Ditemukan 63 dokumen yang sesuai dengan query
Fika Andina Ratnaning Dyah, author
Harter (dalam Papalia, 2004) mengemukakan bahwa konsep diri merupakan konslruksi kognitifyang menentukan bagaimana seseorang mcmandang dirinya serla mcnentukan perilakunya. Beberapa anak ada yang memiliki konsep diri akadcmik positifdan ada yang memiliki konscp diri akademik negatif. Anak dcngan dengan konsep diri akademik yang positif Icbih termotivasi untuk meraih sukses dan lebih...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
T34032
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Anah Rabi Ah, author
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap dukungan sosial dari guru dan keterlibatan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) terhadap sekolah. Sebanyak 139 orang siswa kelas 8 berpartisipasi dalam penelitian ini. Untuk mengukur persepsi siswa terhadap dukungan sosial dari guru digunakan Child and Adolescent Social Support...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60012
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fadhilah Kurniati, author
ABSTRAK
Meskipun pernikahan diketahui memberikan berbagai dampak positif bagi individu, kenyataan yang terjadi saat ini ialah meningginya tingkat kasus perceraian. Survei menunjukkan bahwa penyebab utamanya adalah ketidaksesuaian antara relationship beliefs individu dengan kenyataan. Akibatnya, individu cenderung mengalami burnout pernikahan dan lebih lanjut dapat berujung pada perceraian. Penelitian sebelumnya mengenai hubungan antara...
2016
S64295
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Meliala, Hana Elisya S., author
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelekatan dengan ibu dapat memengaruhi regulasi emosi marah pada remaja. Remaja yang dimaksud dalam penelitian ini adalah remaja laki-laki dan perempuan yang berada pada rentang usia 16-21 tahun dan berdomisili di sekitar daerah Jabodetabek. Selain itu juga penting untuk diperhatikan bahwa remaja yang menjadi...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S63988
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yunisa Putri Syahriani, author
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai perbedaan kualitas hubungan romantis berdasarkan tipe-tipe adult attachment pada dewasa muda yang berpacaran. Pengukuran adult attachment dilakukan menggunakan alat ukur The Experiences in Close Relationships-Short form (Wei et. al., 2007) dengan koefisien reliabilitas Cronbach Alpha sebesar 0.710. Pengukuran kualitas hubungan romantis dilakukan menggunakan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S63551
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dewi Ratih Tresna Aryanti, author
ABSTRAK
Salah satu ciri dari anak dengan Autisme adalah memiliki hambatan dalam perkembangan bahasa dan komunikasi. Kata-kata yang dikeluarkan oleh anak dengan Autisme seringkali tidak ditujukan untuk berkomunikasi dan mereka juga jarang menggunakan bahasa tubuh untuk berkomunikasi sehingga apa yang diinginkan oleh anak dengan Autisme terkadang tidak dapat dipahami oleh orang...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T32639
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Kurniawati Krisna Dewayuti, author
ABSTRAK
Penelitian ini menguji tentang penggunaan intervensi social story untuk meningkatkan perilaku initiation dan joining in pada remaja laki-laki penyandang sindroma asperger, yang berusia 13 tahun. Masalah Keterampilan sosial merupakan karakteristik utama individu dengan sindroma asperger. Pada penelitian ini, anak mengalami defisit dalam perilaku initiation dan joining in. Social story digunakan...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T32948
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Monika Vania, author
ABSTRAK
Pembelajaran di sekolah merupakan hal penting bagi perkembangan fisik,
kognitif, dan sosial anak (Papalia, Olds, & Feldman, 2009). Perkembangan pada
ketiga aspek ini umumnya akan menjadi kurang optimal ketika anak menunjukkan
SRB. Penelitian dengan menggunakan single-subject design ini menerapkan
contingency contract untuk meningkatkan frekuensi perilaku bersekolah pada
seorang anak laki-laki berusia 5 tahun 11 bulan....
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T34890
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Djuanita Bowman, author
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengasuh dalam
mendisiplinkan anak untuk tidur siang yang diberikan melalui program intervensi.
Peningkatan keterampilan dua pengasuh anak yang mengikuti kegiatan di TPA
Makara UI dalam mendisiplinkan anak untuk tidur siang diukur dari pelaksanaan
rutinitas yang disusun oleh pengasuh sebelum anak tidur siang dan kerutinan
tidur siang anak asuh. Intervensi...
2013
T35653
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Firnasyifa, author
Kurangnya keterampilan sosial merupakan inti utama hambatan yang dialami anak dengan sindroma asperger. Anak dengan sindroma asperger memiliki hambatan untuk memahami pikiran dan perasaan orang lain yang berakibat mereka tidak mampu memprediksi tingkah laku orang lain. Social StoriesTM merupakan salah satu strategi untuk membantu anak dengan sindorma asperger untuk dapat...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T35162
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library