Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"CRC Press"
Boca Raton : CRC Press, 2008
621.042 ENE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Anderson, Edward E.
Reading, MA: Addison-Wesley, 1983
621.47 AND f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Young, Gary C., 1943-
Hoboken : Wiley-Blackwell, 2010
662.87 GAR m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"This book is a comprehensive examination of the large number of possible pathways for converting biomass into fuels and power through thermochemical processes. The book brings together a widely scattered body of information into a single volume that allows comparison of the various thermochemical pathways. The thermochemical processes considered include combustion, gasification, fast pyrolysis, hydrothermal treating, and catalytic conversion of sugars. The book also includes chapters on the upgrading of syngas and bio-oil to liquid transportation fuels, and the economics of the various processes for producing fuels and power"-- Provided by publisher."
Hoboken, NJ.: John Wiley , 2011
662.88 THE (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
H. Widjatmoko
"ABSTRAK
Penggunaan bahan bakar gas untuk kendaraan bermotor sangat menguntungkan dilihat dari segi ekonomis karena harga jual BBG leblh murah , BBG juga sangat menguntungkan dilihat dari segi polusi udara yang ditimbulkan dbandingkan dengan kendaraan bermotor berbahan bakar premium maupun bahan bakar solar, disebabkan emisi gas buang yang bersih dan sehat tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan.
Namun kendaraan bahan bakar gas masih mempunyai permasalahan yaitu daya yang berkerja belum maksimum (terjadi penurunan daya).
Di dalam penelitian ini berupaya untuk menaikkan daya dengan cara modifikasi diameter saluran udara mixer dari 30 mm menjadi 28 mm dan perubahan sudut pancar mixer dari 470 menjadi 54° . Uji coba kendaraan dilakukan di laboratorium dengan metode variasi putaran (Variable Speed ) dari putaran 1000 rpm s/d 4000 rpm.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini Daya efeklif bertambah besar yaitu untuk perubahan diameter sebesar 11,59 hp , sedangkan untuk perubahan sudut daya efektif hanya bertambah sedlkit yaitu 1 hp."
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"CASES CAPABILITY ON ENERGY CONVERSION OF HTGR . Energy conversion capability on HTGR is determined by the gas coolant which is also as energy transfer. So that the gases capability on energy conversition should be viewed....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sørensen, Bent
Amsterdam: Academic Press, 2007
621.042 SØR r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Atma Dwi Sumardiyono
"ABSTRAK
Seperti diketahui bahwa dengan exploitasi yang berlebihan akan sumber daya alam terutama BBM, menjadikan ketakseimbangan pada proses alam itu sendiri. Untuk itu maka perlu dipikirkan secara dini pentingnya diversifikasi bahan bakar minyak kepada bahan bakar gas pada aplikasi motor bakar. Untuk menunjang itu semua diatas, maka perlu pula dipikirkan akan sebuah alat untuk menkonversikan bahan bakar gas agar dapat digunakan pada kendaraan kendaraan BBM yang menggunakan mesin motor bakar sebagai prime movernya. Di Indonesia alat konversi tersebut masih belum dapat dibuat, sehingga harga alat konversi tersebut masih relatif mahal dan hal ini yang mengakibatkan penggunaan kurang populer untuk mengganti bahan bakar minyak kebahan bakar gas. Dari permasalahan yang telah disebutkan diatas, maka sekiranya sudah saatnya perlu dipikirkan alat yang dapat dibuat sendiri dengan lokal content 100%.
Dengan produksi lokal yang mempunyai kehandalan yang tinggi maka diharapkan produksi tersebut mempunyai orientasi eksport dan dapat diterima oleh customer luar negeri.
UNITED TRACTORS Tbk. PT. dimana penulis bekerja, adalah perusahan yang bergerak tidak hanya trading, manufakturing tetapi juga rekayasa dalam produk produk alat berat. Salah satu produk andalan eksportnya adalah FORKLIFT PATRIA.
Forklift Patria mempunyai dua type engine yaitu : PFG (patria forklift gasoline) dan PFD (palria forklift diesel) dengan range berkisar 2 hingga 3,5 ton. Untuk forklift gasoline Patria sudah menerapkan sistem bahan bakar LPG dan CNG, dan sudah dieksport dibeberapa negara, dengan konverter kit masih import dari USA. Dengan adanya kebutuhan yang sangat meningkat dari beberapa customer luar akan kebutuhan emit dengan menerapkan sistem bahan bakarnya menggunakan bahan bakar gas, maka kebutuhan konverter kit produksi dalam negeri sangat dinanti. Diharapkan dengan konverter kit dalam negeri ini yang dipergunakan pada forKlift PATRIA, maka dapat pula dibuat konverter - konverter kit lainnya yang dapat diterapkan pada kendaraan - kendaraan jenis lain.
Dari hasil pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa kadar gas buang (CO & HC) untuk CNG lebih rendah dari pada bensin dan tujuan dari thesis ini yaitu konverter tunggal yang dapat menggunakan bahan bakar CNG atau LPG dapat dibuat atau dengan kata lain konverter untuk bahan bakar CNG dan konverter untuk bahan bakar LPG dapat dijadikan satu konverter, dan daya yang dihasilkan dengan menggunakan bahan bakar CNG/LPG tidak dapat menyamai dengan daya yang dihasilkan dengan menggunakan bahan bakar bensin."
1998
T8524
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurhidayatun Nisa
"Pembangkit listrik sistem Ocean Thermal Energy Convertion adalah konversi energi yang memanfaatkan perbedaan suhu antara permukaan laut dan dasar laut untuk mengoperasikan generator yang kemudiam menghasilkan energi listrik. Konversi energi sistem OTEC ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik yang daerah elektrifikasi listriknya belum terpenuhi, seperti kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.
