Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 119 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Monica Priski Cahya Maulidya
Abstrak :
Laporan magang ini membahas mengenai proses audit yang dilakukan oleh KAP TWRR pada PT AAUI, yang merupakan perusahaan asuransi kerugian dan manajer aset terkemuka. Fokus dari pembahasan adalah unuk mengevaluasi proses audit yang dilakukan KAP TWRR terhadap kliennya, PT AAUI, terutama pada akun estimated claim liabilities. Dalam proses audit diketahui bahwa PT AAUI masih membukukan cadangan atas beberapa klaim yang berumur tua dan sudah melewati masa polisnya, tetapi setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, auditor dapat menerima alasan pencadangan tersebut sehingga tidak melakukan penyesuaian atas akun ini. Sehingga, KAP TWR tetap memberikan opini wajar tanpa pengecualian pada PT AAUI untuk laporan keuangan tahun 2018. ......This report explains about the audit process of PT AAUI which conducted by KAP TWRR. PT AAUI is a general insurance company and a former asset management firm. The focus of this report is to evaluate the audit process conducted by KAP TWRR to its client, PT AAUI, especially on its estimated claim liabilities. The finding shows that several old claims that has been expired are still incuded on PT AAUI balances. However, after further investigation and doing inquiry with management, auditor can accept the reason for keeping these number on its bookkeeping and decided not to proposed any audit adjustment for this account. In the end, KAP TWRR gave unqualified opinion to PT AAUI 2018 financial statement.
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Priangraeni
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelemahan sistem pengendalian internal atas siklus penggajian, serta menganalisis perbaikan yang harus dilakukan pada sistem tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan single unit analysis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa standar operasional prosedur, peraturan terkait, dan dokumen internal instansi. Teknik analisis penelitian ini adalah studi literatur dimana analisis data dilakukan dengan menggunakan COSO framework yang telah disesuaikan dengan lingkungan sektor publik di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pada komponen aktivitas pengendalian yaitu masih standar operasional prosedur yang masih belum memadai, pengotorisasian dokumen yang belum memadai, serta pencatatan data yang tidak akurat. Berdasarkan adanya kelemahan tersebut, diharapkan agar Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral dapat melakukan perbaikan atas sistem pengendalian internal dengan cara yaitu, menyusun standar operasional prosedur untuk setiap kegiatan, melakukan validasi data sebelum otorisasi dilakukan dan mencatat setiap data secara tepat waktu. ......The aim of this research is to analyze the weaknesses of the internal control system in the payroll cycle and to analyze the improvement that to be made. This research using a case study approach with a single unit analysis. The data used in this research are secondary data such as standard operating procedures, regulations and internal document. The analysis technique of this research is a literature study where the data analysis is carried out using the COSO framework which has been adopted to the public sector environment in Indonesia. The result of this study indicates that there are weaknesses in the control activity components, such as inadequate standard operating procedures, inadequate document authorization and inaccurate data recording. Based on that, it is expected that the Directorate General for Multilateral Cooperation Affairs can make improvements to the internal control system in ways such as to design standard operational procedure for each activity, data validation prior to authorization and record data in a timely manner.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anindita Pinastika
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pengungkapan sukarela emisi gas karbon. Faktor-faktor yang diteliti adalah kepemilikan institusional, kepemilikan asing, direksi asing, sertifikasi EMS ISO 14001 dan social pressure. Penelitian ini menggunakan 555 observasi dari 185 sampel perusahaan publik yang bergerak dalam industri utama dan industri manufaktur di Indonesia selama periode tahun 2013-2015. Penelitian ini menunjukkan bahwa di Indonesia, rata-rata tingkat pengungkapan emisi gas karbon masih tergolong rendah yaitu sebesar 6,82 . Hal tersebut menandakan rendahnya kesadaran dan kepedulian terhadap isu emisi gas karbon di Indonesia. Hasil penelitian juga menemukan bahwa sertifikasi EMS ISO 14001 dan social pressure berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan sukarela emisi gas karbon. Kepemilikan institusional, kepemilikan asing, dan direksi asing tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan sukarela emisi gas karbon.
