Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 28 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fitria Wardhani
"ABSTRAK
Penjatuhan pernyataan pailit terhadap maskapai penerbangan Batavia Air
sangat memukul dunia bisnis di Indonesia. Salah satunya adalah mitra dari
maskapai penerbangan itu sendiri yaitu Travel Agent. Travel Agent bertugas
memasarkan jasa penerbangan dari maskapai. Dalam melaksanakan pemasaran
sekaligus penjualan tiket tersebut, Travel Agent terlebih dahulu harus
menyerahkan sejumlah deposit untuk dapat menerbitkan tiket (issued). Pailitnya
Batavia Air menyebabkan seluruh kekayaan maskapai tersebut berada dibawah
Kurator. Termasuk didalamnya adalah deposit yang telah diserahkan oleh pihak
Travel Agent. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian yuridis normatif. Pemilihan metode ini dilakukan untuk
menemukan aturan hukum, prinsip-prinsip hukum, maupun doktrin-doktrin
hukum guna menjawab permasalahan hukum yang dihadapi, yang dilakukan
dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa memang terdapat ketimpangan dalam perjanjian yang dibuat
antara travel agent dengan pihak maskapai selain tidak terpenuhinya asas- asas
yang ketentuan- ketentuan hukum yang berkaitan dengan bentuk isi dari
perjanjian keagenan tersebut sehingga tidak dapat memberikan perlindungan
terhadap Travel Agent.

ABSTRACT
The overthrow of statements in bankruptcy against Batavia Airlines hit
the business world in Indonesia especially the Travel Agent as partner in charge
of marketing the flight service. In carrying out its task, the travel agent must
submit a deposit in order to booked and issued the ticket to their customer. The
bankruptcy led to the company’s assets are in the authorities of the curator.
Including all the deposits of Travel Agent. Referring to the agreement they
created it are not setting about the returning of deposit in case the agreement
ended prematurely. This led to the Travel Agent cannot withdraw their deposits
back. The method that has been used in this research is juridical-normative to find
the rule of law, principles of law, and legal doctrines to answer the problem
encountered, which is done by examining the references or secondary data. The
final result of this research indicate that there was inequality in the agreement
made between the travel agent and the airline."
Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2013
T36020
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Foster, Dennis L.
Lake Forest, Ill.: Glencoe, 1993
658.8 FOS s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Foster, Dennis L.
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2000
338.479 1 FOS s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Foster, Dennis L.
Homewood, Illinois: Glencoe, 1993
338.479 1 FOS s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Predy Pujiono
"ABSTRACT
Penelitian ini membahas mengenai Analisis Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Jasa Reservasi Hotel Melalui Online Travel Agent. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis tentang karakteristik penyerahan dalam transaksi reservasi kamar hotel melalui Online Travel Agent dan kebijakan pemungutan Pajak Pertambahan Nilai atas transaksi reservasi kamar hotel yang dilakukan oleh Online Travel Agent. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini yaitu Analisis Pajak Pertambahan Nilai Atas Transaksi Hotel Melalui Online Travel Agent terdapat tiga karakteristik business model dalam transaksi ini diantaranya Sub Agent, Agent Model dan Merchant Model yang memiliki skema tersendiri dalam pengenaan PPNPenelitian ini membahas mengenai Analisis Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Jasa Reservasi Hotel Melalui Online Travel Agent. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis tentang karakteristik penyerahan dalam transaksi reservasi kamar hotel melalui Online Travel Agent dan kebijakan pemungutan Pajak Pertambahan Nilai atas transaksi reservasi kamar hotel yang dilakukan oleh Online Travel Agent. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini yaitu Analisis Pajak Pertambahan Nilai Atas Transaksi Hotel Melalui Online Travel Agent terdapat tiga karakteristik business model dalam transaksi ini diantaranya Sub Agent, Agent Model dan Merchant Model yang memiliki skema tersendiri dalam pengenaan PPN.

