Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 48 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Umeir Fata Amaly
"Komplek Apartemen Elevee berlokasi di kawasan alam sutera yang terdiri dari 6 tower apartemen dan 3 basement. Pada proses pembangunan tahap pertama dibangun 3 tower dan 3 basement terlebih dahulu. Peralatan utama plambing yang ikut dibangun di tahap pertama yaitu tangki air bawah (CWT) dengan volume sebesar 1250m3 dan penampungan air limbah (STP 1) dengan volume sebesar 531m3/hari. Sumber utama air bersih berasal dari kawasan air bersih kawasan alam sutera, yang dikumpulkan di tangki air baku kemudian di filter dan disimpan ke tangki air bawah. Dari tangki air bawah air di distribusikan ke tangki air atap masing-masing tower. Kapasitas pompa transfer ke tower 1 sebesar 45m3/jam dengan daya 39,5 kW dengan kapasitas tangki atas 56m3, kapasitas pompa transfer ke tower 2 sebesar 55m3/jam dengan daya 56 kW dengan kapasitas tangki atas 70m3, dan kapasitas pompa transfer ke tower 7 sebesar 33m3/jam dengan daya 31 kW dengan kapasitas tangki atas 50 m3. Dari tangki atap masing-masing tower di distribusikan secara grafitasi kecuali lima lantai teratas yang menggunakan bantuan pompa tekan. Air buangan dari masing-masing kamar mandi unit dialirkan menuju pipa tegak dan dialirkan ke penampungan air limbah utama yang berada di basement 2. Air hujan yang jatuh dari atap masing-masing tower dialirkan menuju pipa tegak dan dialirkan ke sumur resapan yang berada di sekitar tower apartemen. Jumlah sumur resapan untuk tower 1 sebanyak 12 buah, Jumlah sumur resapan untuk tower 2 sebanyak 8 buah, dan Jumlah sumur resapan untuk tower 7 sebanyak 6 buah. Kapasitas masing – masing sumur resapan sebesar 18 m3.
The Elevee Apartment is located in the Alam Sutera area, consisting of 6 apartment towers and 3 basements. In the first phase of development, 3 towers and 3 basements were constructed. The main plumbing equipment built in the first phase includes the ground water tank (CWT) with a volume of 1250m3/day and the waste water treatment plant (STP 1) with a volume of 531m3/day. The main source of clean water comes from the Alam Sutera clean water area, collected in the raw water tank, then filtered, and stored in the underground water tank. From the underground water tank, water is distributed to the roof tanks of each tower. The transfer pump capacity to tower 1 is 45m3/hour with a power of 39.5 kW and a roof tank capacity of 56m3. The transfer pump capacity to tower 2 is 55m3/hour with a power of 56 kW and a roof tank capacity of 70m3. The transfer pump capacity to tower 7 is 33m3/hour with a power of 31 kW and a roof tank capacity of 50 m3. From the roof tank of each tower, water is distributed by gravity except for the top five floors, which use booster pumps. Waste water from each bathroom unit is directed to vertical pipes and then collected into the main waste water storage located in basement 2. Rain water from the roof of each tower is directed to vertical pipes and flowed into infiltration wells located around the apartment tower. The infiltration wells for tower 1 is 12 units, for tower 2 is 8 units, and for tower 7 is 6 units. The capacity of each infiltration well is 18 m3."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Naufal Aziz
"Pelabuhan merupakan salah satu bagian dari sistem transportasi yang berfungsi sebagai tempat bongkar muat arus barang dan penumpang. Begitu pula yang terjadi dengan pelabuhan penyeberangan Biaro. Saat ini, kondisi pelabuhan penyeberangan Biaro cukup memprihatinkan. Perlu dilakukan rehabilitasi untuk mengoptimalkan kondisi pelabuhan. Salah satu prasyarat adanya kegiatan rehabilitasi di lingkungan kementerian perhubungan adalah dengan disusunnya rencana induk pelabuhan yang didalamnya memuat zonasi wilayah daratan dan perairan pelabuhan. Pengaturan dan pengendalian operasional di Pelabuhan yang digunakan untuk melayani angkutan penyeberangan dilaksanakan dengan menggunakan sistem zonasi seperti yang ada di dalam PM. 91 tahun 2021. Hasil penentuan zonasi daratan dan perairan pelabuhan penyeberangan Biaro diuji dan dipastikan faktor keselamatannya menggunakan dua metode. Pertama, pencocokan dengan petunjuk teknis di internal kementerian perhubungan. Kedua, analisis faktor keselamatan menggunakan metode bow tie analysis. Hasil dari penentuan zonasi daratan dan perairan pelabuhan berupa gambar teknik zonasi daratan pelabuhan penyeberangan Biaro dan gambar teknik zonasi perairan pelabuhan penyeberangan Biaro.