ABSTRACT
The objective of this research is to analyze the determinants of carbon emission disclosure. Determinant factors analyzed in this study are institutional ownership, foreign ownership, foreign directors, EMS ISO 14001 certification and social pressure. This study uses 555 observations from 185 samples of public companies in major industries and manufacturing industries in Indonesia during the period 2013 2015. This study shows that in Indonesia, the average rate of carbon emissions disclosure is 6.82 . It is indicates that the awareness about carbon emission issue is still low. The results also found that EMS ISO 14001 certification and social pressure significantly influence the level of voluntary carbon emissions disclosure. Institutional ownership, foreign ownership and foreign director have an insignificant effect on the carbon emission disclosure level.
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudi Prawira
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kompetensi direktur keuangan, komite audit, serta kualitas auditor eksternal terhadap minimalisasi praktik manajemen laba di Indonesia. Mekanisme pengendalian dan pengawasan pelaporan perusahaan diduga akan mamberikan pengaruh negatif terhadap praktik manajemen laba perusahaan. Efektivitas mekanisme pengendalian dan pengawasan pelaporan perusahaan diproksi melalui kompetensi direktur keuangan, kompetensi komite audit, serta kualitas auditor eksternal berdasarkan kategorisasi KAP Big-Four. Sedangkan, manajemen laba diproksi melalui akrual diskresioner yang berasal dari aktivitas diskresi manajemen perusahaan. Penelitian ini juga menggunakan ukuran perusahaan dan tingkat leverage sebagai variabel kontrol. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, F-test, dan t-test, serta menggunakan data empiris perusahaan di Bursa Efek Indonesia sebanyak 371 perusahaan selama tahun 2014-2015. Berdasarkan hasil penelitian ini, latar belakang pendidikan dan sertifikasi profesional yang dimiliki oleh direktur keuangan memberikan pengaruh negatih namun tidak signifikan terhadap manajemen laba, namun pengalaman kerja direktur keuangan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan sertifikasi profesional anggota komite audit mampu memberikan pengaruh negatif terhadap manajemen laba, namun hanya sertifikasi profesional saja yang memberikan pengaruh signifikan. Ukuran perusahaan memberikan pengaruh negatif terhadap manajemen laba, sedangkan variabel kualitas auditor eksternal dan tingkat leverage memberikan pengaruh positif terhadap praktik manajemen laba.
ABSTRACT
This research is conducted to test the effectivity analysis of controlling and monitoring mechanism of corporate 39 s reporting to minimize earning management practice in Indonesia. The controlling and monitoring mechanism of corporate 39 s reporting is expected to negatively influence corporate 39 s earnings management practices. The effectiveness of the corporate 39 s controlling and monitoring mechanisms is proxied by the competence of chief financial officer, the competence of audit committee, and the quality of external auditor. Beside, earnings management is proxied by discretionary accruals derived from discretionary corporate management activities. This study also uses firm size and leverage level as control variables. The analytical methods used in this research are multiple regression analysis, classical assumption test, F test, and t test, with empirical data of companies listed in Bursa Efek Indonesia for 2014 2015 with number 371 companies. Based on the results of this study, it can be concluded that educational background and professional certificate owned by chief financial officer may reduce and give negative impact to earnings management, instead working experience by chief financial officer may increase probability by giving positive impact to earnings management. Educational background, working experience, and professional certificate owned by audit committee may reduce the chance of earnings management. Firm size may give a decreasing movement to earnings management, while quality of external auditor and leverage doesn rsquo t give negative impact to earnings management.
