Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 32 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Stevie Kurnia
"Riset ini bertujuan untuk menciptakan skala perfeksionisme yang baru dengan reliabilitas dan validitas yg baik. Skala baru tersebut mempunyai 10 item dengan menggunakan skala likert 5 poin. Partisipan dari riset ini adalah mahasiswa University of Queensland yang terdaftar di dalam mata kuliah PSYC 3020 (N=246) dengan 176 partisipan wanita dan 70 partisipan pria dengan rata rata umur (M=22.071, SD=4.307) Internal konsistensi skala baru ini diuji dengan Cronbach’s alpha yang menunjukan internal konsistensi (α = .608). Untuk validitas, skala baru ini mempunyai hubungan positif dengan skala Almost Perfect Scale-Revised (APS-R) oleh Slaney, Rice, Mobbley, Trippi, & Ashby (2001), namun berkolerasi negatif dengan skala self-esteem Rosenberg (1965). Tidak ditemukan korelasi yang signifikan antara skala baru dengan International Personality Item Pool (IPIP) conscientiousness scale. Skala baru ini dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan kerja untuk keperluan rekrutmen di beberapa bidang pekerjaan.

The study aims to create a new scale of perfectionism with a good reliability and validity. The scale has 10 items with 5 point likert scale. The participants of this study were the University of Queensland students who are enrolled in PSYC3020 course (N=246) with 176 female participants and 70 male participants with average age of (M=22.071, SD=4.307) Internal consistency of the scale was tested and it revealed that the cronbach’s alpha of the scale was (α = .608). In terms of validity, the scale had a positive correlation with ASP-R scale by Slaney, Rice, Mobbley, Trippi, & Ashby (2001) and a negative correlation with Rosenberg’s (1965) self-esteem scale. No significant correlation found between the new scale and the International Personality Item Pool (IPIP) conscientiousness scale. The scale could be used in daily life as a recruitment tool in several job fields.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Lifianti Amalia Putri
"Tujuan dari studi ini adalah untuk memperkenalkan skala neurotik yang telah dikembangkan dan untuk mengevaluasi reliabilitas dan validitas dari skala tersebut. Skala yang dibuat ini ditujukan untuk menutupi kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh skala yang telah ada. New Neuroticism Scale (NNS) terdiri dari 11 butir pertanyaan dalam format 7-poin skala likert. Studi ini melibatkan 246 mahasiswa psikologi program sarjana dari University of Queensland sebagai partisipan. Para peserta diminta untuk menyelesaikan sebuah kuesioner yang terdiri dari NNS dan 2 skala lain sebagai alat untuk memvalidasi skala NNS. Dua skala lain ini adalah Behavioral Inhibition System Scale (BISS) dan International Personality Item Pool: Extraversion (IPIP). Dengan menggunakan Cronbach's Alpha, NNS ditemukan memiliki distribusi normal dan reliabilitas yang baik dengan α = 0.81. Melalui Pearson Correlation, sampel kami menemukan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara NNS dan BISS, juga korelasi negatif yang signifikan antara NNS dan IPIP Extraversion. Namun dengan menggunakan independent t-test, tidak ada perbedaan yang signifikan ditemukan pada variabel jenis kelamin. Dengan menggunakan item discrimination index, kami menemukan bahwa banyak butir pertanyaan yang memiliki diskriminasi yang lemah dan perlu diperbaiki. Dengan demikian, studi yang akan datang disarankan untuk memperbaiki kata-kata yang dipakai di dalam butir pertanyaan demi meningkatkan reliabilitas skala.