The port is a part of the transportation system that functions as a loading and unloading place for the flow of goods and passengers. The same thing happened with the ferry port of Biaro. Currently, the condition of the ferry port of Biaro is quite worrying. Rehabilitation needs to be carried out to optimize port conditions. One of the prerequisites for rehabilitation activities within the Ministry of Transportation is the preparation of a port master plan which includes zoning of the port's land and water areas. Operational arrangements and control at ports used to serve ferry transportation are carried out using a zoning system as in the regulation number PM. 91 of 2021. The results of determining the land and water zoning of the ferry port of Biaro were tested and confirmed for safety factor using two methods. First, matching with technical instructions within the Ministry of Transportation. Second, safety faktor analysis using the bow tie analysis method. The results of determining the land and water zoning of the port are in the form of a technical drawing for the land zoning of the ferry port of Biaro and a technical drawing for the water zoning of the ferry port of Biaro.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Arbi Ramadhan S
"Hydraulic Excavator PC4000 brand Komatsu merupakan unit excavator hidrolik terbesar yang beroperasi di wilayah pertambangan indonesia dengan kapasitas produksi sebesar (22 m3) yang masuk di indonesia melalui distributor tunggal resmi Komatsu yaitu PT. United Tractors Tbk. Terdapat 7 unit hydraulic shovel PC4000 yang beroperasi di wilayah pertambangan batubara Lati Mining Operation (LMO) – Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dengan pemilik alat PT Bukit Makmur. Hydraulic Excavator merupakan alat produksi (loading) utama untuk memuat material tanah atau Over Burden (OB) yang mana kesiapan (availability) unit sangat berpengaruh besar terhadap pencapaian produksi tanah overburden. Salah satu masalah yang terjadi pada excavator hidrolik PC4000 adalah kerusakan pada klem pipa hidrolik yang menyebabkan tidak tercapainya kesiapan unit untuk menunjang proses produksi. Untuk mengatasi problem tersebut berdasarkan hasil analitik fishbone – cause/effect diagram dibuatlah upaya perbaikan dan modifikasi bagian klem pipa hidrolic dengan merubah jenis material yang digunakan. Dalam penerapan upaya modifikasi dan perbaikan dilakukan beberapa proses seperti penentuan tindakan perbaikan, simulasi perbaikan, persiapan dokumen kerja yang terkait perizinan, flow proses kerja serta kajian keselamatan dan kesehatan kerja (JSA & WI) dan proses evaluasi kerja

Hydraulic Excavator PC4000 Komatsu brand is the largest hydraulic excavator unit operating in the Indonesian mining area with a production capacity of (22 m3) which enters Indonesia through Komatsu's official sole distributor, namely PT. United Tractors Tbk. There are 7 PC4000 hydraulic shovel units operating in the Lati Mining Operation (LMO) coal mining area - Berau Regency, East Kalimantan with the owner of PT Bukit Makmur. This Hydraulic Excavator is the main production (Loading) tool for loading soil material or Over Burden (OB) where the readiness (availability) of the unit greatly influences the calculation of achieving annual overburden soil production. One of the problems that occurred with the PC4000 hydraulic excavator was damage to the hydraulic pipe clamps which caused the units to not be ready to support the production process. To overcome this problem, based on the results of the analysis of the fishbone – cause/effect diagram, an attempt was made to repair and modify the hydraulic pipe clamps by changing the type of material used. In implementing modification and improvement efforts, several processes are carried out such as determining corrective actions, simulating repairs, preparing work documents related to licensing, work process flow and occupational safety and health studies (JSA & WI) and work evaluation processes"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Riadi
"Laporan Praktik Keinsinyuran (PK) ini memuat tentang kegiatan PK yang dilakukan penulis pada masa lampau. PK yang dilakukan terkait dengan pembangunan salah satu kapal milik PT. ASDP Indonesia Ferry (ASDP) yang disiapkan untuk melayani kebutuhan transportasi penyebrangan di lintas Lembar – Padangbai. Lingkup PK yang dilakukan adalah melakukan desain dan analisis terhadap pemilihan propeller kapal dan kesesuaiannya dengan daya mesin utama kapal untuk mendapatkan kecepatan kapal sesuai desain awal. Laporan PK ini mencakup pembahasan tentang identifikasi aplikasi keilmuan, identifikasi aplikasi dasar keinsinyuran berupa Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lindung Lingkungan (K3LL), Kode Etik Insinyur (KEI) dan profesionalisme, serta identifikasi pemecahan masalah yang ada di dalam kegiatan PK yang dilakukan. Hasil identifikasi aspek K3LL, KEI, dan profesionalisme ini akan memberikan pengalaman dan pembelajaran yang dapat digunakan di dalam pelaksanaan kegiatan PK di kemudian hari. Sehingga dengan demikian, membangun kompetensi penulis untuk menjadi Insinyur yang ideal yaitu Insinyur yang beretika, berpengalaman serta profesional di bidangnya.

