Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alfian Farid Hafil
"ABSTRAK
Benda asing di saluran napas merupakan masalah yang serius
karena menimbulkan Sumbatan jalan napas.
Aspirasi benda asing ke traktus trakeobronkialis sering
ditemukan. Berbagai laporan tentang aspirasi benda asing di
saluran napas baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari
manca negara, umumnya menempatkan kacang sebagai benda asing yang
paling banyak ditemukan, terutama pada anak.
Tingginya angka aspirasi kacang dapat dimengerti mengingat
bahwa kacang merupakan makanan yang sangat populer. Hampir setiap
rumah tangga mempunyai makanan kecil berupa kacang. Rasanya yang
gurih dan renyah disertai dengan aroma yang sedap membuat semua
orang, termasuk anak -anak menyukainya. Sehingga ada ungkapan
yang menyatakan bila sudah mulai makan kacang sulit untuk dapat
berhenti begitu saja.
Dari penelitian ini diharapkan diperoleh data-data
mengenai beberapa aspek benda asing kacang tanah dan
pengaruhnya pada mukosa traktus trakeobronkialis.
1. Dengan lebih mengetahui sifat-sifat benda asing kacang
tanah dan pengaruhnya pada mukosa traktus
trakeobronkialis diharapkan dapat sebagai sumbangan dalan
upaya penanganannya.
2. Untuk mengetahui peranan pemeriksaan radiologik paru pada
benda asing kacang."
1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dafril Saaluddin
"ABSTRAK
Tumor ganas esofagus merupakan tumor ganas yang paling berbahaya, dangan angka kemungkinan hidup setelah 5 tahun kurang 5 % dari semua tumor ganas. Biaaanya gejala timbul setelah tumor berkembang menjadi stadium lanjut.
Mengingat hal tersebut di atas, penulis mencoba meneliti tentang penatalaksanaan tumor ganas esofagus yang telah dilakukan di FKUI/RSCM. Semoga dengan penelitian ini dapat dipakai untuk menyempurnakan penatalaksanaan tumor ganas esofagus di FKUI/RSCH ini.
Bahan yang diteliti diambil dari semua penderita tumor ganas esofagus yang datang berobat ke FKUI/RSGM dari Januari 1983 sampai dengan Juni 1985. Data-data diambil dari Bagian THT Subbagian Endoskopi FKUI/RSCM, Bagian Bedah Subbagian Bedah Digestif, Bagian Penyakit Dalam Subbagian Gastroenterologi, Bagian Radiologi Subbagian Radioterapi dan Bagian Patologi Anatomik yang merupakan anggota Kelompok Studi Khusus Esofagua FKUI/RSCM.
Dengan menganalisa data-data tersebut diharapkan akan didapatkan data yang lebih lengkap, sehingga dapat saling mengisi bila ada kekurangan-kekurangan, dan sebagai kontrol bila salah satu sumber data tidak ada lagi. Dari sumber data tersebut didapatkad tentang umur penderita, jenis kelamin, gejala-gejala atau keluhan penderita, gambaran radiologik, bentuk kelainan secara esofagoskopik, lokasi tumor, jenis tumor serta pengobatan dan penatalaksanaannya.

"
1986
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gita Sekar Prihanti
"ABSTRAK
Latar belakang: Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (FK.UMM), tutorial menjadi salah satu metode pembelajaran dalam kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Tutorial berperan karena memiliki hubungan positif dengan hasil belajar mahasiswa. Setiap individu memiliki gaya belajar masing-masing yang perlu diketahui agar dapat mengoptimalkan proses dan hasil belajarnya, Ketika tutorial, berbagai masalah dapat timbul sebagai sumber stres mahasiswa. Sampai saat ini belum ada penelitian mengenai hubungan antara tingkat stres dan gaya belajar mahasiswa dengan partisipasi tutorial. Mengingat pentingnya tutorial dalam proses belajar dan masih rendahnya partisipasi aktif mahasiswa dalam tutorial di FK UMM, maka dilakukan penelitian tentang beberapa faktor internal mahasiswa yang berhubungan dengan partisipasi aktif dalam tutorial antara lain gaya belajar dan tingkat stres.
Metode : Desain penelitian ini adalah cross sectional dan melibatkan 480 mahasiswa dari seluruh semester di FK UMM sebagai responden.
Hasil: Dari analisis multivariat dengan regresi logistik didapatkan variabel yang dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam tutorial antara lain gaya belajar activist (OR:2,898 [95%CI 1.170-7.175) dan usia yang semakin tinggi (OR: 1,31 [95% CI 1.118-1.536). Sedangkan tingkat stres yang rendah (OR:O,642 [95% CI o.425-0.972], asal SMU dari Jawa (OR:o.433 [95%CI 0.249-0.755]), fasilitator dari departemen klinik.(OR:O,633 [95%CI 0.4I2-0.972]), dan kepribadian autonomy (OR:0.101[95%Cl 0.025-0.403)} dapat menghambat partisipasi aktif mahasiswa dalam tutorial. Semua variabel tersebut berhubungan secara signifikan (p
Kesimpulan : Partisipasi aktif mahasiswa dalam tutorial berhubungan dengan gaya belajar, usia, tingkat tress, asal SMU, departemen fasilitator, dan kepribadian.

