Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agus Riyanto
Abstrak :
ABSTRAK
Adanya persaingan yang ketat dalarn lingkungan bisnis pada saat ini memaksa setiap perusahaan untuk mengambil langkah langkah stratejik yang dapat menjamin kelangeungan pertumbu hannya jangka Panjang.

Indonesia dengan jumlah, penduduk yang semakin meningkat daya beiinya merupakan suatu pasar yang sangat potensiai utUk barang?barang konsumsi. Bagi PT.PCS, yang merupakan anak perusahaan kelompok DMH, pasar ini membuka peluang untuk produk-produk yang teknoioginya dibeli dan counter part AustraHanya. Produk barang-barang konsumsi sehari?hai merupakan bisnis baru untuk PT.PCS maupun kelompoknya. Upaya diversifikasi ke luar bisnis yang sudah ada selama ini (sebagiari dalarn bentuk barang industrl) akan membantu menja min daya saing kelompok ini pada masa yang akan datang.

Salah satu jenis produk yang direncanakan urituk diluncurkan adalah shampoo. Sebagal produk konsuinsi seharl-hari, shampoo memiliki tempat khusus daim kehidupan rumah tangga di Indo nesia. Hampir semua penduduk menggunakan produk ini untuk merawat kebersihan dan kesehatan rambutnya, namun walaupun demikian berdasarkan peneiltian yang dflakukan oleh CIC (1990) terdapat hanya sekitar duabelas merk shampoo yang miiiki pangsa lebih dari satu perserta dari total pasar. Hal ini berarti peluang sekaligus kendala, peluang karena pasar yang demikian besar, yang pasti masih terbuka untuk produk baru, kendala karena sedikitnya Perusahaan yang marnpu meraih paflgsa pasar yang berarti merupaka,, cerminan persaingan yang ketat, yang membutuhkan suatu kombinasi bauran pemasaran yang unggul.

Dibalik ketatnya Persaingan dalam industri shampoo Indonesia masih terbuka kesempat kepada pendatang baru, tanpa terda pat rintangan yang berarti dan pemasok dan konsumen Indus tri. Namun dengar, karaktenlstjk konsumen Indonesia yang unik, dibutuhkan strateji yang tepat untuk dapat dengan segera memperoleh pangsa pasar yang diinginkan.

Bagi PT. PCS, produk yang akan diluncurkan sudah memiliki keuriggulan yang dibutuhkan untuk menerobos pasar yaitu karakteristik multiguna yang belum pernah ditawarkan oleh produk lain. Dengan strateji harga dan strateji distnibusi yang diarahkan untuk meliput masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah dan strateji promosi yang merionjolkan karakteristik nu1tiguna, PT.PCS akan mampu membangun posisi baru dan unlk di benak konsumen sasarannya. Hal ini akan menghasilkafl pangsa pasar yang diharapkan, untuk mendukung kelangsungafl kebijakan stratejik kelompok DMH.
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library