The aim of this study is to introduce the New Neuroticism Scale (NNS) and analyze its reliability and validity. The scale was formulated to improve the weaknesses of existing scales on neuroticism. NNS consists of 11 items with a 7-point likert scale response format. The current study involved 246 undergraduate psychology students from the University of Queensland. The participants were asked to complete a questionnaire relating to NNS with 2 validating scales, the Behavioral Inhibition System Scale (BISS) and the International Personality Item Pool: Extraversion (IPIP). Using Cronbach’s Alpha, NNS was found to have a normal distribution and a good reliability with α = 0.81. Through Pearson Correlation, it was found that there was a significant positive correlation between NNS and BISS, and also a significant negative relationship between NNS and IPIP Extraversion. Through Independent Sample t-test, there was no significant relationship found in terms of gender. Using the item discrimination index, it was discovered that most items have a weak discrimination and need to be improved further. Thus, future study should consider improving the item’s wording in order to increase the reliability of NNS.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nitya Pawitra Sari
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan memperbaharui skala Desirability of Control (DOC) yang sebelumnya telah dikembangkan oleh Burger and Cooper (1979). Skala baru ini diberi nama Desirability for Control (DFC). Hubungan antara Desirability for Control (DFC) dan Grade Point Average (GPA), jenis kelamin, Locus of Control (Rotter, 1966) akan diuji dalam penelitian ini. Sejumlah partisipan yang terdiri dari mahasiswa University of Queensland yang terdaftar pada mata kuliah Measurement in Psychology (PSYC3020) (N = 217) terlibat di dalam penelitian ini.
Pengembangan skala Desirability for Control (DFC) terdiri dari 10 butir pertanyaan dengan 5 poin skala likert yang dimulai dari 1 (sangat setuju) sampai dengan 5 (sangat tidak setuju). Reliabilitas pengukuran yang baru diukur oleh cronbach’s alpha dan mempunyai tingkat reliabilitas yang moderat (α = .64).
Berdasarkan hasil penelitian,ditemukan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara skala Desirability for Control (DFC) dan GPA, jenis kelamin, dan Locus of Control (Rotter, 1966). Oleh karena itu, hasil dari penelitian ini tidak mendukung hipotesis yang telah dibuat. Untuk penelitian di masa depan, dianjurkan agar setiap item harus melalui test-retest untuk meningkatkan validas dan reliabilitas butir pertanyaan.

The aim of this study is to evaluate and renewing the Desirability of Control (DOC) scale which was developed by Burger and Cooper (1979). The new scale is named as Desirability for Control (DFC). The relationship between Desirability for Control (DFC) and Grade Point Average (GPA), gender, Locus of Control scale (Rotter, 1966) is being examined in this study. The participants of this study were the University of Queensland students who are enrolled in PSYC3020 (N = 217).
The newly develop Desirability for Control consists of 10 items with 5 points Likert-type scale ranging from 1 (strongly agree) to 5 (strongly disagree). The reliability of the new measure was measured by the cronbach’s alpha and it had a moderate level of reliability (α = .64).
The results of the study found that there were no relationships between Desirability for Control (DFC) and GPA, gender and Locus of Control (Rotter, 1966). Therefore, this study does not support the current hypothesis. For future research the new items should go through a test-retest to increase the validity and reliability of the items.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fadya Rahmani Musthofa
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur reliabilitas dan validitas skala baru untuk pengukuran empati yang disebut ES yaitu singkatan dari Empathy Scale. Kami terinspirasi oleh sebuah skala yang sudah ada bernama EQ-short untuk mengukur empati yang divalidasi dengan tiga alat ukur lainnya yaitu, kecerdasan emosional (EQ), stres pribadi (personal distress), dan pengambilan perspektif (perspective taking). Peserta penelitian ini mencakup 246 mahasiswa program sarjana. Penelitian ini dilakukan dengan meminta peserta untuk mengisi survei mega online. Kami menemukan bahwa, (1) Reliabilitas dari EQ-Short lebih tinggi dibandingkan ES; (2) butir indeks diskriminasi menunjukkan hasil yang rendah; (3) korelasi antara ES dan skala validasi ditemukan berkorelasi positif secara signifikan. Reliabilitas yang rendah dapat dilihat dari adanya konsistensi internal yang rendah. Hal ini merepresentasikan buruknya butir indeks diskriminasi. Hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang kami ajukan bahwa tingkat empati yang lebih tinggi berkorelasi dengan tingkat kemampuan pengambilan perspektif yang lebih baik serta tingkat stres pribadi yang lebih rendah dalam menghadapi pengalaman negatif lainnya.

