Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Simamora, Marlincha
"Dewasa ini perkembangan globalisasi sudah tidak lagi terbatas ruang dan waktu. Salah satu dampak dari globalisasi adalah kecenderungan terhadap sikap etnosentrisme konsumen. Penelitian kuantitatif ini bertujuan menganalisis hubungan antara Jenis Kelamin, Socioeconomic Status, dan Internet Usage dengan Consumer Ethnocentrism. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang cukup di antara Consumer Ethnocentrism dengan Jenis kelamin dan Internet Usage, namun tidak terdapat hubungan dengan Socioeconomic Status.

Today the development of globalization is no longer limited to space and time. One of the effects of globalization is the tendency towards consumer ethnocentrism. This quantitative research aims to analyze the relationship between Gender, Socioeconomic Status, and Internet Usage with Consumer Ethnocentrism. The results showed that there was a sufficient relationship between Consumer Ethnocentrism with Gender and Internet Usage, but there was no relationship with Socioeconomic Status."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Nadia Arzella Josephine
"Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh social influence terhadap consumer ethnocentrism. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode quota sampling dimana peneliti menyebarkan kuesioner kepada sejumlah 345 masyarakat Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Social Influence terbukti memiliki pengaruh sebesar 4.7% terhadap variabel Consumer Ethnocentrism. Penelitian ini berguna bagi para pelaku pasar Indonesia untuk menyusun stategi pemasaran yang dapat menjangkau seluruh target konsumen secara efektif, dengan memberikan gambaran mengenai kecenderungan etnosentrisme konsumen di Indonesia. Penelitian ini juga turut memperkaya studi mengenai hubungan social influence dengan consumer ethnocentrism masih sangat terbatas, terlebih pada budaya Timur yang kolektivis, dimana kelompok sosial lebih diutamakan.

This study aims to prove the impact of social influence on consumer ethnocentrism. This study uses a quantitative approach, using the quota sampling method, where researcher distributes questionnaires to 345 citizens of Indonesia. The result shows that social influence proved to have an influence of 4.7% on consumer ethnocentrism. This researchis useful for Indonesian marketers as a ground to develop marketing strategies that can reach all target consumers effectively, providing an overview of the trends in consumer ethnocentrism in Indonesia. This study also enriches the study of social influence and its relationship with consumer ethnocentrism which is still very limited, especially in collectivist Eastern cultures, where social groups are preferred.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Denny Indra Rachmawan
"Berdasarkan penelitian terdahulu, keberhasilan narasi dapat diartikan sebagai pembuktian atas efektifitas penggunaan strategi retorika. Di antara teknik yang digunakan sebagai strategi dimaksud salah satunya ialah penggunaan komedi seperti sindiran maupun perbandingan. Seiring meluasnya konten bertema komedi politik di media sosial, dapat diasumsikan bahwa pemanfaatan teknik komedi kerap kali diimplementasikan dalam suatu narasi kritik.  Melalui observasi pada platform media sosial Instagram, Bintang Emon merupakan komedian tunggal yang berfokus pada pembuatan konten bermuatan kritik sosial. Penelitian ini berupaya menjelaskan bagaimana strategi retorika, serta motif yang mendasari narasi kritik sosial oleh komedian tunggal Bintang Emon. Penelitian ini menggunakan metode analisis retorika terhadap konten bertema kritik sosial pada laman Instagram @bintangemon kurun waktu Tahun 2022 sampai dengan Tahun 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi kritik Bintang Emon pada laman Instagram dilandasi motif untuk menyampaikan pandangan mengenai perilaku korupsi serta penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan oleh oknum pejabat publik. Melalui bingkai komedi, narasi Bintang Emon juga menampilkan pola pijakan karakter yang adaptif terhadap situasi dramatis yang dihadapi, dengan mengacu pada tema sentral mengenai kemampuan seseorang dengan posisi tertentu (pejabat) dalam menentukan pilihan dalam situasi tertentu.

