Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siregar, Fadli Ahmad Kurnia
"Terdapat kesenjangan kajian mengenai revitalisasi dan penerapan teknologi digital di museum dalam upaya meningkatkan kepuasan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi Museum Nasional Indonesia sebelum dan sesudah revitalisasi, menganalisis pengaruh revitalisasi dan teknologi digital terhadap kepuasan wisatawan dalam konteks pariwisata cerdas, serta mengukur hubungan antar variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran dengan desain eksplanatori berurutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi dan teknologi digital berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Revitalisasi fisik dan penyajian informasi menciptakan kunjungan yang lebih nyaman dan edukatif, sedangkan teknologi digital meningkatkan keterlibatan dan pemahaman wisatawan terhadap koleksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi antara pengembangan infrastruktur dan teknologi digital merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pengalaman wisatawan serta menjawab tuntutan pariwisata modern yang berbasis teknologi.

There is a research gap on museum revitalization and the use of digital technology to improve tourist satisfaction. This study aims to identify the condition of the National Museum of Indonesia before and after revitalization, analyze the effects of revitalization and digital technology on tourist satisfaction within the context of smart tourism, and measure the relationships among these variables. The research employs a mixed methods approach with an explanatory sequential design. The results show that both revitalization and digital technology significantly influence tourist satisfaction. Physical revitalization and enhanced information display created a more comfortable and educational visit, while digital tools increased visitor engagement and understanding. The study concludes that integrating infrastructure and technology is an effective strategy to improve visitor experience and meet the demands of technology-driven tourism."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azka Nadhira Dwitami
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak citra destinasi, baik dari segi kognitif maupun afektif, terhadap minat pengunjung untuk melakukan kunjungan kembali ke wahana ImersifA di Museum Nasional Indonesia. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 92 responden. Analisis data dilakukan dengan regresi linear sederhana menggunakan perangkat lunak SPSS versi 29. Hasil analisis menunjukkan bahwa citra kognitif dan citra afektif keduanya memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat kunjung kembali. Citra kognitif meliputi faktor-faktor seperti fasilitas dan aksesibilitas, sementara citra afektif berkaitan erat dengan tingkat kenyamanan dan kesan emosional yang dirasakan pengunjung. Kesimpulannya, peningkatan kualitas pengalaman kognitif dan afektif pada wahana ImersifA berpotensi meningkatkan loyalitas pengunjung. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi pengelola museum dalam upaya mengembangkan daya tarik wisata berbasis teknologi.

This study aims to examine the impact of destination image, both cognitive and affective, on visitors' intention to revisit the ImersifA attraction at the National Museum of Indonesia. The method used is a quantitative approach with data collected through a survey using questionnaires distributed to 92 respondents. Data analysis was conducted using simple linear regression with SPSS version 29 software. The analysis results indicate that both cognitive and affective images have a significant influence on the intention to revisit. The cognitive image includes factors such as facilities and accessibility, while the affective image is closely related to the level of comfort and emotional impressions experienced by visitors. In conclusion, improving the quality of cognitive and affective experiences at the ImersifA attraction has the potential to increase visitor loyalty. These findings have important implications for museum management in efforts to develop technology-based tourism attractions."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farrel Alhakim Putra Pebie
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran teknologi imersif dalam meningkatkan pengalaman pengunjung di Museum Nasional Jakarta. Teknologi imersif diharapkan dapat menciptakan pengalaman yang lebih interaktif, edukatif, dan menarik bagi pengunjung museum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada pengunjung yang telah menggunakan teknologi imersif di museum. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji regresi linier sederhana untuk mengukur pengaruh teknologi imersif terhadap pengalaman pengunjung. Hasil penelitian diharapkan memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai efektivitas penerapan teknologi imersif di Museum Nasional Indonesia sebagai sarana pelestarian budaya yang relevan dengan perkembangan zaman dan tren pariwisata berbasis teknologi.

This study aims to analyze the role of immersive technology in enhancing the visitor experience at the National Museum of Indonesia. Immersive technologies are expected to create a more interactive, educational, and engaging experience for museum visitors. The study uses a quantitative approach with a survey method, distributing questionnaires to visitors who have experienced immersive technology at the museum. The collected data are analyzed using descriptive statistics and simple linear regression tests to measure the impact of immersive technology on the visitor experience. The findings of this research are expected to provide deeper insights into the effectiveness of implementing immersive technology in museums as a means of preserving culture, while staying relevant to technological advancements and trends in technology-based tourism."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library