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budiman Linggo Santoso
Abstrak :
Proses penganggaran yang dilakukan di Badan Layanan Umum Daerah di DKI Jakarta masih dilakukan secara manual sehingga perubahan antara Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) korektif dan RKA telah yang diperbarui tidak dapat dilihat secara langsung. Hal ini menyebabkan ketidakefektifan dan transparansi yang buruk dalam proses persiapan anggaran karena proses tersebut tidak terdokumentasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat desain sistem informasi akuntansi terintegrasi antara sistem informasi penganggaran sebagai bagian dari Integrated Financial Reporting and Management Information System (iFRAMES). Teori Transparansi digunakan untuk menganalisis kebutuhan transparansi penganggaran di organisasi pemerintah. Metode yang digunakan adalah Framework for the Application of Systems Thinking (FAST) sebagai metode dalam perancangan sistem perencanaan dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode triangulasi dengan data kualitatif berupa data dari wawancara dan data kuantitatif dalam bentuk ulasan dokumen. Unit analisis adalah unit multi-embedded antara Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan BLUD. Studi ini menghasilkan desain sistem perencanaan yang terintegrasi dalam melakukan kegiatan perencanaan untuk mendukung kegiatan BLUD yang dapat dilakukan dengan transparansi dan efisiensi yang tinggi. ......At the moment, budgeting processes carried out in Regional Public Service Agency in health sector in DKI Jakarta had been done manually so changes between corrective Work Plan and Budget (RKA)s and updated RKA cannot be seen directly. It causes ineffectiveness and bad transparency in the budget preparation process as unconfirmed RKAs are not well documented. The purpose of this study is to create a design of integrated accounting information system between budgeting information system as a part of Integrated Financial Reporting and Management Information System (iFRAMES). Transparency Theory is used to analyze the needs of budgeting transparency in government organization. The method used in budgeting system design is Framework for the Application of Systems Thinking (FAST) as the method in planning system design and the study approach used is a case study with triangulation method with qualitative data in the form of data from interview and quantitative data in the form of document review. The unit of analysis examined in this study is multiple-embedded units, between DKI Jakarta Health Office and BLUD. This study resulted in an integrated planning system design for BLUD to support planning activities so planning activities could be carried out with high transparency and efficiency.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Erlangga
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari pemegang saham pengendali terhadap kompensasi manajemen di Indonesia. Konflik antara pemegang saham pengendali dengan pemegang saham minoritas merupakan fenomena yang umum terjadi di Indonesia karena sebagian besar struktur kepemilikannya terkonsentrasi. Pay for performance adalah istilah untuk menunjukkan penggunaan kinerja perusahaan sebagai dasar dalam menentukan kompensasi manajemen. Efek Alignment adalah tindakan pemegang saham pengendali yang selaras dengan kepentingan pemegang saham nonpengendali atau minoritas. Efek Entrenchment adalah tindakan pemegang saham pengendali melalui hak kontrolnya untuk mendapatkan manfaat pribadi dengan melakukan ekspropriasi terhadap pemegang saham minoritas Alignment dan entrenchment effect dilihat berdasarkan hak arus kas dan hak kontrol pemegang saham pengendali terhadap perusahaan. Data untuk penelitian ini berasal dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 2012-2013, kecuali perusahaan yang termasuk dalam industri jasa keuangan dan perbankan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alignment effect berpengaruh positif terhadap pay for performance perusahaan, sebaliknya entrenchment effect tidak berpengaruh terhadap pay for performance perusahaan.
ABSTRACT
This research aims to evaluate the influence of controlling shareholders on executive compensation Indonesian Firms. The conflict between the controlling shareholders and the minority shareholders is a common phenomenon in Indonesia as most of the ownership structure is concentrated. Pay for performance is a term to demonstrate the use of company performance as a basis for determining management compensation. Alignment Effect is the act of the controlling shareholders that are in harmony with the interests of the controlling shareholders or minorities. Entrenchment Effect is the act of the controlling shareholder through its right of control to gain personal benefit by expropriating minority shareholders. Alignment and entrenchment effect is calculated based on the cash flow right and control rights of the controlling shareholder to the company. The data for this study are from companies listed on the Indonesia Stock Exchange within the period 2012-2013, except companies included in the financial services and banking industry. The results of this study indicate that alignment effect has a positive effect on pay for performance company, otherwise entrenchment effect has no effect on pay for performance company.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satrio Wicaksono Prakoso
