Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Sepdiyanto
"Berdirinya sebuah bisnis atau perusahaan pada umumnya adalah menciptakan pelanggan untuk dapat mempertahankan keberlangsungan perusahaan. ilmu pengetahuan memiliki peranan penting dalam meningkatkan pencapaian perusahaan, dengan mengelola pengetahuan dengan baik maka dapat meningkatkan pencapaian perusahaan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perbedaan pencapaaian target penyelesaian barang reparasi antar cabang yang jauh berbeda, yaitu kurang dari 30% kantor cabang yang dapat mencapai target, sehingga mengakibatkan akumulasi pencapaian yang tidak tercapai. Implementasi manajemen pengetahuan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pencapaian perusahaan, namun 50-70% perusahaan gagal dalam implementasi manajemen pengetahuan karena hanya berdasarkan teori saja tanpa mempertimbangkan kondisi dan kesiapan organisasi. Pengukuran kesiapan implementasi diharapkan dapat mengurangi resiko kegagalan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengukuran kesiapan implementasi sistem manajemen pengetahuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif, peneliti membangun faktor-faktor dari tinjauan pustaka sistematis dengan memetakan faktor-faktor penting dari implementasi manajemen pengetahuan diperoleh 21 faktor, kemudian pakar bisnis melakukan validasi dan menambahkan tiga faktor sehingga didapatkan akumulasi sebanyak 24 faktor, kemudian dilakukan pembobotan menggunakan AHP kepada pakar organisasi, dan hasilnya dikalikan dengan instrumen untuk menghitung tingkat kesiapan KM. Hasil penelitian ini adalah tingkat kesiapan KM di PT GDN dengan nilai 84% atau pada tahap siap menerapkan manajemen pengetahuan, namun faktor-faktor dengan nilai dibawah 75% perlu dipersiapkan lebih baik yaitu faktor informal, pelatihan, pengetahuan teknis, dan tanggung jawab.
The establishment of a business or company, in general, is to create customers to be able to maintain the sustainability of the company. Science has an essential role in improving the achievement of the company. By managing knowledge properly, it can increase the achievement of the company. This research is motivated by the differences in the achievement of the target for the completion of repairs between branches which are much different, namely less than 30% of branch offices that can achieve the target, resulting in the accumulation of achievements that are not fulfilled. Implementation of knowledge management is one way to improve company achievement, but 50-70% of companies fail in implementing knowledge management because it is only based on theory without considering organizational conditions and readiness. Measurement of implementation readiness is expected to reduce the risk of failure. The purpose of this study is to measure the readiness for the implementation of a knowledge management system. The method used in this study is a mixed-method, namely qualitative and quantitative research, the researcher builds the factors from a systematic literature review by mapping the critical factors of the implementation of knowledge management obtained 21 factors, then business experts validate and add three factors to bring accumulation as many as 24 factors, then weighted using AHP to organizational experts, and the results are multiplied by the instrument to calculate the level of KM readiness. The results of this study are the level of KM readiness at PT GDN with a value of 84% or at the stage of being ready to apply knowledge management, but factors with values below 75% need to be better prepared, namely informal factors, training, technical knowledge, and responsibility."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Izzati Mubarokah
"Salah satu fungsi Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) adalah melakukan kegiatan pengelolaan aplikasi. Permasalahan yang ada di Pusdatin saat ini adalah minimnya indikator kinerja pengelolaan aplikasi yakni baru sebatas penyelenggaraan helpdesk aplikasi. Aplikasi yang saat ini menjadi prioritas utama untuk dikelola oleh Pusdatin adalah E-Monitoring yang sudah 11 tahun diimplementasikan namun belum dilakukan kegiatan pengelolaan. Untuk itu, perlu dilakukan pengelolaan yang tepat. E-Monitoring merupakan aplikasi keuangan yang memiliki fungsi utama untuk membuat rincian pengeluaran, sebagai dasar untuk mengisi aplikasi keuangan yang disediakan oleh Kementerian Keuangan. Data Aplikasi E-Monitoring merupakan rujukan dalam rapat pimpinan di Kementerian Perindustrian sehingga pimpinan dapat melihat rincian pengeluaran dan kinerja penyerapan anggaran secara detail di seluruh satuan kerja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah gabungan dari DeLone and McLean, UTAUT, dan Extended EECM IT. Metode pengambilan data dilakukan dengan kuesioner kepada 107 user aplikasi E-Monitoring. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa Net Benefit implementasi sistem E-Monitoring APBN dipengaruhi oleh Satisfaction dan Intention to Use. Faktor yang memengaruhi Satisfaction, dan Intention to Use sistem, diantaranya System Quality, Service Quality, Perceive Usefulness, Facilitating Condition, dan Social Influence, menjadi pijakan dalam memberikan rekomendasi. Pada penelitian ini, ada 17 rekomendasi yang telah dikonfirmasi oleh Pusdatin Kementerian Perindustrian. Beberapa rekomendasi yang dihasilkan antara lain penyelenggaraan training online untuk user baru aplikasi E-Monitoring APBN, pembentukan satuan tugas helpdesk aplikasi, pembuatan regulasi setingkat Peraturan Menteri untuk implementasi E-Monitoring, dan penyesuaian fungsionalitas E-Monitoring dengan perkembangan kebutuhan informasi di lingkungan Kementerian Perindustrian saat ini, mengingat adanya perubahan aplikasi keuangan dari Kementerian Keuangan.
