Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 37 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Deisy Kristianty Handayani
"ABSTRAK
Tujuan ndash; Tesis ini membahas pengembangan saluran dan kompetensi pemasaran melalui media sosial online, dan perbaikan logo sebagai identitas merek, dengan intervensi business coaching.Desain/Metodologi/Pendekatan - Serangkaian wawancara terstruktur dilakukan dengan pemilik PT Mumtaz Multi Mandiri, di Bandung. Hasil dari wawancara terstruktur dianalisis dengan menggunakan STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, SWOT, Porter 39;s 5 Forces, Gap Analysis dan Pareto Analysis untuk sampai pada masalah yang paling penting untuk dipecahkan.Temuan - Temuan menunjukkan bahwa ada tiga masalah utama yang dihadapi UMKM yang dapat diperbaiki untuk meningkatkan kinerja UMKM, yaitu: 1 kurangnya saluran pemasaran, khususnya melalui media sosial; 2 kurangnya kompetensi dalam melakukan marketing dengan menggunakan media sosial online; dan 3 logo yang kurang menarik sebagai identitas merek yang mempengaruhi brand awareness.Keterbatasan Penelitian/Implikasi ndash; Penelitian ini hanya dilakukan pada satu UMKM di Indonesia. Walaupun begitu, Business Coaching ini diharapkan dapat membantu PT Mumtaz Multi Mandiri dan UMKM lainnya di Indonesia dalam meningkatkan kinerjanya.Originalitas / Nilai ndash; Saluran pemasaran dan identitas merek merupakan faktor penting yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Hubungan ini belum pernah diteliti di PT Mumtaz Multi Mandiri.

ABSTRACT
Purpose This thesis discusses about social media marketing channel and competencies development, and logo improvement as brand identity, with business coaching intervention.Design Methodology Approach A series of structured interviews were conducted with the owner of PT Mumtaz Multi Mandiri, in Bandung. The results of structured interviews were analyzed using STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, SWOT, Porter rsquo s 5 Forces, Gap Analysis and Pareto Analysis to arrive at the most urgent problems to be solved.Findings The findings showed that there were three main problems faced by the SME that could be diminished to improve SME performance, which were 1 lack of marketing channels, especially social media channel 2 lack of competencies in doing marketing by using social media and 3 unattractive logo as brand identity that affect brand awareness.Research Limitation implications This study was only conducted in one SME in Indonesia. Despite this limitation, this business coaching is expected to help PT Mumtaz Multi Mandiri to improve its performance.Originality value Marketing channel and brand identity are critical factors that affecting performance of a firm. This relationship has not been investigated so far in PT Mumtaz Multi Mandiri."
2018
T50498
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Ayu Astarina
"Tesis ini membahas mengenai pengembangan saluran pemasaran dan upaya untuk meningkatkan exposure brand Kopi XYZ melalui digital marketing dengan intervensi program business coaching. Data diperoleh dengan melakukan serangkaian wawancara dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis STP, Marketing Mix, BMC, SWOT, Porters Five Forces, Analisis Gap dan Pareto. Tujuan analisis adalah untuk menemukan permasalahan dengan tingkat urgensi tertinggi, terutama dalam bidang marketing. Dari hasil analisis ditemukan dua permasalan utama dari sisi marketing yang dihadapi oleh UMKM yaitu 1) kurangnya optimalisasi saluran pemasaran digital, dan) rendahnya exposure brand Kopi XYZ. Melalui program business coaching diharapkan dapat membantu Kopi XYZ dalam meningkatkan performanya dengan menggunakan digital marketing.

This study is about digital marketing channel, and brand exposure, with business coaching intervention. A series of structured interviews were conducted with the owner of Kopi XYZ in Jakarta.The data is collected by using interviews and observation method then analyzed using STP, Marketing Mix, BMC, SWOT, Porters Five Forces, Gap Analysis and Pareto Analysis. The purpose of the analysis is to find out the most urgent problem to be solved, especially in marketing. The finding showed that there were two main problems faced by MSMEs that could be solved in order to improve MSMEs performance, which were: 1) lack of optimization of digital marketing channels, 2) low exposure given by Kopi XYZ to potential consumers. Through the business coaching program, it is hoped that it can help Kopi XYZ to improve its performance by using digital marketing."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jeihan Alhakim
"Tujuan kegiatan business coaching yang dilakukan adalah perbaikan logo produk, pemaksimalan kegiatan promosi online dan Perumusan Harga Pokok Penjualan yang selama ini belum ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah UMKM Pawon Fasdiin yang berkecimpung dalam industri makanan. Instrumen penelitian ini menggunakan metode Business Coaching dengan instrumen yang digunakan adalah wawancara dan observasi.

