Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Atikah M. Zaki
"Salah satu indikator dari mutu pelayanan bagian bedah adalah lama hari rawat pasien bedah tertentu.
Dari hasil pengamatan sebelumnya diketahui, bahwa lama hari rawat untuk pasien bedah Appendicitis di Rumah Sakit Islam Jakarta tahun 1993 cukup tinggi,yaitu 6.6 hari dengan SD 3.4.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang memberikan gambaran mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan lama hari rawat pasien bedah Appendicitis di Rumah Sakit Islam Jakarta.
Metode penelitian adalah cross sectional dengan memakai data sekunder,yang diambil dari sampel dengan No kode ICD 540.9 (Appendicitis Acut) dan No kode 542 ( Appendicitis Kronis ) yang dirawat di kelas I,II dan III, selama Th 1993.
Analisa statistik menggunakan bantuan komputer dengan memakai program Epi Info 5.01 B yang di disain oleh WHO dan C D C (center for disease control).
Dari hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa ada 4 faktor yang berasal dari faktor input (jenis penyakit dan diagnosa dasar ),faktor proses (dokter operator) dan faktor lingkungan (kelas perawatan pasien) yang berhubungan dengan lama hari rawat.
Sedangkan 4 faktor lainnya yaitu faktor umur, jenis kelamin, penjamin biaya rawat dan sifat operasi tidak dapat di buktikan berhubungan.
Jenis penyakit Appendicitis Kronis, yang mendapat tindak bedah, lama hari rawatnya lebih panjang dibandingkan dengan jenis penyakit Appendicitis Acut.
Pasien dengan diagnose dasarnya lebih dari satu, pada tindak bedah Appendik, lama hari rawatnya lebih panjang daripada pasien dengan diagnose dasarnya tunggal hanya Appendicitis saja.
Dokter operator tamu, merawat pasien lebih lama daripada dokter operator tetap (Fulltimer) Rumah Sakit.
Sedangkan lama hari rawat pasien bedah Appendik di ruang perawatan kelas III, lebih panjang dibandingkan dengan pasien yang di rawat di ruang perawatan kelas I dan II.
Diharapkan dari hasil penelitian dan saran saran yang disampaikan, dapat membantu peningkatan kualitas pelayanan pasien rawat inap pada umumnya dan pasien bedah khususnya di Rumah Sakit Islam Jakarta

One of the indicators that show the quality of cares in surgery division is the patient's post surgical length of stay in the hospital.
Previous observations showed that the length of stay of appendectomy cases at Rumah Sakit Islam Jakarta in 1993, averaging 6.6 days, with standard deviation 3.4 days, was relatively high.
This study aims at finding out information providing some ideas on the factors related to the length of stay of appendectomy patients at Rumah Sakit Islam Jakarta.
The study employs cross sectional method using secondary data from samples code numbered ICD 540.9 (Acute appendicitis) and ICD 542 (Chronic appendicitis) who were hospitalized in the first, second and third classes during 1993 period.
The statistical analysis uses Epi Info 5.01 B computer program designed by WHO as well as CDC (Centre for disease control).
The study shows that there are four factors influencing the length of stay of appendectomy patients at Rumah Sakit Islam Jakarta:
a. The input factor
1. Type of disease
2. Basic diagnoses
b. The process factor
3.The surgeons
c. The environment factor:
4. Class of hospitalize
The other four factors, age, sex, cost of care guarantor and type of operation are not proven to have significant correlation.
The length of stay of chronic appendicitis is longer than that of acute appendicitis.
Appendectomy patient originally diagnosed as having complication will have a longer stay at the hospital than a patient diagnosed with appendectomy only.
The part timer or visiting surgeons tend to keep their patients longer at the hospital, than the fulltime doctors.
The length of the hospital stay for patients in lower classroom (third class) is longer than that in the higher class, the first and second classes.
