Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syifa Mediati Firdausya
"Kecelakaan di tempat kerja dapat memengaruhi efisiensi dan produktivitas kerja. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat dan bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat melindungi dan menghindarkan pekerja dari kecelakaan kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi warning sign sebagai upaya penerapan K3, menganalisis hambatan dan pengendalian terhadap bahaya yang berpotensi terjadi di KFTD Tangerang. Pengamatan dan pengumpulan data dengan observasi maupun wawancara kepada petugas gudang dan petugas kantor, lalu dilakukan analisis data dengan metode HIRARC. Warning sign K3 di lokasi KFTD Tangerang belum tersedia sama sekali. Hal ini dikarenakan belum adanya sarana dan prasarana dalam pengadaan rambu, kurangnya pemantauan terhadap kebutuhan rambu peringatan, tidak adanya penanggung jawab atas rambu-rambu sehingga personil merasa bukan tanggung jawabnya. Sedangkan potensi bahaya yang dapat terjadi akibat rambu K3 yang terbatas yaitu kecelakaan saat terdapat tumpukan kartonan pada lorong, kecelakaan saat pengangkutan barang dengan handlift, serta kelalaian petugas saat AC Ceiling bocor. Potensi bahaya tersebut dapat diatasi dengan cara sosialisasi penerapan K3, penyediaan sarana K3 yang belum tersedia, pembentukan divisi khusus yang bertanggung jawab dalam pengawasan penerapan K3 di lingkungan kerja.
......Accidents at work can affect work efficiency and productivity. Occupational Health and Safety (OHS) is an effort to create a workplace that is safe, healthy and exempt from environmental contamination, so as to protect and prevent workers from work accidents which in turn can increase efficiency and productivity. This study aims to identify warning signs as an effort to implement OHS, analyze obstacle and control hazards at KFTD Tangerang. Data collected by observation and interviews with warehouse staff and office staff, then data analysis was carried out using HIRARC method. The OHS warning sign at the KFTD Tangerang was not available at all. This is due to the absence of facilities and infrastructure in procuring signs, lack of monitoring the needs for warning signs, lack of a person in charge so staff do not feel it is their responsibilities. While the potential hazards that can occur due to limited OHS signs are accidents when there are piles of cartons in the hallway, accidents when transporting goods by handlift, and negligence by staff when the AC Ceiling leaks. These potential hazards can be overcome by socializing the application of OHS, providing OHS facilities that are not yet available, establishing a special division that is responsible for supervising the application of OHS in the work environment."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Grace Christiane
"ABSTRAK
Warning Sign Behaviours WSBs yang direspon tidak secara asertif sejak dini oleh pasangan yang memiliki kerentanan pribadi, berpotensi mengembangkan dinamika slippery slope dan menghasilkan kekerasan pasangan partner abuse , hanya jika kedua pasangan mengembangkan dinamika aksi reaksi secara timbal balik. Oleh karena itu intervensi pencegahan perlu dilakukan sebelum hubungan mencapai keadaan slippery slope. Intervensi pencegahan diprioritaskan kepada remaja perempuan karena dampak kekerasan pasangan lebih besar dan lebih serius pada remaja perempuan daripada remaja laki-laki O rsquo;Keefe Treister, 1998 . Hasil studi pendahuluan dan studi baseline menunjukkan rendahnya keterampilan asertif dan keterpaparan WSBs, sebagai indikasi keadaan slippery slope belum tercapai sehingga intervensi pencegahan efektif untuk dilakukan. Tujuan intervensi dalam penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan asertif. Intervensi pelatihan dengan menggunakan konsep perubahan perilaku Structured Experience Learning Lewin, 1995 diberikan selama 4 jam kepada partisipan siswi kelas X, usia 14-16 tahun, memiliki pengalaman membina hubungan romantis. Penelitian menggunakan desain eksperimen two group. Evaluasi data statistik deskriptif kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan skor rata-rata tingkat keterampilan asertif dan penurunan skor rata-rata tingkat keterpaparan, tetapi hasil uji independence sample t test tidak signifikan; sementara pada kelompok kontrol, rata-rata skor tingkat keterampilan asertif relatif konstan, dan terjadi penurunan pada rata-rata skor tingkat keterpaparan. Pengambilan data pada kelompok kontrol tidak sesuai dengan prosedur standard. Hasil intervensi adalah pelatihan tidak meningkatkan keterampilan asertif.

ABSTRACT
Warning Sign Behaviours WSBs that is not assertively responded by a vulnerable partner will potentially cause a slippery slope dynamics, which result in partner abuse, if only both sides develop a reciprocal active reactive dynamics. An intervention for prevention should be prioritized to female adolescents as the negative impacts from an abusive partner is more significant and serious in them compared to male adolescents O rsquo Keefe and Treister, 1998 . The results from previous and baseline studies shows low level of skill being assertive as well as the exposure of WSBs as an indicator that a state of slippery slope has not achieved yet therefore an intervention for prevention is effective to be done. The purpose of this intervention is referred to improve the skill of assertiveness. The intervention consist of a four hours training derived from the concept of structured experience learning Lewin, 1995 that was given to 10th grade student, aged from 14 16 years old who has experienced romantic relationship. Two group research design is applied in the current study. The result from statistic descriptive data from the experiment group showed an increase in the mean score of assertive skills and a decreased mean score of the exposure, nevertheles, the result of the independence sample t test is not significant whereas the mean score of assertive skills in the control group remain stable and the exposure of the experience is downward. In addition the data from the control group was not collected as it has been decided within the procedure. Result shows that training does not improve the assertive skills."
2017
T47319
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library