This Engineering Practice Report (PK) contains PK activities carried out by the author in the past. The PK was related to the construction of one of the ships owned by PT. ASDP Indonesia Ferry (ASDP) to serve the route Lembar – Padangbai. The scope of the PK is to design and analyze the selection of the ship's propeller and its suitability with the main engine to reach the planned speed based on the initial design. This PK report includes a discussion of identifying scientific applications, identifying basic engineering applications in the form of Health, Safety, and Environmental Protection (K3LL), Engineer Code of Ethics (KEI), and professionalism, as well as identification of problem-solving. The results of identifying aspects of K3LL, KEI, and professionalism will provide useful knowledge in implementing PK activities in the future. So thus, building the author's competence to become an ethical, experienced and professional engineer."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Herman Saputra
"Pembangunan fasilitas pemprosesan migas terapung di Indonesia ini dapat meningkatkan pasokan gas dalam negri dan meningkatkan target lifting gas bumi. Proyek ini secara nasional sudah tercatat dan diakui telah melakukan percepatan pengiriman FPU (Floathing Production Unit) untuk sail away 6 bulan lebih awal dari target 4 tahun menjadi 3.5 tahun dan penghematan biaya yang cukup besar. Strategi untuk melakukan percepatan tersebut dengan melakukan fabrikasi dan Engineering Hull, LQ dan Topside Module secara bersamaan di lokasi yang berbeda. Engineering dan Fabrikasi Hull dan LQ dilakukan di Korea Selatan dan Topside Module dilakukan di Karimum Yard, Kepulauan Riau.
Dalam laporan Praktik Keinsinyuran ini, Penulis akan mengambil sebagian kecil dari analisa yang telah dilakukan yaitu proses loadout ITM (Integrated Topside Module) ke atas Hull. Analisa pada Praktik Keinsinyuran ini adalah perhitungan maksimum kekuatan memanjang Hull, kondisi SWSF dan SWBM yang terjadi pada saat ITM load ditrasfer ke Hull dengan mempertimbangan 2 ketinggian pasang surut air laut.
Hasil perhitungan SWBM dan SWSF menunjukan nilai yang terjadi ketika load transfer dibawah dari allowable maksimum nilai yang diizinkan oleh DNV Class dan internal standard perusahaan.
1. Maksimum SWBM yang terjadi adalah +119968 Ton.m (Hogging) dan nilai ini dibawah toleransi yang diizinkan +299000 Ton.m.
2. Maksimum SWSF yang terjadi pada saat loadout adalah -6179.6 Ton (negatif) yang terjadi di Frame 23. Nilai tersebut masih dibawah toleransi yang diizinkan -7000 Ton

