Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
Bayu Aji Girawan, author
Penelitian ini adalah kajian eksperimental sistem penggerak hibrid serial paralel dengan daya motor bakar 2.8 Hp dan motor listrik 1.5 kW. Sebuah aparatus dibuat untuk menganalisa karakteristik sistem yang berkenaan dengan tingkat hibriditas terhadap konsumsi bahan bakar dan energi listrik yang optimal pada berbagai tingkat torsi.
Dari hasil penelitian menunjukkan pada...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T28329
UI - Tesis (Open) Universitas Indonesia Library
R. Danardono Agus Sumarsono, author
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
Sena Mahendra, author
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan tingkat hibriditas yang optimum dari sistem penggerak hibrid serial-paralel. Bahan bakar yang digunakan merupakan campuran premium etanol (gasohol) 5 % dan 10 % pada berbagai tingkat torsi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pada campuran 10 % gasohol (E-10) terjadi peningkatan tingkat hibriditas. Tingkat hibriditas optimum...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T28328
UI - Tesis (Open) Universitas Indonesia Library
Arief Rakhman, author
Penghematan enetgi selalu diupayakan dengan berbagai cara pada setiap proses industri, hal ini pun berlaku untuk industri proses petrokimia. Salah satu upaya untuk melakukan penghematan energi di Ethylene Plant ini antara lain adalah dengan menganalisa kambali besarnya suhu yang dipertukarkan antar aliran.
Analisa terhadap besarnya suhu yang dipertukarkan antar aliran ini...
Depok: Universitas Indonesia, 2000
S49151
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Kamaludin, author
[ABSTRAK
Dalam berbagai penelitian uji tarik kapal ditemukan rentang Froude number tertentu yang memiliki kenaikan koefisien hambatan yang tidak terlalu ekstrim. Hal ini menyebabkan kenaikan hambatan dan daya kapal pada rentang ini tidak terlalu jauh sehingga nilai Froude number yang masuk ke dalam rentang tersebut dianggap sebagai Froude number ideal. Nilai...
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1022
UI - Skripsi (Open) Universitas Indonesia Library
Raksa Aulia Rahma, author
[ABSTRAK
Bioethanol merupakan salah satu bahan bakar terbarukan yang potensial untuk
menjadi energi alternatif. Dalam penelitian sebelumnya telah dilakukan rancang
bangun compact distillator dengan memanfaatkan gas buang dari motor bakar
sebagai alat utama pengolahan ethanol untuk menghasilkan produk ethanol yang
layak menjadi bahan bakar yaitu ethanol dengan kadar diatas 90%. Untuk
mengetahui performa dari produk low...
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1126
UI - Skripsi (Open) Universitas Indonesia Library
[Pada skripsi ini dilakukan penelitian terhadap karakterisasi kinerja mesin terhadap
pengaruh perubahan sudut cam intake sepeda motor sebagai tahap awal untuk
pengembangan variable valve timming. Dengan melakukan perubahan sudut ini
maka akan berpengaruh terhadap waktu bukaan dan overlapping yang berdampak
pada performa mesin tersebut.Dari hasil percobaan ini akan terlihat pengaruh dari
perubahan sudut bukaan yang...
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1252
UI - Skripsi (Open) Universitas Indonesia Library
Gilang Arief Wibowo, author
ABSTRAK
Semakin meningkatnya kebutuhan minyak bumi sebagai sumber energi
primer yang tidak terbarukan memaksa manusia untuk menemukan sumber energi alternatif. Energi terbarukan merupakan salah satu solusi untuk menghadapi persoalan ini. Salah satu sumber energi yang terbarukan adalah Bioethanol.. Dalam penelitian ini, dilakukan rancang bangun compact destilator dengan memanfaatkan gas buang dari motor...
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1675
UI - Skripsi (Open) Universitas Indonesia Library
M. Hanifuddin, author
Minyak lumas berfungsi antara lain untuk mengurangi gesekan dan keausan yang terjadi pada sistem mekanikal suatu peralatan. Aditif yang sering digunakan untuk mengurangi gesekan adalah aditif pemodifikasi gesekan. Level gesekan yang rendah akan menaikkan efisiensi mesin yang ditunjukkan dengan menurunnya konsumsi bahan bakar, kenaikan output daya, dan penurunan emisi gas...
Jakarta: Bidang Afiliasi dan Informasi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi "LEMIGAS", 2017
665 LPL 51:3 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Eko Basuki, author
Modifikasi merupakan salah satu cara alternatif yang dilakukan untuk mendapatkan karakteristik sepeda motor yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Bentuk modifikasi yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh performa mesin yang lebih baik dan hemat bahan bakar. Salah satu modifikasi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penambahan LPG (Liquified Petroleum Gas) pada...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S37892
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library