Hasil Pencarian  ::  Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ayat Maulana, author
ABSTRAK
Merancang suatu kapal merupakan sebuah pekerjaan yang dibutuhkan sebelum proses pembuatan kapal dilakukan. Hal yang cukup krusial dalam perancangan sebuah kapal adalah menentukan besarnya nilai hambatan. Sebab, besarnya nilai hambatan akan mempengaruhi biaya operasional sebuah kapal yang didalamnya berkaitan dengan konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, dalam pembuatan kapal diperlukan sebuah...
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1503
UI - Skripsi (Open)  Universitas Indonesia Library
cover
Hutabarat, Andre Yohanes Hamonangan, author
Adalah hal mutlak faktor keselamatan bagi setiap alat transportasi, tidak terlepas dengan armada transportasi air yaitu kapal. Salah satu faktor yang berpengaruh besar dalam keselamatan adalah kemampuan kapal untuk kembali ke posisi semula yang disebut stabilitas kapal. Pengujian dimaksudkan untuk mengetahui nilai MG sin? atau lengan Koppel kapal model milik...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51014
UI - Skripsi (Open)  Universitas Indonesia Library
cover
Gunawan, author
[ABSTRAK
Pemanfaatan energi yang lebih efisien tanpa merusak lingkungan menjadi perhatian masyarakat dunia mengingat persediaan energi yang semakin terbatas, terutama pada alat transportasi seperti kapal. Pengurangan hambatan sangat penting untuk mengurangi konsumsi bahan bakar. Berbagai upaya telah dilakukan dalam pengurangan hambatan (drag reduction) dengan meningkatkan efisiensi penggunaan energi. Penggunaan gelembung udara menjadi salah satu hal yang...
2012
T29533
UI - Tesis (Open)  Universitas Indonesia Library
cover
Hutapea, Peter Kolbert, author
[ABSTRAK Manajemen operasional merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan dalam suatu industri galangan kapal. Pengembangan dan penyusunan model pada manajemen risiko akan dilakukan agar pembangunan kapal lebih efisien dalam segi waktu dan juga biaya. Langkah yang dilakukan dalam melakukan manajemen risiko tersebut adalah dengan cara melakukan konsep IIAR...
2015
S58613
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fattah, author
Kapal pelat datar merupakan salah satu kapal inovatif dalam pembuatan kapal dimana pembuatannya tidak membutuhkan pelengkungan pelat yang membutuhkan waktu cukup lama. Semi trimaran adalah konsep dari kapal trimaran yang memiliki stabilitas yang baik pada saat kondisi tertentu diperlukan stabilitas yang baik dan kondisi tertentu sebagai kapal cepat. Namun kapal...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67630
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Syafin A.L., author
Pemanasan global dan krisis energy telah mendorong manusia untuk menemukan cara mangatasinya. Pengurangan konsumsi bahan bakar fosil dan penerapan green technology berkembang pesat saat ini. Pada kapal telah diteliti dan ditemukan cara untuk mengurangi hambatan seperti penggunaan microbubbles, surfactant, dan polymer. Penggunaan bahan surfactant dan polymer sentesis yang berbasiskan rantai...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42211
UI - Skripsi (Open)  Universitas Indonesia Library
cover
Kamaludin, author
[ABSTRAK
Dalam berbagai penelitian uji tarik kapal ditemukan rentang Froude number tertentu yang memiliki kenaikan koefisien hambatan yang tidak terlalu ekstrim. Hal ini menyebabkan kenaikan hambatan dan daya kapal pada rentang ini tidak terlalu jauh sehingga nilai Froude number yang masuk ke dalam rentang tersebut dianggap sebagai Froude number ideal. Nilai...
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1022
UI - Skripsi (Open)  Universitas Indonesia Library
cover
Andry Siswanto, author
Karakteristik dari bentuk kapal memiliki peranan penting dalam pengoperasian dan daerah pelayarannya. Penggunaan teknologi bentuk haluan model kapak (Axe bow) mempunyai nilai efesiensi yang tinggi karena tahan terhadap kondisi pitching dan mencegah resiko slamming. Pemanfaatan bentuk lambung bawah semi trimaran sebagai pengarah aliran air (water tunnel) dapat meningkatkan efesiensi dari...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S59432
UI - Skripsi (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Andotama Kharisma, author
Kapal pada saat ditarik di air mempunyai gaya hambat akibat kekentalan zat cair. Daya mesin yang dibutuhkan untuk mendorong kapal pada kecepatannya harus dapat mengatasi gaya-gaya hambat. Pengurangan hambatan dalam aliran fluida bisa didapat dengan memberikan zat aditif jenis polimer, surfactant, fibre, cat atau kekasaran khusus pada permukaan benda. Permukaan...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia;, 2010
S52301
UI - Skripsi (Open)  Universitas Indonesia Library
cover
Maulana Farhan, author
Koefisien tahanan adalah salah satu bagian dari masalah yang dapat mempengaruhi kecepatan pada kapal. Besarnya nilai koefisien tahanan ini bergantung pada berbagai faktor, diantaranya adalah faktor bentuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan nilai faktor bentuk pada sebuah kapal model dengan bentuk lambung tipe ?V? pada kecepatan dan kondisi...
2011
S165
UI - Skripsi (Open)  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>