Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fitria Yulianti
"Makalah ilmiah akhir ini merupakan refleksi dari pengalaman saya sebagai mahasiswa yang menjadi enumerator dalam Program Literasi dan Numerasi yang diinisiasi oleh Kemdikbudristek. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik melalui intervensi berupa pengadaan buku bacaan bermutu. Penelitian baseline dilakukan di salah satu SMP di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat untuk mengevaluasi keefektifan program ini. Enumerator kualitatif bertanggung jawab untuk mengamati kondisi sekolah sebelum intervensi dilakukan. Penulisan ini menggambarkan pengalaman dan refleksi saya selama pelaksanaan program, dengan latar belakang sebagai mahasiswa antropologi yang menerapkan pendekatan etnografi dalam pengumpulan data. Dalam prosesnya, enumerator menghadapi berbagai tantangan dalam pengumpulan data lapangan. Refleksi tersebut mengungkapkan bahwa posisi peneliti di lapangan dapat memengaruhi hubungan antara informan dan enumerator. Selain itu, tulisan ini juga menyoroti situasi lapangan yang tidak sesuai dengan ekspektasi awal, termasuk keterbatasan dan tantangan yang timbul selama penelitian.

This final scientific paper reflects my experience as a student who became an enumerator in the Literacy and Numeracy Program initiated by Kemdikbudristek. This program aims to improve student's literacy and numeracy by providing quality reading books. The baseline study was conducted in one of the junior high schools in West Lombok, West Nusa Tenggara, to evaluate the effectiveness of this program. Qualitative enumerators were responsible for observing the condition of the school before the intervention. This writing describes my experiences and reflections during the program's implementation, with a background as an anthropology student who applied an ethnographic approach to data collection. In the process, enumerators faced various challenges in field data collection. The reflections reveal that the researcher's position in the field can affect the relationship between informants and enumerators. In addition, this paper also highlights the field situations that did not match the initial expectations, including the limitations and challenges that arose during the research.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Seviyanawati
"Makalah ilmiah akhir ini membahas dilema etika moral yang saya alami sekaligus kritik sebagai pekerja magang perusahaan SuperHelper dengan melihat ketimpangan sudut pandang perusahaan, pekerja rumah tangga (PRT), dan klien dalam konteks gig economy dengan metode autoetnografi. Tulisan ini ditujukan sebagai bentuk kontribusi saya terhadap orang-orang yang mengalami hal serupa dan memungkinkan terjadi di perusahaan lain, serta pengaplikasian antropologi dalam menganalisis sistem kerja perusahaan. Temuan analisis memperlihatkan dilema etika moral terhadap bagaimana saya memposisikan diri atas konflik yang dialami para aktor berdasarkan pemahaman etis diri. Relasi kuasa struktur kepemimpinan perusahaan membuat saya mengalami keterbatasan peran dan tindakan dalam mengatasi permasalahan, namun sebagian hal yang masih dalam jangkauan kuasa saat bekerja mampu saya lakukan sehingga menjadi tanda ‘keberhasilan saya’ mengatasi situasi dilema. Hasil akhir menyebutkan pengeksploitasian kerja dilakukan perusahaan terhadap PRT sebagai mitra kerja untuk mencapai keuntungan. Egoisme klien karena orientasinya sebagai konsumen menghasilkan marginalisasi peran PRT. Akibatnya, PRT mengalami ketimpangan sosial akibat minim kuasa karena faktor internal dan eksternal yang menghambat mereka dalam bekerja, bagaimana meninggalkan situasi ini, dan berbagai kerugian yang diterimanya. Analisis dan kesimpulan yang dilampirkan tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi dan perspektif saya, serta memungkinkan terjadinya keterbatasan data akibat metode yang tidak menggunakan etnografi khusus.

