Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lestari Sri Saparingga
"Penelitian ini membahas mengenai fenomena normalisasi eksploitasi diri yang dilakukan
oleh pekerja paruh waktu (freelancer) di bidang industri kreatif dalam platform digital.
Kondisi ini berkaitan dengan gig economy yang menawarkan kebebasan dalam bentuk
fleksibilitas bagi tenaga kerja untuk memilih dan melakukan pekerjaan mereka melalui
platform digital. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa kebebasan yang dimiliki oleh
online freelancer sebenarnya terkekang oleh manajemen algoritmik dari platform digital,
sehingga platform berusaha memproduksi consent dari pekerja. Online freelancer
menghadapi manajemen algoritmik dengan membangun relasi dengan klien, memahami
literasi digital, dan melakukan berbagai penyesuain. Namun, studi sebelumnya
mengabaikan cost tambahan yang dikeluarkan oleh online freelancer yang mengarah pada
eksploitasi diri. Pada penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif
dengan metode studi kasus ini, ditemukan bahwa pembentukan consent menjadi titik awal
terjadinya eksploitasi diri yang dilakukan online freelancer. Diikuti dengan siasat baru
yang digunakan dalam menghadapi teknologi, seperti pembentukan sistem gamifikasi
baru bagi personal dan keterlibatan mereka dengan komunitas. Online freelancer
melakukan pekerjaan ini dengan sukarela karena pekerjaan ini dinilai sebagai hobi yang
menguntungkan, perasaan senang saat melakukan hal yang disukai dan didukung dengan
persepsi bahwa tindakan yang mereka lakukan adalah hal yang wajar. Oleh karena itu,
mereka menormalisasi eksploitasi diri yang terjadi, meskipun berdampak pada kondisi
burnout

This research discusses the phenomenon of self-exploitation normalization carried out by
part-time workers (freelancers) in the creative industry within digital platforms. This
condition is related to the gig economy, which offers freedom in the form of flexibility
for workers to choose and perform their tasks through digital platforms. Previous studies
have shown that the freedom held by online freelancers is actually constrained by
algorithmic management of the digital platforms, leading the platforms to strive for the
production of consent from the workers. Online freelancers face algorithmic management
by building relationships with clients, understanding digital literacy, and making various
adjustments. However, previous studies have overlooked the additional costs incurred by
online freelancers, which lead to self-exploitation. Through this qualitative research with
a case study approach, it was found that the production of consent becomes the starting
point for the occurrence of self-exploitation among online freelancers. This is followed
by new strategies used in facing technology, such as forming new gamification systems
for personals and engaging with communities. Online freelancers engage in this work
voluntarily because it is seen as a profitable hobby, they enjoy doing it, and they perceive
their actions as reasonable. Therefore, they normalize the self-exploitation that occurs,
even though it has an impact on burnout conditions
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Yayan Suryana
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengenai bagaimana perilaku konsumsi game online pada kalangan siswa sekolah menengah atas (SMA) pengguna game online mobile yang dipengaruhi oleh konformitas teman sebaya dan SSE orang tua. Studi-studi terdahulu telah menemukan bahwa perilaku konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa alasan, seperti berinteraksi sosial, perilaku finansial, serta keinginan untuk pamer. Meski begitu, beberapa alasan ini belum menunjuk secara spesifik lingkungan mana bagi seorang siswa untuk terpengaruh dalam melakukan perilaku konsumsi, khususnya pada kegiatan bermain game online. Maka dari itu, peneliti pada penelitian ini akan mengambil variabel konformitas teman sebaya dan status sosial-ekonomi (SSE) orang tua sebagai lingkungan terdekat bagi siswa untuk mendapat pengaruh dari luar dirinya. Penelitian ini memiliki total sampel sebesar 105 siswa pada SMA Negeri 51 Jakarta Tahun Ajaran 2022/2023 dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengukur konformitas teman sebaya, SSE orang tua, serta perilaku konsumsi game online. Hasil penelitian menemukan bahwa konformitas teman sebaya memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku konsumsi game online dengan arah hubungan positif dengan kekuatan hubungan yang kuat. Disisi lain SSE orang tua tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku konsumsi game online.

