Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 51 dokumen yang sesuai dengan query
cover
London: Facet, 2006
028.7 DIG
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Indani Minallah
Abstrak :
Internet adalah media dan sumber informasi yang menawarkan berbagai kemudahan, kecepatan, ketepatan akses dan kemampuan menyediakan berbagai kebutuhan informasi setiap orang, kapan saja, dimana saja dan pada tingkat apa saja. Website adalah semua dokumen berlokasi pada web yang berisi informasi dari suatu organisasi untuk berbagai tujuan dan dapat diakses 24 jam/hari di internet. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau mendatang. Berbagai informasi yang dapat diperoleh melalui Internet antara lain lapangan pekerjaan, kesehatan, berita, komunikasi lewat email, mailing list, dan chating, bahkan artikel-artikel ilmiah dalam berbagai disiplin ilmu, dan lain sebagainya. Penulis tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui manfaat dari teknologi internet di kalangan mahasiswa FKM UI dan FIKES UHAMKA dalam mencari informasi kesehatan. Dalam menganalisis penelitian ini dikaitkan dengan teori-teori mengenai kebutuhan, kemampuan dan pengetahuan gaya hidup dan pengertian internet serta pemanfaatannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross sectional (potong lintang) yang merupakan penelitian yang ditujukan untuk melihat atau mengetahui hasil dari sebuah kegiatan, yang dilakukan dalam satu waktu tertentu. Penulis mengumpulkan data primer dengan cara menggunakan daftar pertanyaan atau kuesioner yang akan disebarkan oleh peneliti kepada responden yaitu mahasiswa FKM UI dan FIKES UHAMKA. Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar mahasiswa mengetahui tentang teknologi internet secara umumnya (99%). Mahasiswa FKM UI dan FIKES UHAMKA telah memanfaatkan teknologi internet sebagai fasilitas dalam menunjang pendidikan dan penelitiannya. Tingkat pemanfaatan teknologi internet dalam mencari informasi kesehatan pada mahasiswa FKM UI dan FIKES UHAMKA cukup bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa FKM UI dan FIKES UHAMKA.
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Laely Wahyuli
Abstrak :
Sejak tahun 2007 materi Information Literacy (IL) terintegrasi dalam program Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM) Universitas Indonesia. Dalam kegiatan ini, pustakawan berperan sebagai instruktur yang menyampaikan materi IL atau literasi informasi. Permasalahan dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana ketrampilan instruktur literasi informasi OBM 2007 dalam penguasaan maupun penyampaian materi literasi informasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Konsep literasi informasi mengacu pada Information Literacy Competency Standard for Higher Education yang dikeluarkan ACRL, kajian Webb dan Powis untuk konsep pengajaran, dan kajian Palan untuk menentukan tingkat kompetensi kerja. Dari analisis hasil wawancara, disimpulkan bahwa: 1) pemahaman informan terhadap konsep literasi informasi tergolong cakap (proficient); 2) dalam penguasaan literasi informasi ada tiga golongan yaitu pembelajar (learner), cakap (proficient), dan mahir (professional); 3) kemampuan informan dalam menyampaikan materi tergolong cakap (proficient). Sedangkan faktor-faktor yang memengaruhi penguasaan literasi informasi adalah pendidikan, pengalaman kerja dan pelatihan. Hasil penelitian menyarankan Perpustakaan UI menyediakan berbagai program pelatihan dalam mempersiapkan pustakawan menjadi instruktur yang efektif. Materi dalam pelatihan mencakup teori dan praktik tentang literasi informasi dan pelatihan presentasi. Pelatihan diberikan berdasarkan pada tingkat ketrampilan pustakawan.
