finance) gave greater positive impact than other service sectors."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T43395
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library