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pencatatan aset dan inventaris di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) DKI Jakarta. Studi ini didasarkan pada temuan dari Laporan Pemeriksaan (LHP) yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) yang menyatakan bahwa ada beberapa masalah mengenai aset di BLUD (BPK RI, 2017). Penelitian ini diharapkan dapat menjawab pertanyaan penelitian mengenai bagaimana merancang sistem aset dan persediaan yang dibutuhkan oleh BLUD untuk membantu proses pengendalian internal dan manajemen aset. Penelitian ini menggunakan Framework for the Application of System Thinking (FAST) sebagai metode untuk pengembangan sistem yang dikembangkan oleh Whitten dan Bentley (2007). Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode triangulasi, di mana data kualitatif sebagai data primer, yaitu dengan melakukan wawancara dan observasi. Unit analisis dalam penelitian ini adalah BLUD yang bertanggung jawab atas manajemen aset. Saat ini, sistem informasi aset yang ada hanya merekam aset tetap dan tidak terhubung ke sistem pelaporan keuangan. Informasi aset dan persediaan harus dipindahkan secara manual dengan memasukkan kembali nilai untuk menyiapkan laporan keuangan. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan sistem informasi aset untuk meningkatkan pengendalian internal. ......This research aims to design an information system to asset and inventories recording at DKI Jakarta Regional Public Service Agency (BLUD). This study is based on the findings from Examination Report (LHP) issued by the Indonesian Supreme Audit Institution (BPK RI) which states that there are quite a few problems about assets at BLUD (BPK RI, 2017). This research is expected to answer research questions about how to design the system of assets and inventories needed by BLUD to assist the process of internal control and asset management. This study uses the Framework for the Application of Systems Thinking (FAST) as a method for systems development popularized by Whitten and Bentley (2007). This study uses a case study approach with the triangulation method, where the qualitative data as primary data by conducting interviews and observations. Unit of analysis in this study is the BLUD responsible for asset management. Currently, the existing asset information systems only record fixed assets and not connected to the financial reporting system. Assets and inventories information need to move manually by re- inputting the value to prepare financial statements. The result of this research is a design of asset information system to enhance internal control.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah Sofianingtias
Abstrak :
Bersamaan dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, bentuk turunan transformasi digital korporat Divisi Umum Dan Aset Properti (DIV MUM) PT XYZ Kantor Pusat melakukan pengembangan dalam bentuk program aplikasi transformation digital general affairs. Adanya transformasi digital tidak hanya mampu mengurangi biaya operasional dan meningkatkan produktivitas namun juga mampu memperkuat daya saing antar perusahaan dan kinerja secara keseluruhan. Pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif, dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan mixed method. Unit analisis yang digunakan yaitu unit analisis data adalah single unit dengan single case study. Hasil pemetaan risiko menyatakan bahwa terdapat 3 risiko yang masuk kedalam kategori “extreme”, 9 risiko masuk kedalam kategori ”high”, 5 risiko masuk kedalam kategori ”medium”, dan 11 risiko masuk kedalam kategori ”very low”. Kemudian hasil pemetaan dapat menentukan risiko prioritas dari proses pengembangan aplikasi GA Service, terdapat 17 risiko. ......Along with the current technological developments, a derivative form of corporate digital transformation of the General and Property Assets Division (DIV MUM) of PT XYZ Head Office is developing in the form of a digital transformation general affairs application program. This research is interesting to study, in addition to the risks that need to be mapped first, this application can be a cost reduction for the company. This research uses qualitative analysis, with data collection techniques using mixed methods. The unit of analysis used a single unit with a single case study. The risk mapping results show three risks that fall into the "extreme" category, nine risks fall into the "high" category, five risks fall into the "medium" category, and eleven risks fall into the "very low" category. Then the mapping results can determine the priority risks of the GA Service application development process, there are seventeen risks.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Habib Ramadhan
Abstrak :
