Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arsi Wedyarto
"Penelitian ini mengenai hubungan antara komponen cinta dari Strenberg yang terdiri dari intimacy, passion dan commitment dengan kepuasan pernikahan pada pernikahan tahap akhir. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori yang mengatakan bahwa pada pernikahan tahap akhir, kepuasan pernikahan akan meningkat. Namun ternyata ada beberapa pasangan pada pernikahan tahap akhir yang justru bercerai. Faktor cinta dalam hal ini komponen cinta dianggap berpengaruh pada kepuasan pernikahan pada pernikahan tahap akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 60 orang yang terdiri dari 30 pria dan 30 perempuan. Dalam penelitian ini dipakai 2 jenis kuesioner, yaitu kuesioner komponen cinta dan kusioner kepuasan pernikahan. Semua data yang diperoleh dianalisa menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment yang terdapat pada program SPSS. Dari perhitungan yang dilakukan didapatkan hasil bahwa komponen cinta yaitu intimacy, passion dan commitment memiliki korelasi yang positif dengan kepuasan pernikahan pada pernikahan tahap akhir. Untuk memperoleh hasil yang lebih pada penelitian selanjutnya, perlu kiranya menambahkan subjek penelitian dari berbagai kelompok usia pernikahan yang berbeda.

This research is about correlation between love component theory frora Stemberg wich is consist of intimacy, passion and commitment with marital satisfaction in laterlife marriage. This research is based on a theory that emphasize in laterlife marriage, marital satisfaction will increase. But there are some couples in laterlife marrige get divorced. Love in this case, love component come across as being influential in marital satisfaction in laterlife marriage. This research use quantitative approach with research subject counted 60 persons, wich is consist 30 male and 30 female.There is any two type quesioners in this research, one is love component qusioner and second one is marital satisfaction quesioner. All the data are being analysed use correlation technique of Pearson Product Moment with SPSS Software methode. The result of this research, obtained that intimacy, passion and commitment have positive correlation with marital satisfaction in laterlife marriage. To obtain a better result in the next research, it is suggested to enhance research subject from diffrent group of marriage."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
S3532
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shaskia Yasmin Susthira
"ABSTRAK
Penelitian ini berfokus pada ada atau tidaknya peranan trait kepribadian dalam preferensi tujuan wisata pada wisatawan. Penelitian ini menggunakan Big Five Model (McCrae & Costa, 1962) untuk melihat trait kepribadian wisatawan yang kemudian dihubungkan dengan preferensi tujuan wisata mereka yang terbagi menjadi tujuan wisata alam dan tujuan wisata budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain non-eksperimental. Analisis data menggunakan statistika deskriptif, korelasi chi-square, t-test dan logistic regression. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 147 wisatawan yang berada pada usia dewasa muda, yaitu 20-40 tahun (Papalia, 2007) Dari analisis data, disimpulkan bahwa terdapat peranan dari trait kepribadian, terutama pada faktor agreableness. Selain itu juga terdapat hasil penemuan lain yang menunjukan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan preferensi tujuan wisata, peranan usia dalam preferensi tujuan wisata dan skor rata-rata wisatawan yang memilih ke wisata alam lebih tinggi dibanding yang memilih wisata budaya pada faktor agreableness.

ABSTRACT
The focus of this study is to find the role of personality traits in tourist destination preference. This study is using the Big Five Model (McCrae & Costa, 1962) for tourist personality to correlate with tourist destination wich divided into two types, nature tourist destination and culture tourist destination. This study is using quantitative approach with non-experimental design. Descriptive statistics, chisquare, t-test and logiztic regression will be used to analyze the information gathered. The sample of this study involved of 147 young adulthood tourists, between 20-40 years old (Papalia, 2007). The results of this study is there is a role from personality trait in tourist destination preference, especially for agrableness factor. Beside, the result of this study also found there is a correlation between education and tourist destination preference, the role of age in tourist destination preference and there is a different mean score in agreableness factor between tourist who chosed nature destination and culture destination."
2009
S3608
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover