Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dicky Ahmad Ghiffari
"Profil Usaha House of Juice adalah UMKM yang didirikan pada tanggal 20 Mei 2020 dengan produk jus buah alami dengan pemanis madu. House of Juice berlokasi di daerah Srengseng, Jakarta Barat. House of Juice menggunakan metode pemesanan terlebih dahulu (pre-order) melalui akun Instagram @_houseofjuice
Analisis Situasi
Strength Produk jus buah dengan pemanis alami berupa madu
Menggunakan buah berkualitas dengan tingkat kematangan yang baik, rasa manis alami, dan berasal dari distributor terpercaya
Menggunakan media sosial Instagram sebagai platform utama untuk menjalankan usahaBisnis dengan metode pre-order memiliki peluang kerugian yang kecil (lowrisk) Weakness) Belum tersedia di layanan e-commerce (Gojek, Grab, Tokopedia) Belum memiliki strategi kehumasan yang jelas dan direncanakan dengan matang Pemasaran produk berhenti sejak bulan November 2020
Belum rutin mengunggah konten di sosial media Instagram, rata-rata hanya 2 konten setiap minggu. Opportunity
Banyak masyarakat yang mencari produk kesehatan untuk memenuhi kebutuhan vitamin di masa pandemi Banyak kompetitor jus yang lebih memilih menggunakan pemanis jus dari gula dan susu kental manis Perkembangan media sosial Instagram yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran produk
Threat
Kompetitor bisnis serupa yang sangat banyak
Nama brand House of Juice sudah pernah ada yang menggunakan
Pernyataan Masalah House of Juice belum memiliki strategi kehumasan yang direncanakan dengan matang untuk mengkomunikasikan pesan tentang produk jus buah sehat yang dimilikinya. Hal ini didukung dengan keberadaan pandemi Covid-19 yang telah menghadirkan permasalahan baru yang mengganggu kesehatan, khususnya bagi kalangan remaja. Sehingga House of Juice dapat membuat strategi kehumasan berupa program kesadaran kesehatan yang bertujuan untuk membangun citra brand House of Juice sebagai brand yang peduli dengan kesehatan remaja generasi Z.
Usulan Program
Program bernama It’s Healthy Juice for You dengan pesan kunci #MulaiDariSekarang. Rangkaian program ini terdiri dari:
Aktivasi media sosial Instagram
Kolaborasi komunitas bersama komunitas sepak bola Lapan Rasa FC dan komunitas lari Running Rage
Kolaborasi content creator untuk menggerakan 7 Days Healthy Challenge
Special event Juice Day at School
Tujuan
Membangun citra brand House of Juice yang peduli dengan kesadaran kesehatan generasi Z
Target Khalayak
Demografis
Jenis Kelamin: Laki-laki dan Perempuan
Usia: 15-24 tahun
Pekerjaan: Pelajar dan mahasiswa
SES: B
Geografis
Domisili: Jakarta Barat
Wilayah khusus: Srengseng, Kembangan, Palmerah, Kemanggisan, Slipi.
Behaviour
Aktif menggunakan media sosial untuk mencari informasi
Suka mengikuti akun influencer di Instagram
Suka mencari informasi mengenai komunitas olahraga di Instagram
Memiliki ketertarikan untuk mengonsumsi produk berbahan dasar buah
Psikografis
Suka bersenang-senang
Menggunakan media sosial untuk mencari rekomendasi makanan dan minuman sehat
Suka memesan makanan dan minuman dari aplikasi online
Suka mencari tahu tren yang populer di Instagram
Jadwal
Juni - Oktober 2022
Anggaran
Rp16.154.000
Monitoring & Evaluasi
Input: Monitoring & Evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan setiap kegiatan
Output: Monitoring & Evaluasi terhadap Indikator Keberhasilan tiap kegiatan
Outcome: Monitoring & Evaluasi terhadap hasil dan pengaruh program terhadap kesadaran kesehatan generasi Z dan citra brand

Company Profile
House of Juice is an MSME founded on May 20, 2020 with natural fruit juice products with honey sweetener. House of Juice is located in Srengseng area, West Jakarta. House of Juice uses pre-order method via Instagram account @_houseofjuice.