Penanganan kasus korupsi di Indonesia seringkali melibatkan akuntan forensik yang berperan dalam melakukan penghitungan kerugian negara. Pada beberapa tahun terakhir, marak terjadi vonis bebas dan lepas terhadap terdakwa korupsi. Hakim menilai tidak terjadi kerugian negara, sementara akuntan forensik berkeyakinan telah terjadi kerugian negara. Di samping itu, terdapat banyak perkara korupsi dimana penetapan besaran kerugian negaranya tidak menggunakan hasil PKN akuntan forensik. Kondisi tersebut mengisyaratkan hasil PKN akuntan forensik belum sepenuhnya akurat, sehingga belum memenuhi unsur nyata dan pasti di mata hukum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis dokumen dan wawancara kepada praktisi akuntan forensik, ahli konstruksi, jaksa fungsional, pakar akuntansi forensik, dan mantan hakim tindak pidana korupsi. Penelitian dilakukan menggunakan kerangka Segitiga Akuntansi Forensik sebagai kriteria ideal diterimanya hasil PKN di muka persidangan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua faktor penyebab hasil PKN ditolak hakim, yaitu : (1) tidak ditemukannya niat jahat (mens rea) pada terdakwa, dan (2) hasil ahli teknis yang mendasari PKN ditolak hakim. Adapun lima faktor penyebab nilai PKN tidak digunakan dalam penetapan kerugian negara yaitu : (1) pengembalian ke kas negara/daerah, (2) pembayaran uang titipan perkara ke aparat penegak hukum, (3) dana yang telah dikeluarkan dalam pelaksanaan kegiatan, (4) lingkup kerugian terbatas pada terdakwa, dan (5) hasil ahli teknis tidak akurat. Hasil penelitian diharapkan mampu berkontribusi pada peningkatan kualitas PKN, sehingga menjadi pertimbangan hakim dalam memutus perkara korupsi dan menetapkan besaran kerugian negara. ......Corruption case handling in Indonesia often involves forensic accountants who play a role in calculating state losses. There have been many acquittal and released sentences of corruption defendants in the last few years. The judge considered no state losses, while the forensic accountant considered there had been losses. In addition, there are many corruption cases where the determination of the number of state losses does not use PKN results numbers. This condition implies that PKN result numbers are not yet entirely accurate, so they do not meet the real and definite elements in the eyes of the law. This study uses a qualitative approach through document analysis and interviews with forensic accountants, construction experts, functional prosecutors, forensic accounting experts, and former judges for corruption. The study used the Forensic Accounting Triangle as the ideal criteria for accepting PKN results in court. The results showed that two factors caused the judge's rejection of the results of the PKN, namely: (1) no malicious intent (mens rea), and (2) the result of the technical expert that underlies the audit conclusion rejected by the judge. Five factors caused the PKN result numbers not to be used in determining state losses, namely: (1) returns to the state/regional treasury, (2) payment of case deposits to law enforcement officials, (3) funds that have been spent in carrying out activities, (4) the scope of the loss is limited to the defendant, and (5) the result of the technical expert not accurate. The research results are expected to improve the PKN's quality to become a judge's consideration in deciding corruption cases and determining the number of state losses.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suci Pratiwi
Abstrak :
Pemerintah Republik Indonesia menunjuk badan usaha tertentu sebagai pemungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN), berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia 37/PMK.03/2015. Hal ini menimbulkan masalah bagi perusahaan lain, terutama perusahaan yang merupakan anak perusahaan dari badan usaha tertentu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji desain ideal sistem informasi PPN, menggunakan metode FAST, untuk mengurangi sanksi administrasi pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian metode campuran. Hasil penelitian adalah sistem informasi akuntansi PPN memerlukan sinergi antara kantor pusat dan unit kerja, sehingga penerbitan Faktur Pajak tepat waktu, untuk mengurangi risiko sanksi administrasi PPN. Perusahaan membutuhkan dukungan dari manajemen, jaringan, pengetahuan karyawan yang memadai, dan sosialisasi mengenai optimalisasi sistem informasi PPN ......The Republic of Indonesia’s government appoints certain business entities as Value Added Tax collectors (VAT) , based on Regulation of the Minister of Finance of the Republic of Indonesia 37/PMK.03/2015. This creates problems for other companies, especially companies that are subsidiaries of certain business entities. This study aims to examine the ideal design of a VAT information system, using FAST method, to reduce administrative tax sanctions. The study uses a mixed-method research approach. The results of the study conclude that a VAT-accounting information system needs synergy between the head office and work units, so that the issuance of tax invoices can be timely, to reduce the risk of VAT administrative sanctions. In addition, the company needs support from management, networks, adequate employee knowledge, and socialization regarding optimalization of the VAT information system.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>