The new construction offshore floating oil and gas processing facilities in Indonesia could increase domestic gas supplies and increase natural gas lifting targets. This completed project recorded and recognized nationally as one of accelerated project which ready to sail away and delivered FPU (Floating Production Unit) 6 months earlier from the target of 4 years to 3.5 years, hence reduced significantly cost.The strategic plan to accelerate is by performing fabrication and engineering the Hull, LQ and Topside Module simultaneously in different locations. Engineering and Fabrication Hull and LQ performed in South Korea and Complete Topside Module performed at Karimum Yard, Riau Islands.
In this part of “Praktik Keinsinyuran” report, the Author only will take a small part of several analysis that performed previously and focus on Loadout process ITM (Integrated Topside Module) from the jetty to Hull. The analysis will explain and check the maximum longitudinal strength of the Hull SWSF and SWBM conditions that occurred during transfer vertical load ITM to the Hull by considering 2 tidal heights.
The summary result shows SWBM and SWSF values within the acceptance criteria by DNV rules and Company internal standard.
1. The maximum calculated SWBM during loadout is +119968 Ton.m (Hogging) at Frame 17 and this maximum value is below the maximum allowable value in +299000 Ton.m.
2. The maximum calculated SWSF during loadout is -6179.6 Tons (negative) at Frame 23 and this value is below the maximum allowable value inof -7000 Tons.
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Dokumentasi  Universitas Indonesia Library
cover
Brian Christiantoro
"Laporan Praktik Keinsinyuran ini menggambarkan desain sumur eksplorasi migas di Lapangan "A" di Indonesia. Fokus utama adalah pada eksplorasi sumber daya migas yang terdapat dalam formasi batuan. Karena target eksplorasi berada dalam kondisi High Pressure & High Temperature (HPHT) dan pada kedalaman yang signifikan, desain sumur menjadi krusial untuk menjamin keberhasilan dan keselamatan operasi pengeboran. Proses desain dimulai dengan penetapan well trajectory dimana metode Minimum Curvature digunakan untuk menentukan lintasan pengeboran berbentuk 'S' dari permukaan ke target. Desain ini memungkinkan pencapaian target vertikal meski terdapat keterbatasan koordinat permukaan, mengakomodasi isu pembebasan lahan. Selanjutnya, ukuran lubang dan casing sumur ditetapkan. Desain ini didasarkan pada kebutuhan akuisisi data, metode coring, dan wireline logging. Diagram hole and casing size selector membantu menentukan ukuran yang paling sesuai untuk setiap trayek sumur. Pertimbangan efisiensi biaya mengarah pada pemilihan liner daripada casing penuh untuk tahap tertentu, terutama di trayek terakhir yang memerlukan hydraulic fracturing. Penentuan casing setting depth dilakukan dengan menggunakan data gradien tekanan pori dan tekanan rekah formasi batuan, dengan mempertimbangkan safety factor dan hasil analisis sumur offset di lapangan. Proses ini menetapkan kedalaman kaki casing yang optimal untuk setiap trayek sumur, dengan mempertimbangkan aspek perlindungan sumber air bawah tanah dan pengaturan peralatan pengeboran. Desain casing dan pemilihan spesifikasi casing dilakukan berdasarkan standar internasional API. Aspek teknis seperti burst, collapse, axial, dan triaxial stress diperhitungkan untuk memastikan integritas struktural sumur. Secara keseluruhan, laporan ini menyajikan metodologi desain sumur eksplorasi migas di Lapangan "A", menyoroti tantangan dan solusi dalam eksplorasi migas di lingkungan HPHT. Pendekatan ini diarahkan untuk mencapai pengeboran yang efisien dan aman, esensial dalam industri migas.

This Engineering Practice Report describes the design of oil and gas exploration wells in "A" Field in Indonesia. The primary focus is on the exploration of hydrocarbon resources found in rock formations. Given that the exploration target is in a High Pressure & High Temperature (HPHT) environment and at significant depth, the well design is crucial for ensuring the success and safety of drilling operations. The design process begins with the determination of the well trajectory, using the Minimum Curvature method to define an 'S'-shaped drilling path from the surface to the target. This design allows for the achievement of vertical targets despite limitations in surface coordinates, accommodating land acquisition issues. Next, the sizes of the wellbore and casing are established. This design is based on data acquisition needs, coring methods, and wireline logging. The hole and casing size selector diagram aids in determining the most suitable sizes for each well trajectory. Cost efficiency considerations lead to the selection of liners over full casing for certain stages, particularly in the final trajectory requiring hydraulic fracturing.

The determination of casing setting depth is conducted using data on pore pressure gradients and formation fracture pressures, considering a safety factor and results from the analysis of offset wells in the field. This process sets the optimal casing shoe depth for each well trajectory, considering aspects such as protection of underground water sources and the arrangement of drilling equipment. The design and selection of casing specifications are based on international API standards. Technical aspects such as burst, collapse, axial, and triaxial stress are considered to ensure the structural integrity of the well. Overall, this report presents a methodology for designing hydrocarbon exploration wells in "A" Field, highlighting the challenges and solutions in hydrocarbon exploration in HPHT environments. This approach is aimed at achieving efficient and safe drilling, essential in the oil and gas industry."