The aim of the current study was to measure the reliability and validity of the newly developed empathy scale called ES that is the abbreviation of Empathy Scale. We are inspired by an existing scale called EQ-Short to measure empathy along with three validating measures; Emotional quotient, personal distress, and perspective taking. A total of 246 undergraduate students involved in this study. The study was conducted by asking participants to fill out our online mega survey. We found that; (1) Reliability of EQ-Short is higher than the reliability of ES; (2) item discrimination indices showed low outcomes; (3) the correlation between ES and validating scales were found to be significantly positive correlated. Low reliability can be seen by low internal consistency. This represents poor outcomes of item discrimination indices. Corresponding to our hypothesis, the results of this study showed that higher level of empathy was correlated with greater level of perspective-taking ability as well as having less personal distress in facing others? negative experience that were corresponding to our hypothesis.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"Keterbatasan pada alat ukur impulsivitas yang telah ada menyebabkan adanya kebutuhan untuk suatu alat ukur impulsivitas yang lebih memadai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu skala impulsivitas baru dengan cara mengevaluasi dan menguji skala baru tersebut. Skala baru terdiri dari 12 butir pernyataan dengan 7 skala pilihan jawaban untuk masing-masing butir. 217 mahasiswa sebagai partisipan diminta untuk mengisi kuesioner menggunakan skala impulsivitas baru. Barrat impulsive scale-11 (BIS-11) dan International Personality Item Pool (IPIP) Extraversion juga digunakan untuk menguji validitas skala baru tersebut. Dari uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha, ditemukan bahwa skala baru memiliki reliabilitas yang tergolong baik. Indeks diskriminasi butir untuk skala baru juga ditemukan baik. Selain itu, konvergen validitas ditemukan yang disimpulkan berdasarkan korelasi positif yang signifikan antara skala baru dan BIS-11, juga IPIP extraversion dan skala baru. Mann-Whitney U tes menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang siknifikan antara laki-laki dan perempuan dalam tingkat impulsivitas. Dengan demikian disimpulkan bahwa alat ukur ini valid dan reliable untuk mengukur impulsivitas.

Limitations on existing impulsivity measures lead to the need for a more adequate impulsivity measure. Thus, this study aims to develop a new impulsivity scale by evaluating and validating the new scale. The new scale consists of 12 items with 7 scale option for each item. 217 students as participants were asked to fill out questionnaire of new impulsivity scale. Barrat impulsive scale (BIS-11) and International Personality Item Pool (IPIP) extraversion were used to validate this new scale. From reliability test by using Cronbach Alpha, it was found that new scale has reliability that consider as good. Index discrimination item for new scale was found good. Besides, convergent validity was established that concluded based on significant positive correlation between new scale and BIS-11, also between IPIP extraversion and new scale. Mann-Whitney U test showed there was a significant difference between male and female on level of impulsivity. Thus, it is concluded that this new measures is a valid and reliable to measure impulsivity. Limitations on existing impulsivity measures lead to the need for a more adequate impulsivity measure. Thus, this study aims to develop a new impulsivity scale by evaluating and validating the new scale. The new scale consists of 12 items with 7 scale option for each item. 217 students as participants were asked to fill out questionnaire of new impulsivity scale. Barrat impulsive scale (BIS-11) and International Personality Item Pool (IPIP) extraversion were used to validate this new scale. From reliability test by using Cronbach Alpha, it was found that new scale has reliability that consider as good. Index discrimination item for new scale was found good. Besides, convergent validity was established that concluded based on significant positive correlation between new scale and BIS-11, also between IPIP extraversion and new scale. Mann-Whitney U test showed there was a significant difference between male and female on level of impulsivity. Thus, it is concluded that this new measures is a valid and reliable to measure impulsivity. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wulandari
"Sejumlah studi menunjukkan bahwa aktivasi gender-stereotype threat berpengaruh terhadap penurunan performa perempuan pada sejumlah tes kemampuan kognitif yang memiliki stereotip mengenai keunggulan laki-laki. Namun masih sedikit studi yang mempelajari mengenai pengaruh pemberian gender-stereotype threat terhadap performa perempuan dan laki-laki pada tes kelancaran fonemik, yang pada umumnya menunjukkan keunggulan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari tipe aktivasi gender-stereotype threat dan tingkat kesulitan tugas terhadap performa tes kelancaran fonemik pada laki-laki dan perempuan. Seratus enam puluh delapan mahasiswa S1 Universitas Indonesia dengan rentang usia 18-24 tahun terlibat dalam tes kelancaran fonemik yang memiliki 3 tingkat kesulitan tugas. Untuk mengaktivasi gender-stereotype threat, partisipan pada 3 kelompok eksperimen mendapat salah satu informasi, bahwa tes menunjukkan keunggulan perempuan, tes menunjukkan adanya perbedaan gender, atau tes bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan bahasa. Sementara partisipan pada kelompok kontrol mendapat informasi bahwa tugas yang akan diberikan bertujuan untuk melihat proses-proses umum dalam pemecahan masalah. Hasil menunjukkan bahwa tingkat kesulitan tugas menjadi satu-satunya variabel yang berpengaruh, sementara kedua variabel lainnya ditemukan tidak memiliki pengaruh terhadap performa tes kelancaran fonemik. Oleh karena itu, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian gender-stereotype threat tidak menyebabkan penurunan performa laki-laki sebagai kelompok yang mendapat stereotip negatif pada tes kelancaran fonemik.

