Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Syakur
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Product-Market Fit (PMF) produk gim video Visual Novel yang dikembangkan oleh startup NusaEdufy, dengan fokus pada perilaku konsumen orang tua anak usia dini (0-6 tahun) di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Penelitian menggunakan pendekatan Explanatory Sequential Design, yang menggabungkan analisis kuantitatif untuk mengevaluasi aspek Usability dan Desirability serta analisis kualitatif untuk meninjau aspek Feasibility dan iterasi dari produk. Data dikumpulkan melalui survei kepada 95 orang tua dan wawancara dengan tim pengembang NusaEdufy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek Desirability memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, sementara aspek Usability tidak signifikan, menunjukkan perlunya peningkatan pada User Experience dan fitur produk. Iterasi produk direncanakan berdasarkan masukan dari responden, termasuk penyederhanaan antarmuka, peningkatan visual, sinkronisasi audio, dan pengembangan nilai budaya. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi NusaEdufy untuk mengoptimalkan produk agar sesuai dengan kebutuhan pasar dan mendukung pendidikan budaya anak usia dini.
This study aims to analyze the Product-Market Fit (PMF) of a Visual Novel video game developed by the startup NusaEdufy, focusing on the consumer behavior of parents with early childhood-aged children (0–6 years old) in the Greater Jakarta area. The research employs an Explanatory Sequential Design approach, combining quantitative analysis to evaluate aspects of Usability and Desirability, and qualitative analysis to assess the product’s Feasibility and iteration plan. Data was collected through a survey of 95 parents and interviews with the NusaEdufy development team. The findings indicate that Desirability significantly influences consumer behavior, whereas Usability does not show a significant effect, highlighting the need to improve the product’s User Experience and features. Product iteration is planned based on respondent feedback, including interface simplification, visual enhancements, audio synchronization, and the development of cultural value content. This research provides strategic recommendations for NusaEdufy to optimize the product to better meet market needs and support cultural education for early childhood development."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library