This final scientific paper discusses the moral ethical dilemma that i experienced as well as my criticism as an intern for a SuperHelper company by looking at the inequality of perspectives of companies, domestic workers (Pekerja Rumah Tangga), and clients in the context of the gig economy using autoethnography. This paper is intended as a form of my contribution to people who experience similar things and may occur in other companies, as well as the application of anthropology in analyzing company work systems. The findings of the analysis show a moral ethical dilemma on how i position myself on the conflicts experienced by actors based on self-ethical understanding. The power relations of the company's leadership structure made me experience limited roles and actions in overcoming problems, but i was able to do some things that were still within the reach of power at work so that it became a sign of 'my success' in overcoming dilemma situations. The final results state that the company exploits domestic workers as work partners to achieve profits. The client's egoism because of its orientation as a consumer results in the marginalization of the role of domestic workers. As a result, domestic workers experience social inequality due to a lack of power due to internal and external factors that hinder them from working, how to leave this situation, and the various losses they receive. The analysis and conclusions attached to this paper come from my personal experience and perspective, and allow for data limitations due to methods that do not use specific ethnography."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dhira Hanna Zakiyya
"Kabupaten Banyuwangi adalah wilayah yang kerap diromantisisasi citranya sebagai replika keragaman yang harmonis di ujung timur Pulau Jawa. Keistimewaan wilayah ini ada pada proses panjang sejarah yang telah menjadikan komposisi masyarakatnya kaya akan keragaman berdasarkan latar belakang sejarah migrasi, etnisitas, agama, dan sebagainya. Meski keragaman itu berpendar dari pusat kota hingga ke desa, tidak menggoyahkan permukaannya yang tampak tenang jauh dari goncangan konflik. Penelitian ini berfokus di wilayah Banyuwangi selatan. Argumen utama saya adalah bahwa ada tatanan normatif yang melandasi bagaimana masyarakat mempersepsikan dan mempraktikkan hidup bersama secara harmonis. Etnografi ini dilakukan dengan proses observasi secara langsung terhadap enam medium komensalitas untuk mengamati interaksi masyarakat Banyuwangi dalam keadaan yang senyatanya, antara lain: pesta pernikahan, slametan tahlil, slametan pamitan haji, muludan, baritan, dan arisan. Dalam prosesnya saya menggunakan kerangka konseptual konvivialitas yang berbicara tentang mode kebersamaan manusia sebagai makhluk sosial yang saling bergantung terhadap satu sama lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat Banyuwangi mengkonstruksikan interaksi yang konvivial berdasarkan acuan prinsip normatif kesopanan. Di dalamnya terdapat perbedaan dalam bagaimana masyarakat desa dan kota mengoperasikan gagasan kesopanan.

Banyuwangi Regency is a region that often romanticizes its image as a harmonious replica of diversity on the eastern tip of Java. The speciality of this region lies in the long historical process that has made the composition of its people rich in diversity based on historical migration backgrounds, ethnicity, class, religion, and so on. Even though this diversity glows from the city centre to the villages, it does not shake its surface, which seems calm and far from the turmoil of conflict. This research focuses on the southern Banyuwangi region. My main argument is that there are normative institutions that underlie how society perceives and practices living together in harmony. This ethnography is carried out by direct observation of the six commensality medium to observe the interactions of the Banyuwangi people in real situations, namely: weddings, slametan tahlil, haj farewell slametan, muludan, baritan, and arisan. In the process, I use the conceptual framework of conviviality which talks about the modes of human togetherness. In the process, I use a conceptual framework of conviviality that talks about the mode of human togetherness as socially interdependent beings. The results of this study indicate that the people of Banyuwangi construct convivial interactions based on the normative principles of civility. Therein lies a difference in how rural and urban communities operate on notions of civility."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erlyta Claudia Ratnasari
"Pertemanan adalah sebuah hubungan sosial yang tidak pernah dinyatakan atau disepakati secara eksplisit seperti apa relasi yang terjalin di antara individu yang terlibat, terlebih dalam hubungan pertemanan di lingkungan kerja, yang erat kaitannya dengan hubungan timbal-balik secara ekonomi. Oleh karena itu, seringkali terjadi ambivalensi di antara hubungan yang bersifat emosional dengan hubungan yang bersifat instrumental dalam lingkup pertemanan pekerja. Makalah ini merupakan bentuk refleksi pengalaman magang saya selama tiga bulan (Agustus 2022-November 2022) sebagai anggota divisi Business Development tim KOL-Specialist di Linguo ID. Penulisan berfokus pada bagaimana upaya perusahaan membentuk hubungan pertemanan emosional di dalam kelompok magang melalui rangkaian agenda weekly meeting. Berdasarkan pengalaman saya di tempat magang, pertemanan emosional yang terjalin baik di antara pekerja magang dan atasan perusahaan pada akhirnya mampu meningkatkan produktivitas kerja magang dan membantu keberhasilan program Lingtership, sehingga hubungan yang terjalin emosional kemudian tampak sebagaimana layaknya hubungan instrumental terjalin. Dengan demikian, dapat dilihat bahwa ambivalensi di antara kedua bentuk hubungan pertemanan, khususnya pertemanan di lingkungan tempat bekerja, dapat terjadi di dalam waktu dan konteks-konteks tertentu.

