Ditemukan 24 dokumen yang sesuai dengan query
Tetet Kartilah, author
ABSTRAK
Masih rendahnva kualitas pelayanan keperawatan dan tingkat pendidikan perawat
direspon dengan berkembangnya program peningkatan pendidikan lanjut bagi perawat,
baik pelaksana maupun pengelola, dengan tujuan meningkatkan kompetensi dan kinerja
pelayanan keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah Tasikmalaya sejak tahun 1999
telah melaksanakan program tersebut dengan rnenyelenggarakan pendidikan DIII
Keperawatan Khusus bagi perawat lulusan SPK bekerja sama dengan...
2002
T3811
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Siregar, Muhammad Lufti, author
ABSTRAK
Peran kader kesehatan sebagai ujung tombak di bidang kesehatan sudah mulai
menurun ditandai dengan pemanfaatan posyandu hanya sebesar 13% dan 14%
kategori posyandu Purnama dan Mandiri . Sehingga dilakukan penelitian untuk
analisis hubungan peran kader pada UKBM di posyandu berdasarkan 2 (dua)
kriteria yakni kriteria kontekstual kelurahan dan kriteria Malcolm Baldrige, untuk
mendapatkan dari sisi...
Universitas Indonesia, 2013
T32730
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nasution, Wita Nursanthi, author
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran kepatuhan petugas kesehatan di RSUD Pasar Rebo dalam Pencegahan dan Pengendalian Infeksi terkait rawat inap, meneliti hubungannya dengan faktor predisposisi, penguat dan pemungkin dan juga perbedaan pengetahuan, sikap dan persepsi pada ruang rawat inap kelas 3 RSUD Pasar Rebo.
Penelitian menggunakan metode observasional kuantitatif dengan rancangan...
Universitas Indonesia, 2013
T32792
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Liana Zulfa, author
ABSTRAK
Rumah Sakit Ibu dan Anak Puspa Husada saat ini masih
menerapkan pelayanan administrasi secara manual baik dari pengumpulan data
pasien, pengumpulan tagihan pasien, serta perhitungannya. Hal ini dinilai kurang
efektif karena mengakibatkan waktu pelayanan yang lama, terutama bagi pasien
rawat inap. Rumah Sakit Ibu dan Anak Puspa Husada bermaksud
mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit...
2013
T32624
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Kadek Sri Mulya Wati, author
ABSTRAK
Kepuasan pelanggan menjadi aspek yang sangat penting sehingga harus dikelola
dengan baik. Rendahnya kepuasan dalam suatu proses layanan rumah sakit dapat
berdampak tidak terselesaikannya pembayaran oleh pasien (minggat), yang berimbas
pada pasien tidak akan datang kembali atau terjadi kehilangan pelanggan. Beberapa
masalah yang masih sering dikeluhkan oleh pasien adalah lamanya waktu tunggu.
Waktu tunggu dicari...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42394
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ni Gusti Puthu Mariyanti, author
ABSTRAK
Pelayanan terhadap pasien umum di Rumah Sakit Tk II Udayana merupakan salah
satu kegiatan yang sangat penting karena pemanfaatan kapasitas lebih di rumah sakit bagi
pasien umum dapat membantu masyarakat diluar pasien dinas dari sisi kesehatan
disamping sebagai cosharing bagi pasien dinas. Adanya fenomena penurunan jumlah
pasien umum yang rawat inap pada tahun 2010-2012...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42040
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Weny Rinawati, author
ABSTRAK
Latar belakang. Masalah yang sering dihadapi pada pelayanan pasien Jaminan
Kesehatan Nasional adalah kesenjangan biaya perawatan pasien stroke dengan
tarif INA-CBGs. Hal ini terkait dengan biaya perawatan dan Clinical Pathway.
Tujuan. Mengetahui biaya perawatan pasien stroke di Rumah Sakit Pusat Otak
Nasional.
Metoda. Penelitian kuantitatif deskriptif mengikutsertakan 277 subjek penyakit
stroke yang diperoleh di Rumah Sakit...
2016
T45973
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Alwi Alhabsyi, author
ABSTRAK
Di Indonesia pembayaran kapitasi kepada fasilitas kesehatan primer (Puskemas dan DP) telah dilakukan oleh PT . Askes sejak tahun 1991. Rumah Sakit swasta seperti Metropolitan Medical Centre (MMC) pada tahun 2000 telah menjalin kontrak kapitasi dengan jumlah cakupan 2.000 orang dan besaran kapitasinya adalah Rp l75.000,- per kapita per bulan....
Depok:
2007
D647
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Asrofi Sueb Surachman, author
ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang kelayakan pendirian Hospital Social Responsibility ( HSR ) di 7 RS TNI-AD TK II dalam rangka lebih mendayagunakan kegiatan bakti sosial. HSR semacam ini sudah dimiliki oleh RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad sebagai RS TNI-AD TK I, sejak 4 tahun yang lalu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif...
Universitas Indonesia, 2013
T31332
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Regina Angelia Suwignjo, author
ABSTRAK
Kepemimpinan tranformasional menjadi faktor yang paling penting dalam
membangun iklim keselamatan pasien demi pelayanan kesehatan yang
mengutamakan keselamatan pasien dan mengurangi kejadian tidak diharapkan
(KTD). Indikator kepemimpinan transformasional adalah stimulasi intelektual,
motivasi inspirasional, idealisasi pengaruh, dan konsiderasi individual. Indikator dari
iklim keselamatan pasien adalah komitmen manajemen, pemberdayaan pegawai,
sistem pelaporan, sistem hadiah, dan identitas organisasi. Tujuan...
2014
T38599
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library