Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annery Fienta
"ABSTRAK
Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pemelajaran kooperatif tipe STAD pada kemampuan membaca pemahaman teks recount siswa kelas VIII dan persepsi siswa di kelompok eksperimen terhadap metode ini. Penelitian ini melibatkan satu kelas eksperimen yang terdiri dari 35 siswa dan satu kelas kontrol yang terdiri dari 33 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Untuk memperoleh data, pre-test, kuis, post-test, kuesioner, dan wawancara digunakan. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan ANOVA one way pada nilai post-test, hasil Fhitung 4.730 lebih besar dari Ftabel 3.99. Hasil ini menyatakan bahwa H0 ditolak dan HA diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai kedua kelas setelah mendapatkan perlakuan yang berbeda. Berdasarkan hal ini, peneliti menyarankan penggunaan metode pemelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII.

ABSTRACT
The aims of this quasi experimental research were to investigate the effectiveness of cooperative learning method type STAD on the 8th graders' reading comprehension of recount texts and to find out the experimental group students' perception towards this type of method. This research involved one experimental class which consisted of 35 students and one control class which consisted of 33 students that were taken by using purposive sampling technique. To obtain the data, pre-test, quiz, post-test, questionnaire, and interview were employed. Based on the hypothesis test using ANOVA one way on post-test scores, it was found that Fcount 4.730 was greater than Ftable 3.99. The findings indicated that H0 was rejected and HA was accepted. Thus, it could be concluded that there was a significant difference between both classes' scores after gaining different treatments. In addition, most of the experimental group students had positive perception towards STAD. Based on this, the researcher recommends the use of cooperative learning method type STAD to improve the 8th graders' reading comprehension."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T50144
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erly Mulfias Yuli
"Penelitian ini menguji pengaruh topik yang familiar terhadap performa menulis siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas XI yang merupakan penulis pemula di konteks pemelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing (English as a Foreign Language-EFL). Kefamiliaran siswa terhadap topik ini dibagi berdasarkan kedekatan peristiwa dengan pengalaman hidup siswa, yaitu topik dengan peristiwa yang sudah atau belum pernah dialami. Selain familiaritas topik, pada penelitian ini siswa diminta menulis dua genre teks yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah familiaritas topik memberikan pengaruh yang sama pada genre teks yang berbeda. Setelah itu, peneliti menginvestigasi persepsi siswa terhadap penulisan melalui kuesioner persepsi yang menggunakan skala Likert. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 4 bulan pada 34 siswa SMA kelas XI dan seorang guru bahasa Inggris di Bogor. Penelitian ini menggunakan mixed method (kualitatif dan kuantitatif) untuk pengolahan data, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi secara langsung, dan tugas akhir menulis. Untuk menilai tugas akhir menulis siswa, peneliti menggunakan rubrik analitik. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada aspek kosakata pada topik yang familiar dengan peristiwa yang sudah dialami. Sementara itu, perbandingan tulisan siswa dengan menggunakan topik yang familiar dengan peristiwa yang sudah dialami pada dua genre menunjukkan nilai grammar yang lebih tinggi pada genre cause effect, dan nilai kosakata yang lebih tinggi pada genre recount. Temuan lainnya adalah siswa memiliki persepsi positif terhadap penugasan menulis dengan menggunakan familiaritas topik, dan terdapat korelasi yang positif antara persepsi dan performa menulis siswa. Dengan adanya temuan ini, guru perlu memperhatikan pemilihan topik yang familiar yang diberikan kepada siswa untuk tugas menulis, dan perlu menjadikan pembahasan tentang topik yang akan ditulis sebagai bagian dari kegiatan pra-menulis pada pelaksanaan pembelajaran menulis di kelas.

This study investigated the effects of topic familiarity on the eleventh grade high school students writing performance in an English as a Foreign Language (EFL) context. These eleventh grade senior high school students were in their first year on learning to write in English. The students were assigned to finish two writing tasks with topics that they were familiar with. In the first task students were asked to write with a topic they were familiar with and had been experienced it themselves. In the second task students were asked to write with a topic they were familiar with but had not experienced it themselves. They were also assigned to write in two genres, cause effect and recount. The purpose was, to find out if topic familiarity would result in the same quality performance in two different genre. This study was also investigating the students perception about the use of topic familiarity in writing by asking them to complete a Likert-scale questionnaire. It was conducted for about 4 months with 34 eleventh graders and an English teacher participated in the study. This study used mixed method qualitative and quantitative and data were collected by using questionnaire, direct observation, and students writing post-tasks. Students writing tasks were assessed using analytic scoring rubrics. The findings show that a familiar topic with personal experience significantly affects students vocabulary production. However, the comparison of students writing performance with personal experience topics in two genres shows that cause effect text has a higher grammar score than does a recount text, and a recount text got a higher vocabulary score than did a cause effect text. The finding shows that students had positive perception towards topic familiarity writing task and there was a positive correlation between their perception and writing performance. By this finding, it is important for teachers to be more selective in choosing familiar topics for students writing tasks, and also it is important for a teacher to put this activity as a pre-writing task in his her writing lesson plan.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T54443
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library