One of the functions of the Data and Information Center (Pusdatin) of the Ministry of Industry is to carry out application management activities. The problem at the Pusdatin is the lack of performance indicators for application management at these times, currently it is only limited to the implementation of application helpdesk. E-Monitoring become the top priority to be managed which is already 11 years old and has not been done is implemented management activities, for it is necessary for the proper management. E-Monitoring is a financial application that has the main function of making a recap of expenditure receipts as a basis for further financial administration. E-Monitoring Application Data is a reference to the leaders meeting at the Ministry of Industry, so that the leadership of the details can view the details of expenditure and budget absorption performance in all work units. The theory used in this research is a combination of DeLone and McLean, UTAUT, and Extended EECM IT. The data collection method is done by using questionnaires to the 107 users of E-Monitoring application. From this research found that the Net Benefit of the implementation of the E-Monitoring system was influenced by Satisfaction and Intention to Use. Factors that influence Satisfaction and Intention to Use the system including System Quality, Service Quality, Perceive Usefulness, Faciting Conditions and Social Influence, it's become the basis for providing recommendations. In this study, there are 17 recommendations which have been confirmed by the Pusdatin of the Ministry of Industry. Some of the recommendations made include: the implementation of online training for new users of the E-Monitoring APBN application, the formation of an application helpdesk task force, making regulations at the level of a Ministerial Regulation for the implementation of E-Monitoring, and adjustment of the E-Monitoring functionality to developments the current need for information within the Ministry of Industry considering the changes in financial applications from the Ministry of Finance."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Izzati Mubarokah
"Salah satu fungsi Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) adalah melakukan kegiatan pengelolaan aplikasi. Permasalahan yang ada di Pusdatin saat ini adalah minimnya indikator kinerja pengelolaan aplikasi yakni baru sebatas penyelenggaraan helpdesk aplikasi. Aplikasi yang saat ini menjadi prioritas utama untuk dikelola oleh Pusdatin adalah E-Monitoring yang sudah 11 tahun diimplementasikan namun belum dilakukan kegiatan pengelolaan. Untuk itu, perlu dilakukan pengelolaan yang tepat. E-Monitoring merupakan aplikasi keuangan yang memiliki fungsi utama untuk membuat rincian pengeluaran, sebagai dasar untuk mengisi aplikasi keuangan yang disediakan oleh Kementerian Keuangan. Data Aplikasi E-Monitoring merupakan rujukan dalam rapat pimpinan di Kementerian Perindustrian sehingga pimpinan dapat melihat rincian pengeluaran dan kinerja penyerapan anggaran secara detail di seluruh satuan kerja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah gabungan dari DeLone and McLean, UTAUT, dan Extended EECM IT. Metode pengambilan data dilakukan dengan kuesioner kepada 107 user aplikasi E-Monitoring. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa Net Benefit implementasi sistem E-Monitoring APBN dipengaruhi oleh Satisfaction dan Intention to Use. Faktor yang memengaruhi Satisfaction, dan Intention to Use sistem, diantaranya System Quality, Service Quality, Perceive Usefulness, Facilitating Condition, dan Social Influence, menjadi pijakan dalam memberikan rekomendasi. Pada penelitian ini, ada 17 rekomendasi yang telah dikonfirmasi oleh Pusdatin Kementerian Perindustrian. Beberapa rekomendasi yang dihasilkan antara lain penyelenggaraan training online untuk user baru aplikasi E-Monitoring APBN, pembentukan satuan tugas helpdesk aplikasi, pembuatan regulasi setingkat Peraturan Menteri untuk implementasi E-Monitoring, dan penyesuaian fungsionalitas E-Monitoring dengan perkembangan kebutuhan informasi di lingkungan Kementerian Perindustrian saat ini, mengingat adanya perubahan aplikasi keuangan dari Kementerian Keuangan.
