Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Khafifah Sri Lestari
"Kecanduan gawai memiliki hubungan timbal balik dengan pengendalian emosi. Pengendalian emosi dapat mempengaruhi munculnya kecanduan gawai remaja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik demografi dan pengendalian emosi dengan kecanduan gawai pada remaja. Metode penelitian yang digunakan cross sectional dengan teknik simple random sampling. Jumlah responden penelitian sebanyak 262 siswa SMPN 3 Kebumen. Hasil penelitian didapatkan 46,6% remaja tidak mampu mengendalikan emosi dan 51,1% mengalami kecanduan gawai. Hasil uji Chi Square menyatakan bahwa terdapat hubungan antara lama bermain gawai (p value = 0,012) dan pengendalian emosi (p value = 0,0001) dengan kecanduan gawai. Hubungan pengendalian emosi dengan kecanduan gawai memiliki kekuatan hubungan OR=4,919 artinya remaja yang tidak mampu mengendalikan emosi memiliki risiko 4,9 kali kecanduan gawai. Penelitian ini merekomendasikan pihak sekolah untuk melakukan edukasi kesehatan dalam mendukung kemampuan pengendalian emosi siswa dengan mengoptimalkan program PKPR di sekolah melalui kerjasama dengan pihak puskesmas dalam melaksanakan program PKPR secara daring melalui Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS).

Gadget addiction have mutual correlation with emotion control. Emotion control is factor influencing gadget addiction in adolescents. The research is conducted to find out the correlation between demographic characteristics and emotional control with gadget addiction in adolescents. The study design is using cross sectional method with simple random sampling technique. The number of respondents are 262 Junior High School of 3 Kebumen students.  It concludes that 46,6% of adolescents unable to control their emotion and 51,1% adolescents are addicted of gadget. The reporting result from the Chi Square shows that there is a relation between duration of gadget usage (p value = 0,012) and emotion regulation (p value = 0,0001) with gadget addicton. The correlation between emotional control and gadget addiction has strength of significance OR= 4,919, which means that adolescents who are not able to control their emotions have 4,9 times more of risk to gadget addiction. The author suggests to school to give health education to support student’s emotional control by optimizing PKPR program in schools through collaboration with public health center through healthy life skills education (PKHS). "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library