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fathur Rahman
"Pengelaran jalur pipa baru dapat memanfaatkan fasilitas lahan yang tersedia dengan bekerjasama dengan perusahaan lain pemilik lahan yang ada untuk mengurangi biaya pembebasan lahan dan menghemat jadwal proyek. Dalam proyek ini pipa baru milik perusahaan Pertagas melalui lahan Right of Way (RoW) yang telah ada jalur pipa perusahaan Eni.  Jalur pipa Pertagas tersebut bersilangan dengan jalur pipa aktif milik Eni di bawah tanah dengan kedalaman 5m dan jarak antara pipa 1m. Untuk melaksanakan proyek ini diperlukan kerjasama antar kedua perusahaan agar aspek legal dan aspek teknis integritas pipa terjaga dengan aman. Tahapan proyek dimulai dengan aspek legal berupa perjanjian persilangan jalur pipa antara kedua perusahaan. Kemudian dilanjutkan aspek teknis dengan mengumpulkan data survey lokasi dan kedalaman pipa aktif yang beroperasi. Setelah kedalaman dikonfirmasi maka perencanaan desain konstruksi dimulai dengan perencanaa gambar teknis dan menghitung potensi longsor tanah saat penggalian lubang pit untuk peletakan alat pengeboran. Metode identifikasi bahaya saat konstruksi (Hazid) dilakukan sebelum pelaksanaan agar dapat diketahui resiko bahaya yang terjadi dan mitigasi yang dapat diterapkan. Aspek K3 keselamatan dan keamanan bekerja diterapkan baik untuk alat dan pekerja proyek. Pelaksanaan pengeboran dilakukan setelah semua pihak melakukan cek list persetujuan dan komunikasi tanggap darurat telah siap di lapangan. Proses pengeboran horizontal berjalan sesuai dengan desain dan pipa yang terpasang kemudian diperiksa untuk memastikan tidak menganggu integritas pipa aktif yang ada. Evaluasi menunjukkan dari aspek teknis pelaksanaan telah sesuai perencanaan desain yang tertuang dalam prosedur metoda kerja dengan menerapkan aspek quality selama pengeboran dan pemasangan pipa. Namun pemulihan kembali situs area kerja ke kondisi semula menjadi temuan yang perlu pemeliharaan berkelanjutan. Sementara itu evaluasi penerapan keselamatan masih perlu ditingkatkan khususnya pekerja yang bekerja di bawah tanah yang berpotensi resiko bahaya bekerja di ruang terbatas. Kesimpulan dari pekerjaan persilangan pipa ini adalah pemilihan metode pengeboran horizontal merupakan pilihan tepat karena jarak penggalian lubang mencukupi dan tidak menganggu aktivitas pipa yang sedang beroperasi.

Installation of a new pipeline route can used existing land facilities by collaborating with other land owned companies to reduce land acquisition cost and save project schedules. In this project, the new pipeline is owned by the company Pertagas and through the existing Right of Way (RoW) owned by company Eni, where Pertagas pipeline crossing with Eni active pipeline underground at a depth of 5 meters with a 1 meter spacing between the pipes. To carry out this project, cooperation between both companies are required to ensure both legal and technical aspects of pipe integrity are safely applied. The project stages begin with the legal aspect, which involves an agreement on the pipeline crossing between the two companies. Then the technical aspects continued by collecting data survey and the depth of active pipes in operation. Once the depth was confirmed, the construction design planning begins, including technical drawings and calculating the potential soil erosion during pit excavation for boring equipment placement. Hazard identification during construction (Hazid) is conducted before implementation to determine potential hazards and the applicable mitigation measures. Occupational health and safety (K3) aspects are applied for both equipment and project workers. Boring work is carried out after all parties have completed approval checklist and emergency communication is ready on-site. The horizontal boring performed according to design, and the installed pipes are tested to ensure they do not interfere with the integrity of the existing active pipes.

