Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ratri Andamari
Abstrak :
ABSTRAK
Setelah penghapusan iklan pada TVRI, salah satu alternatif pembiayaan produksi jatuh pada penerimaan bantuan yang berbentuk paket acara seperti sinetron yang disponsori oleh pihak penyandang dana. Sebagai konsekuensinya, sinetron tersebut harus memenuhi keinginan pihak penyandang dana, seperti menyampaikan pesan yang menjadi misi pihak penyandang dana. Namun disamping itu TV sebagai sarana hiburan masyarakat tetap harus mengikuti kehendak pemirsanya. Jadi pesan tersebut harus dikemas dengan baik, agar tidak ada kesan menggurui dan membosankan. Penelitian ini berusaha menggambarkan bagaimana pesan pesan itu dikemas, dengan cara menganalisis isi pesan. Peneliti menetapkan Sinetron Jendela Rumah Kita dan Sinetron Keluarga Rakhmat sebagai sampel, Selain itu pula, peneliti mengadakan penelitian survey terhadap 25 orang responden pemirsa kedua sinetron yang diambil secara acak, untuk menunjang hasil penelitian analisis isi ini. Unit pengukuran penelitian analisis isi ini adalah pesan-pesan sosial, sedangkan unit pengamatannya adalah keseluruhan adegan-adegan yang terdapat dalam kedua sinetron, yang berisi pesan-pesan sosial. Ternyata hasil analisis isi pesan-pesan sosial dari kedua sinetron menunjukkan bahwa pesan-pesan sosial itu di kemas dengan baik oleh pihak produksi, dengan indikator sebagai berikut; adegan-adegan yang berisi pesan-pesan sosial dalam kedua sinetron dirasakan tidak mengganggu menjenuhkan pemirsanya, walau mereka sadar ada pesan yang diselipkan. Jadi pemirsa merasa tetap terhibur dengan adegan yang ditampilkan, sekaligus menerima pesan-pesan sosialnya; waktu yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam suatu adegan tidak panjang (sesuai kemampuan seseorang mendengar dengan baik), bentuk pesan yang banyak dipakai adalah pesan verbal, dan jenis pesan yang banyak disampaikan dalam kedua kelompok sinetron adalah jenis pesan tentang Penanganan Hasalah Sosial Anak. Selain itu, tokoh yang ditampilkan sebagai penyampai pesan adalah tokoh yang juga disukai oleh pemirsanya.
1990
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sriyati
Abstrak :
Dengan semakin beratnya tantangan dalam pembangunan maka komunikasi makin dibutuhkan kehadirannya, terutama pada masyarakat pedesaan dimana pembangunan pedesaan kurang berhasil. Siaran Pedesaan yang disiarkan melalui radio adalah salah satu usaha agar komunikasi yang diarahkan pada masyarakat pedesaan menjadi lebih bermanfaat. Dengan adanya Siaran Pedesaan melalui radio sebagai sarana pendukung komunikasi massa, diharapkan dapat membantu media massa dalam menyebarkan informasi-informasi pembangunan. Fungsi radio pun menjadi ganda. Tidak hanya berfungsi sebagai hiburan tetapi juga sebagai pendidikan dan kebudayaan, ini terlihat jelas melalui Siaran Pedesaan dari RRI Bogor. Adapun penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui Siaran Pedesaan yang adakah dan bagaimana manfaat disiarkan melalui RRI Bogor dapat meningkatkan kegairahan, pengetahuan dan ketrampilan atau perubahan sikap hidup warga Kecamatan Ciomas Bogor; Untuk meperoleh data , dilakuan penyebaran kuestioner dan data pendukung diperoleh melalui interview. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah lima (5 ) desa di kecamatan Ciomas Bogor yaitu : Desa Pasir jaya, Desa Ciomas, Desa Sirnagalih, Desa Taman Sari, dan Desa Sukaluyu. Penarikan sampelnya dilakukan secara Proporsional Random Sampling, yaitu penarikan sampel secara acak yang dibagi-bagi dalam sub populasi ( dalam hal ini dibagi kedalam desa-desa ) kemudian dari tiap desa diambil sejumlah RT (Rukun Tetangga ) yang ada tiap desa. Jumlah RT dari kelima desa adalah 170. Dengan demikian jumlah sampelnya sebanyak 170 orang. Berdasarkan penelitian, maka dapat ditarik suatu gambaran mengenai manfaat Siaran Pedesaan dalam menyebarluaskan pesan-pesan pembangunan di pedesaan khususnya melalui medium radio relatif tinggi, frekwensi dalam mendengarkan Siaran Pedesaan menurut jenis kelamin adalah laki-laki. Dan pendidikannya yang terbanyak adalah SMP atau sederajad. Dari jumlah tersebut yang terbanyak berumur 20 - 29 tahun. Satu hal yang menarik adalah bahwa pendengar Siaran Pedesaan kebanyakan tidak dari mereka yang bermata