The purpose of this study is to explain how the behavior of online game consumption among high school students (SMA) mobile online game users is influenced by peer conformity and parents SSE. Previous studies have found that a person's consumption behavior can be influenced by several reasons, such as social interaction, financial behavior, and the desire to show off. Even so, some of these reasons have not specifically pointed to which environment for a student to be affected in carrying out consumption behavior, especially in online gaming activities. Therefore, researchers in this study will take the variables of peer conformity and socio-economic status (SSE) of parents as the closest environment for students to get influence from outside themselves. This study has a total sample of 105 students at SMA Negeri 51 Jakarta for the 2022/2023 Academic Year and uses a quantitative approach with survey methods to measure peer conformity, parental SSE, and online game consumption behavior. The results found that peer conformity had a significant relationship with online game consumption behavior with a positive relationship direction with strong relationship strength. On the other hand, parental SSE did not have a significant relationship with online gaming consumption behavior."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eliza Wahyu Febriani
"Studi ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan fitur Shopee Pay Later sebagai alat pendorong mahasiswa dalam melakukan tindakan konsumsi yang mencolok (conspicuous consumption). Studi-studi terdahulu menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pola konsumsi untuk menggunakan barang-barang mewah bukan berdasarkan fungsi barangnya, namun simbol yang ditunjukkan dari barang-barang tersebut. Namun, tidak semua mahasiswa dapat memenuhi kebutuhan akan barang mewah itu. Keberadaan Shopee Pay Later hadir memfasilitasi kebutuhan mahasiswa terhadap konsumsi barang-barang mewah. Hal ini disebabkan oleh sistem Shopee Pay Later yang dapat diakses dengan mudah dan memiliki persyaratan yang tidak rumit, sehingga dapat dijangkau oleh individu dengan berbagai latar belakang ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa berhasil membeli produk-produk dengan merek dan harga tertentu untuk menunjukkan status sosialnya. Faktor-faktor di lingkungan perkuliahan, seperti pengaruh dari teman karena adanya perasaan gengsi dan keinginan untuk mencapai kepuasan dengan cepat membuat mahasiswa menggunakan fitur Shopee Pay Later dalam memenuhi segala keinginan mereka. Tindakan konsumsi mencolok yang terjadi pada mahasiswa diperlihatkan oleh mereka dalam kehidupan sehari-hari. 

This study aims to explain the use of the Shopee Pay Later feature as a tool to encourage students to carry out conspicuous consumption. Previous studies show that students have a consumption pattern for using luxury goods not based on the function of the goods, but on the symbols shown by these goods. However, not all students can meet their needs for these luxury goods. The existence of Shopee Pay Later is here to facilitate students' needs for consuming luxury goods. This is because the Shopee Pay Later system can be accessed easily and has uncomplicated requirements, so it can be reached by individuals with various economic backgrounds. The results of this research show that students succeeded in buying products with certain brands and prices to show their social status. Factors in the lecture environment, such as influence from friends due to feelings of prestige and the desire to achieve satisfaction quickly, make students use the Shopee Pay Later feature to fulfill all their desires. The conspicuous consumption actions that occur among students are demonstrated by them in their daily lives. This research uses qualitative research methods with data collection techniques in the form of in-depth semi-structured interviews, digital observation, and document study."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Rahma Halimah Hadi
"Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi coping Perempuan Pekerja Rumah Tangga (selanjutnya PRT) live-out, yang menghadapi kerentanan di dunia kerja sekaligus juga terbebani dengan tuntutan domestik di rumah. Studi-studi terdahulu belum banyak yang secara khusus membahas perempuan PRT live-out, selain hanya berfokus pada kerentanan PRT, termasuk relasi yang timpang dengan majikannya, serta lemahnya perlindungan hukum bagi PRT. Sebab itu, penelitian ini berfokus membahas beban perempuan PRT live-out dan menjelaskan strategi coping merujuk konsep yang digagas oleh Skinner dan Zimmer-Gembeck (2007). Perempuan PRT live-out adalah PRT yang tidak tinggal di rumah majikan, tetapi hanya bekerja beberapa jam per hari di rumah majikan. Dengan demikian, mereka sebagai Perempuan, setiap hari berupaya memenuhi tuntutan majikan, tuntutan keluarga, serta dimungkinkan masih berkegiatan di komunitas. PRT live-out yang diungkap pengalamannya adalah perempuan menikah, bersuami, punya anak berusia 4-12 tahun, dan bekerja di lebih dari satu rumah per hari. Penelitian kualitatif dengan metode studi kasus ini dilakukan di Jakarta. Adapun data dijaring melalui teknik wawancara mendalam dan ditopang data observasi. Temuan studi menunjukkan bahwa perempuan PRT live-out menghadapi beban berlapis, yakni beban domestik, pekerjaan, dan komunitas. Adapun strategi coping yang dikembangkan adalah: problem-solving, information-seeking, self-reliance, support-seeking, social isolation, delegation, accommodation, negotiation, submission dan opposition.