Situation Analysis
Strength
Fruit juice products with honey natural sweeteners
Using good quality ripe fruit with natural sweet taste, and comes from a trusted distributor
Using Instagram as the main platform to run the business
Businesses with the pre-order method have a small chance of loss (low risk)
Weakness
Not available on e-commerce services (Gojek, Grab, Tokopedia)
Does not have a clear and well-planned communication strategy
Business activities have stopped operating since November 2020
Not routinely uploading content on social media, only two times a week
Opportunity
Many people are looking for health product to meet their vitamin needs during the pandemic
Many brands juice competitor prefer to use sweetened from sugar and condensed milk
The use of social media that can be used for product marketing
Threat
A lot of similar business competitors
House of Juice brand name had been used before by others
Problem Identification
House of Juice does not have a well-planned public relations strategy to communicate its message about its healthy fruit juice products to customers. This is supported by the Covid-19 pandemic which has presented new problems that interfere with health, especially for teenagers. With that opportunity, House of Juice can create a public relations strategy in the form of a health awareness program that aims to build the House of Juice brand image as a brand that cares about the health of generation Z teenagers.
Programs
The program called It's Healthy Juice for You with the key message #StartFromNow. This series of programs consists of:
Instagram social media activation
Community collaboration (Lapan Rasa FC & Running Rage)
Content creator collaboration (7 Days Healthy Challenge)
Special event “Juice Day at School”
Goals
Building a House of Juice brand image that cares about the health awareness of generation Z.
Target Audience
Demographic
Gender: Male and Female
Age: 15-24 years old
Occupation: Student
SES: B
Geographical
Area: West Jakarta
Focus area: Srengseng, Kembangan, Palmerah, Kemanggisan, Slipi.
Behavior
Actively use social media to find information
Likes to follow influencer accounts on Instagram
Likes to find information about the sports community on Instagram
Have an interest in consuming fruit-based products
Psychographic
Likes to having fun
Using social media to find healthy food and drink recommendations
Likes to order food and drinks from online applications
Loves to find out what trends are popular on Instagram
Schedule
June - October 2022
Budget
Rp. 16.154.000,-
Monitoring & Evaluation
Input: Monitoring & Evaluation of the planning and implementation of each activity
Output: Monitoring & Evaluation of the KPI of each activity
Outcome: Monitoring & Evaluation of the results and impact of the program on Generation Z's health awareness and brand image
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Suci Tria Meirisa
"Latar Belakang: Pandemi COVID-19 telah mengubah pola kehidupan manusia menuju tatanan kehidupan yang baru, khususnya di lingkungan perkantoran. Himbauan, larangan, bahkan pembatasan sosial berskala besar dilakukan untuk menekan kasus. Untuk mengatasi penyebaran wabah yang cepat, warga harus meningkatkan kesadaran kesehatan dan mengurangi interaksi sosial mereka. Kesadaran kesehatan memerlukan penerapan protokol kesehatan. Memastikan tingkat kepatuhan yang tinggi dan beberapa faktor risiko pekerjaan yang dapat dimodifikasi di lingkungan kantor merupakan tantangan untuk mengelola pandemi secara efektif.
Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian empiris, dengan mengambil pendekatan berbasis masalah menjadi pendekatan perilaku yaitu kesadaran kesehatan yang didukung oleh data primer yang bersumber dari sumber data. Data tersebut diperoleh pada bulan Oktober hingga November 2021.
Hasil: Secara keseluruhan, penerapan protokol kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran COVID-19 relatif baik; hanya saja kendala tertentu harus dievaluasi. Skor kesadaran kesehatan tertinggi adalah tanggung jawab pribadi dan motivasi kesehatan. Sedangkan yang terendah adalah aspek psikologis/keadaan batin dan pencarian dan penggunaan informasi kesehatan. Terdapat korelasi positif antara dimensi kesadaran kesehatan dengan beberapa item PHBS Pencegahan COVID-19 di tempat kerja (r > 0,3). Kemudahan penerapan PHBS secara signifikan lebih baik untuk pekerja shift dibandingkan dengan pekerja non shift, yaitu pada beberapa item PHBS. Berdasarkan kelompok pola kerja (WFH < 20 jam, WFH 20-40 jam dan WFH > 40 jam, bergantian Work From Office (WFO)), tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemudahan penerapan PHBS Pencegahan COVID-19 di tempat kerja.