The purpose of the business coaching activities carried out was to improve the product logo, maximize online promotional activities and formulate Cost of Goods Sold that had not been available. This study uses a qualitative approach. The object of this research is UMKM Pawon Fasdiin which is involved in the food industry. This research instrument using Business Coaching method with the instrument used is interview and observation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Antonius Anadri Wisanggeni
"Tesis ini membahas tentang penerapan saluran pemasaran online melalui Website dan saluran pemasaran offline melalui Proposal selling pada UMKM yang bergerak pada industri souvenir yang menjual produk plakat dan piala. Serangkaian wawancara terstruktur dilakukan dengan pemilik CV Mesia Persada Mandiri di Perkampungan Industri Kecil, Pulogadung, Jakarta. Hasil dari wawancara terstruktur dianalisis dengan menggunakan STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, SWOT, Porters 5 Forces, Gap analysis dan Pareto Analysis untuk sampai pada masalah yang paling penting untuk di pecahkan. Pemetaan yang telah dilakukan pada UMKM membuktikan bahwa belum adanya pemanfaatan digital media seperti Website sebagai alat pemasaran dan UMKM belum melakukan personal selling dengan mengajukan Proposal selling. Metode yang dilakukan adalah penelitian kualitatif untuk mendapatkan data UMKM. Business Coaching ini diharapkan CV Mesia Persada Mandiri mampu menjangkau pelanggan baru dan dapat membantu UMKM untuk meningkatkan kinerjanya.

This thesis discusses the application of online marketing channels through the Website and offline marketing channels through the Proposal selling on MSMEs engaged in the souvenir industry that sells placards and trophy products. A series of structured interviews was conducted with the owner of CV Mesia Persada Mandiri at the Perkampungan Industri Kecil, Pulogadung, Jakarta. The results of structured interviews were analyzed using STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, SWOT, Porters 5 Forces, Gap analysis and Pareto Analysis to get at the most important problem to solve. The mapping that has been done on MSMEs proves that the absence of the use of digital media such as the Website as a marketing tool and MSMEs have not yet made personal selling by submitting a Offering Proposal. The method used is qualitative research to obtain MSME data. Business Coaching is expected CV Mesia Persada Mandiri is able to reach new customers and can help MSMEs to improve their performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Kheris Sasmita
"Di Indonesia sangat banyak UMKM yang tumbuh tiap tahunnya. Tercatat pertumbuhan sebesar 9,6% dari tahun 2017. UMKM dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pertanian dan non-pertanian. Alienco Photo merupakan UMKM yang bergerak di bidang industri jasa dokumentasi. Penelitian ini dilangsungkan pada UMKM Alienco Photo dengan menggunakan metode business coaching.Pengumpulan data pada penilitian ini dilakukan dengan metode kualitatif untuk memetakan kondisi dan permasalahan di UMKM. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Alienco Photo adalah kurangnya kesadaran akan pengelolaan risiko oleh karyawan serta pemilik UMKM dan penetuan harga jual produk. Maka solusi yang dilakukan adalah dengan memetakan risiko serta memitigasi risiko dan menetapkan harga penjualan produk. Hasilnya karyawan dan pemilik usaha sadar dengan risiko dan potensi risiko yang terjadipada aktivitas bisnis UMKM dan dapat memitigasi risiko. Disamping itu UMKM dapat melakukan strategi penetapan harga jual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu Alienco Photo dalam mengelola manajemen risiko dan dapat menetapkan harga jual produk.