Friendship is a social relationship that has never been explicitly stated or agreed on what kind of relationship exists between the individuals involved, especially the friendships in the work environment, which are closely related to economic reciprocity. Therefore, there is often ambivalence between emotional relationships and instrumental relationships in the circle of worker friendships. This paper is written as a reflection of my experience during the three-month internship (August 2022-November 2022) as a member of the Business Development division and KOL-Specialist team at Linguo ID. This writing focuses on how the company's efforts to form emotional friendships within the apprentice group through a chain of weekly meeting agendas. Based on my internship experience, emotional friendships that are well established between interns and employees are able to increase the productivity of apprentices and help the success of the Lingtership program, so that the emotional relationship then looks like an instrumental relationship. Thus, it can be seen that the ambivalence between the two forms of friendship, especially friendship in the workplace environment, can occur in certain times and contexts."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fahri Hidayat
"Suku Asli di wilayah Riau sudah lama mendapatkan stigma yang melekat pada mereka sebagai masyarakat yang “terbelakang”, “tidak beradab”, dan “tidak beragama”. Adanya berbagai anggapan tersebut secara langsung mendiskreditkan keberadaan Suku Anak Rawa yang selama ini dikenal sebagai kelompok etnis yang sama dengan Suku Akit yang merupakan salah satu Suku Asli di wilayah pesisir timur Riau. Tesis ini ingin melihat hal yang melatarbelakangi kesadaran etnisitas yang muncul sebagai “Suku Asli Anak Rawa” dan berbeda dari Suku Akit. Metode yang digunakan dalam tesis ini adalah metode etnografi dengan wawancara dan observasi partisipatif sebagai teknik pengambilan datanya. Suku Anak Rawa menggunakan narasi asal muasal untuk mengonstruksikan indigenitas mereka. Mereka secara sadar memilih dan mengondisikan indigenitas yang dikonstruksi melalui konseptualisasi leluhur dalam produksi narasi-narasi mereka untuk mendapatkan pengakuan sebagai Suku Asli yang berbeda dari Suku Akit, Suku Hutan dan Suku-suku Asli lainnya di pesisir timur Sumatera.

Indigenous peoples in the Riau region have long had a stigma attached to them as people who are “backward”, “uncivilized”, and “non-religious”. The existence of these various assumptions directly discredits the existence of the Suku Rawa Anak, which has been known as the same ethnic group as the Akit, which is one of the indigenous peoples in the east coast of Riau. This thesis wants to look at the background of emerging ethnicity as the “Suku Asli Rawa Anak” and is different from the Akit. The method used in this thesis is an ethnographic method with interviews and participatory observation as data collection techniques. The Suku Anak Rawa uses origin narratives to construct their identity. They consciously select and condition their identity which is constructed through ancestral conceptualization in the production of their narratives to gain recognition as an indigenous peoples that is different from the Akit, the Suku Hutan, and other indigenous peoples on the east coast of Sumatra."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alifia Amri
"Moda berpikir manusia dalam melakukan kategorisasi dan memaknai kehidupan beranekaragam terdiri dari tiga yaitu magi, religi, dan sains. Seringkali perdebatan dalam antropologi hingga dalam kehidupan nyata magi disandingkan dengan sains dan dianggap terbelakang. Salah satu praktik magi adalah divinasi. Dalam perkembangan teknologi digital yang kian meluas terutama di media sosial, ragam ekspresi dari moda berpikir dapat ditemukan melalui konten tanda dari semesta. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan observasi partisipan dan wawancara mendalam. Argumen utama penelitian ini adalah bentuk divinasi digital—sebagai keseluruhan dari konten tanda dari semesta TikTok, kreator konten, respons pengguna penerima pesan melalui kerja algoritma beranda FYP TikTok—menunjukkan ekspresi moda berpikir manusia (magi dan sains) yang dapat berjalan beriringan. Transformasi divinasi melalui mediasi teknologi dan kerja algoritma konten mendukung penjelasan lebih lanjut terkait divinasi digital. Pernyataan ini turut menyokong gagasan divinasi digital sebagai praktik sains dari teknologi yang serupa dengan ramalan. Dengan demikian, baik moda berpikir magi-divinasi dan sains tetap dapat hadir dalam masyarakat modern.