Kesimpulan: Hasil kami menunjukkan bahwa untuk mengelola pandemi secara efektif, kita harus memastikan bahwa kesadaran kesehatan terjaga dengan baik, terutama aspek pencarian dan penggunaan informasi kesehatan dan keadaan psikologis/batin.

Background: The COVID-19 pandemic has altered the pattern of human life toward a new life order, particularly in the office setting. Appeals, prohibitions, even large-scale social restrictions were implemented in order to decrease the cases. To cope with the rapid spread of the outbreak, citizens have to increase health consciousness and reduce their social interactions. The health consciousness require health protocols implementation. Ensuring high levels of compliance and several modifiable occupational risk factors in the office setting has been a challenge to manage the pandemic effectively.
Methods: The  research  method  used  in  this  study  is empirical  research,  by  taking  a  problem-based  approach  to  a  behavioral  approach namely health consciousness supported  by primary  data  sourced  from  data  sources. The data were obtained in October to November 2021.
Results: When taken as a whole, the implementation of health protocols as part of the effort to prevent the spread of COVID-19 was relatively good; it's just that certain obstacles must be evaluated. The highest health consciousness scores were personal responsibility and health motivation. While the lowest of it were the psychological/inner state aspect and the health information and seeking usage. There was a positive correlation between the dimensions of health consciousness and several items of COVID-19 PHL (r > 0.3). The ease of applying COVID-19 PHL was significantly better for shift workers compared to non-shift workers, namely to several items of PHL. Based on the work pattern groups (WFH < 20 hours, WFH 20-40 hours and WFH > 40 hours, alternate to Work From Office (WFO)), there were no significance difference in the ease of implementation COVID-19 Preventive Healthy Lifestyle.
Conclusion: Our results suggest that to effectively manage the pandemic, we should ensure that health consciousness is well-maintained, especially aspects of health information and seeking usage and psychological/inner state.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Pratiwi Kurniawan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor motivasi, preferensi pembelian, dan kecenderungan kesadaran kesehatan oleh konsumen laki-laki terhadap minat pembelian green cosmetics di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui survey dengan membagikan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teori sampel Hair et.al yang berpendapat bahwa ukuran sampel sebaiknya harus 100 atau lebih besar. Dimana dalam penelitian ini terdapat 22 item pertanyaan, maka ukuran sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini minimal sejumlah 22 x 10 = 220 sampel. Subjek penelitian ini adalah konsumen laki-laki yang berminat memberli produk green cosmetics di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi pembelian, preferensi pembelian, dan kecenderungan kesadaran kesehatan konsumen laki-laki berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk green cosmetics di Indonesia. Selain itu, uji simultan juga menunjukkan keseluruhan variabel independen memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap minat pembelian produk green cosmetics di Indonesia. Sedangkan pada uji koefisien determinasi, didapatkan nilai sebesar 0.263 atau 26.3% yang membuktikan bahwa pengaruh motivasi pembelian, preferensi pembelian, dan kecenderungan kesadaran kesehatan sebesar 26.3% sedangkan sisanya sebanyak 73.7% variansi minat pembelian dipengaruhi faktor lain diluar variabel independen dalam penelitian ini.

This study aims to determine the factors of motivation, purchase preferences, and the tendency of health awareness by male consumers towards the interest in buying green cosmetics in Indonesia. This study is a quantitative research with primary data sources obtained through surveys by distributing questionnaires. Sampling technique used in this study is to use the theory of hair samples et.al which argues that the sample size should preferably be 100 or larger. Where in this study there are 22 question items, the sample size required in this study is at least 22 x 10 = 220 samples. The subjects of this study are male consumers who are interested in buying green cosmetics products in Indonesia. The results of this study showed that the motivation of purchases, purchase preferences, and health awareness trends of male consumers significantly affect the interest in purchasing green cosmetics products in Indonesia. In addition, the simultaneous test also showed that the entire independent variables have a mutual influence on the interest in purchasing green cosmetics products in Indonesia. While in the determination coefficient test, obtained a value of 0.263 or 26.3% which proves that the influence of purchase motivation, purchase preferences, and health awareness tendency of 26.3% while the remaining 73.7% variance of purchase interest is influenced by other factors outside the independent variables in this study."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library