One of the functions of the Data and Information Center (Pusdatin) of the Ministry of Industry is to carry out application management activities. The problem at the Pusdatin is the lack of performance indicators for application management at these times, currently it is only limited to the implementation of application helpdesk. E-Monitoring become the top priority to be managed which is already 11 years old and has not been done is implemented management activities, for it is necessary for the proper management. E-Monitoring is a financial application that has the main function of making a recap of expenditure receipts as a basis for further financial administration. E-Monitoring Application Data is a reference to the leaders meeting at the Ministry of Industry, so that the leadership of the details can view the details of expenditure and budget absorption performance in all work units. The theory used in this research is a combination of DeLone and McLean, UTAUT, and Extended EECM IT. The data collection method is done by using questionnaires to the 107 users of E-Monitoring application. From this research found that the Net Benefit of the implementation of the E-Monitoring system was influenced by Satisfaction and Intention to Use. Factors that influence Satisfaction and Intention to Use the system including System Quality, Service Quality, Perceive Usefulness, Faciting Conditions and Social Influence, it's become the basis for providing recommendations. In this study, there are 17 recommendations which have been confirmed by the Pusdatin of the Ministry of Industry. Some of the recommendations made include: the implementation of online training for new users of the E-Monitoring APBN application, the formation of an application helpdesk task force, making regulations at the level of a Ministerial Regulation for the implementation of E-Monitoring, and adjustment of the E-Monitoring functionality to developments the current need for information within the Ministry of Industry considering the changes in financial applications from the Ministry of Finance."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Filip Stephanus Khurniawan
"Perkembangan penggunaan teknologi informasi (TI) semakin memegang peran penting dalam kelangsungan proses operasional maupun strategis perusahaan. PT Anabatic Technologies sebagai perusahaan penyedia layanan TI perbankan di Indonesia menghadapi permasalahan, dimana proyek yang mengalami keterlambatan, anggaran yang melebihi perencanaan, serta dibatalkan pada tahun 2018, 2019, dan 2020 tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan manajemen proyek untuk mengetahui variabel yang menyebabkan permasalahan tersebut, serta menghasilkan rekomendasi perbaikan pelaksanaan manajemen proyek pada PT Anabatic Technologies. Model tingkat kematangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Project Management Maturity Model (PMMM) milik Kerzner. Tingkat kematangan saat ini dan tingkat yang ingin dicapai perusahaan menjadi landasan bagi penulis untuk menyusun rancangan perbaikan rekomendasi yang selanjutnya divalidasi bersama pakar eksternal dan internal. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa PT Anabatic Technologies saat ini berada pada tingkat kedua dan memiliki target mencapai tingkat keempat pada akhir tahun 2023. Rekomendasi perbaikan untuk membantu perusahaan melampaui tingkat kedua dan mencapai tingkat ketiga antara lain memanfaatkan penggunaan project management tools, mengembangkan dasbor untuk memantau proyek, menyusun kurikulum dan rancangan program pelatihan, serta mendokumentasikan dan berbagi lesson-learned. Rekomendasi perbaikan untuk melampaui tingkat ketiga dan mencapai tingkat keempat antara lain menyusun dan melaksanakan program untuk meningkatkan kekompakan dan keharmonisan tim proyek, memberikan penghargaan kepada tim proyek yang berhasil, melibatkan anggota tim proyek dalam pelatihan yang dirasa cocok dengan bidang keahliannya, mendorong sertifikasi profesional manajemen proyek, membentuk project management office, menyesuaikan penggunaan metode life-cycle dengan karakteristik proyek, implementasi knowledge management system, pembentukan project review team,
dan implementasi open-door policy.