There are three modes of human thinking in categorizing and interpreting various kinds of life, namely magic, religion, and science. Magic, whether in anthropology and in real life, is juxtaposed with science and is considered backward. One of the practices of magic is divination. In the development of digital technology that is increasingly widespread, especially in social media, various expressions of modes of thinking can be found through sign content from the universe. This study uses an ethnographic method with participant observation and in-depth interviews. The main argument of this research is that the form of digital divination—as a whole from the sign content of the TikTok universe, content creators, user responses to message recipients through the work of TikTok's FYP homepage algorithm—shows the expression of human modes of thinking (magic and science) that coexist. Divination practices through technology mediation and content algorithm work supports further explanation regarding digital divination. This statement also supports the idea of ​​digital divination as a scientific practice of technology similar to divination. Thus, both magic-divination and scientific modes of thinking can still be present in modern society."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novi Daniyati
"Pertambangan batuan di Sungai Jali menjadi mata pencaharian masyarakat Desa Mlaran mulai tahun 1989. Melalui mata pencaharian ini, masyarakat desa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan menambang cara manual. Pada tahun 2015-2021 dimulai pertambangan batuan dengan menggunakan cara mekanik atau melibatkan alat berat untuk menambang material sirtu. Pertambangan tersebut menyebabkan kerusakan lingkungan menjadi semakin parah setelah di masa sebelumnya mengalami longsor pada beberapa titik lahan pertanian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertambangan batuan tahun 2015-2021 menjadi penyebab masyarakat Desa Mlaran beralih dari sektor pertambangan menuju pertanian. Selain itu ditemukan bahwa masyarakat desa yang beralih ke pertanian sebagian besar menggarap lahan pasir di sepanjang Sungai Jali yang melintasi Desa Mlaran. Sementara sebagian kecil masyarakat masih bertahan menambang batu dengan cara yang dimodifikasi dari sebelumnya menyesuaikan kondisi sungai dan akses jalan.

Rock mining in the Jali River became the livelihood of the people of Mlaran Village starting in 1989. Through this livelihood, villagers meet their daily needs by mining manually. In 2015-2021, rock mining began using mechanical means or involving heavy equipment to mine stone sand materials. The mining caused environmental damage to worsen after experiencing landslides at several points of agricultural land in the past. This study used qualitative methods with data collection techniques through observation, participation, and in-depth interviews. The results showed that rock mining in 2015-2021 caused the people of Mlaran Village to switch from the mining sector to agriculture. In addition, it was found that villagers who switched to agriculture mostly worked on sandland along the Jali River that crosses Mlaran Village. While a small number of people still survive mining stones in a modified way from before adjusting the conditions of the river and road access."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Windi Ulfiatun Nasikha
"Sejauh saya melihat tenun ikat hanya dianggap sebatas sebuah simbol mati yang tidak memiliki kekuatan pada konteks kehidupan, seolah-olah corak motif tenun ikat memang berjalan sebagaimana mestinya. Lebih daripada itu, tenun ikat di Desa Nggela, kecamatan Wolojita, Kabupaten Ende justru menunjukkan sisi dinamika yang berusaha mempertahankan keragaman tenun di masa kini. Melalui kacamata antropologi seni, terdapat peran agensi yang masing-masing memiliki kekuatan sekaligus mengalami dinamika untuk menjaga keberlangsungan ragam tenun di Desa Nggela, Kecamatan Wolojita, Kabupaten Ende - Lio Selatan pada masa kini. Tulisan ini akan mengulik bagaimana para penenun, material, objek tenun, dan penikmat berusaha membangun dan mengakomodasi setiap peran untuk menentukan sebuah keputusan keberlangsungan ragam tenun saat ini.

