Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Johan
"ABSTRAK
Dimetil eter (DME) adalah salah satu bahan bakar alternatif terbarukan yang dapat menggantikan pemakaian energi fosil di Indonesia. Penggunaan senyawa ini menghasilkan pembakaran yang efisien serta ramah lingkungan. Akan tetapi, dimetil eter diketahui menyebabkan degradasi pada material karet, yang banyak digunakan sebagai sealant ataupun selang pada tempat penyimpanan bahan bakar dari mesin pembakaran. Hingga penelitian ini, setiap jenis material karet mengalami degradasi yang berbeda-beda sehubungan dengan senyawa ini. Oleh karena itu, penelitian ini utamanya ditujukan untuk menentukan jenis degradasi material karet, khususnya karet alam vulkanisat, terhadap dimetil eter. Selain itu, penelitian ini hendak melihat pengaruh komposisi filler dan petroleum oil dari karet alam vulkanisat terhadap degradasi tersebut. Eksperimen yang dilaksanakan mencakup: sintesis, uji degradasi, karakterisasi mekanis dan morfologi. Nilai komposisi filler yang dipakai untuk sintesis yaitu: 10, 30, dan 60 phr; sedangkan nilai komposisi petroleum oil yang dipakai adalah 0, 10, dan 20 phr. Uji degradasi karet alam vulkanisat dilakukan dengan merendam seluruh sampel dalam pressure vessel yang berisi dimetil eter cair, yang diperoleh dari proses pencairan fasa gasnya. Karakterisasi mekanis yang dilakukan mencakup: % perubahan massa, kekuatan tensile, elongasi maksimum, dan kekerasan. Karakterisasi morofologinya berupa pengamatan langsung dan scanning electron microscopy (SEM). Data-data karakterisasi tersebut menunjukkan bahwa karet alam vulkanisat mengalami degradasi jenis absorpsi dan ekstraksi oleh karena dimetil eter. Adapun penambahan komposisi filler ditemukan dapat mengurangi pengaruh degradasi, sedangkan penambahan komposisi petroleum oil justru memperparah degradasi. Namun demikian, petroleum oil juga dibutuhkan karena dapat membuat distribusi filler merata pada seluruh bagian karet alam vulkanisat. Maka dari itu, dengan meninjau keseluruhan data tersebut, didapatkan bahwa komposisi filler dan petroleum oil yang memberikan perlindungan paling optimal terhadap degradasi oleh dimetil eter masing-masing bernilai 30 phr dan 10 phr.

ABSTRACT
Dimethyl ether (DME) is one of the renewable energy that could replace the usage of fossil fuel in Indonesia. The usage of this compound could produce efficient and environmental-friendly combustion. However, based on previous research, dimethyl ether is found to cause degradation on rubber-based materials, which are used as sealant or hose inside the fuel tanker of combustion engines. Until this research, it is found that each types of rubber has suffered different kinds of degradation that caused by dimethyl ether. Therefore, the main goal of this research is to determine what kind of degradation will happen on rubber, especially vulcanized natural rubber, that cause by dimethyl ether. Moreover, this research is going to see the effect of filler and petroleum oil composition contained in vulcanized natural rubber against that degradation. There are three parts of experiments will conducted: synthesis, degradation testing, mechanical and morphology characterization. The variation value of filler composition used are 10, 30, and 60 phr; while the variation value of petroleum oil composition are 0, 10, and 20 phr. Degradation testing is done by immersing all samples inside pressure vessel that have been filled with liquid dimethyl ether, which produced from its gas by liquefaction process. Mechanical characterization that observed includes: % change of mass, tensile strength, maximum elongation, and hardness. On the other side, morphology characterization is done by direct observation and scanning electron microscopy (SEM). Those datas reveals that vulcanized natural rubber suffer absorption and extraction, two types of degradation, because of dimethyl ether. Increasing of filler composition could reduce the impact of degradation, while increasing of petroleum oil composition will give the opposite results. However, it is also found that petroleum still must needed to make distribution of filler goes through all parts of rubber. Therefore, based on these datas, we get that 30 phr of filler and 10 phr of petroleum pil will give the optimal protection on vulcanized natural rubber against degradation caused by dimethyl ether.