In Indonesia, there are many Micro Small Medium Enterprise (MSMEs) has grew each year. It recorded a growth by 9.6% from 2017. MSMEs can be devided into two groups, the agriculture and non-agricultural groups. Alienco Foto is a MSMEs that is engaged in the documentation services industry. This research is conducted at MSME Alienco Photo using business coaching method. Data collection in this study was carried out using qualitative methods for mappingcondition and problem in MSMEs. The problems addressed in Alienco Photo is the lack of risk awareness that will be borne by employees and the owners and lack of the determination of cost of sales. So the solution are for mapping risks and mitigate risks and determined cost of sales. The results are the employees and owners aware of the risks and potential risk that occur in MSMEs and they can mitigate all the risk. Besides that, MSMEs can carry out the strategy of determining of the selling price. The purpose of this research is to assist Alienco Photo in managing risk management and being able to determine product selling prices."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrey Ardyan Hadibrata,author
"Salah satu bentuk kontribusi positif dalam perekonomian Indonesia adalah peran dan jumlah UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun perlu diperhatian bahwa tidak sedikit UMKM yang dapat mengelola manajemen bisnis dengan baik. PT. Negawan International Group adalah salah satu UMKM yang memiliki bisnis fokus pada pemenuhan kebutuhan sandang melalui motif batik khas di Indonesia. Data dan informasi diperoleh dengan menggunakan metode business coaching, riset kualitatif untuk mengetahui kondisi dan masalah yang terjadi di UMKM, kemudian mengambil tindakan sesuai harapan UMKM untuk mengimplementasikan solusi perbaikan. Hasil yang diperoleh bahwa UMKM tidak memiliki Business Intelligence yang dapat dijadikan informasi dalam pengambilan keputusan oleh manajemen terhadap situasi dan bisnis yang dihadapi saat ini. Serta belum adanya loyalty program dan sistem kinerja karyawan. Maka solusi yang diajukan adalah pembuatan Business Intelligence, penyusunan loyalty program dan meningkatkan sistem kinerja karyawan untuk mendukung kegiatan pemasaran UMKM. Hasil dari terjemahan data menjadi informasi yang dilakukan oleh Business Intelligence, sangat membantu UMKM dalam menganalisa kondisi bisnis dalam aspek pelanggan, product, saluran, orang dan waktu akan menjadi dasar dalam pembuatan loyalty program dan sistem kinerja karyawan. Business coaching ini bertujuan untuk membantu PT. Negarawan International Group dalam mengelola kegiatan pemasarannya dengan pembuatan Business Intelligence, penyusunan loyalty program, dan peningkatan sistem kinerja karyawan.

This paper aims to coach the Fashion Retail especially how to manage the marketing activities by creating Business Intelligence, developing loyalty programs, and enhancing employee performance systems. One of the contributions to the economy in Indonesia is the role of SMEs (Small and Medium Enterprises) and the revenue should increase from year to year. However, it is a note that not all SMEs in Indonesia could manage their business especially in managing their marketing activities. NIG is the one example of the SMEs as the target business coaching that has business on selling Batik models in Indonesia. The main focus is how to utilize data and information that are obtained by using a business coaching method, combined with qualitative research to find out the real condition and problems that occur at SME to take action to improve marketing activities and management expectations to be implemented as the business solutions. After interviewed with the owner, SME does not have Business Intelligence that can be used to translate data into information that is needed for management decision making based on current business conditions. Furthermore, there is no loyalty program and employee performance system to support the goal of business coaching. Hence, the proposal is to create Business Intelligence, develop Loyalty Programs and enhance Employee Performance System in order to achieve good performance of their marketing activities. The information from data translation could be retrieved by the implementation of Business Intelligence that greatly help SME to analyses current business conditions to the necessary dimension aspects such as customers, products, channels, people and time. Those dimensions will be the base in developing loyalty programs and employee performance systems."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hani Novanti
"Bengkel XYZ adalah salah satu UMKM bengkel yang berlokasi di Depok yang memiliki tujuan untuk mengembangkan bisnisnya dan memperluas jangkauan layanannya. Dalam menjalankan sistem manajemennya terdapat kesulitan dalam manajemen keuangan. Bengkel XYZ belum memiliki perencanaan keuangan jangka panjang. Dengan demikian diperlukan perencaanan keuangan jangka panjang dengan menggunkanan analisis kinerja keuangan dan prospective analysis. Tujuan dari business coaching ini adalah membuat perencanaan keuangan jangka panjang untuk Bengkel XYZ.

Workshop XYZ is a SME based in Depok and have a mission to expand their business and scope. The workshop having a difficuty in their financial management. Workshop XYZ not having a long term financial planning. Therefore, the workshop needs to construct long term financial planning using financial performance analysis and prospective analysis. The purpose of this business coaching is to help Bengkel XYZ create their long term fiancial planning."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54048
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Helmi Yulianto
"Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Casablanca Kebab yang bergerak dibidang kuliner, sekaligus membantu mencari solusi atas permasalahan tersebut. Studi ini dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif. Untuk dapat memahami kondisi UMKM, telah dilakukan beberapa analisis seperti Business Model Canvas, PESTEL, Five Forces Framework, SegmentingTargeting-Positioning (STP), bauran pemasaran 7P, VRIO, DINESERV, SWOT, dan TOWS. Berdasarkan analisis-analisis tersebut, diketahui bahwa UMKM memiliki permasalahan dalam meningkatkan kualitas pelayanan mereka dan juga meningkatkan aktivitas promosinya melalui media sosial Instagram. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, terdapat beberapa solusi yang diberikan kepada UMKM untuk dapat diimplementasikan. Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan UMKM, maka dilaksanakan implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan dan juga pengenalan pengetahuan dasar mengenai pelayanan prima (service excellence) kepada para karyawannya melalui pelatihan yang sesuai. Sementara itu solusi untuk meningkatkan aktivitas promosi UMKM dilaksanakan dengan melakukan perbaikan strategi promosi media sosial khususnya Instagram, baik dari sisi perencanaan, implementasi dan juga bagaimana cara melakukan evaluasinya.