Based on previous research, narrative success can be interpreted as proof of the effectiveness of using rhetorical strategies. One of the techniques used as a strategy is the use of comedy such as satire or comparison. As political comedy-themed content spreads on social media, it can be assumed that the use of comedy techniques is often implemented in critical narratives. Through observations on the social media platform Instagram, Bintang Emon is a standup comedian who focuses on creating content containing social criticism. This research seeks to explain the rhetorical strategies and motives that underlie the narrative of social criticism by comedian Bintang Emon. This research uses a rhetorical analysis method for content with the theme of social criticism on the Instagram page @bintangemon for the period 2022 to 2023. The results of the research show that the narrative of Bintang Emon's criticism on the Instagram page is based on the motive of conveying views regarding corrupt behavior and abuse of power committed by public officials. Through a comic frame, Bintang Emon's narrative also displays character patterns that are adaptive to the dramatic situations faced, by referring to the central theme regarding the ability of a person in a certain position (an official) to make choices in certain situations."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yossie Dwi Ratna Putri
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor City Branding Kota
Jakarta berdasarkan persepsi dari Mahasiswa UI anggota Paguyuban Daerah.
Apakah City Branding dibentuk oleh faktor-faktor; the presence, the place, the
potential, the pulse, the people, dan the pre-requisites. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif, analisis multivariat, dan analisis
faktor sebagai pengukur hasil penelitian. Hasil penelitian menujukkan bahwa
responden memiliki persepsi setuju pada faktor the presence, the potential, the
pulse sudah baik, persepsi netral pada faktor the people dan the pre-requisites
sudah baik, dan persepsi tidak setuju pada faktor the place sudah baik. Faktor the
potential merupakan faktor yang menonjol pembentuk city branding Kota Jakarta.
City branding dibentuk oleh faktor-faktor seperti The Presence (Letak Kota,
Budaya, dan Kunjungan), The Place (Tata Kota, Kualitas Udara, dan Cuaca
Malam Hari), The Potential (Tempat Tinggal, Tingkat Ekonomi, Potensi Bisnis),
The Pulse (Destinasi Wisata, Gaya hidup masyarakat, Bangunan bersejarah dan
monumen), The People (Perilaku Hangat, Komunitas dengan budaya asal, Teman
dekat), dan The Pre-requisites (Apartemen terjangkau, Tansportasi nyaman,
Penginapan baik).
ABSTRACT
This research aims to determine the factors City Branding of Jakarta based
on the perception of the UI Student members of the Regional Association. Is City
Branding shaped by factors; the presence, the place, the potential, the pulse, the
people, and the pre-requisites. This study used quantitative research methods,
multivariate analysis, and factor analysis as a measurement of research results.
The results showed that the respondents have agreed on the perception of the
presence of factors, the potential, the pulse are good, neutral perception of the
factors the people and the pre-requisites are good, and perception do not agree on
a factor of the place is good. The potential factor is the prominent factor forming
Jakarta city branding. City branding is shaped by factors such as The Presence
(Location of City, Culture, and visits), The Place (City Planning, Air Quality and
Weather at Night), The Potential (Residency, Level Economy, Business
Potential), The Pulse (Tourists destination, Lifestyle of citizen, Historic buildings
and monuments), The People (Warm behavior, Community with the culture of
origin, Best friends), and The Pre-requisites (Affordable apartments, Convenient
transportation, Lodging)."
2014
S60638
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Lenggogini
"[sABSTRAK
Media massa seringkali menampilkan tubuh langsing sebagai standar tubuh ideal bagi perempuan. Tubuh gemuk dikaitkan dengan masalah kesehatan sehingga perempuan gemuk seperti diharuskan untuk menurunkan berat badannya Penelitian ini berusaha mencari tahu bagaimana usaha perempuan gemuk pelaku hidup sehat dalam mencapai harapan masyarakat untuk memiliki tubuh ideal dan bagaimana hegemoni tersebut dipertukarkan melalui interaksi antara keluarga, masyarakat, dan diri perempuan. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa hasil interaksi antara keluarga, teman, dan masyarakat yang memberi respons negatif terhadap tubuh gemuk perempuan membuat mereka merasa butuh untuk menurunkan berat badannya. Hegemoni muncul karena pencapaian citra tubuh sehat yang dilakukan tidak cukup. Hal ini karena perempuan menganggap butuh untuk memiliki citra tubuh ideal agar diterima oleh lingkungan sosial sekitarnya.Media massa seringkali menampilkan tubuh langsing sebagai standar tubuh ideal bagi perempuan. Tubuh gemuk dikaitkan dengan masalah kesehatan sehingga perempuan gemuk seperti diharuskan untuk menurunkan berat badannya Penelitian ini berusaha mencari tahu bagaimana usaha perempuan gemuk pelaku hidup sehat dalam mencapai harapan masyarakat untuk memiliki tubuh ideal dan bagaimana hegemoni tersebut dipertukarkan melalui interaksi antara keluarga, masyarakat, dan diri perempuan. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa hasil interaksi antara keluarga, teman, dan masyarakat yang memberi respons negatif terhadap tubuh gemuk perempuan membuat mereka merasa butuh untuk menurunkan berat badannya. Hegemoni muncul karena pencapaian citra tubuh sehat yang dilakukan tidak cukup. Hal ini karena perempuan menganggap butuh untuk memiliki citra tubuh ideal agar diterima oleh lingkungan sosial sekitarnya.
ABSTRACT
Mass media often featured slim body as body ideal standard for women. Fat body is associated with health problems so obese women required to lose their weight. This study analyzed how healthy-living obese women?s attempt in order to achieve society?s expectations to have the ideal body. This study also analyzed how hegemony is exchanged through interaction within family, society, and the women herself. The results show the result of interaction that exchanged between family, friends and society who gave negative responses to the obese women?s bodies make them feel the need to lose weight. Hegemony plays the role because the accomplishment of having healthy body is not enough for them. This is because obese women think that they need to have an ideal body in order to be accepted by their particular others and society.
, Mass media often featured slim body as body ideal standard for women. Fat body is associated with health problems so obese women required to lose their weight. This study analyzed how healthy-living obese women’s attempt in order to achieve society’s expectations to have the ideal body. This study also analyzed how hegemony is exchanged through interaction within family, society, and the women herself. The results show the result of interaction that exchanged between family, friends and society who gave negative responses to the obese women’s bodies make them feel the need to lose weight. Hegemony plays the role because the accomplishment of having healthy body is not enough for them. This is because obese women think that they need to have an ideal body in order to be accepted by their particular others and society.
]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S61898
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Sulistyaningsih
"ABSTRAK
Studi ini memberikan gambaran mengenai bagaimana elemen budaya
Indonesia digambarkan dalam serial animasi ?Keluarga Somat?. Penelitian ini
juga menggembarkan bagaimana peran serial animasi tersebut sebagai media
edukasi anak mengenai budaya Indonesia. Penelitian ini dikaji dengan
menggunakan metode analisis konten dengan metode framing Gamson dan
Modigliani dan wawancara mendalam dengan produser dan penyiar tayangan.
Peneliti melakukan pengamatan terhadap dua puluh judul episode ?Keluarga
Somat? yang dapat ditemukan di internet, kemudian peneliti melakukan
transkrip dan intepretasi terhadap 5 episode yang paling mewakili elemen
budaya Samovar. Peneliti menemukan 5 bingkai utama yang mewakili elemen
budaya Samovar, antara lain:agama sebagai dasar sikap dan tindakan
masyarakat, perjuangan kemerdekaan sebagai pengetahuan sejarah yang
penting, universalism sebagai nilai budaya Indonesia, keluarga sebagai
organisasi sosial yang utama, dan penggunaan Bahasa Indonesia sebagai
bahasa nasional. Peneliti juga menemukan jika cerita dan format tayangan
sesuai dengan asumsi pembelajaran tematik 2013 sehingga dapat menjadi
media edukasi alternatif anak mengenai budaya Indonesia.

ABSTRACT
This study provides an overview of how the elements of Indonesian culture
depicted in the animated series "Keluarga Somat". The study also describes
how the role of the animated series as media of child education on
Indonesian culture. This study assessed using content analysis method with
framing method by Gamson and Modigliani and in-depth interviews with
producers and broadcasters. Researcher did observation to twenty episodes of
?Keluarga Somat? which can found in internet, then do transcript and
interpret to five episodes whose content most represent Samovar?s culture
element. Researcher found 5 basic frames which represent those five
Samovar?s culture element, which are: religion as society?s basic idea,
national struggle history is relevant knowledge, universalism as Indonesia
culture value, family as main social organization and the need to use Bahasa
Indonesia as national language. Researchers found that framing of the
importance of intact families and Indonesian pluralism as the main theme
raised in the series. Researchers also found that the story and display form in
accordance with the assumption of thematic learning in 2013 so that it can be
an alternative media of child education on Indonesian culture"
2016
S64908
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Neildeva Despendya Putri
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana perempuan mengkonstruksi konten
digital di Instagram sebagai refleksi dari realisasi diri mereka. Konten yang
diunggah tersebut adalah user-generated content (UGC), dimana perempuan
mendapatkan banyak manfaat didalamnya mulai dari manfaat psikologis seperti
meningkatnya kepercayaan diri, esensi krusial dalam pembentukan pemberdayaan
diri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain konstruktif. Dengan
memahami bagaimana pemanfaatan Instagram sebagai salah satu produk digital
ICTs (information and communication technologies) oleh perempuan, penelitian
ini mengungkapkan bahwa perempuan perlu menyadari potensi diri mereka dan
memanfaatkan ranah digital untuk mempublikasikan karya maupun
mengekspresikan gagasan mereka karena terdapat bukti yang kuat bahwa Instagram
dapat memberdayakan diri perempuan dari segi psikologis maupun finansial.

ABSTRACT
This research examine about how women constructs their digital content on
Instagram as the reflection of their self-realization. The uploaded contents are called
user-generated content (UGC), where women could obtain some psychological
benefits such as increasing their self-confidence, a crucial essence to shaping
empowerment itself. This research is using qualitative methods and constructive
paradigm. By understanding how Instagram?s utilization are being used by women,
this research reveal that women need to recognize their potentials and utilize the
digital ICTs platform such as Instagram to publishing their works as well as
expressing their ideas, because this research already found that Instagram could be
used to empowering women psychologically and financially"
2016
S62663
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Dara Adinda Kesuma
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas bagaimana pemaknaan khalayak perempuan terhadap mitos patriarki tentang street harassment yang ditampilkan oleh media massa. Studi resepsi ini menggunakan paradigma kritis. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam. Penelitian ini menunjukkan bahwa mitos patriarkis digunakan untuk mengembalikan perempuan kepada peran gender tradisional. Khalayak perempuan memaknai mitos patriarki secara bervariasi dalam tiga posisi pemaknaan Stuart Hall yang dilatarbelakangi oleh sosialisasi gender, pengalaman dengan street harassment, dan kepercayaan terhadap realitas dalam media. Pemaknaan perempuan terhadap mitos patriarkis berkaitan pula dengan reaksi perempuan terhadap pelaku dan strategi yang digunakan untuk berpartisipasi di ruang publik. Selain itu, kehadiran media online berperan menjadi ruang alternatif sekaligus mendatangkan reviktimisasi bagi korban.