The use of information technology (IT) increasingly plays an important role in the continuity of the company's operational and strategic processes. PT Anabatic Technologies as a banking IT service provider company in Indonesia faces problems, where projects experience delays, budgets that exceed planning, and were canceled in 2018, 2019, and 2020 did not meet the set targets. This study aims to determine the maturity level of project management to determine the variables that cause these problems, and to produce recommendations for improving the implementation of project management at PT Anabatic Technologies. The maturity level model used in this study is Kerzner's Project Management Maturity Model (PMMM). The current level of maturity and the level that the company wants to achieve becomes the basis for the author to develop a recommendation improvement plan which is then validated with external and internal experts. The results obtained indicate that PT Anabatic Technologies is currently in the second level and has a target of reaching the fourth level by the end of 2023. Improvement recommendations to help the company go beyond the second level and reach the third level include utilizing project management tools, developing dashboards to monitor projects, develop curricula and design training programs, and document and share lessons learned. Recommendations for improvement to go beyond the third level and reach the fourth level include developing and implementing programs to improve project team cohesiveness and harmony, rewarding successful project teams, involving project team members in training that is deemed suitable for their field of expertise, encouraging project management professional certification, build project management office, adjust the use of the life-cycle method to the characteristics of the project, implementation of knowledge management system, formation of project review team, and implementation of open-door policy. "
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Pakpahan, Josias Marchellino
"Securities Crowdfunding (SCF) merupakan suatu metode pendanaan perusahaan berbasis sekuritas di mana terdapat penerbit (emiten) yang mencari pendanaan dan pemodal (investor) yang memodali penerbit. Pendanaan jenis ini tergolong baru penerapannya di Indonesia. Layanan SCF sendiri baru diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2018 melalui Peraturan OJK Nomor 37/POJK.04/2018 tentang Equity Crowdfunding (ECF). Namun, peraturan ini diganti oleh Peraturan OJK Nomor 57/POJK.04/2020 yang memperluas cakupan peraturan dari ekuitas menjadi sekuritas. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan aplikasi SCF untuk bisnis makanan dan minuman. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian research and development dengan menggunakan pendekatan human-centred design (HCD) sebagai metode perancangan desain aplikasi SCF. Proses HCD yang dilakukan meliputi pemahaman konteks penggunaan, pendefinisian kebutuhan, pembuatan solusi desain, dan evaluasi. Proses pemahaman konteks dilakukan dengan melakukan wawancara dengan 3 responden sebagai penerbit dan 1 responden sebagai penyelenggara (admin), kuesioner dengan 29 responden sebagai pemodal, dan analisis dokumen terhadap dokumen regulasi yang berlaku. Data yang didapat dari kegiatan tersebut dijadikan requirement yang terbagi berdasarkan kelompok pengguna. Requirement tersebut kemudian diimplementasikan dalam kegiatan pembuatan solusi desain untuk membuat use case, activity diagram, dan desain antarmuka. Dalam kegiatan ini, didapatkan 7 use case dan 9 activity diagram, dan 35 halaman desain. Hasil desain kemudian diuji dengan menggunakan usability testing (UT) dengan post-test yang terdiri dari single ease question (SEQ), system usability scale (SUS), dan net promoter score (NPS). Dari proses tersebut, diketahui penerimaan desain dari pengguna melewati standar-standar dari masing-masing penilaian pada post-test. Penelitian ini berkontribusi dengan memperkaya pengetahuan dalam perancangan aplikasi menggunakan human-centred design dan pengetahuan mengenai SCF. Penelitian ini juga membantu PT Matajari Mitra Solusi sebagai sponsor dari penelitian ini untuk mengembangkan layanan urun dana mereka.
Securities Crowdfunding (SCF) is a securities-based corporate funding method where issuers seek financing, and the investors fund the issuer. This type of funding is new in its implementation in Indonesia. The SCF service itself was regulated by the Financial Services Authority (OJK) in 2018 through OJK Regulation No. 37/POJK.04/2018 concerning Equity Crowdfunding (ECF). However, this regulation was replaced by OJK Regulation No. 57/POJK.04/2020 expanding the rules scope from equity to securities. This research aims to design an SCF application for the food and beverage business. The study falls under research and development, utilizing the Human-Centred Design (HCD) approach as the design method. The HCD process includes understanding usage contexts, defining needs, making design solutions, and evaluation. The understanding of usage contexts involves interviews with three issuers and one administrator as respondents, a questionnaire with 29 investors, and document analysis of relevant regulations. The data collected from these activities are used as requirements, categorized by user groups. These requirements are then implemented in the design solution phase to create use cases, activity diagrams, and user interface designs. Thes process resulted in seven use cases, nine activity diagrams, and 35 pages of design. Outcomes of the design are tested using Usability Testing (UT) with a post-test comprising Single Ease Question (SEQ), System Usability Testing (SUS), and Net Promoter Score (NPS). Through this process, it is determined that the user acceptance of the design surpasses the standards set by each evaluation in the post-test. This research contributes to enriching knowledge in application design using human-centered design and understanding SCF. The study also aids PT Matajari Mitra Solusi, the sponsor of this research for developing their crowdfunding service."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library