The purpose of this study is to analyze the problems and challenges faced by Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) called Casblanca Kebab that engaged in culinary industry, and also to seek solutions to its problems. This study is using descriptive qualitative methods. In order to understand the MSMEs condition, several analysis was conducted such as Business Model Canvas, PESTEL, Five Forces Framework, Segmenting-Targeting-Positioning (STP), 7Ps Marketing Mix, VRIO, DINESERV, SWOT, and TOWS. In accordance with the abovementioned analysis, it is revealed that MSMEs had the problem in improving their service quality and also improving their promotional activities through Instagram. To overcome those problems, there are several solutions provided to MSMEs to be implemented. In order to improve MSMEs' service quality, Service Standard Operating Procedures (SOP) was implemented and basic knowledge of service excellence was introduced to MSMEs' employees through appropriate training. The SOP implementation process starts from evaluating customer contact, developing SOP, socialization, accompaniment and monitoring, and also evaluation of those SOP during monitoring period. Meanwhile the solution to increase MSMEs' promotional activities was done by improving their promotion strategies through Instagram, both in term of planning, implementation and also how to conduct the evaluation."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rivaldi H Hadiatmadja
"Tesis ini membahas strategi market development yang dijalankan oleh coach dalam bentuk kegiatan sales promotion di Bengkel XYZ. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Bengkel XYZ bergerak di bidang industri otomotif dan terletak di Margonda, Depok, Jawa Barat, menyediakan layanan penjualan aksesoris dan onderdil, perawatan berkala dan perbaikan, serta peningkatan peforma mobil. Untuk mengetahui kendala, khususnya dibidang pemasaran, yang dialami oleh Bengkel XYZ, coach melakukan proses observasi lapangan, wawancara dengan pemilik, dan penyebaran kuesioner terhadap pelanggan. Hal ini dilakukan agar data-data tersebut dapat menjadi dasar dari strategi market development yang akan diterapkan di Bengkel XYZ.

This thesis discusses the strategy of market development which is run by coach in the form of sales promotion activity in Bengkel XYZ. MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) XYZ's workshop is engaged in the automotive industry and is located in Margonda, Depok, West Java, providing sales service of accessories and spare parts, periodic maintenance and repair, and improved car performance. To know the obstacles, especially in the field of marketing, experienced by XYZ Workshop, the coach conducts field observation, interviews with the owner, and distributes questionnaires to customers. This is done so that these data can be the basis of market development strategy that will be applied in XYZ Workshop."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldila Septia Berdapaningtyas
"ABSTRAK
UKM yang menawarkan produk pakaian wanita dengan aplikasi sulam yang bernama Aleyka Baju Sulam Indonesia. Fokus dari tesis ini adalah peningkatan nilai pelanggan unggul, pengembangan pasar melalui media online serta peningkatan efisiensi biaya dari UKM. Business coaching ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif yaitu depth interview dengan pelaku UKM.
Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan business coaching menunjukkan beberapa perbaikan terkait dengan pembentukan lini produk untuk menguatkan nilai pelanggan unggul, pengembangan pasar melalui media online yang dilakukan melalui media sosial online dan website serta peningkatan efisiensi biaya produksi melalui penjalinan kerja sama dengan distributor bahan baku dan efisiensi biaya saluran distribusi melalui media online.

ABSTRACT
The thesis that is carried out in the form of business coaching discusses an SME that is offering women's clothing with embroidery application named Aleyka Baju Sulam Indonesia. The focus of this thesis is the superior customer value enhancement, development of the market through online media as well as increased cost efficiency of SMEs. Business coaching is conducted using qualitative methods of depth interview with SMEs.
The results obtained from the implementation of the business coaching show some improvement associated with the formation of product lines to strengthen superior customer value, market development through online media is done through online social media and website as well as increased cost efficiency of production through establishing cooperation with distributors of raw materials and cost efficiency distribution channels through online media.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>