It is expected that the study results and suggestions provided, will be able to improve the quality of service of surgical patients at Rumah Sakit Islam Jakarta.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutopo
"Standarisasi benang bedah di bedah sentral rumah sakit penting untuk tujuan efisiensi biaya dan sumber daya, mengurangi terjadinya benang kadaluarsa dan kehilangan. Kesulitan untuk standarisasi sering kali disebabkan pemakai mempunyai kesukaan terhadap benang tertentu, munculnya dokter bedah baru menyebabkan muncul pula kode kode baru dan kodekode sebelumnya menjadi tidak bergerak lagi atau lambat bergeraknya. Standarisasi akan menghilangkan resiko yang akan datang terhadap stok yang berlebihan. Secara keseluruhan mengurangi kesulitan dalam administrasi dari inventori yang juga berarti mengurangi biaya inventori. Tersedianya data yang akurat pemakaian benang dapat dijadikan dasar yang Iebih baik untuk menganalisa, memperkirakan dan merencanakan pemakaian berikutnya.
Data sekunder persediaan benang bedah di Bedah Sentral RSPAD Gatot Soebroto periode Maret 1997 sampai dengan April 1998 diteliti dengan Analisis ABC sehingga diketahui pemakaian yang banyak (fast moving) dan sedikit ( slow moviig) demikian pula diketahui nilai investasi yang tinggi, sedang dan rendah. Dipiih 14 dokter spesialis sebagai respondens mewakili semua spesialis pemakai bedah sentral untuk mengisi kuesioner, sehingga didapatkan nilai kritis dan masing-masing benang bedah. Dengan pembobotan nilai investasi, nilai pemakaian dan nilai kritis tersebut didapatkan indeks kritis dari masing-masing benang.
Hasil Analisis indeks Knitis ABC sebagai berikut Kelompok A merupakan kelompok knitis tinggi terdapat 44 jenis benang bedah (28,39%) dengan nilai kumulatifpemakaian Rp 188,834.636,- (46,31 %) dan kelompok B merupakan kelompok kritis sedang terdapat 65 jenis benang (41,84%) dengan nilai kumulatif Rp 75.132.959,- (18.42%) dan kelompok C inerupakan kelompok kritis rendah terdapat 46 jenis benang (29,77%) dengan nilai investasi Rp. 143.807.411,- (35,27%). Hasil Analisis Indeks Kritis ABC tersebut selanjutnya didiskusikan untuk disederhanakan dengan cara menghapuskan jenis benang yang spesifikasinya sama dari berbagai produk dan dengan pertimbangan penilaian kritisnya benang oleh para doktcr spesialis. Hasil dari penyederhanaan jenis benang tersebut dari semula 155 jenis dapat disederhanakan menjadi 62 jenis benang. Susunan 62 jenis benang bedah tersebut merupakan standar benang bedah di Bedah Sentral RSPAD Gatot Soebroto dan ditetapkan sebagai Dafiar Benang Esensial RSPAD Gatot Soebroto.
Saran selanjutnya kepada rumah sakit adalah mengembangkan suatu formula benang bedah yang tepat yang sesuai dengan yang dibutuhkan dalam prosedur standar operasi dan lapisan jaringan, Menyusun Efficient Pack (Paket Hemat) dengan cara mengidentifikasi pemakaian benang bedahyang paling efisièn dengan menentukan jumlah yang dibutuhkan dan meminimalkan benang yang terbuang. Rumah Sakit diharapkan dalam situasi krisis moneter saat mi dapat menetapkan biaya PaNe (Paket Hemat) setiap prosedur dengan tetap mengutamakan kualitas penanganan pásien, sehingga harga terjangkau dengan kualitas terjarmin.

The standardization of surgical suture at the Central Surgery Unit is of great importance for cost efficiency and human resources. It checks the possibility of using expired suture and prevents loss. There are several difficulties in developing a standard on suture. First, standardization would be more difficult if surgeons has different preferences for certain kinds of suture. Second, new surgeons would devise new codes and thus make old codes unworkable or just too slow-moving. Stadardization could decrease a possibility of over-stocking. On the whole, it helps in inventory control and saves cost. The availability of accurate data on the use of sutures is useful for analyzing, estimating and planning future needs.
Secondary data on the inventory of surgical suturesat the Central Surgery Unit of the Central Army Hospital (RSPAD Gatot Soebrojo ) during the period March 1997 to April 1998 were used and analyzed using ABC Analysis. This analysis separated fast-moving and slow-moving sutures. In addition the analysis who divided high invesment value of suture from the low one. Fourteen specialist doctors representing defferent specialties and who frequently used the Central Surgery Unit for surgery were asked using questionaries. A critical score of the use of each type of suture was gathered. After compiling the investment score, usage score, and.critical score.
