Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hana Atikasari
"Laporan magang ini mengevaluasi prosedur substantif atas akun aset hak guna dan liabilitas sewa PT PQR yang dilakukan oleh KAP ABC serta analisis dampak penerapan PSAK 73 terhadap performa dan rasio keuangan. Evaluasi meliputi tests of details, analytical substantive procedures, serta reviu perlakuan konsolidasi pada sewa dengan entitas anak PT PQR sebagai lessor. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan praktik prosedur substantif dengan teori dan standar yang relevan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa KAP ABC telah melakukan prosedur substantif sesuai dengan teori dan standar yang relevan. Sementara itu, analisis dampak penerapan PSAK 73 dilakukan dengan membandingkan saldo-saldo saat berlakunya PSAK 73 dan apabila PSAK 30: Sewa Guna Usaha diterapkan. Dampak dari penerapan kedua standar tersebut tergolong kecil, karena PT PQR merupakan perusahaan di bidang jasa yang tidak memerlukan aset tetap untuk menghasilkan pendapatan sehingga nilai asetnya tidak jauh berbeda. Selain itu, perbedaan pengakuan beban juga tidak terlalu berbeda, sehingga rasio profitabilitas juga tidak terlalu berbeda.

This internship report focuses on evaluating the substantive procedures of right-of-use and lease liability of PT PQR which has been done by KAP ABC and analysis of the impact of PSAK 73: Leases implementation on financial performance and ratios. The evaluated procedures are tests of details, analytical substantive procedures, also consolidation treatment of right-of-use and lease liability, which PT PQR’s subsidiary, PT PQRT is the lessor. The evaluation was performed by comparing KAP ABC’s substantive procedures with relevant theories and standards. The result was KAP ABC’s procedures are in accordance with the relevant theory and standards. Meanwhile, the analysis of the impact of PSAK 73 implementation on financial performance and ratios was performed by comparing balances when PT PQR implemented PSAK 73 and balances if PSAK 30: Leases was implemented instead. The result was there is no significant impact on the implementation of both standards, because PT PQR is a service, thus it does not need to acquire fixed assets to generate revenue and its assets will not deviate much. Beside that, the difference in expenses also small, thus the profitability ratio difference is not big."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Weky Budiman
"ABSTRAK

Skripsi ini membahas persepsi kepuasan auditee yang bekerja di Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Republik Indonesia dilihat dari perencanaan audit, pelaksanaan audit, pelaporan hasil audit, dan tindak lanjut hasil audit setelah mereka diaudit oleh tim audit yang terdiri dari peran pengendali teknis, ketua tim, dan anggota tim. Tim audit berasal dari Inspektorat III yang berada di bawah Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa tidak ada perbedaan persepsi kepuasan auditee atas kinerja pengendali teknis, ketua tim, dan anggota tim dalam suatu tim audit dilihat dari keempat variabel tersebut.


ABSTRACT

This study examines auditee perception working in the Directorate General of Treasury and the Debt Management Office, Ministry of Finance of the Republic of Indonesia in terms of audit planning, audit implementation, audit reporting, and follow up the recommendation which were performed by auditor team which is consist of technical controller, leader and team members from Inspectorate III authorized by Inspectorate General of the Ministry of Finance. The design of this research is descriptive quantitative. The research proves that there is no difference perception on auditee satisfaction with auditor performance in a team reviewed from four variables mentioned earlier.

"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Filzam Yulmanto
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas dan menganalisis proses pengujian ICOFR terhadap siklus pengeluaran di sub proses pengadaan pada PT XYZ Persero yang merupakan perusahaan pertambangan minyak bumi dan gas, untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2016. Proses pengujian dilakukan oleh internal audit PT XYZ Persero . Pembahasan meliputi penentuan materialitas, penentuan akun signifikan, penilaian risiko proses bisnis, evaluasi efektivitas ICOFR. Hasil analisis pengujian ICOFR menunjukkan bahwa semua proses bisnis di dalam siklus pengeluaran di sub proses pengadaan sudah efisien. Proses pengujian ICOFR yang dilakukan oleh internal audit PT XYZ Persero telah sesuai dengan pedoman internal dan standar yang berlaku.

