Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Frederikus Fios
Abstrak :
ABSTRAK
Relasi antara manusia dengan lingkungan selalu mengristalisasikan fenomena kontradiksi etis. Manusia memposisikan diri sebagai subjek moral yang bernilai superior sehingga mengakibatkan pandangan inferior atas alam hanya sebatas objek eksploitasi. Tradisi berpikir antroposentrik berparadigma atomistikmekanistik seperti ini diletakkan secara meyakinkan oleh para filsuf modern seperti Francis Bacon, Rene Descartes, dan Emmanuel Kant. Segala sesuatu dalam alam direduksikan fungsinya hanya pada dimensi rasionalitas logisatomistik yang memarginalkan posisi nilai-nilai. Tradisi berpikir yang mempersepsikan alam sebagai objek empiris membuka eksploitasi besar-besaran mengejar gagasan materialisme dan bisnis-ekonomi untuk meraih target keuntungan maksimal. Manusia akhirnya menjadi pribadi Homo economicus materialis. Krisis lingkungan muncul secara sporadis di seluruh belahan dunia. Dibutuhkan strategi filsafat moral-etis baru sebagai alternatif untuk membenahi persoalan ini. Para pemikir etika lingkungan sebelumnya seperti Arne Naess, Fritjof Capra, Aldo Leopold, dan Karen J. Warren belum mampu menawarkan solusi yang ideal dalam mengatasi relasi disharmoni antara manusia dengan liyan (others). Kelemahan dasar pemikiran mereka terletak pada dilupakannya perspektif spiritual dalam konstruksi teori etika yang dibangun. Untuk itu disertasi ini memeriksa pemikiran humanisme ekologis Henryk Skolimowski untuk menemukan konsep baru berperspektif spiritual yang dapat menjadi solusi alternatif mengatasi kelemahan argumentasi etika sebelumnya. Penelitian ini menemukan adanya model manusia ekologis spiritual-etis (Homo ecologicus spiritual- etis) yang dapat dijadikan sebagai pilihan hidup dalam cara berada menjadi manusia (das sein) dalam relasi manusia dengan entitas alam. Menjadi Homo ecologicus spiritual-etis mengandaikan langkah politik lingkungan berbasiskan local indigenous sebagai konteks aktualisasi pengembangan konsep Homo ecologicus spiritual-etis. Kerangka teori utama yang digunakan yakni Etika Aristoteles yang menekankan dimensi karakter pribadi manusia yang berkeutamaan dalam relasi dengan entitas liyan. Metode penelitian menerapkan unsur refleksi etis versi Alasdair MacIntyre. Dengan menempuh prosedur berpikir metodis demikian, dicapai pemikiran etis bermakna untuk menyelesasikan krisis lingkungan global dan lokal serta memulihkan kontradiksi etis yang terjadi antara manusia dengan alam menuju kebaikan bersama (bonum commune) segala entitas komunitas ekologi alam.
ABSTRACT
The relationship between humans and the environment is always crystallizing ethical contradictions phenomenon. Human positioning himself/herself as a subject of moral worth superior resulting in inferior view of nature was limited to objects of exploitation. Anthropocentric thinking tradition and mechanisticatomistic paradigm like this laid convincingly by modern philosophers like Francis Bacon, Rene Descartes, and Emmanuel Kant. Everything in nature reduced function only on the atomistic and logical rationality dimension that marginalize the position of values. The tradition of thinking that perceives nature as an object of empirical opened massive operations to pursue the idea of materialism and business-economy to achieve the maximum profit target. Humans eventually become materialist Homo economicus person. The environmental crisis appeared sporadically throughout the world. It takes a strategy of moralethical philosophy as the new alternative to solve this problem. The previous environmental ethics thinkers such as Arne Naess, Fritjof Capra, Aldo Leopold, and Karen J. Warren not yet able to offer the ideal solution to overcome the disharmony relationship between human with others entity. The weakness of their argument forgotten spiritual perspective in the construction of ethical theory was built. This dissertation examines the ecological humanism thought of Henryk Skolimowski to find a new concept of the spiritual perspective that can be an alternative solution to overcome the weakness of the ethical arguments before. This study found an ecological model of spiritual-ethical of human being (Homo ecologicus spiritual-ethical) that can be used as an option to live in a way become a human being (das sein) in the human relationship with natural entity. Being a Homo ecological spiritual-ethical presupposes political measures based on local indigenous environment as a context for developing the concept of Homo ecologicus spiritual-ethical. The main theoretical framework used the Virtue Ethics of Aristotle that emphasizes the human dimension of personal character that is virtuous in relation to others entity. The research method applying ethical reflection element version of Alasdair MacIntyre. By using this methodical thinking procedure, achieved significant ethical thinking to solve global and local environmental crisis and restore the ethical contradictions that occur between humans and nature towards the common good of all entity in nature ecology community
2016
D2176
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bruno Rumyaru
Abstrak :
Keberadaan manusia memperlihatkan suatu ketegangan diri dan krisis identitas. Manusia berusaha mencari jawaban atas hakekat dan makna keberadaannya sendiri. Ada fenomena paradoksal kehidupan manusia. Di satu pihak manusia berusaha memenuhi bdquo;kepentingan? dan bdquo;kecenderungan? diri melalui segala bdquo;prestasi? dan atribut artifisial yang diperoleh. Di lain pihak, pelbagai bentuk realisasi keberadaan ini menciptakan ketegangan eksistensial. Keberadaan eksistensial manusia memperlihatkan realitas dilematis. Manusia menjadi terasing dari diri sendiri self alienation ; terasing dengan sesama, bahkan jauh dari Tuhannya. Praktik relasional dengan yang lain menjadi sebuah bdquo;jalan buntu? dengan aneka problem dan ketegangan yang muncul tanpa penyelesaian. Manusia tidak lagi hidup menurut identitas eksistensialnya; ada krisis identitas relasional yang terjadi. Praktik hidup relasional tidak lagi menjadi jalan pemenuhan diri sebaliknya menjai bdquo;jalan buntu? dan problematis. Akibatnya, Manusia menjadi terasing dengan keberadaannya sendiri. Manusia kontemporer membutuhkan re-conscientia- kesadaran untuk kembali pada hakekat ontologi eksistensi manusia, jati diri manusia. Disertasi ini menggagas Trias Entitas sebagai bdquo;jalan baru? menuju manusia eksistensial atau citra keberadaan manusia ideal di tengah masyarakat melalui relasi dengan Tuhan, alama semesta dan sesama.
Human existence shows a strain of self and identity crisis. Humans trying to find answers to the essence and meaning of its own existence. There is a paradoxical phenomenon of human life. On the one hand human is trying to meet the needs and the tendency through all the achievements and attributes artificially obtained. But on the other hand, all the results create existential tension. The existence of human show dilemma. Men became alienated both from themselves self alienation , from the other horizontally and vertically. The lives got blocked with various problems without any ways out. Contemporary humans are in need of re conscientia consciousness to get back on to the nature ontology of human existence. This dissertation initiated Trias Entitas as a 39 new path 39 towards the ideal of human existence as needed in his relationship with God, environment and creatures.
Depok: Universitas Indonesia, 2016
D1720
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library