pencaharian petani tetapi dari golongan lain-lain. Ini menunjukkan bahwa Siaran Pedesaan kehadirannya'tidak hanya dinantikan oleh para petani tetapi oleh mereka yang bermata pencaharian sebagai pedagang, wiraswasta dan lain-lain. Sebagian besar menyatakan termotivasi untuk mendengarkan Siaran Pedesaan karena banyak manfaat yang diperoleh dari acara tersebut. Bahkan responden memberikan masukan teradap materi maupun bentuk penyajiannya. Dengan Siaran Pedesaan yang disiarkan melalui RRI Bogor , warga Kecamatan Ciomas Bogor menjadi tahu tentang informasi yang disiarkan. Baik itu informasi tentang cara bertani yang baik, cara ber KB, cara menjaga kesehatan dan sebagainya. Dan informasi yang diperoleh tersebut dapat meningkatkan kemampuan atau merubah sikap hidup.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993
S4012
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paundra Pratiwi
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S5322
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
cover
A. R. Nanda
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S5437
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Samsiati
Abstrak :
Pada kenyataannya, Hubungan Masyarakat (Humas) belum begitu diketahui arti serta fungsinya di masyarakat Indonesia. Dengan demikian, seringkali sosok Humas tidak ditempatkan pada proporsinya, baik pada perusahaan swasta maupun instansi-instansi pemerintah. Namun kenyataan pula yang menunjukkan bahwa seiring dengan pembangunan yang saat ini sedang gencar gencarnya digaungkan oleh pemerintah, Humas juga semakin banyak bermunculan. Tentunya, masih dengan fungsi yang berbeda-beda, tergantung pada kebijaksanaan dan kebutuhan di mana Humas tersebut berada. Demikian pula dengan PT Radio Prambors, sebagai sebuah organisasi penyiaran yang telah 19 (sembilan belas) tahun berkecimpung dalam dunia media elektronik, khususnya media radio, organisasi penyiaran tersebut telah mampu menempatkan citra atau "image" tersendiri, di kalangan khalayak pendengar Jakarta, khususnya remaja. Hal ini tak lepas dari kegiatan-kegiatan yang diterapkan Humas PT Radio Prambors yang berupaya menciptakan saling pengertian antara perusahaan dengan khalayaknya, sehingga dapat senantiasa terbina hubungan harmonis antara kedua belah pihak. Berangkat dari hal inilah, permasalahan yang dilihat adalah bagaimana pendapat khalayak tentang kegiatan-kegiatan yang diterapkan Humas PT Radio Prambors. Untuk mengetahui hal tersebut, penulis melihat pada karakteristik responden, perolehan dan pemahaman informasi yang diterima responden serta pengalaman responden sebagai anggota Prambors Listeners Club (PLC). Indikator indikator inilah yang sedikitnya dapat menjadi acuan dalam menilai kepada pendapat yang dikemukakan oleh responden selama penelitian berlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survai, dan bersifat deskriptif. Adapun tehnik penarikan sampel yang dipakai adalah sampel random sistematis atau systematic random sampling. Dari 96 responden yang diteliti, diperoleh data bahwa perolehan dan pemahaman responden mengenai siaran maupun kegiatan-kegiatan non siaran kurang lebih sama. Hanya bila sampai pada tahap mengikuti acara-acara kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Humas PT Radio Prambors, minat serta motivasi responden cenderung menurun. Sementara berdasarkan pengalaman mereka menjadi anggota PLC, responden cenderung menyatakan kepuasannya terhadap PLC dan fasilitas-fasilitas yang diberikannya. Hal ini terlihat dari pendapat mereka tentang pelayanan karyawan, manfaat dari kegiatan-kegiatan serta adanya penerbitan majalah Prokamu yang diterbitkan sebulan sekali. Walaupun secara keseluruhan, responden berpendapat-cukup baik, terhadap kegiatan-kegiatan yang diadakan Humas radio Prambors, namun untuk pelayanan kartu anggota ada kecenderungan menurun. Secara umum, penelitian ini dapat menunjukkan bagaimana pendapat khalayak tentang sosok Humas serta kegiatan-kegiatannya dalam suatu perusahaan, tanpa melulu melihat kepada sosok Humasnya sendiri. Dan untuk PT Radio Prambors, dapat dikatakan bahwa secara mendasar, Humas organisasi penyiaran tersebut telah mampu menjaga dan membina hubungan harmonis antara khalayak dengan perusahaannya melalui kegiatan-kegiatan yang diadakannya.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1990