A critical index for each type of suture were developed. The result was as follows Group A represented the high critical group. This group used 44 different types of surgical suture (28.39%) amounting to a cumulative usage value of Rp. 188.834.636,- (46.31 %). Group B which represented the medium critical group, used 65 different types of surgical suture (41.84 %) amounting to a cumulative usage value of Rp. 75.132.959,- (18.42 %). Group C , which represented the low critical group, used 46 different types of sugical suture (29.77 %) amounting to a cumulative usage value of Rp. 143.807.411,- (35.27 %). Based on the importance of critical index value of sutures used by specialist doctors, the ABC Critical Index Analysis was further simplified by eliminate sutures of the same specification from different producers. Finally, 62 types of sutures out of originally 155 were chosen to be the standard surgical suture to be used at the Central Surgery Unit of the Central Army Hospital (RSPAD Gatot Soebroto ) and called as the Essential Sutures of the Central Army Hospital ((RSPAD Gatot Soebroto)
It is suggested that a special formula for surgical suture should be developed, in accordance to appropriatenes of standard operating procedure and tissues layer. An Efficient Pack (Paket Hemat) should also be devised by identifying the most efficient use of surgical suture and by determining the amount to be used, to minimize its wastage. In conclusion, during this monetary, crisis, hospitals should try to establish the cost of such an Efficient Pack (Pal-le) for each procedure affordable to the patient without even decreasing the quality of care for patients."
Depok: Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widodo Notoprodjo
"Sejalan dengan perkembangan IPTEK maka kebutuhan pelayanan kesehatan melalui tindakan bedah menjadi bentuk pelayanan yang spesialistik dan mahal. Terdapat kecenderungan penghematan biaya pada pelayanan rumah sakit dengan melakukan sentralisasi unit-unit yang memerlukan biaya tinggi atau unit sebagai cost centre diantaranya adalah kamar operasi. Rumah Sakit Umum Daerah Serang merupakan rujukan dari rumah sakit Se-Wilayah Banten . Salah satu pelayanan rujukan adalah pelayanan bedah, diantaranya tindakan operasi baik elektif maupun cito. Tidak semua operasi elektif bisa dilaksanakan sesuai dengan rencana , ada pembatalan operasi yang membawa dampak selain pada pasien juga penampilan kerja rumah sakit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pembatalan operasi elektif, yang dilaksanakan secara studi potong lintang selama 6 ( enam) bulan mulai 1 November 1997 sampai dengan 30 April 1998 di ruang Rawat Inap RSUD Serang. Pengumpulan data dilakukan dengan nenggunakan data primer berupa formulir isian dan data sekunder dari Instalasi Bedah Sentral, Rekam Medik dan Bagian personalia. Analisis statistik yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariat.
Hasil yang didapat adalah :
1. Tidak semua data variabel dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pembatalan operasi elektif lengkap tercatat dalam buku register Instalasi Bedah Sentral terutama data pendidikan dan pekerjaan pasien.
2. Persentase pembatalan operasi elektif sebesar 6,8 % ( 57 dari 833 kasus )
3. Terdapat hubungan antara pembatalan operasi elektif dengan variabel :
a. Pasien : umur, pekerjaan, kondisi medik pasien, SIO.
b. Operator : umur,pendidikan lanjutan non formal,pengalaman kerja, jabatan rangkap, bekerja di RS lain, ketidakhadiran.
c. Manajemen Instalasi Bedah Sentral : cito operasi.
4. Tidak ada hubungan antara pembatalan operasi dengan variabel :
a. Pasien : jenis kelamin, penanggung biaya, persiapan darah.
b. Operator
c. Dokter spesialis anesthesi.
SARAN-SARAN
1. Agar dibentuk organisasi yang mantap dan meliputi unsur-unsur di Instalasi BedahSentral.
2. Agar alasan pembatalan operasi baik cito maupun elektif dicatat dibuku register untuk peningkatan mutu pelayanan operasi.
3. Agar obat-obat anesthesi disediakan di Instalasi Bedah Sentral baik untuk operasi cito maupun elektif.
4. Agar operasi cito dan elektif dipisahkan baik tempatnya maupun orangnya.
5. Agar jadwal rencana operasi disebarluaskan kepihak manajemen dan instalasi terkait.
6. Agar petugas rawat inap memahami dan mentaati peraturan Instalasi Bedah Sentral.
7. Agar dilakukan penelitian lain tentang lama dan Janis operasi untuk membantu perencanaan operasi di Instalasi Bedah Sentral.