Perancangan sistem OTEC menggunakan siklus tertutup dengan fluida kerja amonia. Penulisan sistem OTEC menggunakan kapal terapung Vessel Off-Shore sebagai letak penempatan perpindahan kalor. Vessel Off-Shore perancangan memiliki displacement sebesar 342.032 Kton. Hasil dari daya net perancangan pembangkit sistem OTEC adalah sebesar 110.870 MW, efisiensi thermal sebesar 3%.

Power plant system Ocean Thermal Energy Convertion is utilizes the temperature difference between warm surface and deep cold water of ocean to eperatte electricity. Power plant of OTEC system can be utilized for needs electricity which the island have electrification low , such as Mamuju island, West Sulawesi. OTEC system design uses a closed cycle with a working fluid of ammonia.
Design OTEC system uses a floating or Vessel Off-Shore as place heat transfer. Off-Shore Vessel design have displacement of 342,032 ton. The results of net power plant design OTEC system is 110.87 MW, efficiency thermal 3 %.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S65126
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desy Kurniawati
"ABSTRAK
Konversi limbah plastik HDPE menjadi bahan bakar minyak, merupakan langkah konkrit saat ini untuk menghasilkan alternative energi. Pirolisis menjadi salah satu pilihan yang dapat diambil, yang mana selama ini proses pirolisis masih dikenal sebagai proses konversi dengan kebutuhan energi yang cukup tinggi. Oleh karena hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah dengan mengembangkan metode pirolisis baik thermal pyrolysis dan catalytic pyrolysis berbasis pendinginan passive cooling system pada kedua metode tersebut yang rendah energi untuk menghasilkan minyak bahan bakar dengan sifat mendekati karakteristik minyak diesel. Pada catalytic pyrolysis, digunakan katalis yang berasal dari limbah PLTU yaitu abu terbang Amurang, Bukit Asam, Adaro dan Kideco. Dari keempat jenis tersebut hanya dua abu terbang yang memenuhi syarat untuk dijadikan bahan katalis ZSM5 berdasar nilai ambang batas rasio Si/Al yang dikandung dari uji SEM-EDS, yaitu dari keduannya masing-masing sebesar 21,95 dan 10,02. Hasil dari uji BET dihasilkan karakteristik ZSM5 yang memenuhi yaitu luas permukaan abu terbang Amurang dan Bukit Asam masing-masing adalah 9,11 m2/g dan 21,25 m2/g. Volume pori-pori 0,02 ml/g dan 0,03 ml/g, dan ukuran pori masing-masing 40,12 Å dan 25,93 Å. Kondisi operasi pyrolysis optimal pada suhu reaktor 500oC dengan specific energy consumption sebesar 44,35 watt/gram, dengan laju kalor 14497,85 KJ/h, dengan suhu air pendingin LCS 20oC dan dengan ukuran feed reaktor bekisar 2mm - < 20 mm. Pada thermal pyrolysis dihasilkan konversi fase cair 89%, dengan tanpa endapan dan 11% gas. Sedangkan untuk catalytic pyrolysis perlu penambahan katalis di bagian reaktor sebesar 30% dari jumlah katalis, dengan peletakan 70% katalis di ruang katalis pada saluran uap sebelum LCS, dan dihasilkan konversi sebesar 85% cairan. Karakteristik hasil densitas dan viscositas kinematis dari thermal pyrolysis adalah 0,830 gram/ml dan 2,045 mm2/s (pada suhu uji 40oC), sedangkan hasil densitas dan viscositas kinematis dari catalytic pyrolysis adalah 0,827gram/ml dan 1,799 mm2/s (pada suhu uji 20oC).

ABSTRACT
The conversion of HDPE waste into fuel oil is concrete step to produce alternative energy. Pyrolysis is one of the choices that can be taken, which during this time the pyrolysis process still known as a conversion process with high energy requirements. Therefore, the aim of this research is to develop a pyrolysis method for both thermal pyrolysis and catalytic pyrolysis based on passive cooling system-based cooling in both low energy methods to produce fuel oil with properties as characteristics of diesel oil. In catalytic pyrolysis, catalysts derived from PLTU waste are used, namely Amurang, Bukit Asam, Adaro and Kideco fly ash. From the four types coal fly ash, only two fly ashes were qualified to be used as ZSM5 catalysts based on value of the Si/Al ratio contained from the SEM-EDS test, with the amount respectively are 21.95 and 10.02. The results of the BET test produced ZSM5 characteristics with the surface area of ​​Amurang and Bukit Asam fly ash, respectively are 9.11 m2/g and 21.25 m2/g. The pore volume is 0.02 ml/g and 0.03 ml/g, and the pore size is 40.12 Å and 25.93 Å. Pyrolysis operating conditions are optimal at reactor temperatures of 500oC with specific energy consumption 44.35 watt/gram, with heat transfer rate about 14497,85 KJ/h with cooling water temperature of 20oC for LCS, with reactor feed sizes ranging from 2mm - <20mm. In thermal pyrolysis produced 89% liquid phase conversion, with no deposits and 11% gas. Whereas for catalytic pyrolysis it is necessary to add catalyst in the reactor by 30% of the amount of catalyst, by placing 70% catalyst in the catalyst chamber in the steam channel before LCS and resulting in a conversion of 85% liquid. The characteristics of the kinematic density and viscosity results of thermal pyrolysis are 0.830 gram/ml and 2.045 mm2/s (at a test temperature of 40oC), while the kinematic density and viscosity results of catalytic pyrolysis are 0.827gram/ml and 1.799 mm2/s (at a test temperature of 20oC), while the kinematic density and viscosity results of catalytic pyrolysis are 0.827gram/ml and 1.799 mm2/s (at a test temperature of 20oC)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>