ABSTRACT
This study discusses Value Added Tax Analysis for the Delivery of Hotel Reservation Services Through Online Travel Agent. The purpose of this study is to analyze the characteristics of delivery in hotel room reservation transactions through Online Travel Agent and the policy of collection of Value Added Tax on hotel room reservation transactions conducted by Online Travel Agent. The approach used in this research is qualitative descriptive with in depth interview data collection method and literature study. The results of this study are Value Added Tax Analysis of Hotel Transactions Through Online Travel Agent there are three characteristics of business models in this transaction include Sub Agent, Agent Model and Merchant Model which has its own scheme in the imposition of VAT."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Courneyer, Norman G.
California: Breton Publishers, 1983
647.94 COU h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Danny Wienda Pranata
"Online travel agent (OTA) merupakan kanal reintermediasi antara hotel dan konsumen. Pada reservasi online, konsumen bisa memilih antara kanal OTA atau langsung melalui situs e-commerce yang dimiliki oleh hotel. OTA bersaing dengan situs web hotel melalui berbagai penawaran untuk menarik konsumen. Di sisi lain, manajemen hotel ternyata merasa perlu meningkatkan kinerja web hotelnya untuk mengimbangi dominasi OTA dalam menangani reservasi online.
Penulis melakukan penelitian secara kuantitatif menggunakan sebuah model kerangka kerja teoritis generik untuk menganalisis purchase intention pada web hotel dan OTA. Pendekatan yang digunakan adalah untuk membuktikan perceived value mempengaruhi purchase intention. Hasil analisis web hotel dan OTA dibandingkan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan konsumen memilih OTA daripada web hotel.
Pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan kuesioner survei yang disebarkan dalam bentuk elektronik online dan cetak. Data valid yang terkumpul sebanyak 351 sampel untuk web hotel dan 369 sampel untuk OTA dianalisis menggunakan metode PLS-SEM.Penulis menemukan bahwa perceived value mempengaruhi purchase intention pada web hotel dan OTA.
Hasil penelitian menunjukkan faktor keamanan, kemudahan pembayaran, dan harga mempengaruhi perceived value pada kedua kanal namun OTA masih lebih unggul. Sedangkan faktor-faktor yang berkaitan dengan risiko tidak mempengaruhi perceived value pada web hotel dan OTA. Namun justru web hotel unggul pada ketiga faktor ini.

Online travel agent OTA is reintermediating channel between consumers and hotels. In the online hotel reservations, consumers can choose between OTA channels or directly through e commerce sites owned by the hotel. OTA competes with the hotel 39 s web site through various deals to attract consumers. On the other hand, the hotel management felt the need of improving their own web performance to counterbalance the dominance of OTA in handling online reservation.
The researcher performed quantitative research through a generic model of theoretical framework for analyzing purchase intention of the hotel website and OTA with an approach to prove that perceived value affects purchase intention. Both the hotel website and OTA analytic results are compared to determine the factors that influence consumers making reservation via OTA than the hotel website.
The research data collection was performed using a questionnaire survey distributed in both electronic online and hardcopy form. The total of valid samples collected for the hotel website is 351 samples and 369 samples for OTA were analyzed using PLS SEM.The researcher found that perceived value affects purchase intention on the hotel website and OTA.
The results showed the security, ease of payment and price factors affect the perceived value on both channels but OTA is superior. The factors associated with risks such as product risk, cancelation policy risk, and booking problem risk do not negatively affect the perceived value of the hotel website and OTA. Whereas the hotel website is only competitive on these three factors.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dhania Karlina
"E-service quality menjadi salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan oleh agen jasa perjalanan wisata online pada persaingan industri pariwisata Indonesia yang semakin kompetitif. Dengan menerapkan e-service quality yang baik perusahaan dapat meningkatkan e-satisfaction dari para konsumennya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh e-service quality pada website Traveloka terhadap e-satisfaction dari para penggunanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif metode survei, menyebarkan kuesioner ke 100 sampel responden dari populasi pengguna website Traveloka yang tergolong mahasiswa aktif strata satu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, mengetahui website Traveloka dan pernah melakukan transaksi di website Traveloka. dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara e-service quality dengan e-satisfaction.

E service quality becomes one of the important aspects to be noticed by the online travel agent service on the increasingly competitive Indonesian tourism industry competition. By applying a good e service quality the company can improve e satisfaction from its customers. This study was conducted with the aim to explain the effect of e service quality on Traveloka 39 s website towards the e satisfaction of its users. This research used quantitative research approach with explanative research type, used survey as data collecting method, by distributing questionnaires to 100 sample respondents from Traveloka 39 s website user population which is classified as active bachelor student of Faculty of Social and Political Sciences Universitas Indonesia, had known about Traveloka website and had done at least one transaction on Traveloka rsquo s website. This research used non probability sampling technique. The results showed that there is influence between e service quality with e satisfaction."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S67260
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhea Kania Ananditha
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi review hotel
pada mobile application Traveloka terhadap purchase Intention. Penelitian ini menggunakan
metode conclusive descriptive cross-sectional dan kuesioner disebar secara online ke 114
responden milenial yang pernah melakukan reservasi hotel pada aplikasi seluler Traveloka.
Skripsi ini menggunakan analisis structural equation modelling (SEM). Penelitian ini
menghasilkan Information Credibility dan Attitude towards information memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap Information Usefulness. Hasil lain penelitian ini menunjukkan bahwa
Information Usefulness memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Information Adoption dan
Information Adoption memiliki pengaruh yang signifikan Purchase Intention. Information
Quality dan Needs of information tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
Information Usefulness serta Attitude towards Information tidak memiliki pengaruh yang
signifikan dan langsung terhadap Purchase Intention. Memahami faktor-faktor yang dapat
memberikan pengaruh terhadap Purchase Intention pada kegiatan reservasi hotel melalui
aplikasi Online Travel Agent di Indonesia dapat membantu pemasar dalam memprediksi
perilaku konsumen dalam kegiatan pesamasaran produk ataupun perusahaan

