Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahayu Puji Astuti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor internal dan eksternal terhadap kelelahan yang terjadi pada pengemudi Bus Transjakarta Koridor 9. Variabel yang diteliti adalah usia, IMT, dan kuantitas tidur sebagai faktor internal. Shift kerja, durasi mengemudi, dan waktu istirahat sebagai faktor eksternal. Kelelahan diukur menggunakan kuesioner kelelahan subjektif dari IFRC. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar pengemudi mengalami kelelahan ringan. Umumnya kelelahan tersebut mengarah pada pelemahan aktivitas. Obesitas merupakan satu-satunya faktor dalam penelitian ini yang berhubungan dengan kelelahan yang terjadi pada pengemudi Bus Transjakarta Koridor 9 tahun 2014.

This study aims to determine relationship internal factor and external factor with fatigue in Transjakarta Bus driver corridor 9. Variable examined include age, IMT, and quantity of sleep as internal factors. Workshift, driving duration, and breaking time as an external factors. The instrument of this study is questionnaire subjective feeling of fatigue of IFRC. The results of this study are most driver experienced mild fatigue. The general fatigue leads to weakening activity. Obesity is the only factor in this study is related to driver fatigue which occurs in TransJakarta Bus Corridor 9, 2014."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S55588
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angga Hadi Nugraha
"Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi risiko kecelakaan pada operator dan pengawas di PT Adaro Indoonesia berdasarkan paradigma psikometrik. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 229 orang yang terdiri dari 122 operator dan 107 pengawas. Penelitian yang dilakukan dengan dua metode, yaitu menggunakan kuesioner persepsi risiko berdasarkan paradigma psikometrik (kuantitatif) dan wawancara yang ditujukan kepada para operator dan pengawas (kualitatif). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persepsi secara umum responden masih kurang baik. Apabila ditinjau berdasarkan jabatan, persepsi risiko operator sudah baik, sedangkan persepsi risiko pengawas masih kurang baik. Apabila ditinjau berdasarkan perusahaan tempat responden bekerja, persepsi risiko responden yang berasal dari RA dan SIS sudah baik. Sebaliknya, persepsi risiko responden yang berasal dari PAMA dan BUMA masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan diharapkan menciptakan dan meningkatkan program-program yang efektif untuk meningkatkan persepsi dan awareness terhadap risiko pekerja.
The core aim of the present study is to analyze risk perception of accident among operators and group leader in PT Adaro Indonesia based on psychometric paradigm. Number of involved samples are 229 workers. They consist of 122 operators and 107 group leader. This study is conducted by questionnaire survey and interviews. The result showed that risk perception of samples are low. Based on their occupation, operator?s risk perception are good but risk perception of supervisors are low. According to company, the result showed that samples came from RA and SIS has good risk perception. Contrast with samples came from PAMA and BUMA, their risk perception are low From the result, company should create and develop effective programs to increase risk perception of workers and their awareness."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T39279
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library