This study aims to explain the coping strategies of live-out female domestic workers (hereinafter domestic workers), who face vulnerabilities in the world of work while also being burdened with domestic demands at home. Not many previous studies have specifically discussed live-out female domestic workers, apart from only focusing on the vulnerabilities of domestic workers, including unequal relationships with their employers, as well as weak legal protection for domestic workers. Therefore, this research focuses on discussing the burden of live-out domestic workers and explaining coping strategies referring to the concept initiated by Skinner and Zimmer-Gembeck (2007). Live-out female domestic workers are domestic workers who do not live in the employer's house, but only work a few hours per day in the employer's house. In this way, they as women, every day try to meet the demands of their employers, the demands of their families, and are still able to carry out activities in the community. The live-out domestic workers whose experiences were revealed were married women with husbands and children aged 4-12 years, and worked in more than one house per day. This qualitative research using the case study method was conducted in Jakarta. The data was collected through in-depth interview techniques and supported by observation data. The study findings show that live-out female domestic workers face multiple burdens, namely domestic, work and community burdens. The coping strategies developed are: problem-solving, information-seeking, self-reliance, support-seeking, social isolation, delegation, accommodation, negotiation, submission and opposition."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raisha Faradya Syanindita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna penggunaan akun pseudonim pada platform Twitter. Beberapa studi terdahulu menemukan jika penggunaan akun pseudonim dianggap sebagai sarana untuk menyalurkan ekspresi secara bebas, berbagi cerita, dan keluh-kesah tentang kehidupan pribadi secara tersembunyi tanpa khawatir membawa efek reputasi ke dunia nyata. Namun, pembahasan studi terdahulu cenderung melihat pada motivasi individu dan sedikit sekali yang mengeksplorasi bagaimana proses pemaknaan atas tindakan menggunakan akun pseudonim berlangsung, yang mana hal ini dapat diidentifikasi melalui penelusuran hubungan timbal balik antara motif tindakan dan realitas interaksi sosial yang dialami oleh pengguna akun. Argumen ini didasari dari perspektif fenomenologi yang dikemukakan Alfred Schutz (1967) bahwa proses terjadinya sebuah makna dapat dipahami dengan menelusuri proses tipikasi, yakni pengelompokkan dan persebaran pengetahuan atas tindakan yang terjadi melalui interaksi sosial yang dialami individu sehari-hari. Diperlukan juga mengkaji motif-motif dibalik terjadinya sebuah tindakan untuk memahami latarbelakang munculnya sebuah makna. Dengan demikian, penelitian ini menemukan adanya empat bentuk makna terkait akun pseudonim yang disimpulkan dari para informan; (1) makna yang berorientasi pada identitas; (2) makna yang berorientasi pada informasi; (3) berorientasi pada jaringan interaksi sosial; dan (4) makna akun pseudonim yang berhubungan dengan pengembangan diri. Hasil penelitian dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam kepada pengguna Twitter dan observasi digital pada platform Twitter.

This study aims to explore the meaning of using pseudonymous accounts on the Twitter platform. Several previous studies have found that the use of pseudonymous accounts is considered a means to channel expression freely, share stories, and complain about personal life in secret without worrying about bringing reputation effects to the real world. However, the discussion in previous studies tends to look at individual motivation, and very little has explored how the process of interpreting the meaning of actions using pseudonymous accounts takes place, which can be identified through tracing the interrelationships between action motives and the reality of social interactions experienced by account users. This argument is based on the phenomenological perspective put forward by Alfred Schutz (1967) that the process of creating meaning can be understood by tracing the process of typification, namely the grouping and distribution of knowledge on actions that occur through social interactions experienced by individuals on a daily basis. It is also necessary to examine the motives behind the occurrence of an action to understand the background of the emergence of meaning. Thus, this study found that there were four forms of meaning related to pseudonymous accounts, which were inferred from the informants; (1) identity-oriented meaning; (2) information-oriented meaning; (3) oriented to social interaction network; and (4) the meaning of pseudonymous accounts related to self-development. The results of the study were analyzed using descriptive qualitative methods. Data collection techniques in the form of in-depth interviews with Twitter users and digital observations on the Twitter platform."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Anindyo Asmoro
"Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana fenomena gaya hidup penggunaan rokok elektrik di kalangan generasi z. Berbagai studi terdahulu dengan pembahasan yang sama melihat bahwa rokok elektrik merupakan suatu gaya hidup baru bagi generasi z, yang penggunannya didasari oleh berbagai faktor seperti anggapan lebih sehat dibanding rokok konvensional, faktor harga, faktor variasi rasa, maupun faktor lingkungan sosial. Kemudian, rokok elektrik dianggap sebagai suatu tren gaya hidup kekinian yang dimaknai sebagai alat simbolis sebagai identitas diri dari sebuah status sosial. Akan tetapi, studi terdahulu tidak membahas bagaimana inovasi dari rokok elektrik menjadi daya tarik yang memicu budaya konsumen, selain itu belum banyak studi yang membahas eksistensi perempuan dalam fenomena ini. Peneliti melihat bahwa fenomena penggunaan rokok elektrik saat ini juga turut terjadi di kalangan perempuan. Oleh karena itu, peneliti berargumen bahwa rokok elektrik merupakan suatu inovasi yang memiliki daya tarik tersendiri bagi perempuan generasi z, dimana inovasi tersebut menjadi pemicu adanya budaya konsumen sehingga terdapat pemaknaan simbolis dari penggunaan rokok elektrik tersebut. Dengan menggunakan teori budaya konsumen milik Featherstone sebagai pisau analisis, penelitian ini menemukan bahwa inovasi pada produk rokok elektrik saat ini justru semakin mengarah pada kalangan perempuan sehingga terdapat kesan feminisasi produk. Selain itu, penggunaan rokok elektrik di kalangan generasi z perempuan juga merupakan perilaku dalam mengonsumsi tanda atau simbol yang kemudian dapat berperan pada status sosial. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan subjek penelitian individu (perempuan generasi z) yang tergolong sebagai pengguna rokok elektrik yang sebelumnya merokok konvensional maupun hanya pengguna rokok elektrik. Pengambilan subjek penelitian akan dilakukan di lokasi fasilitas umum seperti Café, Restoran, dan tempat umum lainnya. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dan Snowball Sampling.

This study aims to find out how the lifestyle phenomenon of e-cigarette use among generation z. Various previous studies with the same discussion saw that e-cigarettes are a new lifestyle for generation z, whose use is based on various factors such as assumptions of being healthier than conventional cigarettes, price factors, taste variation factors, and social environmental factors. Electronic cigarettes are also considered as a contemporary lifestyle trend which is interpreted as a symbolic tool as self-identity of a social status. However, previous studies have not discussed on how the innovation of e-cigarettes has become an attraction that triggers consumer culture, other than that there have not been many studies that discuss the existence of women in this phenomenon. Researchers see that the phenomenon of e-cigarette use currently also occurs among women. Therefore, researchers argue that electronic cigarettes are an innovation that has its own appeal to generation z women, where the innovation triggers the existence of consumer culture so that there is a symbolic meaning of the use of electronic cigarettes. Using Featherstone's consumer culture theory as an analytical tool, this study found that innovation in e-cigarette products today is increasingly directed at women so that there is an impression of product feminization. In addition, the use of e-cigarettes among generation z women is also a behavior in consuming signs or symbols that can then play a role in social status. This study was conducted with a descriptive qualitative approach through in-depth interviews with individual research subjects (generation z women) who were classified as e-cigarette users who had previously smoked conventional or only e-cigarette users. The collection of research subjects will be carried out at the location of public facilities such as cafes, restaurants, and other public places. The sampling methods in this study are Purposive Sampling and Snowball Sampling. "
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sofiah Zulfa
"Penelitian ini berfokus pada pengaruh terpaan social media influencer terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Generasi Z. Selain itu, penelitian ini menggunakan jenis kelamin sebagai variabel kontrol untuk melihat bagaimana pengaruh terpaan social media influencer terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Generasi Z. Peneliti memiliki hipotesis di mana semakin tinggi terpaan social media influencer, maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif melalui variabel kontrol jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan social media influencer dengan perilaku konsumtif dengan kekuatan hubungan yang kuat dan memiliki arah yang positif serta signifikan di tingkat populasi. Hasil analisis bivariat yang menunjukkan hubungan kuat ini juga didukung oleh data kualitatif melalui wawancara mendalam. Adapun, hasil analisis multivariat menunjukkan adanya perbedaan pengaruh terpaan social media influencer terhadap perilaku konsumtif pada jenis kelamin yang berbeda di mana laki-laki cenderung lebih konsumtif dibandingkan perempuan.

