Atifah Nabilla Al Qibtiyah
Abstrak :
Tidak bisa dipungkiri bahwa passive learning merupakan masalah yang serius dalam budaya belajar yang ada di Indonesia. Kurangnya keaktifan dan antusiasme pelajar membuat interaksi dan dinamika pembelajaran menjadi berkurang. Hal ini berdampak buruk pada pemahaman pelajar beserta sulitnya para pengajar dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Masalah serupa juga didapatkan dari kuesioner dan wawancara yang dilakukan oleh tim penulis. Mayoritas sampel pengguna menyebutkan kurangnya keaktifan selama proses pembelajaran, rasa percaya diri yang rendah ketika ingin menyampaikan pendapat, serta kurangnya fokus pelajar atau partisipan pada suatu proses diskusi. Melalui pengkajian studi literatur, salah satu pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah penerapan collaborative learning menggunakan diskusi forum. Kegiatan ini mampu mendorong pelajar lebih aktif berinteraksi satu sama lain dan melakukan eksplorasi. Berdasarkan penelitian sebelumnya, masih terdapat keterbatasan sehingga diperlukan adanya suatu strategi pembelajaran dalam proses diskusi. Strategi pembelajaran yang telah terbukti adalah Think-Pair-Share. Penelitian ini memanfaatkan strategi tersebut untuk diintegrasikan di sebuah aplikasi website online forum yang setiap fiturnya merepresentasikan tahapan dari strategi Think-Pair-Share bernama ShareNReflect. Setelah melalui evaluasi berupa UT (Usability Testing),software testing, dan UAT (User Acceptance Test), ShareNReflect mampu memberikan performa yang bagus secara teknis dan mendapatkan respon positif dari para tester.
......It is undeniable that passive learning is a serious issue in the current learning culture in Indonesia. The lack of active participation and enthusiasm among students reduces the interaction and dynamics of the learning process. This negatively affects students' understanding and makes it difficult for teachers to evaluate learning. Similar problems were found in questionnaires and interviews conducted by the writing team. The majority of user samples mentioned a lack of active participation during the learning process, low confidence when expressing opinions, and a lack of focus from students or participants during discussions. Through a literature review, one approach to address this issue is the implementation of collaborative learning using discussion forums. This activity can encourage students to interact more actively with each other and explore different perspectives. Previous research indicates limitations still exist, necessitating a specific learning strategy for the discussion process. A proven strategy is Think-Pair-Share. This research leverages that strategy by integrating it into an online forum website application, where each feature represents the stages of the Think-Pair-Share strategy, named ShareNReflect. After evaluations through usability testing, software testing, and user acceptance testing, ShareNReflect demonstrated good technical performance and received positive feedback from testers.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library