As far as I can see, the ikat weaving is only considered limited as a symbol of stagnation ithout any power in the context of life, as if the ikat weaving patterns simply exist as they should. However, the ikat weaving in Nggela Village, Wolojita District, Ende Regency, actually demonstrates a dynamic aspect that strives to preserve the diversity of weaving in the present time. Through the lens of art anthropology, there is an agency role that possesses power while also experiencing dynamics to sustain the variety of weaving in Nggela Village, Wolojita District, Ende Regency- Lio Selatan today. This article will delve into how the weavers, materials, weaving objects, and appreciators strive to build and accommodate each role in determining the decision for the sustainability of weaving varieties at present."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayhan Mumtaz
"Skripsi ini berangkat dari acara Taylor Swift Karaoke Party, yaitu acara dengan konsep ‘karaoke bersama’ yang mewadahi aktivitas fandom Swifties di Indonesia. Penelitian ini ingin melihat bagaimana pengalaman yang didapatkan oleh peserta karaoke party merupakan suatu hal yang ‘sakral’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi dan otoetnografi dengan melakukan observasi partisipan selama berlangsungnya acara, wawancara kelompok, serta wawancara mendalam kepada informan yang telah menghadiri acara lebih dari dua kali. Peserta yang juga merupakan Swifties mengaku mendapatkan suatu pengalaman yang ‘unik’ dalam kehidupan mereka ketika bertemu orang lain yang memiliki minat musik yang sama serta dapat berekspresi secara kolektif. Tulisan ini kemudian mengungkap bahwa terdapat pengalaman ‘religius’ yang akhirnya dinilai sebagai hal yang ‘sakral’ (didukung collective effervescence) oleh mereka sehingga menghasilkan frekuensi kehadiran yang tinggi. Pengalaman sakral tersebut dijelaskan melalui makna serta bagaimana mereka menerjemahkannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

The story behind this paper is about the Taylor Swift Karaoke Party event, which is an event with 'karaoke festivities' as a concept to accommodates Swifties fandom activity in Indonesia. This research aims to describe how the experience gained by karaoke party participants is something ‘sacred’. The method used in this study is ethnography and autoethnography by observing participants during the event, group interviews, and in-depth interviews with informants who have attended the event more than twice. Participants who are also Swifties admit that they get a 'unique' experience when they meet other people who have the same musical interests and can express themselves collectively. This paper then reveals that there is a 'religious' experience which is ultimately considered a 'sacred' (supported by collective effervescence) so that they can enjoy the events with a high frequency of attendance. These sacred experiences are explained through their meaning and how they translate them into everyday life."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Sabil Santoso
"Keramahtamahan merupakan sikap dasar dari manusia sebagai makhluk sosial dalam menjalin hubungan dengan manusia yang lain, begitu pula dalam hubungan tuan rumah dan tamu. Sebagai mahasiswa antropologi, menjadi menarik untuk melihat hubungan tuan rumah dan tamu dalam konteks seorang peneliti antropologi dengan kelompok masyarakat yang ditelitinya. Saya melakukan penelitian di Desa Nggela untuk melihat hubungan antara ata Nggela dan ata mai sebagai konteks hubungan tuan rumah dan tamu dalam masyarakat Indonesia. Penelitian ini turut menitikberatkan pada pengalaman para peneliti antropologi dengan status orang asing dapat masuk ke dalam kehidupan ata Nggela. Saya turut menjadi subjek penelitian dengan menekankan refleksi kerangka kerja etnografi dan pemahaman terhadap keramahtamahan. Pada akhirnya, penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan bagaimana hubungan tuan rumah dan tamu dengan fokus hubungan antara masyarakat setempat—ata Nggela dengan peneliti antropologi—ata mai.

Hospitality is a basic attitude of humans as social beings in establishing relationships with other humans, as well as in the relationship between hosts and guests. As an anthropology student, it is interesting to look at the relationship between host and guest in the context of an anthropological researcher and the community being researched. I conducted research in Nggela Village to look at the relationship between ata Nggela and ata mai as the context of host and guest relationships in Indonesian society. This research also focuses on the experiences of anthropological researchers with the status of foreigners who can enter the lives of ata Nggela. I became a research subject by emphasizing reflections on ethnographic frameworks and understandings of hospitality. In the end, this research aims to explain the relationship between host and guest with a focus on the relationship between the local community—ata Nggela and the anthropological researcher—ata mai."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>