ABSTRACT
This research discusses how women audience attach meanings to patriarchal myths in mass media potrayals about street harrassment. In depth interview method is used in collecting data. This reception study using critical paradigm. The findings show that patriarchal myths are used to keep women in traditional gender role. Women audiences attach meaning in various way in three different positions of Stuart Hall rsquo s reception theory, depends on gender socialization, experiences with street harassment, and perceived realism towards media. Women rsquo s reception toward patriarchal myths are related to women rsquo s responses to harassers and the strategies employed to participate in public places. Meanwhile, online media are potential to be alternative place and source of revictimization for women at the same time. "
2017
S67600
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marisa Andreina
"Penelitian ini membahas mengenai pemaknaan khalayak terhadap forum edukasi melalui poster yang bertajuk ldquo;Creative Thinking for a Creative Child rdquo; pada akun Facebook Joy Parenting. Terdapat sebuah kepentingan dari industri rokok melalui Sampoerna Academy pada poster dalam menghegemoni dan membentuk kesadaran palsu di tengah masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana khalayak memaknai forum edukasi sebagai bentuk CSR-washing. Ironisnya, Joy Parenting sebagai media justru berperan sebagai perpanjangan tangan antara industri rokok dengan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan paradigma kritis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemahaman khalayak yang minim mengenai CSR industri rokok membuat mereka tidak menyadari adanya kepentingan di balik pesan pada forum edukasi melalui poster.

This study discusses the audience rsquo s reception towards the education forum through the poster titled ldquo Creative Thinking for a Creative Child rdquo on Joy Parenting rsquo s Facebook. There is an interest from tobacco industry through Sampoerna Academy in the poster to hegemonize and create false consciousness among society. The purpose of this study is to see how audience interprets the education forum as a form of CSR washing. Ironically, Joy Parenting as a media acts as an extension of man between the tobacco industry and the society. This research is conducted with qualitative approach and critical paradigm. The result of the research shows that the minimal understanding of the CSR of tobacco industry makes them unaware of the interest that lies behind the education forum through the poster."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S69035
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hilman Maulana
"Ketimpangan konstruksi gender melahirkan berbagai macam stigma yang diwujudkan dalam diskriminasi dan kekerasan terhadap kelompok LGBT. Sebagai organisasi nonprofit yang mencoba menyelesaikan isu sosial tersebut, Suara Kita hadir sebagai perwakilan kelompok LGBT untuk mengubah perilaku di masyarakat yang negatif terhadap kelompok LGBT melalui pendidikan keberagaman seksualitas dan gender yang sekarang sudah lebih berkembang. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran sosial yang dilakukan Suara Kita terhadap isu yang masih sensitif di Indonesia. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivist, pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data wawancara mendalam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan strategi place dan promotion dibandingkan strategi pemasaran sosial untuk isu yang lebih diterima. Contohnya, Suara Kita membangun narasi baru di tengah narasi arus utama LGBT, menggunakan pendekatan yang tidak mendoktrin, namun kritis, dan berdialog agar masyarakat dapat memutuskan sendiri agar mengadopsi perilaku yang dipromosikan tanpa paksaan; penggunaan saluran komunikasi yaitu media sosial Blued yang dekat dengan kelompok LGBT; penggunaan opinion leader/influential others yang dekat dengan masyarakat; serta pendekatan komunikasi personal dan selektif yang juga mengambil peran penting dalam penyampaian pesan dari strategi pemasaran sosial.

Unequal gender construction gives birth to various stigmas manifested in discrimination and violence toward LGBT people. As a nonprofit organization who tries to resolve said social issue, Suara Kita exists as an LGBT peoples representative to change societys current negative behavior against LGBT through a more developed education about sexuality and gender diversity. Hence, this research aims to describe the social marketing strategy of Suara Kita to address an issue which is still perceived as sensitive to talk about in Indonesia. This research uses post positivist paradigm, qualitative approach, and in depth interview to collect data.
The result of this research shows that there are differences of place and promotion strategy compared to social marketing strategy for a more acceptable issue. For example, Suara Kita creates new narratives within mainstream narratives about LGBT, by the approach that is not indoctrinating, but critical, and also creates dialogue so that society alone can decide to adopt the promoted behavior without coercion the usage of communication channel of Blued social media which is closely related to LGBT communities the usage of opinion leader influential others which is closely related to society and the approach of personal and selective communication which also have an imminent role in communicating social marketing message.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>