The evaluation indicates that, from a technical perspective, the implementation is in line with the planned work procedures, by applying quality aspects during boring and pipe installation. However, site restoration to its original condition requires follow up maintenance. Meanwhile, the evaluation of safety implementation still needs improvement, especially for workers working underground in confined spaces. The conclusion from this pipe crossing work is that horizontal boring method is the right choice due to the excavation pit distance is sufficient and does not interfere with the activities of live pipeline that are currently operating."

Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nasruddin
"Laporan praktik keinsinyuran ini mendokumentasikan langkah-langkah, tantangan, dan keputusan strategis dalam pengembangan prototipe AC untuk Kereta Ringan Hibrid dan Cerdas (KRHC) 35kW. Laporan ini bertujuan memberikan gambaran rinci terkait implementasi konsep keinsinyuran dalam pengembangan teknologi pendinginan inovatif untuk kendaraan kereta ringan. Manfaat laporan ini adalah memberikan pemahaman mendalam bagi pembaca, terkait aspek teknis dan pengambilan keputusan dalam pengembangan AC untuk KRHC 35kW. Selain itu, laporan ini dapat berkontribusi dalam memberikan pemahaman pada mahasiswa, peneliti, dan praktisi keinsinyuran yang tertarik dalam pengembangan teknologi transportasi ramah lingkungan. Aspek Dasar Keselamatan, Kesehatan, dan Kelestarian Lingkungan (K3LL) dan penerapan Kode Etik Insinyur (KEI) menjadi pondasi utama dalam pengembangan prototipe AC untuk KRHC 35kW. K3LL memastikan tidak hanya efektivitas pada teknis AC, akan tetapi juga pada kesejahteraan tim dan dampak lingkungan melalui standar keselamatan, dukungan kesehatan, kebijakan kelestarian lingkungan, dan evaluasi risiko. Sedangkan KEI menjamin keselamatan, kesehatan masyarakat, dan kerahasiaan informasi, sambil mendorong keberlanjutan lingkungan. Pada tahap pengembangan, fokus diberikan pada inovasi desain, efisiensi energi, dan keamanan operasional. Keberhasilan prototipe AC mencerminkan keterampilan teknis, manajemen proyek, dan komitmen terhadap inovasi. Prototipe ini membuka peluang untuk penerapan teknologi serupa pada pengembangan kendaraan kereta ringan hibrid dan cerdas di masa depan.

This engineering practice report meticulously captures the intricate steps, formidable challenges, and pivotal strategic decisions entailed in crafting a prototype Air Conditioning (AC) system for the Lightweight Hybrid and Smart Train (KRHC) boasting a cooling capacity of 35kW. The primary objective is to furnish a comprehensive insight into the application of engineering principles in the development of cutting-edge cooling technology tailored for lightweight train vehicles. The report's significance extends to offering a profound understanding for readers intrigued by the intricate technical facets and nuanced decision-making processes inherent in the AC development for KRHC 35kW. Furthermore, this report significantly contributes to the knowledge pool of students, researchers, and engineering professionals with an interest in the development of eco-friendly transportation technologies. Foundational elements such as Safety, Health, and Environmental Sustainability (K3LL), coupled with the steadfast adherence to the Engineer's Code of Ethics (KEI), constitute the bedrock of the AC prototype development for KRHC 35kW. K3LL ensures not only the technical prowess of the AC but also the well-being of the development team and the environmental footprint through adherence to safety standards, healthcare support, environmental sustainability policies, and comprehensive risk evaluations. KEI plays a pivotal role in assuring safety, public health, and the confidentiality of project information, concurrently championing environmental sustainability. Throughout the developmental stages, unwavering focus is directed towards fostering design innovation, enhancing energy efficiency, and fortifying operational safety. The resounding success of the AC prototype serves as a testament to the collective technical acumen, astute project management, and unwavering dedication to innovation. Beyond its immediate achievement, this prototype heralds opportunities for the widespread application of similar technologies in the ongoing evolution of lightweight hybrid and smart train vehicles."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dicky Al Anshari
"Pengaliran fluida dari sumur menuju ke fasilitas terapung dan dari fasilitas terapung (Floating Production Unit/FPU) ke fasilitas ekspor memerlukan riser sebagai medianya. Dengan mempertimbangkan beban dinamik yang terjadi di FPU, riser dengan tipe fleksibel menjadi pilihan yang utama untuk digunakan. Untuk mendapatkan kemampuan menahan beban dinamik ini, flexible riser memiliki desain yang khusus, dimana pembuatannya dilakukan dengan menggabungkan beberapa komponen yang sesuai dengan fungsi nya masing-masing. Salah satu komponen utama pembentuk riser adalah carcass yang berbentuk corrugated profile,  menggunakan alloy sebagai materialnya pembentuknya. Dengan bentuk corrugated profile ini, penggunaan inspeksi yang umum dilakukan seperti ILI (In Line Inspection) tidak mampu memberikan hasil yang jelas. Untuk mengatasi permasalahan ini, cara inspeksi yang dilakukan adalah dengan melakukan tes pada annulus risernya. Inspeksi ini dijelaskan secara lebih rinci dalam Laporan Kerja Praktik Keinsinyuran ini.