In accordance with IPTEK ( Science & Technology) development, the necessity of health service for surgery becomes specialization and expensive service. To decrease service fee, hospital centralizes the high cost units or makes the units as a cost centre, such as surgery room. Public hospital of Serang regency is the referral of other hospitals in Banten. One of referrals is surgery service, either elective surgery or emergency surgery. Not all elective can be done the same as its planning. Cancellation of surgery gets bad effect not only on patients but also on job appearance of hospital.
The purpose of this research is to know the factors related with cancellation of surgery, which used crossway study during 6 ( six ) months, from 1 st Nov 1997 to 30 01 April 1998 in hospitalize room of RSUD Serang. Collecting data is done with using primary data, such as flling form and secondary data from Central Surgery Installation, Medical Record and Personnel Department. Analysis statistics which used are Univariat and Bivariat.
The results are as follows :
1. Not all variable data from factors that connected with cancellation of elective surgery is mentioned completely in registered book of Central Surgery Installation, especially education and job of patients.
2. Percentage of cancellation of elective surgery is 6,8 % ( 57 from 833 cases )
3. There is relationship between cancellation of elective surgery and variable :
a. Patient are ; age, job, medical condition of patient , operative permit.
b. Operator are : age , informal education, job experience, double position work in other hospital, surgeon's absence.
c. Management Central Surgery Installation : emergency surgery.
4. There is no relationship between cancellation of surgery and variable : sex, cost responsible, blood preparing for patients, surgeon and anesthetist.
Suggestion :
1. Forming strong organization which containing Central Surgery Installation,
2. Reason for cancellation of surgery, either emergency or elective must be written is registered book for increasing quality and surgery service
3. The drugs of anesthetist for emergency and elective surgery, should be available in Central Surgery Installation
4. Separating emergency from elective surgery , either the place or the person
5. Schedule of surgery is informed to the management and other related installations.
6. Hospital nurses have to understand and obey the rule of Central Surgery Installation.
7. Holding research about kind and duration of surgery to be easy in arranging the planning of Central Surgery Installation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sudinarjati
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan kepuasan kerja dengan pemberian imbalan jasa karyawan non medis di RS X. Guna mengetahui hal tersebut maka desain penelitian merupakan studi deskriptif analitik dengan metode yang digunakan adalah metode telaah kasus dengan uji hipotesis statistik untuk mengetahui hubungan antara karakteristik individu maupun persepsi pemberian imbalan jasa dan kepuasan kerja. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat kepuasan kerja karyawan non medis di RS X belum mencapai tingkat cukup memuaskan. Persepsi responden yang kurang dan tidak setuju terhadap : kelayakan imbalan jasa sebanyak 77.1%, kesesuaian gaji pokok sebanyak 75.0%, kesesuaian tunjangan sebanyak 75.0%, kesesuaian insentif sebanyak 68.8%, keadilan gaji 72.9%, kesesuaian gaji dengan tanggung jawab sebesar 68.7%. Disarankan untuk lebih memperhatikan kepuasan kerja seluruh karyawan X terutama dalam pemberian imbalan jasa bagi karyawannya. Berdasarkan hal tersebut maka pihak pimpinan harus menaruh perhatian yang cukup terhadap masalah ini, agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan seoptimal mungkin terutama bila RS x ini menempati gedung barunya kelak, sebab sarana harus sesuai dengan pelayanan yang diberikan sesuai dengan tuntutan zaman diera globalisasi ini.

In order to identify factors influencing the performance of hospital personnel, this research was carried out to study the correlation between non medica personnels job satisfaction with their wages at hospital X Jakarta. Method of research was analytic descriptive by using a case study. Statistic analysis with Anova system in EPI INFO. The study showed, there s job dissatisfaction on the amount of their wages. Dissatisfaction rate of personnel on total salary was 77.1%, for main salary was 75%, for structural functional incentives was 75%, for services incentives was 68.8%, for diversification of wages was 72.9% and for job responsibility was 68.7%. Based on the above, the management has to pay more attention for the hospital personnel s job satisfaction.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library