Since 1997, Information Literacy (IL) has been integrated to the Student Learning Orientation Program of the University of Indonesia. In this program, the librarians have the role as the instructor in delivering the IL material. The focus of this research is to explore the skill of information literacy?s instructors and their ability to teach was delivered on the 2007 program. This research is a qualitative research with descriptive design. The concept of information literacy referred to Information Literacy Competency Standard for Higher Education from ACRL, the study of Webb and Powis on teaching concept, and Palan?s study on determining the competency level. The result of the interview?s analysis concludes that: 1) the interviewees? Understanding on the concept of information literacy is at the proficient level; 2) in regards to the level of information literacy knowledge, there are three types of instructors: learner, proficient, and professional; 3) the ability of instructors in teaching delivering the program is quiet proficient. The result of the research also shows that the factors affecting the ability in majoring the information literacy are: education, working experience and training. The result of this research suggests that The Library of the University of Indonesia should provide various training programs in preparing the librarians to be the effective instructors. The subjects that should be given in the training consist of theories and practical guides on information literacy and how to present them. The training will be given based on the librarians? skill level.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
T25210
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Diao, Ai Lien
Abstrak :
Jakarta: Studio Teknologi Pendidikan, 2010
658DIAL001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Ayu Sumanti
Abstrak :
ABSTRACT
Penelitian ini membahas implementasi literasi informasi di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi implementasi literasi informasi di Perpustakaan Kemendikbud melalui program kegiatan yang dibuat oleh perpustakaan dan diselenggarakan secara berkala setiap tahun. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi literasi informasi yang dilakukan oleh Perpustakaan Kemendikbud melalui program kegiatannya dirancang selain untuk mendukung salah satu program organisasi induknya yaitu Gerakan Literasi Sekolah GLS , juga untuk memperkenalkan konsep literasi informasi kepada para siswa di jenjang pendidikan sekolah. Implementasi program terdiri atas beberapa jenis kegiatan seperti lokakarya literasi informasi, library tour, dan permainan interaktif yang disebut lsquo;treasures hunt rsquo;. Walaupun program masih dikemas dengan sederhana, namun respon positif dari peserta maupun manfaat yang didapatkan oleh mereka membuat program ini dinilai dapat terus dijalankan bahkan dikembangkan menjadi lebih baik lagi.
ABSTRACT
This research discuss the implementation of information literacy in Ministry of Education and Culture Library. The aim of this research is to identify the implementation of information literacy through their program which the library held annually. The approach used in this research is qualitative approach with case study method. Collection of the data is carried out through depth interview, observation, and document analysis. Results of the research show that the implementation of information literacy which held by Ministry of Education and Culture Library, planned to support one of their mother institution rsquo s program called Gerakan Literasi Sekolah GLS , also to introduce the information literacy concept to the student from elementary to the high school. The implementation program itself consists of some activities such as information literacy workshop, library tour, and an interactive games called lsquo treasures hunt rsquo . Altough the program still simply packed, positive feedback came from the partisipant and the perceived benefits makes this program worth to be held again in the future with some improvement to make it more better.
2017
S70019
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oxford: Chandos, 2006
028.7 INF
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Baker, Kim
Abstrak :
Abstract: There is a complex and contested terrain of cultural heritage in the library context. Information Literacy and Cultural Heritage explores this terrain, from museums, archives and libraries perspectives, highlighting the role of memory and contested history in the collection, description and presentation of cultural heritage.
Oxford : Chandos Publishing, 2013
028.7 BAK i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cambridge, Massachusetts: Chandos Publishing, 2017
028.7 MED
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Going beyond the fake news problem, this book tackles the broader issue of teaching library users of all types how to become more critical consumers and sharers of information. As a public, school, or academic librarian or educator, you can help library users to become more conscious and responsible consumers of information. As you read, you'll gain a better understanding and appreciation of the core concepts involved in promoting critical information literacy, such as information ethics, media literacy, and civic education. You'll also learn the history of fake news and come away with practical ideas in mind for strategies to apply in your library. Chapters contributed by leading experts in public, academic, and school library services are written in plain, everyday language that librarians and library school students can easily understand and relate to their own experiences as information users, especially their experiences in social media and other online venues where sharing false information takes only a click. Features: Offers a means to learn how to step into their vital role as leaders helping their communities to more critically evaluate information; Features ways to master the concept of critical information literacy, information ethics related to online information sharing, and other core concepts related to information literacy, fake news, and teaching users about source evaluation; Encourages readers to view libraries as the ideal institutions for combating the fake news problem
Colorado: Libraries Unlimited, 2018
028.7 INF
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6   >>