A number of studies showed that activation of gender-stereotype threat leads to digression of women’s performance in several cognitive ability tests which have stereotype about men superiority. Hovewer, only few studies had been conducted to learn how gender-stereotype threat influence men and women performance on phonemic fluency test, in which women are believed to be superior. The present research aimed to investigate the influence of gender-stereotype threat activation type and level of task difficulty upon phonemic fluency test performance on men and women. One hundred and sixty eight undergraduate students from University of Indonesia with age ranged between 18-24 years were asked to perform phonemic fluency test which consisted of 3 difficulty levels. To activate genderstereotype threat, participants in 3 experimental groups were informed that this test either show women advantage, this test show gender differences, or this test was intended to evaluate their verbal ability. The control group was told that their problem solving process on a task given will be studied. The results revealed that level of difficulty was the only variable which has a significant effect, while two others variables have no significant effects upon phonemic fluency test performance. Therefore, this study suggests that gender-stereotype threat doesn't lead to digression of men’s performance as a negative stereotyped group on phonemic fluency test."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S46383
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lutfiana Nisa Wiegati
"Berbagai seleksi dilakukan untuk dapat memprediksi kesuksesan akademik mahasiswa, namun belum ada seleksi yang yang berkaitan dengan kemampuan regulasi diri, motivasi akademik, dan berpikir abstrak. Executive function terbukti berkaitan dengan regulasi diri, motivasi akademik, dan berpikir abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan dan pengaruh executive function terhadap prestasi akademik pada mahasiswa. Partisipan berjumlah 144 mahasiswa Universitas Indonesia. Komponen-komponen executive function diukur dengan alat ukur Backward Digit Recall Test, Kelancaran Verbal Fonemik dan Semantik, Tower of Hanoi, dan Stroop Color and Word Test. Hasil perhitungan multiple regression menunjukkan secara bersama-sama komponen-komponen executive function tidak dapat memprediksi prestasi akademik. Namun jika dihitung menggunakan simple regression, ditemukan bahwa tiga dari empat komponen executive function yang diteliti, yaitu working memory, generativity dan inhibition secara signifikan dapat memprediksi prestasi akademik. Cognitive flexibility ditemukan tidak dapat memprediksi prestasi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam memanipulasi dan menyimpan informasi, memunculkan ide, serta menahan respon yang tidak sesuai konteks berpengaruh terhadap prestasi akademik.

Various selection is done to be able to predict the academic success of students, but there is no selection with regard to the ability of self-regulation, academic motivation, and abstract thinking. Executive function has been found associated with self-regulation, academic motivation, and abstract thinking. This study was conducted to see the relationship between executive function and academic achievement in students. Participants are 144 students of Universitas Indonesia. The components of executive function was measured by Backward Digit Recall Test, Phonemic and Semantic Verbal Fluency Test, Tower of Hanoi, and the Stroop Color and Word Test. Results of multiple regression calculation shows that together the components of executive function can not predict academic achievement. However, if calculated using simple regression, it was found that three of the four components of executive function, which are working memory, inhibition and generativity significantly predicted academic achievement. Cognitive flexibility was found not able to predict academic achievement. Results of this study indicate that students' ability to manipulate and store information, generate new ideas, and holding the inappropriate response affect academic achievement."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S47721
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fasya Fauzani
"Beberapa penelitian telah menemukan kaitan antara regulasi emosi dan executive function (EF), namun masih terdapat inkonsistensi terkait komponen EF mana yang dapat memprediksi regulasi emosi pada anak prasekolah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana peran komponen cool dan hot dari EF, beserta dengan jenis kelamin, dalam memprediksi regulasi emosi pada anak prasekolah usia 5-6 tahun. Sebanyak 84 anak diuji dengan sejumlah tes cool EF, hot EF, dan regulasi emosi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hot EF dan jenis kelamin, namun tidak dengan cool EF, dapat memprediksi kemampuan regulasi emosi berdasarkan performa langsung dari anak. Sebaliknya, tidak ditemukan adanya kaitan di antara cool EF, hot EF, maupun jenis kelamin, dengan kemampuan regulasi emosi berdasarkan laporan orang tua. Adanya temuan terkait kontribusi hot EF dalam memprediksi performa regulasi emosi, dapat menjadi pertimbangan dalam memberikan intervensi regulasi emosi berbasis hot EF pada anak prasekolah, dengan mempertimbangkan jenis kelamin.

