Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rani Permata
Abstrak :
Latar belakang: Modul pre-internship bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik sebelum terjun langsung ke masyarakat. Untuk mengetahui pemahaman peserta didik, dilakukan umpan balik formatif dan evaluasi akhir berupa ujian sumatif dalam bentuk ujian lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara nilai formatif dengan nilai sumatif ujian lisan orientasi IKK modul pre-internship. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik potong lintang pada seluruh peserta didik yang terdaftar pada Modul Pre-Internship Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun ajaran 2020/2021 (n=179). Analisis kuantitatif dilakukan menggunakan uji Pearson untuk mengetahui korelasi antara nilai formatif dengan sumatif. Hasil: Terdapat peningkatan nilai sumatif 81,15 (64,70-91,70) bila dibandingkan dengan nilai formatif 80,20 (61,95-88,97). Terdapat korelasi positif lemah bermakna antara nilai formatif dengan nilai sumatif (r = 0,233; P = 0,002). Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan adanya korelasi antara ujian formatif dengan sumatif sehingga pemberian umpan balik yang konstruktif kepada peserta didik disarankan untuk meningkatkan performa ujian lisan. Perlu penelitian lebih lanjut mengenai faktor yang mempengaruhi pemberian umpan balik untuk meningkatkan performa peserta didik.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dany Rizkiawan
Abstrak :
Dalam tesis ini dikembangkan Sistem Penilaian Ujian Lisan (SIPENILAI) dalam bahasa Jepang. SIPENILAI memiliki 3 fitur utama: Kata yang Cocok, Fitur Menjawab Pertanyaan, dan Fitur Esai. Skripsi ini akan membahas dan memberikan disain terkait penggunaan Julius sebagai pengenal pidato dan LSA sebagai metode penilaian untuk mendapatkan akurasi dalam fitur esai. Julius menggunakan metode N-gram sebagai algoritma pengenalan suara. LSA menggunakan norma SVD dan forterenius untuk mendapatkan nilai dari jawaban atas referensi. Tesis ini juga membahas tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil penilaian dan kinerja sistem. Pengujian dilakukan terhadap 12 responden dengan kefasihan dan jenis kelamin yang berbeda untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil penilaian dan kinerja sistem. Hasil akurasi sistem adalah 84.89% dan kecepatan sistem 63.01 KB/s. Faktor kefasihan dapat mempengaruhi keakuratan dan kecepatan sistem, sedangkan jenis kelamin tidak berpengaruh. Secara keseluruhan, SIPENILAI dapat menjadi sistem yang digunakan untuk melakukan penilaian ujian lisan pada fitur esai bahasa Jepang. ......In this thesis, the Oral Exam Assessment System (SIPENILAI) is developed in Japanese. SIPENILAI has 3 main features: Word Match, Question Answering Feature, and Essay Feature. This thesis will discuss and provide designs related to the use of Julius as a speech recognition and LSA as an assessment method to obtain accuracy in essay features. Julius uses the N-gram method as a speech recognition algorithm. The LSA uses the SVD and forterenius norms to get values ​​from answers to references. This thesis also discusses the factors that can affect the results of the assessment and system performance. Tests were conducted on 12 respondents with different fluency and gender to determine the factors that could affect the results of the assessment and system performance. The result of system accuracy is 84.89% and system speed is 63.01 KB/s. The fluency factor can affect the accuracy and speed of the system, while gender does not. Overall, CIVIL ASSESSMENT can be a system used for conducting oral exam assessments on the Japanese essay feature.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Paramadhina
Abstrak :
Latar belakang: Ujian lisan pada kedokteran merupakan ujian dimana satu atau lebih penguji memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta ujian secara lisan. Ujian lisan dapat menguji kesiapan mental peserta ujian, investigasi serta manajemen pasien. Suatu penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki (Indeks Prestasi Kumulatif) IPK tinggi memiliki kemampuan komunikasi yang rendah dan sebaliknya. Sedangkan salah satu keterampilan yang dinilai penting pada ujian lisan adalah keterampilan dari komunikasi mahasiswa. Di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), terdapat modul pre-internship dimana peserta didik diharapkan bertemu dengan kasus yang akan ditemukan ketika nantinya menjadi seorang dokter. Salah satu evaluasi yang dilakukan pada modul ini adalah ujian lisan. Ujian lisan diharapkan dapat melihat kesiapan mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat apakah terdapat korelasi antara IPK profesi dokter dengan nilai sumatif ujian lisan Orientasi Ilmu Kedokteran Komunitas (IKK) Modul Pre-Internship mahasiswa klinik FKUI Metode: Studi ini merupakan studi potong lintang (cross-sectional) dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling (n = 179). Data yang dianalisis merupakan data sekunder yang didapatkan dari Departemen IKK FKUI. Data disajikan dalam bentuk data numerik dan dianalisis dengan menggunakan uji Spearman Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi signifikan (p = 0.003) dengan sifat yang lemah (r = 0.223) antara IPK profesi dokter dengan nilai sumatif ujian lisan mahasiswa. Kesimpulan: Terdapat korelasi yang bermakna antara IPK profesi dokter dengan nilai sumatif ujian lisan orientasi IKK Modul Pre-Internship mahasiswa klinik FKUI tahun ajaran 2020–2021. Penelitian ini membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mungkin berpengaruh saat ujian lisan. ......Introduction: An oral exam in medicine is an exam in which one or more examiners give several questions to the students orally. Oral exams can test the student’s mental readiness, investigation, and patient management. A study shows that people who have a GPA have low communication skills and vice versa. Meanwhile, one of the skills that is considered important in the oral exam is the student's communication skills. At the Faculty of Medicine, University of Indonesia (FMUI), there is a pre-internship module where students are expected to meet cases that will be found when they become a doctor. One of the evaluations carried out in this module is an oral exam. Oral exams are expected to see the readiness of students. Therefore, this study aims to see if there is a correlation between the GPA of professional doctors and the scores of the Community Medicine Orientation in Pre-Internship Module for FMUI’s clinical students. Method: This study is a cross-sectional study with total sampling technique (n = 179). The data analyzed is secondary data obtained from the Community Medicine Department of FMUI. Data is presented in the form of numerical data and analyzed using Spearman's test Result: This study shows that there is a significant correlation (p = 0.003) with a weak trait (r = 0.223) between the GPA of the medical profession and the summative score of the students' oral exams. Conclusion: There is a significant correlation between the GPA of the medical profession and the summative score of oral exam in orientation of community medicine for the Pre-Internship Module of FMUI’s clinical students for the 2020-2021 academic year. This study requires further research on the factors that may affect the oral exam.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library