ABSTRACT
Background: Tutorial is one of the learning strategies in a Competency-Based Curriculum (CBC) with Problem Based Leaming (PBL) approach in Faculty of Medicine, Univernity of Muhammadiyah Malang (FM UMM). Tutorial has an important role because it has a positive relationship with learning outcomes. Every individual has learning styles that need to be understood in order to optimize the learning process and result. Various problems may arise during tutorial as source of stresses. Given the importance of tutorial in learning process and the low rate of active participation of students in tutorials on FM UMM, it is necessary to identify several studen's internal factors including learning styles and stress levels in relation to active participation in tutorial
Methods: A cross sectional study was conducted with 480 students from all semester at PM UMM as respondents.
Results: Multivariate analysis with logistic regression demonstrated variables that can increase active participation in tutorials including activist learning style (OR:2.898 [95% CI 1170-7175) and older age (OR: 1.31 [95% CI 1118-1536). While low stress level (OR: 0.642 [95% CI 0425-0972]), high schooling in Java (OR:0.433 [95%00249-0755]), facilitators from clinical departments (OR: 0.633 [95% CI 0412-0972)), and autonomy personality (OR: 0.101 [95% Cl 0025-0.403]) can inhibit the active participation of students. All variables had statistically significant relationships (p<0.05) with active participation of students in tutorials,
Conclusion: The active participation of students in tutorials is related to learning styles, age, stress levels, origin of high school, facilitator's department and student's personality.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2010
T21187
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gita Sekar Prihanti
"Latar belakang Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (FK UMM), tutorial menjadi salah satu metode pembelajaran dalam kurilculum berbasis kompetensi (KBK) dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Tutorial berperan karena mcmiliki hubungan positif dengan hasil belajar mahasiswa Setiap individu memiliki gaya belaj ar masing-masing yang perlu diketahui agar dapat mengoptimalkan proses dan hasil belajarnya. Ketika tutorial, berbagai masalah dapat timbul sebagai sumber stres mahaaiswa. Sampai saat ini belum ada penclitian mengenai hubungan antara tingkat stres dan gaya belajar mahasiswa dengan partisipasl tutorial. Mengingat pentingnya tutorial dalam proses belajar dan masih rendahnya partisipasi alterntif mahasiswa dalam tutorial di FK UMM, maka dilakukan pcnelitian tentang bcberapa faktor intemal mahasiswa yang berhubungan dengan partisipasi aktif dalam tutorial antara lain gaya belajar dan tingkat stres.
Metode Desain penelitian ini adalah cross seciional dan melibatkan 480 mahasiswa dari selumh semester di FK UMM sebagai responden.
Hasil 3 Dari analisis multivariat dengan regresi logistik didapatkan variabcl yang dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam tutorial antara lain gaya belajar activist (0R:2,898 [95%Cl 1.1 70-7. 175) dan usia yang semakin tinggi (OR: 1,31 [95% CI 1,118-1536), Sedangkan tingkat stres yang rendah (OR:O,642 [95% CI 0.425-O.972]), asal SMU dad Jawa (OR1O,433 [95%CI 0.249-0.755]), fasilitator dari departcmen klinik (OR:0,633 [95%CI 0.412-O.972]), dan kepribadian autonomy (0R:O,l01 [95%CI 0.025-0-403])` dapat menghambat partisipasi aktif mahasiswa dalam tutorial. Semua variabcl tersebut berhubungan secara signiflkan (p<0,05) dengan partisipasi alctifmahasiswa dalam tutorial.
Kesimpulan 2 Partisipasi aktif mahasiswa dalamtutorlal berhubungan dengan gaya belajar, usia, tingkat stress, asal SMU, departemen fasilitator, dan kepribadian.

Background: Tutorial is one ofthe learning strategies in a competency-based curriculum (CBC) with Problem Based Leaming (PBL) approach in Faculty of Medicine, University of Muhammadiyah Malang (FM UMM). Tutorial has an important role because it has a positive relationship with learning outcomes.
Every individual has learning styles that need to be understood in order to optimize the learning process and result. Various problems may arise during tutorial as source of stresses. Given the importance of tutorial in learning process and the low rate of active participation of students in tutorials on FM' UMM, it is necessary to identify several student?s internal factors including learning styles and stress levels in relation to active participation in tutorial
Methods: A cross sectional study was conducted with 480 students from all semester at FM UMM as respondents.
Results: Multivariate analysis with logistic regression demonstrated variables that can increase active participation in tutorials including activist leaming style (OR:2.898 (95% CI l?l7O-7175) and older age (OR: 1.31 [9S% C1 1118 -1536). While low stress level (OR: 0.642 [9S% C1 0425-O972]), high schooling in Java (OR: 0.433 [9S% CI 0249-075S]), facilitators from clinical departments (OR: 0.633 [9S% CI 0412 <0972]), and autonomy personality (OR: O.l0l [9S% CI 0025-0403]) can inhibit the active participation of students. All variables had statistically significant relationships (p <0_05) with active participation of students in tutorials.
Conclusion: The active participation of students in tutorials is related to learning styles, age, stress levels, 'origin of high school, f`acilitator?s department and student?s personality."
Jakarta: Universitas Indonesia, 2010
T32295
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library