Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Monica Winata Nurtanio
"ABSTRAK
Konsumsi daging yang berlebihan memiliki dampak negatif bagi sebagian masyarakat Indonesia karena kolesterol yang tinggi dan harga yang mahal. Namun daging masih menjadi pilihan untuk dikonsumsi karena belum ada alternatif daging sehat. Daging nabati dibuat sebagai salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin mengonsumsi daging yang sehat, hanya saja di Indonesia masih didominasi oleh produk impor. Penelitian ini membahas tentang pra perancangan produk daging nabati sapi dan ayam dengan merk Meat-Up untuk memenuhi kebutuhan di Jabodetabek. Bahan baku yang digunakan adalah gluten, kacang merah, kedelai, TVP, dan bumbu untuk daging nabati sapi, dan gluten, singkong, kedelai, TVP, dan bumbu untuk daging nabati ayam. Pabrik direncanakan beroperasi pada pertengahan tahun 2017. Pabrik akan dibangun di Bogor karena akses untuk mendapatkan bahan baku produk lebih mudah. Sistem produksi yang diterapkan adalah batch. Kapasitas produksi pabrik adalah 94 ton per tahun. Alat produksi utama yang digunakan ada 10, yaitu washer, weighing scale, miller, chopper, mixer, extruder, steamer, cooker, slicer, dan vacuum packaging machine. Total investasi yang diperlukan untuk membangun pabrik ini adalah Rp. 2.659.270.125. Adapun nilai ROI-nya adalah 32,9%, dengan PBP 2,36 tahun, MARR 17%, IRR 38%, BEP 32,3%, NPV Rp. 5.607.340.158. Harga jual yang ditetapkan untuk produk daging nabati Meat-Up adalah Rp. 30.000. Dengan demikian, pabrik Meat-Up sangat layak dibangun karena menguntungkan

ABSTRACT
High consumption of meat has a negative effect for some people in Indonesia due to its high cholestrol and expensive price. However meat still becomes a common choice for daily consumption because there is no alternative healthier meat. Gluten-based vegetarian meat was made as a solution for people who want to eat meat in healthy way, but in Indonesia imported products are still dominating the market. This study discusses the preliminary production design of vegetable beef and chicken meat with Meat-Up brands to meet the needs in the Greater Jakarta. The raw materials used are gluten, red beans, soybeans, TVP, and vegetable seasoning for vegetable beef meat, and gluten, cassava, soybean, TVP, and seasoning for vegetable chicken meat. The plant will be operated in mid 2017. The plant will be built in Bogor due to accessibility to raw materials. The production system applied is batch. The production capacity is 94 tons per year. The main production equipment used are 10 equipment, which are washer, weighing scale, miller, chopper, mixer, extruder, steamer, cooker, slicer, and vacuum packaging machine. The total investment required to build this plant is Rp. 2,659,270,125. The value of its ROI is 32.9%, with PBP 2.36 years, MARR 17%, IRR 38%, 32.3% BEP, NPV Rp. 5,607,340,158. The sale price set for this vegetable meat products is Rp. 30,000. Thus, Meat-Up plant is very feasible to be built because it is profitable."
2016
T45760
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Falih Ryan Dharmawan Putra
"Jumlah vegetarian dan restoran yang menyediakan menu dengan daging alternatif berbasis nabati meningkat di Indonesia. Adanya kesadaran untuk memilih makanan lebih sehat menjadi salah satu dorongan peningkatan tersebut terjadi, namun ternyata masih ada beberapa alasan lain dalam mengonsumsi daging alternatif ini. Penelitian ini ingin mengetahui hubungan antara motivasi, yang dikategorikan menjadi push dan pull, terhadap subjective well-being dan loyalitas pada pelanggan vegetarian Indonesia. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan secara daring dan melibatkan 204 responden. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, deskriptif, dan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok motivasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap subjective well-being, namun push motivation memiliki pengaruh yang lebih signifikan. Perceived vitality dan affective well-being sebagai dua komponen subjective well-being berpengaruh signifikan dan positif pada loyalitas. Implikasi dari penelitian ini adalah menjadi salah satu acuan bagi manajemen dan pemasar dalam membuat strategi promosi pada produk daging berbasis nabati berdasarkan kepentingan vegetarian dalam memilih makanan.
......The number of vegetarians and restaurants serving plant-based meat alternatives menus is increasing in Indonesia. The awareness to choose healthier food was one of the reasons for this increase to occur, but apparently, there are several other reasons for consuming plant-based meat alternatives. This study aims to investigate the relationship between motivation, which is categorized as push and pull, on subjective well-being and loyalty in vegetarian customers in Indonesia. This quantitative study used an online questionnaire and involved a total of 204 respondents. The collected data was analyzed by validity, reliability, descriptive, and partial least square structural equation modeling tests. The results showed that both groups of motivation had a significant and positive influence on subjective well-being, and push motivation had a more significant effect. Perceived vitality and affective well-being as two components of subjective well-being had a significant and positive influence on loyalty. The implication of this study is marketers could conduct promotional campaigns for plant-based meat alternatives products based on the vegetarians’ motives in choosing food."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library