A number of studies had found the relation between emotion regulation and executive function (EF), but there are still some inconsistencies regarding which components of EF that have the ability to predict emotion regulation in preschoolers. The current study investigated the contribution of cool EF, hot EF, and sex, in predicting emotion regulation in preschoolers 5- to 6-year-olds. 84 preschoolers were assessed using cool EF, hot EF, and emotion regulation tasks.
The results revealed that hot EF and sex, but not cool EF, were able to predict preschoolers’ emotion regulation performance. Meanwhile, it was also found that cool EF, hot EF, and sex did not have any relation with emotion regulation based on parent-reports. These findings suggest that hot EF intervention can be given to those preschoolers claimed to have less optimal emotion regulation.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60343
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Nurul Fatimah
"Beberapa penelitian telah menemukan adanya hubungan antara kompetensi social dan executive function, namun masih terdapat inkonsistensi hubungan antara komponenkomponen di dalamnya. Penelitian ini betujuan untuk mengeksplorasi kontribusi dari komponen hot dan cool dalam executive function, dan factor jenis kelamin dalam memprediksi kompetensi sosial pada anak usia 60-72 bulan. Pengukuran kompetensi sosial dilakukan melalui kuesioner PKBS SKala A yang telah diadaptasi dalam bahasa Indonesia.
Pengukuran executive function dilakukan melalui tes performa pada battery task Backward Word Span, Rumput/Matahari, Dimension Change Card Sort, dan Gift Delay. Metode statistik inferensial yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent sample t-test, dan standard multiple regression.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa baik faktor jenis kelamin, maupun komponen hot dan cool executive function tidak dapat memprediksi kompetensi sosial pada anak usia 60-72 bulan secara signifikan. Meskipun begitu, dalam penelitian ini ditemukan korelasi yang signifikan antara komponen hot executive function dengan faktor jenis kelamin dan kompetensi sosial pada anak usia 60-72 bulan.

Few researches had found correlation between social competence and executive function, though there had also been inconsistency in between. This research was conducted to investigate the contribution of hot and cool executive function, and factor of sex in predicting social competence on 60-72 months children. Social competence was measured using PKBS Skala A which consisted of 34 items.
Executive function was measured using performance battery test which consisted of Backward Word Span, Rumput/Matahari, Dimension Change Card Sort, and Gift Delay task. Inferential statistic method used in this research were independent sample t-test, and standard multiple regression.
The result showed that there was no significant contribution of sex, hot and cool executive function in predicting social competence on 60-72 months children. However the result also showed that there was a significant correlation between hot executive function and sex, and between hot executive function and social competence on 60-72 months children.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afiyana Eka Nurilla
"Depresi merupakan kondisi psikologis yang paling umum terjadi dan banyak memengaruhi wanita, terutama seorang ibu. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menggali dampak kondisi depresi ibu pada fungsi kognisi anak. Namun demikian, hasil penelitian mengenai dampak simtom depresi ibu dalam kaitannya dengan peran figur ayah dalam pengasuhan dan fungsi kognitif anak, khususnya Executive Function (EF), masih ditemukan inkonsistensi. Penelitian ini ditujukan untuk melihat kontribusi simtom depresi ibu dan keterlibatan ayah dalam memprediksi EF anak di usia dini. Sekitar 101 anak usia 4-6 tahun beserta kedua orang tuanya diikutsertakan dalam penelitian ini. Beberapa tes EF diberikan pada anak dan kuesioner simtom depresi ibu dan keterlibatan ayah diberikan masing-masing pada ibu dan ayah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya simtom depresi ibu yang berkontribusi secara signifikan untuk memprediksi EF anak setelah dilakukan pengontrolan pada jenis kelamin dan usia anak, status bekerja ibu, dan SES. Penelitian ini menggagas pentingnya memperhatikan kondisi psikologis ibu saat akan melakukan intervensi untuk mengoptimalkan EF anak di usia dini.

Depression is most common psychological condition and affects largely in women, particularly in mothers. Numerous studies have been conducted to specify the impact of maternal depressive symptoms on preschool children cognitive functioning. Nonetheless, the result of the studies regarding maternal depressive symptoms in relation to the role of father figure in parenting and children cognition, especially in Executive Function (EF) have found inconsistency. This study aimed to assess the contribution of maternal depressive symptoms and father involvement in predicting children EF. About 101 preschool children aged 4-6 and their parents were involved in this study. Several EF tests were delivered to children, while maternal depressive symptoms and father involvement questionnaire were given to mother and father respectively.
Result found that only maternal depressive symptoms predicted EF performance on children above and beyond the influences of child gender and age, maternal work status, and family socioeconomic level. This study points out the importance to consider maternal psychological condition while targeting intervention for promoting EF in preschool.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S63121
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>