Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arum Estri Perdinasari
Abstrak :
Berbagai metode pengendalian pada motor sinkron magnet permanen (permanent magnet synchronous motor atau PMSM) telah dikembangkan untuk mendapatkan kerja motor yang lebih efisien salah satunya adalah field oriented control dimana posisi dan kecepatan rotor diperlukan. Pada penelitian ini dilakukan pengendalian kecepatan pada PMSM menggunakan field oriented control tanpa menggunakan sensor. Nilai posisi dan kecepatan rotor diestimasi dengan menggunakan Model Reference Adaptive System (MRAS). Berbagai pengujian dilakukan untuk mengetahui kinerja dari pengendalian tanpa sensor pada motor. Dari hasil pengujian diketahui bahwa pengendalian kecepatan tanpa sensor ini dapat berjalan dengan baik.
Various methods of permanent magnet synchronous motor (PMSM) control have been developed to get the motor work more efficiently, one of which is field oriented control where the position and speed of the rotor is required. In this study, PMSM speed is controlled using sensorless field oriented control. Rotor position and speed is estimated with stator current and voltage using Model Reference Adaptive System (MRAS). Various tests are carried out to determine the performance of sensorless control on the motor. From the test results it is known that the motor speed can be controlled.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62958
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darian Valerian
Abstrak :
ABSTRAK
Efisiensi yang tinggi merupakan persyaratan yang vital dalam merancang sebuah pembangkit. Salah satu alternatif yang memenuhi persyaratan tersebut adalah DFIG . Namun DFIG tersebut perlu dikendalikan agar bisa bekerja sesuai dengan aplikasinya.

Skripsi ini membahas metoda pengendalian tegangan dan frekuensi keluaran daripada DFIG . Metoda pengendalian yang digunakan merupakan pengendalian skalar. Dimana frekuensi dan tegangan keluaran dikendalikan secara terpisah dan keluaran sinyal kendalinya akan menyesuaikan dengan putaran turbin generator dan setpoin yang diinginkan.
ABSTRACT
High efficiency is the most vital aspect to design a power distribution system . One of the alternative to meets the requirement is DFIG. But, we need to control the DFIG to meet the desired output.

This paper introduce a method to control the voltage and frequency output of the DFIG . The method is called scalar control. Where the voltage and frequency are controlled separately . The control signal will adapt to the turbine speed from the generator and desired setpoint.
2016
S65435
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Restu Nugroho
Abstrak :
Penggunaan SRM (Switched Reluctance Motor) untuk suatu keperluan tertentu mengharuskan perancangan SRM sesuai suatu spesifikasi. Disisi lain, dalam suatu perancangan SRM diperlukan optimalisasi kinerja agar perancangan semakin baik. Optimalisasi dimensi menjadi salah satu faktor penting dalam optimalisasi kinerja SRM. Untuk mencapai hal ini, diperlukan analisis hubungan kinerja SRM seperti torsi dan efisiensi terhadap dimensi SRM yaitu rotor dan stator. Dalam penelitian ini didapatkan perancangan SRM menghasilkan daya output 191 kW, torsi 1213 Nm, dan efisiensi 90,1 % pada rated speed 150 rpm. Optimalisasi desain dimensi stator dan rotor menghasilkan peningkatan torsi puncak statik 114,5020123 % , dan peningkatan efisiensi rata-rata sebesar 102,2768 % pada rentang kecepatan 100 rpm-3300 rpm.
SRM (Switched Reluctance Motor) for a usage need spesific design according to a spesification. In other hand, SRM design need the work optimization to reach good design. Dimensional optimization is a important factor in SRM performance optimization. Need to analysis relationship between performance of SRM such us torque and efficiency toward dimensional factor such as rotor and stator. In this research, SRM results output power 191 KW, torque 1213 Nm, and efficiency 90,1 % at rated speed 1500 rpm. Optimization of stator and rotor dimensional results increasing of static torque peak 114,5020123 %, and increasing of average efficiency at 102,2768 % at range 100 rpm-3300 rpm.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64744
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library