ABSTRACT
This report is aimed to explain and analyze the testing process of the expenditure cycle in the procurement sub sector of PT XYZ Persero , a petroleum and gas mining company, for the year ended December 31, 2016.The testing process was conducted by internal auditor of PT XYZ Persero . The discussions covers determining materiality, determining significant accounting, business process risk assessments, and evaluation of the effectiveness of ICoFR. The test results showed that all business processes in the expenditure cycle in the sub procurement process has been efficient. The ICoFR testing process conducted by the internal audit of PT XYZ Persero has complied with the internal guidelines and standards prevailed."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yovita Ariani
"Penelitian ini dilakukan berdasarkan bahwa di dalam era teknologi, peranan media massa sebagai salah satu media komunikasi sangat penting dalam menyebarkan informasi termasuk untuk memasarkan produk perusahaan. Untuk dapat memasarkan produk mereka di media massa, tentunya diperlukan alokasi mengenai biaya pemasaran dan seringkali perusahaan tidak mempunyai anggaran yang cukup. Di sisi lain, media massa membutuhkan produk dari perusahaan untuk memenuhi kebutuhan internal mereka dan meningkatkan brand image. Adanya kebutuhan pada masing-masing pihak ini, dapat menimbulkan transaksi barter. Permasalahan yang dapat timbul dalam proses barter ini adalah penentuan nilai barter yang seringkali berbeda dengan nilai sebenarnya dan pengelolaan atas hasil barter yang tidak dilakukan dengan baik dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penilaian risiko dan internal control pada proses pengelolaan barter pada PT X sebagai salah satu perusahaan media massa, sehingga dapat menghasilkan usulan kebijakan dan prosedur agar internal control dapat diterapkan dengan baik dalam menghasilkan informasi yang lengkap dan benar sebagai dasar pengambilan keputusan. Penelitian studi kasus kualitatif pada PT X menganalisis data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menghasilkan kesimpulan. Hasil dari analisis menunjukan bahwa terdapat kelemahan dalam proses barter di PT X yang ditunjukan dengan tidak memadainya pembagian tugas dan tidak adanya kebijakan.

This research is based on in the technological era, the role of mass media is pivotal in disseminating information, which includes the marketing of companies’ products. To market products, budget allocation is necessary and often companies do not have sufficient fund for this. On the other hand, mass media also need products from companies to fulfill their internal needs and to enhance brand image. Having this need, each party may engage in a barter transaction. However, the issue that may arise from this form of transaction is the determinations of barter value that may be different from the actual. Furthermore, insufficient barter goods management may present a loss to the company. The purpose of this research is to analyze internal control in value determination and goods management in barter process at PT X as one of the mass media company, in order to generate recommendation in form of policies and procedures so internal control process can be implemented and provide valuable information for decision making. This qualitative case study research on PT X analyzes data from observation, interview, and documentation to reach conclusion. The results showed that there are weaknesses in the barter process at PT X as shown by the inadequate segregation of duties in doing tasks and absence of policies.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endra Hardy Arisen
"Laporan magang ini dibuat untuk mengevaluasi prosedur audit terkait Search for Unrecorded Liabilities oleh KAP (Kantor Akuntan Publik) BTC untuk PT RNDR dalam rangka audit laporan keuangan tahun yang berakhir pada 31 Desember 2023. Proses audit dilakukan dengan memeriksa dokumen untuk memastikan otorisasi dan kesesuaian informasi antar dokumen pendukung. Evaluasi dilakukan berdasarkan konsep dan standar audit yang berlaku di Indonesia. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa seluruh prosedur audit telah sesuai dengan standar dan konsep audit yang berlaku. Selain itu, laporan magang ini juga mencakup refleksi pribadi setelah menjalani program magang di KAP BTC. Selama magang, kemampuan baru telah berkembang, seperti kemampuan dalam memecahkan masalah dan mengendalikan diri untuk menetapkan prioritas. Namun, masih ada kemampuan lain yang perlu ditingkatkan, baik dalam hal keterampilan interpersonal maupun keterampilan teknis.

