Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aida Lufti Huswatun
Abstrak :
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa belum dilakukannya bauran promosi secara optimal untuk paviliun melati. Sebagai produk unggulan yang memberikan profit besar kepada rumah sakit seharusnya paviliun melati dapat tersosialisasi di masyarakat. Dari analisa yang sudah dilakukan ditemukan bahwa BOR paviliun melati selama periode Oktober 2001 sampai dengan Pebruari 2002 rata-rata diatas 60 %, tapi berdasarkan kuesioner yang dibagikan kepada pasien tentang alasan di rawat di paviliun melati didapatkan 90 % pasien berasal dari rujukan dokter atau RS lain, dan hanya 10 % pasien yang mengetahui keberadaan paviliun melati. Tujuan penelitian untuk mengetahui landasan keputusan pemilihan bauran promosi paviliun melati dari pihak RS PMl, selain itu juga membuat rancangan konsep bauran promosi yang optimal bagi paviliun melati RS PMI. Jenis penelitian merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dan informasi diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan belum sempurnanya landasan keputusan pemilihan bauran promosi paviliun melati dilihat belum adanya database untuk audiens sasaran, serta belum adanya kebijakan dari manajemen tentang anggaran promosi yang akan digunakan. Bauran promosi yang sudah dilakukan selama ini dengan menggunakan brosur dengan lokasi penempatan yang tidak strategis dan distribusi pengadaan serta frekuensi pembaharuan yang terjadwal. Perencanaan kegiatan penyuluhan kesehatan melalui radio dan rencana kegiatan housecall pasien post rawat . khusus kelas utama untuk kontrol ulang cukup baik tapi belum dibuat perencanaan yang matang dari segi SDM, anggaran dan teknis pelaksanaan. Perencanaan anggaran promosi dapat diambil dari pendapatan perawatan, sesuai dengan penelitian Lilien anggaran yang digunakan untuk promosi sebesar 7% dari penjualan. Sedangkan untuk periklanan diasumsikan 25 % dari anggaran promosi total, humas dan publisitas sebesar 50% dari anggaran promosi total dan untuk promosi penjualan sebesar 15 % sedangkan untuk pemasaran langsung sebesar 10%.. Perhitungan didasarkan atas jenis produk paviliun melati yang masih dalam taraf perkenalan sehingga periklanan dan humas harus dilakukan lebih intensif.
The background of the research was that promotional mix isn't implemented optimally for melati pavilion. As a core product giving high contribution for the hospital, melati pavilion should be socialization among people. From the analysis, it detected that the B.O.R of melati pavilion during September 2001 until February 2002 approximately 60%. But considered patient opinion about their reason of stay in VIP, it is found 90% patients came due to other hospital or doctor reference, the rest about 10% of the patients recognized the existence of melati pavilion (survey). The aim of the research was to explore right perception about promotional mix strategy in PMI hospital. Besides researcher wants to know about planning concept of promotional mix in PMI. The type of the research was a case study with qualitative approach. Data was analyzed by using interviewed, observation and documentation study. The result indicates that RS PMI has been facing the follow problem: unclear objective of promotion mix selection. Brochure positioned in proper place, no schedule frequency and renounce, no human resources planning, budget planning and technical implementation. But RS PMI performs well in reminding customer to do regular check up by phone. Assume Lilien research that budget for promotion account for approximately 7% from sales promotion. For the advertising program 25% from the total promotion budget, publication 50% from the total promotion budget. Both advertising and publication budget has to be more than other because of the product was still in introduction stages. Budget for sales promotion about 15% from total budget promotion and finally budget for direct marketing is about 10 % from total budget promotion.
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T2833
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Francisca Pratiwi
Abstrak :
Latar belakang dari penelitian ini adalah menganalisa kebutuhan informasi pada pasien umum yang melakukan pendaftaran rawat inap di loket sentral Rumkital Mintohardjo. Penelitian dilakukan pada pasien umum karena untuk pasien anggota sudah ada ketentuan yang berlaku dan adanya tren peningkatan jumlah pasien umum. Dipilih rawat inap karena informasi yang didapat oleh pasien umum tentang pelayanan terutama pelayanan pendaftaran rawat inap di Rumkital Mintohardjo sangat terbatas. Pada pendaftaran rawat inap, informasi yang didapat secara tertulis adalah tentang surat pernyataan penanggung biaya perawatan dan pembayaran uang muka. Selain itu proses pendaftaran rawat inap di loket sentral juga meliputi kebijakan rumah sakit antara lain prosedur pendaftaran, petugas yang melayani serta fasilitas dan akses di loket sentral.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pelayanan informasi pendaftaran rawat inap pada pasien umum di loket sentral Rumkital Mintohardjo. Jenis penelitian adalah kwalitatif bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectionaI. Data dan informasi diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terlihat bahwa informasi yang dibutuhkan oleh pasien umum adalah biaya kamar perawatan yang sebaiknya dibuat secara tertulis dan tertempel diloket sehingga mudah dibaca. Juga sebaiknya prosedur pembayaran pelayanan serta prosedur untuk pasien ASKES juga dibuat tertulis. Selain itu dalam menunjang pelayanan informasi diloket sentral adalah peningkatan pelayanan oleh petugas diloket sentral serta perbaikan dari fasilitas dan akses loket sentral. Pelayanan Informasi Rumkital sebagai bagian dari fungsi Humas, dikembangkan menjadi Customer Service sebagai upaya peningkatanan pelayanan akan kebutuhan informasi kepada pelanggan baik untuk pasien anggota maupun pasien umum.
Analysis for the need of Information Service at In-Patient Registration for Public Patients at Mintohardjo Hospital JakartaThe background of this research is to analyze the need of information for the public patients who made an in-patient registration at Mintohardjo Hospital. The public patients were chosen because the hospital has already certain procedure for the navy family/member. The topic of in-patient service was chosen based on the fact that information about the services was limited. When the patient make an in-patient registration, hospital profiles written information informing about patient in charges as well as the down payment. The process of in-patient registration at the Loket Sentral includes registration procedure, the customer service as well as the facilities and access to the Loket Sentral. The aims of this research are to find out the information service needed by the patient at the in-patient registration in Loket Sentral at Mintohardjo Hospital. This is a qualitative research descriptive analysis with cross sectional approach. The data and information were gathered through interview, observation and documentation. The result of this research showed that the public needs the written information room charges, the procedure of payment as well as Askes participant. These kind of information should be found at Loket Sentral who that it can be be easily read by patients and the family. It also found that the majority of inform has suggested service of the Loket Sentral staff should be improved, and the Facility and access to Loket Sentral should be renovated. To accomplish the need for information about the service at Mintohardjo Hospital, it need to developed the role of Public Relation which is now only limited for the information service, as the part hospital organization to improve the service of information for the public as well as navy family.
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T 10917
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library