This study was conducted to determine what factors influence hotel reviews on Traveloka
mobile application towards purchase intentions. This study used a conclusive descriptive crosssectional
method and the questionnaire was distributed online to 114 millennial respondents
who had made hotel reservations on the Traveloka mobile app. The data analysis technique in
this study used the Structural Equation Model (SEM). The result of the study are Information
Credibility and Attitude towards information having a significant influence on Information
Usefulness. Other results of this study indicate that Information Usefulness has a significant
effect on Information Adoption and Information Adoption has a significant influence on
Purchase Intention. Information Quality and Needs of information do not have a significant
effect on Information Usefulness and Attitude towards Information do not have a significant
and direct effect on Purchase Intention. Understanding the factors that can influence Purchase
Intention in hotel reservation activities through the Online Travel Agent application in
Indonesia can help marketers predict consumer behavior in product or company marketing
activities"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faisal Arsya Rakhmada
"Jumlah pengguna internet di Indonesia telah tumbuh pada tingkat yang luar biasa. Tidak terkecuali dengan tingkat pertumbuhan pengguna online travel agent di Indonesia. Ketika melakukan transaksi online, termasuk juga transaksi dengan online travel agent, konsumen dihadapkan pada situasi yang tidak pasti. Situasi yang tidak pasti dapat menjadi semakin buruk ketika konsumen harus berbagi informasi pribadi yang sensitif dalam proses transaksi. Dalam konteks ini, pentingnya membangun dan mempertahankan kepercayaan menjadi sangat penting bagi pemasar online karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kurangnya kepercayaan adalah salah satu alasan utama keraguan konsumen untuk berbelanja online. Bukti telah menunjukkan bahwa kepercayaan dapat mengurangi risiko yang dirasakan dan dengan demikian menentukan keberhasilan atau kegagalan vendor online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis anteseden dari niat dan perilaku konsumen terhadap perusahaan online travel agent. Juga untuk melihat apakah terdapat perbedaan dalam proses terbentuknya kepercayaan antara generasi X dan Millenial dengan vendor online. Penelitian ini didasarkan pada survei online yang dilakukan dengan sampel dari dua generasi yang berbeda. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kepercayaan awal terhadap online travel agent dengan niat dan perilaku konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua generasi pada proses terbentuknya kepercayaan terhadap niat dan perilaku konsumen. Baik Gen X dan Millennial melihat risiko dan kepercayaan dalam menggunakan online travel agent dengan cara yang sama. Kedua generasi bersedia memberikan informasi pribadi kepada online travel agent.

The number of internet users in Indonesia has grown at the unbelievable rate. There is no exception with the growth rate of the online travel agent users in Indonesia. When making online transaction, including via online travel agent, consumers are faced with uncertain situations. The uncertain situations could grow increasingly critical when consumers have to share sensitive personal information in the transaction process. In this context, the importance of building and maintaining trust becomes very important to online marketers as numerous studies have shown that the lack of trust is one of main reasons for consumers' hesitancy to online shopping. The evidence has shown that trust could reduce the perceived risks and thereby determines success or failure of e-vendors. The research objective is to analyze the antecedents of behavioral intentions on online travel agent company. Also to see whether the trust formation between generation X and Millennial has difference. The research is based on online surveys conducted with convenience samples from two different generation. The results have shown a strong relationship between initial trust towards online travel agent and consumers' behavioral intentions. The results suggest that there's no difference between two generations on the formation trust and behavioral reactions. Both Gen X and Millennial seen the risks and trust of using online travel agent in the same way. Both generation willing to give personal information to online travel agent."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>