This study focuses on the influence of exposure to social media influencers on consumptive behavior in students of Generation Z. In addition, this study uses gender as a control variable to see how the influence of exposure to social media influencers on the consumptive behavior of students of Generation Z based on different genders. Based on previous research, The researcher has a hypothesis in which the higher the exposure to social media influencers, the higher the consumptive behavior through the control variable of gender. This research uses a descriptive quantitative approach using data collection methods through distributing online questionnaires using Google Form The results showed that there is a significant influence between exposure to social media influencers and consumptive behavior with a strong relationship strength and has a positive direction and is significant at the population level. The results of bivariate analysis showing this strong relationship are also supported by qualitative data through in-depth interviews. Meanwhile, the results of multivariate analysis show that there are differences in the influence of exposure to social media influencers on consumptive behavior in different genders where men tend to be more consumptive than women. "
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salimah Syamilah Rahman
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh intensitas interaksi peer group terhadap tingkat literasi digital pada remaja. Studi-studi terdahulu yang membahas interaksi teman sebaya menemukan pengaruh yang signifikan, tetapi studi ini hanya berfokus pada intensitas lama penggunaan internet ataupun pengelolaan privasi. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini ingin mengembangkan studi sebelumnya dengan menggunakan tingkat literasi digital sebagai variabel yang mencakup informasi dan literasi data, komunikasi dan kolaborasi, dan pembuatan konten digital. Selain itu, variabel intensitas interaksi peer group juga dianalisis untuk melihat hubungannya dengan tingkat literasi digital apabila dilihat berdasarkan jenis kelamin. Penelitian terdahulu menemukan bahwa perempuan memiliki tingkat literasi yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Di sisi lain, terdapat juga penelitian yang menemukan laki-laki memiliki tingkat literasi yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Namun, apabila dikaitkan dengan interaksi peer group yang dimiliki individu, perempuan cenderung memiliki tingkat literasi digital yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner di lokasi studi kasus, yaitu SMPIT Ummu’l Quro Depok secara langsung. Selain itu, dilakukan juga wawancara terhadap 2 responden yang dipilih berdasarkan tinggi-rendahnya intensitas interaksi peer group dan tingkat literasi digital. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hubungan yang signifikan antara intensitas interaksi peer group dengan tingkat literasi digital dengan arah hubungan yang positif dan kekutan hubungan sedang. Namun, ketika dikaitkan dengan jenis kelamin, terdapat hubungan yang signifikan pada kedua jenis kelamin di mana laki-laki dan perempuan sama-sama signifikan dengan arah hubungan yang positif.

This study aims to explain the influence of peer group interaction intensity on adolescents' digital literacy level. Previous studies examining peer interaction have found significant effects, but these studies have only focused on the intensity of internet use or privacy management. Based on this, this study aims to develop previous studies by using digital literacy level as a variable that includes information and data literacy, communication and collaboration, and digital content creation. In addition, the variable of peer group interaction intensity is also analyzed to see its relationship with digital literacy level when viewed based on gender. Previous studies have found that women have higher literacy levels than men. On the other hand, there are also studies that find that men have higher literacy levels than women. However, when associated with the peer group interaction that individuals have, women tend to have higher digital literacy levels than men.This study uses a quantitative method by distributing questionnaires directly at the case study location, namely SMPIT Ummu'l Quro Depok. In addition, interviews were also conducted with 2 respondents selected based on the high and low intensity of peer group interaction and digital literacy level. The results of the study showed that there was a significant relationship between peer group interaction intensity and digital literacy level with a positive and moderate relationship strength. However, when linked to gender, there was a significant relationship in both genders where both males and females were significant with a positive direction of relationship."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angga Aditya
"ABSTRAK
Rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati Indonesia yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang berkhaslat untuk melancarkan pencemaan manusia. Rumput laut itu sendiri dapat diolah menjadi berbagai jenis bahan pangan, seperti manisan, agar-agar, bahkan dodol. Dodol rumput laut yang kami buat berbeda dengan dodol rumput laut pada umumnya. Do-Doll (Indonesia Dodol dengan doll yang berarti juga boneka), menawarkan beberapa keleblhan berupa bentuk bonekanya yang dapat menarik minat konsumen, tekstur yang lembut dan lebih kenyal serta kemasan unik yang mengandung informasi budaya serta stiker baju adat Indonesia sehingga konsumen tidak hanya mendapat kepuasan atas dodol itu sendiri, tetapi juga mendapatkan ilmu mengenai budaya-budaya Indonesia yang saat inl sudah mulai tersisihkan oleh budaya barat yang masuk ke Indonesia. Dengan keunikan-keunikan tersebut serta promosi yang dilakukan secara offline maupun online, diharapkan Do-Doll dapat menjadi altematif jajanan sehat untuk masyarakat yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga membuka wawasan mengenai budaya nusantara."
Lengkap +
2011
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library