The flow of fluids from the well to the Floating Production Unit (FPU) and from FPU to the export facility requires a riser as a medium. Considering the dynamic loads occurring in the FPU, a flexible riser is the primary choice applied for this condition. To achieve the capability to withstand these dynamic loads, flexible risers have a specific design, where their construction involves combining several components that correspond to their respective functions. One of the main components forming the riser is carcass with its corrugated profile, using alloy as the material for its formation. With this corrugated profile shape, common inspection methods such as In-Line Inspection (ILI) are unable to provide clear results. To overcome this issue, the inspection method employed involves testing the annulus of the riser. This inspection is explained in more detail in this Praktik Keinsinyuran Report."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Widi Okta Nugraha
"Terjadinya crack pada outer ring dari suatu bearing pada proses produksi menjadikan perhatian lebih karena menyebabkan potensi kegagalan dalam proses pembuatan bearing. Masalah crack disebabkan adanya force yang mengenai outer ring dan melebihi force maksimum material outer ring. Oleh karena itu, perlu adanya alat untuk mendeteksi force maksimum dari outer ring. Load cell pada mesin hydraulic press digunakan untuk melihat besarnya force yang mengenai outer ring dengan beban tekan. Kemudian dilakukan perhitungan numerik menggunakan LS-Dyna dengan elemen meshing hexahedral dan tetrahedral pada outer ring. Dari penghitungan maksimum force menggunakan load cell didapatkan maksimum force pada outer ring sampai terjanya crack, yaitu sebesar 2,2 kN dan 2,4 kN. Dari perhitungan numerik LS-Dyna didapatkan maksimum force sebesar 2,5 kN pada element hexahedral 0,25 mm dan 2 kN pada ukuran 0,5 mm. Sedangkan, pada elemen tetrahedral 0,5 mm didapatkan force 1,44 kN dan pada elemen 0,25 mm didapatkan force sebesar 1,18 kN. Dari analisis energy balance, didapatkan bahwa dengan elemen meshing hexahedral di dapatkan nilai internal energy yang steady state dan convergence setelah 90 ms. Sedangkan, pada elemen meshing tetrahedral nilai internal energy tidak convergence. Jadi, dapat disimpulkan bahwa simulasi beban tekan pada outer ring lebih sesuai jika memakai elemen meshing hexahedral.

The problem of cracks in the outer ring of a bearing during the production process is of greater concern because it causes potential failure in the bearing manufacturing process. The crack problem is caused by a large force hitting the outer ring and exceeding the maximum force of the outer ring material. Therefore, it is necessary to have a tool to detect the maximum force from the outer ring. The load cell on a hydraulic press machine is used to see the amount of force that hits the outer ring with a compression loading. Then numerical calculations were carried out using LS-Dyna using hexahedral and tetrahedral meshing elements on the outer ring. From calculating the maximum force using a load cell, the maximum force on the outer ring until the crack occurs is 2.2 kN and 2.4 kN. From the LS-Dyna numerical calculations, it was found that the maximum force was 2.5 kN on the hexahedral element 0.25 mm and 2 kN on the 0.5 mm size. Meanwhile, on a tetrahedral element 0.5 mm a force of 1.44 kN is obtained and on a 0.25 mm element a force of 1.18 kN is obtained. From the energy balance analysis, it was found that with hexahedral meshing elements, steady state and convergence internal energy values ​​were obtained after 90 ms. Meanwhile, in the tetrahedral meshing element, the internal energy value does not converge. So, it can be concluded that simulating the compressive load on the outer ring is more suitable if using hexahedral meshing elements."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>