The internship report aims to evaluate the audit procedures related to the Search for Unrecorded Liabilities conducted by BTC Public Accounting Firm for PT RNDR for the financial statement audit ending on December 31, 2023. The audit procedures involved document inspection to ensure authorization and information alignment among supporting documents. The evaluation was based on applicable audit concepts and standards in Indonesia. The evaluation results indicated that all of the audit procedures were in compliance with audit standards and concepts. Furthermore, the internship report also includes self-reflection after completing the internship program at BTC Public Accounting Firm. During the internship, new skills such as problem-solving abilities and self-control in setting priorities were developed. However, there are still other skills that need improvement, both interpersonal and technical.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Laksono Pujiwiyoto
"[Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proporsi komisaris independen terhadap financial distress, mengetahui pengaruh blockholder ownership terhadap financial distress, mengetahui pengaruh director ownership terhadap financial distres, dan mengetahui pengaruh jumlah komite audit terhadap financial distress. Metode pengujian yang digunakan adalah dengan analisis regresi berganda berbasis LOGIT. Penelitian ini membuktikan pada periode tahun 2013, hanya blockholder ownership yang berpengaruh signifikan terhadap berkurangnya resiko terjadinya kesulitan keuangan. Sementara komposisi komisaris independen, director ownership, dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap berkurang resiko terjadinya kesulitan keuangan.
;This study aims to determine the effect of the proportion of independent directors on the financial distress, determine the effect on the financial distress blockholder ownership, determine the influence of director ownership of the financial distress, and determine the influence of the number of audit committee financial distress. Testing method used is the multiple regression analysis based on LOGIT. This study proves the period of 2013, only blockholder ownership that significantly influence the reduction of the risk of financial difficulties. While the composition of the independent board, director ownership, and the audit committee did not significantly influence the reduced risk of financial distress.
, This study aims to determine the effect of the proportion of independent directors on the financial distress, determine the effect on the financial distress blockholder ownership, determine the influence of director ownership of the financial distress, and determine the influence of the number of audit committee financial distress. Testing method used is the multiple regression analysis based on LOGIT. This study proves the period of 2013, only blockholder ownership that significantly influence the reduction of the risk of financial difficulties. While the composition of the independent board, director ownership, and the audit committee did not significantly influence the reduced risk of financial distress.
]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59371
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiffanie
"Laporan ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi siklus pengeluaran di PT XYZ dan menganalisis pengendalian internal terkait siklus pengeluaran di PT XYZ, sebuah anak perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi informasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan COSO Framework. Laporan ini juga memberikan rekomendasi yang dapat diterapkan untuk memitigasi risiko yang ada.
Metode analisis yang diterapkan dalam laporan ini meliputi penilaian umum terhadap siklus pengeluaran yang saat ini diterapkan oleh perusahaan, beserta sistem pengendalian internal yang diimplementasikan di dalam siklus pengeluaran tersebut. Selanjutnya, risiko yang masih ada akan diidentifikasi dan kemudian akan diikuti dengan rekomendasi terkait risiko tersebut.
Siklus pengeluaran yang terdapat di PT XYZ saat ini sudah sangat baik, namun masih ditemukan beberapa risiko terkait implementasi, seperti peraturan yang perlu disesuaikan dengan lingkungan setempat serta kapasitas sistem teknologi informasi yang masih perlu ditingkatkan. Maka dari itu, seiring dengan perkembangan perusahaan, perusahaan perlu untuk memberikan perhatian lebih terhadap implementasi siklus pengeluaran beserta pengendalian internalnya agar dapat menjalankan operasi bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien.

The report aims to explain the implementation of expenditure cycle in PT XYZ as well to analyze the internal controls related to expenditure cycle in PT XYZ, a subsidiary of a multinational company which operates in IT industry. The analysis was conducted by referring to the COSO Framework. Moreover, it provides specific recommendations based on the potential risks.
The method of analysis used in this study includes the general assessment of current expenditure cycle applied in the company, along with the internal controls implemented within the cycles. Subsequently, the potential risks will be identified which then generates the specific recommendations.
The expenditure cycle of PT XYZ is already well-implemented, yet it still comprised with potential risks such as regulations which should be adjusted with local condition as well as information system capacity in the company which should be upgraded. Hence, as the company business keeps growing, it is important to focus more on the implementation of its expenditure cycle as well as the internal control in order to achieve the most effective and efficient methods in operating the business.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yuha Nadhirah Qintharah
"ABSTRAK
Karya akhir ini bertujuan untuk merancang manajemen risiko UMKM Saripakuan CV Jarwal Maega Buana . Manajemen risiko dirancang agar UMKM dapat menurunkan level risikonya ke level yang dapat diterima sehingga mereka dapat mencapai sasarannya dengan optimal. Karya akhir ini menggunakan metode studi kasus pada UMKM untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam perancangan manajemen risiko. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 14 risiko di dalam UMKM Saripakuan yang harus ditangani. Dengan adanya perancangan manajemen risiko, tingkatan kematangan risiko UMKM berubah dari Risk Na ve menjadi Risk Defined. Risk Defined merupakan suatu kondisi organisasi yang memiliki manajemen risiko yang sudah formal dan dalam bentuk tertulis.

