Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Faisal Abdillah Muttaqin
Abstrak :
ABSTRAK
Ketika dunia menjadi lebih maju secara teknologi, kendaraan akan sampai pada titik bahwa mereka akan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja sama satu sama lain untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan menghindari tabrakan. Agar kerjasama kendaraan ini dimungkinkan, semua kendaraan harus dilengkapi dengan modul 802.11p nirkabel kompatibel on-board-unit (OBU) khusus yang menerapkan standar ITS-G5. Namun, aplikasi komunikasi kendaraan dibatasi oleh jarak antara kendaraan yang berkomunikasi dan tidak dapat mentolerir penundaan lama sambungan saat saling mengirim dan menerima informasi, dan modul 802.11p belum tersedia di seluruh dunia. Tesis ini membahas desain, implementasi dan evaluasi laju pengiriman paket serta latensi ujung ke ujung dari prototipe komunikasi kendaraan-ke-kendaraan dengan menjaga parameter seperti frekuensi sedekat mungkin dengan standardisasi akses nirkabel untuk lingkungan kendaraan. (WAVE). Dalam tesis ini, jalur komunikasi yang didasarkan pada perangkat keras komunikasi yang sesuai dengan IEEE 802.11a digunakan. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengirim dan menerima paket ditulis dalam Java dan analisis paket diamati melalui aplikasi Wireshark.
ABSTRACT
As the world becomes more technologically advanced, vehicles will come to a point that they will have the ability to communicate and cooperate with each other in order to provide useful information and avoid collisions. For this vehicles cooperation to be possible, all vehicles must be equipped with a special on-board-unit (OBU) compatible wireless 802.11p modules that implement the ITS-G5 standard. However, vehicular communication applications are limited by distance between the communicating vehicles and cannot tolerate long connection establishment delays upon sending and receiving information among each other, and the 802.11p modules are not yet readily available worldwide. This thesis addresses the design, implementation and evaluation of packet delivery rate as well as end-to-end latency of a vehicle-to-vehicle communication prototype by keeping parameter such as frequency as close as possible to the standardization of wireless access for vehicular environment (WAVE). In this thesis, communication line based on an IEEE 802.11a compliant communication hardware is used. The software used for sending and receiving packets is written in Java and the packets analyzation is observed through Wireshark application.
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marinus Martin Dwiantoro
Abstrak :
Denial of Service adalah salah satu serangan siber yang dapat mengakibatkan gangguan layanan dan kerugian finansial. Akibat dari serangan DoS tentunya akan memberikan dampak buruk dan sangat merugikan. Untuk dapat menanggulangi dan meminimalisir dampak serangan DoS, dirancanglah sebuah sistem deteksi serangan DoS dan klasifikasi serangan yang terjadi menggunakan machine learning. Pada penelitian ini, akan dilakukan perancangan sistem deteksi serangan DOS melalui pengumpulan traffic data yang dikumpulkan oleh Wireshark dan dikonversi menggunakan CICFlowMeter. Serangan DoS dilancarkan oleh GoldenEye, HULK, dan SlowHTTPTest. Pengklasifikasian diterapkan pada salah satu dataset pada CICIDS2017, menggunakan algoritma Random Forest, AdaBoost, dan Multi-layer Perceptron. Hasil akurasi klasifikasi tertinggi adalah Random Forest sebesar 99,68%, hasil rata-rata Cross-Validation tertinggi juga dipegang oleh Random Forest sebesar 99,67%, dan untuk perbandingan performa antara hasil algoritma yang dilakukan oleh penulis dan paper konferensi DDOS Attack Identification using Machine Learning Techniques yang menjadi acuan, hasil yang paling mendekati adalah Random Forest dengan besar yang sama. ......Denial of Service is a cyberattack that can result in service disruption and financial loss. The consequences of a DoS attack will certainly have a bad and very detrimental impact. To be able to overcome and minimize the impact of DoS attacks, a DoS attack detection system and classification of attacks that occur using machine learning was designed. In this research, a DOS attack detection system will be designed by collecting traffic data collected by Wireshark and converted using CICFlowMeter. DoS attacks were launched by GoldenEye, HULK, and SlowHTTPTest. Classification was applied to one of the datasets in CICIDS2017, using the Random Forest, AdaBoost, and Multi-layer Perceptron algorithms. The highest classification accuracy result is Random Forest at 99.68%, the highest average Cross-Validation result is also held by Random Forest at 99.67%, and for performance comparison between the algorithm results carried out by the author and the conference paper DDOS Attack Identification using Machine Learning Techniques are the reference, the closest result is Random Forest with the same size.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Sani Akbar
Abstrak :
Indonesia merupakan Negara dengan tingkat traffic komunikasi yang cukup besar dewasa ini, dengan penggunaan jaringan sinyal GSM sebagai jaringan utama yang user gunakan untuk berkomunikasi satu user dengan yang lainnya. Pertukaran berbagai informasi terjadi dalam jaringan GSM ini, mulai dari informasi yang bersifat umum hingga yang bersifat personal atau privat. Dengan adanya pertukaran informasi tersebut, dibutuhkan sebuah tingkat keamanan yang cukup mumpuni untuk tetap menjaga informasi yang terdapat di dalam Jaringan GSM. Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem yang dapat melakukan penyadapan secara sederhana untuk mengetahui tingkat keamanan dari jaringan GSM. Unsur penyadapan pada sistem dilakukan dengan memanfaatkan Radio Tunner sebagai receiver sinyal GSM dan Gnu Radio sebagai dencoder sinyal GSM dan diteruskan oleh Wireshark sebagai analisator dari sinyal GSM sehingga didapatkan informasi berupa GSM-TAP sebagai hasil dari proses sistem. Hasil dari pengujian simulasi didapatkan rata - rata System Information type 4 sebanyak 930 kanal dan Immediate assignment sebanyak 1636 kanal dari total rata - rata Traffic sebanyak 37212 kanal. Detail dari setiap potongan kanal menghasilkan data dasar dari kanal tanpa adanya potongan informasi berupa suara maupun teks ( SMS ). ......Indonesia is a country with a big scale of network traffic users nowadays. With GSM network as a primary network that user used to communicate to each others. There are so many traffic of information inside the GSM network with many scale of information confidentiality, from public to private or restricted. With the exchange of such information, it needs a level of security that is quite capable to keep the information that contained in the GSM network. This research goal is to design a system that can perform tapping GSM signal to know how deep GSM security is. This GSM tapping system is using a Radio Tunner as a GSM signal receiver and Gnu radio as a software that decode the GSM signal to be readable by Wireshark for analysis until it got a GSM_TAP as a result from this system. The results of the simulation are obtained by averaging the simulation System Information type 4 as many as 930 channels and Immediate assignment as much as 1636 Channels from total of Traffic as much as 37212 Channels. The detail of every piece of the channel show only a frame header from that channel without any voice or text ( SMS ).
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63970
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library