Ditemukan 30 dokumen yang sesuai dengan query
Situmorang, Happy, author
Pengemudi sepeda motor usia dewasa menengah (40-65 tahun) dikenal sebagai pengemudi yang paling sedikit mengalami kecelakaan dan juga paling jarang melakukan perilaku mengemudi berisiko terutama mengebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peran normlessness trait dan persepsi risiko dalam menghambat pengemudi motor usia dewasa menengah untuk mengebut. Sampel penelitian ini adalah...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S52517
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Emmanuela Kirana Sangitan, author
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
S3557
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Priyandana Kusumadi, author
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh persepsi risiko dan persepsi keuntungan terhadap pengambilan keputusan melanggar lampu merah pada pengemudi sepeda motor berusia muda. Pada setiap pengambilan keputusan dalam mengemudi, individu akan selalu mempersepsikan dampak negatif berupa risiko akibat dari suatu tindakan, serta dampak positif berupa manfaat dari suatu...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Mohamad Ichwan, author
Pengemudi sepeda motor dewasa menengah di wilayah Jakarta seringkali melakukan pelanggaran lampu merah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari sensation-seeking dan persepsi risiko terhadap perilaku melanggar lampu merah pada pengemudi dewasa menengah dengan memberikan skenario mengemudi. Sampel penelitian ini adalah 100 orang pengemudi sepeda motor berusia antara 45 hingga...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Felinda Stefika, author
Penelitian ini berusaha melihat pengaruh tempo musik dan jenis kelamin penumpang terhadap perilaku mengebut pada pengemudi kendaraan pribadi berusia muda. Partisipan terdiri atas 60 orang pengemudi laki-laki berusia 18 sampai 35 tahun, Penelitian ini merupakan penelitian laboratorium eksperimental dengan desain penelitian between subject yaitu desain faktorial dengan variasi 2x2. Instrumen...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
S3639
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Imanurul Aisha Rahardjo, author
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dari trait kepribadian dark triad dan iklim keselamatan lalu lintas terhadap perilaku berkendara berisiko pada pengendara sepeda motor. Partisipan penelitian adalah 111 pengendara sepeda motor yang memiliki karakterisitik memiliki SIM C, berusia 18 – 40 tahun, berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi,...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Lubis, Anita Dwinata, author
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun tes Penalaran Induktif Figural PIF sebagai subtes dari battery test inteligensi yang didasarkan oleh teori inteligensi Cattell-Horn-Carroll CHC. Pengambilan data lapangan dilakukan pada siswa kelas X dari tiga SMA di Jakarta N=97. Dari pengujian reliabilitas dengan metode Cronbah rsquo;s Alpha menunjukkan bahwaTes PIF memiliki konsistensi...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S69312
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hidayati, author
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat tes inteligensi berdasarkan teori Cattel-Horn-Caroll CHC yang ditujukan untuk rekomendasi peminatan siswa SMA. Tes yang dikembangkan pada penelitian ini adalah tes yang mengukur kemampuan associative memory tes AM . Pengambilan data dilakukan di Jakarta dengan sampel siswa SMA kelas X N=96. Hasil uji reliabilitas...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S67464
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Debby Mardianti, author
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan salah satu subtes dari tes inteligensi, yaitu tes working memory capacity WM yang akan digunakan sebagai salah satu acuan dalam pertimbangan proses peminatan siswa SMA di Indonesia. Penyusunan tes WM didasarkan pada teori CHC yang merupakan teori yang paling komprehensif dan kontemporer pada saat ini....
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S67312
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Thahira Hanum Sekarmewangi, author
Pada saat mengingat suatu kejadian, terdapat fenomena dimana orang menyampaikan sesuatu yang sebenarnya tidak pernah terjadi, namun mereka sangat yakin hal itu terjadi. Fenomena ini dikenal sebagai false memory. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tipe informasi dan penundaan recognition test terhadap false memory pada pengendara motor yang pernah mengalami...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library