ABSTRACT
This research aims to design risk management for Saripakuan CV Jarwal Maega Buana as a Micro Small and Medium Enterprise. Risk management is designed for Saripakuan so they may reduce their risk level to acceptable risk level and they can reach their objective optimally. This research uses case study method on Saripakuan SME to obtain the data that required on risk management design. The result of this research shows that there are 14 risks in Saripakuan which should be managed. The design of risk management makes risk maturity level of Saripakuan increased form risk na ve to risk defined. Risk defined is a condition where risk management is formal and in written form. "
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indira Setyorini
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai realita pencapaian target-target amnesti pajak di Indonesia yang dilaksanakan pada 1 Juli 2016 ndash; 31 Maret 2017 di mana nilai uang tebusan hanya mencapai 69,4 dari target, deklarasi aset melampaui target sebesar 122 , dan nilai dana repatriasi hanya mencapai 14,7 dari target. Amnesti pajak tidak berjalan efektif walaupun rancangan program amnesti pajak telah disusun dengan baik. Rendahnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah menjadi hal yang signifikan menghambat efektivitas amnesti pajak. Program amnesti pajak juga memiliki beberapa implikasi di mana penerapan Automatic Exchange of Information AEOI menjadi program yang diekspektasi paling memberikan perubahan signifikan untuk tahun-tahun pajak berikutnya.

ABSTRACT
The report is aimed to explain the targets achievement of tax amnesty that was held from July 1, 2016 to March 31, 2017. Redemption money was only 69.4 achieved, assets declaration was 122 achieved, while repatriatied assets was only 14.7 achieved. Tax amnesty was ineffective although it was well designed. The low credibility of government was the most significant factor on inhibiting the effectiveness of tax amnesty. Tax amnesty gives some implications. The implementation of Automatic Exchange of Information AEOI is expected to give the most significant changes to Indonesia rsquo s taxation for the fiscal years ahead."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Riandri Prasetya
"Laporan magang ini membahas mengenai proses pengauditan atas laporan keuangan PT XYZ yang dilakukan oleh KAP MRP untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2016, khususnya terhadap akun properti investasi. Prosedur audit yang dilakukan dimulai dari tahap penerimaan klien, perencanaan, pengujian dan pengumpulan bukti, hingga evaluasi dan pelaporan. Laporan magang ini juga membahas analisis perlakuan akuntansi yang diterapkan oleh PT XYZ atas properti investasi yang dimilikinya dengan menggunakan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan PSAK 13.
Berdasarkan hasil proses pengauditan, KAP MRP tidak menemukan adanya salah saji material dari hasil pengujian. Penulis mendapatkan 2 temuan yaitu tidak dilakukannya prosedur pemeriksaan perhitungan KJPP dan perbandingan dengan transaksi sejenis. Tetapi, temuan ini tidak menimbulkan salah saji material. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa perlakuan akuntansi dan proses audit yang dilakukan telah sesuai dengan standar yang berlaku.

This internship report explains the process of PT XYZ rsquo s financial statements audit conducted by KAP MRP for the period ended in 31 December 2016, in particular on Investment Properties. Audit procedures performed starting from client acceptance, planning, testing and evidence collection, until evaluation and reporting. This internship report also explains the analysis of the accounting treatment applied by PT XYZ for investment properties in accordance with Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan PSAK 13.
KAP MRP did not find any material misstatements from the test results. I found 2 issue rsquo s that is auditor not complete the examination of KJPP valuation and comparison to recent similar transactions. But, this finding is not cause material misstatements. Based on the analysis, it was concluded that the accounting treatment and audit procedures is in accordance with the applicable standards.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>