Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Hilbram Habibie
"Carbon Capture and Storage (CCS) merupakan salah satu topik utama dalam perbincangan energi berkelanjutan karena potensinya dalam menurunkan emisi karbon global. Potensi ini mendorong berbagai negara untuk mengembangkan proyek CCS sebagai bagian dari strategi dekarbonisasi. Salah satu tahapan penting dalam rantai nilai CCS adalah transportasi CO2, di mana dalam konteks maritim seperti Asia Tenggara, penggunaan kapal tangki diusulkan sebagai metode pengangkutan yang tepat. Tahapan dalam sistem transportasi CO2 mencakup proses likuifaksi, penyimpanan sementara, serta penyimpanan di atas kapal. Penelitian ini meninjau ketiga aspek tersebut dengan mempertimbangkan variasi tekanan rendah (7–9 barg), menggunakan metode likuifaksi Linde Dual-Pressure yang dimodelkan melalui perangkat lunak Aspen HYSYS. Parameter proses dalam penelitian ini berupa laju alir massa, entalpi, dan densitas yang dijadikan sebagai dasar dalam perancangan tangki penyimpanan sementara dan tangki kargo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variasi tekanan produk berpengaruh langsung terhadap volume penyimpanan dan dimensi geometris tangki. Peningkatan tekanan produk menghasilkan kenaikan volume simpan, baik pada tangki penyimpanan sementara maupun tangki kargo. Adapun nilai dari volume simpan memiliki korelasi berbanding lurus terhadap dimensi geometris tangki, yang menyebabkan dimensi geometris tangki membesar seiring dengan peningkatan tekanan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peningkatan tekanan menyebabkan peningkatan pada ketebalan dinding tangki.
Carbon Capture and Storage (CCS) is one of the key topics in the global discourse on sustainable energy, due to its potential to significantly reduce carbon emissions. This potential has prompted many countries to develop CCS projects as part of broader decarbonization strategies. One critical component of the CCS value chain is CO2 transportation. In maritime contexts such as Southeast Asia, pressurized CO2 transport by tank ships has been proposed as a suitable solution. This transport system involves three main stages: liquefaction, holding storage, and shipping storage. This study examines these three stages by evaluating low-pressure variations (7–9 barg) using the Linde Dual- Pressure liquefaction method, modeled through Aspen HYSYS process simulation software. Key process parameters such as mass flow rate, enthalpy, and density were obtained and utilized as the basis for designing both holding storage tanks and shipping tanks for ship transport. The results show that product pressure variation directly influences storage volume and tank geometry. Higher product pressure leads to increased CO2 storage volume, both in holding and shipping tanks. The increase in storage volume is linearly correlated with the expansion of tank dimensions, resulting in larger tank sizes at higher pressures. Additionally, the study found that increased pressure also leads to thicker tank wall."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library