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asih Darmawati
Abstrak :
ABSTRAK
Bertambahnya jumlah bank dapat menimbulkan persaingan antar bank itu sendiri. Persaingan yang sehat tentunya terletak pada kondisi dimana semua bank berlomba-lomba menciptakan produk baru dan kemudahan serta keuntungan bagi nasabahnya. Mutu pelayanan yang prima (excellent Service) merupakan faktor penentu untuk mendapat simpati masyarakat dan sekaligus meraih volume usaha (selling point). Untuk itu dituntut adanya peningkatan produktivitas dan efektifitas yang tinggi disegala sektor dalam melayani kebutuhan masyarakat atau nasabah. Salah satu upaya yang dilakukan oleh bank agar nasabah dalam hal ini merupakan asset utama tidak berpindah adalah dengan memberikan pelayanan yang baik menciptakan rasa puas dalam diri nasabah. Untuk adanya hubungan yang baik antara nasabah dengan pihak ini sebagaian besar bertumpu pada peran Hubungan Masyarakat agar dapat meningkatkan citra perusahaan. sehingga dapat itu perlu bank, usaha Sehubungan dengan itu, aktifitas Humas disini adalah kegiatan externalnya yaitu khususnya yang disorot kegiatan Consumer Relatians, karena Consumer Relatians merupakan ujung tombak dari perusahaan dalam menarik dan I baik dengan nasabah. menjalin ,hubungan Untuk mengetahui bagaimana gambaran kegiatan tersebut, penulis mengadakan penelitian pendapat mengenai pelayanan dilakukan oleh karyawan P.T. Bank Niaga. Consumer Relatians nasabah Consumer Relatians yang Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang bersifat deskriptif dengan 100 responden yaitu nasabah P.T. Bank Niaga yang telah mengikuti salah satu program minimal 1 tahun dan berpendidikan SLTA. Secara menyeluruh penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai pendapat nasabah terhadap pelayanan Consumer Relatians P.T. Bank Niaga Jakarta melalui tindakan tindakan yang dilakukan oleh karyawan yang menyangkut sikap karyawan dalam melayani, penampilan karyawan ketlika bertugas, fasilitas informasi dan bagaimana yang mungkin timbul, sehingga mampu I puas dalam diri nasabah. I i suasana ruangan, karyawan mengatasi kesulitan menumbuhkan rasa Dari hasil yang diperoleh ternyata pelayanan Cansumer Relatians yang dilakukan oleh P.T. Bank Niaga dikatakan baik, dalam arti dapat menciptakan rasa diri nasabah. Walaupun ternyata masih banyak kekurangan harus diperbaiki dalam memperhatikan sudah dapat puas dalam yang kepentingan nasabahnya, yang nantinya berguna dalam menjaga hubungan baik dengan konsumennya yang sekaligus meningkatkan citra P.T. masih Bank Niaga di mata masyarakat.
1991
S 3873
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Mary Christa
Abstrak :
ABSTRAK
Kebutuhan masyarakat akan informasi sangat besar dan cenderung terus meningkat setiap saat. Kenyataan tersebut menyebabkan peranan media massa menjadi sangat penting karena media massa merupakan salah satu sumber informasi yang digunakan masyarakat pada masa kini. Radio Sonora sebagai salah satu jenis media massa yang menempatkan siaran informasi sebagai salah satu paket acara yang penting. Pentingnya penyiaran informasi tersebut dibuat dalam bentuk-bentuk paket informasi yang selalu disiarkan setiap waktu. Dalam Penelitian ini, peneliti berusaha menggambarkan pendapat pendengar radio Sonora terhadap penyajian informasi yang disiarkan radio tersebut dan berusaha untuk mengetahui motivasi mereka mendengar siaran radio dan juga ingin mengetahui bentuk serta cara penyajian informasi yang menarik serta memuaskan keinginan pendengar terhadap informasi yang setiap saat mereka butuhkan. Penelitian ini bersifat deskriptip dengan metode survey sampel. Data dikumpulkan dari. 72 orang responden dengan mengunakan instrumen kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan variabel jenis kelamin dan status kerja responden cenderung mempengaruhi pembentukkan pendapat mereka terhadap bentuk serta cara penyajian informasi melalui radio Sonora, sedangkan variabel usia tidak terlalu berpengaruh. Dari hasil penelitian ini selanjutnya terungkap bahwa keberhasilan pengelola acara, membuat acara ini menarik dan memberikan manfaat serta kepuasan bagi para pendengarnya.
1992
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>