"
[, ], 2014
S58944
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seva Juneva R.
"Dewasa ini, telah hadir beragam energi terbarukan untuk mensubtitusi energi fosil sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, salah satunya ialah dimetil eter. Dimetil eter merupakan bahan bakar langsung maupun campuran untuk bahan bakar khususnya pada mesin diesel. Seperti halnya gasoline, dimetil eter dapat menyebabkan degradasi swelling material seal pada bagian mesin diesel. Material seal yang umum digunakan ialah karet nitril NBR yang tahan terhadap kontak dengan hidrokarbon dan juga unggul sifat fisiknya. Dalam rangka memanfaatkan penggunaan karet alam didalam industri otomotif, peneliti melakukan campuran karet alam NR dan karet nitril 33 acrylonitrile NBR33 untuk menghasilkan karet yang memenuhi standar aplikasi material seal.. Penelitian ini akan meneliti mekanisme yang terjadi pada degradasi campuran karet alam dan karet nitril NR/NBR33 oleh dimetil eter. Variasi campuran vulkanisat karet NR/NBR33 yang digunakan secara berurutan yaitu 1:3, 1:2, 1:1, 2:1, 3:1 Metode untuk mengetahui mekanisme tersebut meliputi karakterisasi mekanis mencangkup: perubahan massa, kekuatan tensile, elongasi maksimum, kekerasan dan karakterisasi morfologis dengan pengamatan morfologis menggunakan Scanning Electron Microscopi SEM . Data penelitian menunjukkan bahwa setiap variasi sampel campuran vulkanisat mengalami peristiwa degradasi swelling dan dissolution. Peningkatan rasio karet nitril NBR33 pada vulkanisasi campuran karet dapat mengurangi penurunan tensile strength dan elongation hingga melampaui sifat fisik sebelum perendaman oleh dimetil eter. Dengan demikian, variasi elastomer terbaik diperoleh setelah membandingkan dengan standar kelayakan material seal yakni campuran vulkanisat karet NR/NBR33 dengan rasio 40 : 60 NR : NBR.

Today, there is present a variety of renewable energy to substitute fossil energy as a fuel for motor vehicles, one of which is dimethyl ether. Dimetl ether is a direct fuel or a mixture of fuel, especially diesel engines. In addition, dimethyl ether also has met the standard criteria for renewable energy. Semelsberger et.al., 2005 . As with gasoline, dimethyl ether can cause swelling degradation of the material seal on the diesel engine. Seal material that is commonly used is a nitrile rubber NBR that is resistant to contact with hydrocarbons and also superior physical properties. In order to make use of natural rubber in the automotive industry, researchers conducted a blending of natural rubber NR and nitrile rubber NBR to produce rubber meets the standard seal material application .. This study will examine the mechanisms that occur in the relegation blending natural rubber and nitrile rubber NR NBR by dimethyl ether. Nitrile rubber types used medium quality nitrile rubber with acrylonitrile content of 33 NBR33 . Methods to determine the mechanism includes mechanical characterization covers change in mass, tensile strength and maximum elongation, hardness and morphological characterization with morphological observations using Scanning Electron Microscopic. Observations of this study is limited which is to see the effect of variation vulcanized blending ratio NR NBR33 against degradation swelling. Variations blending vulcanized NR NBR33 are used in a sequence that is 1 3, 1 2, 1 1, 2 1, 3 1. The results of this research is to determine the most optimal value ratio elastomer that is resistant to swelling degradation depend on physical and structural changes. The increase nitrile rubber NBR33 ratio of blending rubber vulcanized can reduce the decrease of tensile strength and elongation until exceed physical properties before immersion with dimethyl ether. Thus, the best elastomer variation was obtained after comparing with the standard feasibility material of seal is rubber vulcanized blending NR NBR33 with ratio 40 60 NR NBR."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S68900
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library