Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kresna Bima Sudirgo
Abstrak :
Biaya transportasi adalah salah satu komponen untuk mendapatkan keuntungan maksimal, tetapi sekarang tingkat emisi yang dihasilkan dari kegiatan transportasi juga menjadi perhatian di dunia industri. Model optimal komponen biaya dan emisi diperlukan untuk mendapatkan skenario terbaik yang memiliki biaya dan emisi rendah untuk mendukung komitmen industri ramah lingkungan. Untuk mencapai model yang dapat menyerupai kondisi asli di tempat tertentu kita akan menggunakan metode classifier Naïve Bayes. Model ini akan mengklasifikasikan tingkat keramahan lingkungan dan efisiensi biaya berdasarkan pengukuran berat dan volume menggunakan database yang diperoleh dari area tertentu, pada riset ini periset menggunakan beberapa skenario transportasi dari zona industri yang memiliki aktivitas melalui pelabuhan Tanjung Priok. Sebagai hasil dari pengklasifikasi alat yang dapat mengklasifikasikan tingkat hijau, tingkat biaya dan karakteristik barang yang sesuai (apakah itu cenderung memenuhi berat atau volume) berdasarkan metode pengklasifikasi Naïve Bayes. ......Transportation costs are one of the components to get the maximum profit, but now the level of emissions resulting from transportation activities also becomes a concern in the industry. Optimum models of cost and emissions components required to get the best scenario that has low costs and emissions to support green industrial commitment. To achieve a model that can resemble the original conditions on the specific place we will use the Naïve Bayes classifier method. This model will classify the environmental friendliness and cost efficiency incurred with weight and volume measurement based on existing databases acquired from specific areas, at this study researcher using multiple transportation scenarios from industrial zones that had activity through the Tanjung Priok port. As a result of a classifier of tools that can classify green levels, cost levels and suitable characteristics of goods (whether it tends to meet weight or volume) based on Naïve Bayes classifier methods.
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sidauruk, Ferry
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sebuah metode peningkatan proses bisnis, yang disebut Model-based and Integrated Process Improvement(MIPI), yang diciptakan oleh Sola Adesola dan Tim Baines. Meskipun telah banyak dikenalkan metode peningkatan proses bisnis, para praktisi menemukan banyak kendala saat menerapkan metode-metode tersebut. MIPI merupakan sebuah panduan yang holistik, terstruktur dan prosedural untuk meningkatkan proses bisnis. Implementasi MIPI diharapkan dapat memenuhi persyaratan pelanggan, dan juga untuk mencapai efisiensi dan efektifitas bisnis untuk dapat bersaing dalam pasar dewasa ini, yang dinamis dan kompetitif. Metode MIPI dikembangkan dengan meninjau dan menganalisa metodologi yang telah ada dan memilih kerangka-kerangka yang terdapat pada indikator kinerja kunci (KPI). Dengan penerapan MIPI, industri tidak hanya dapat mengidentifikasi aktifitas yang tidak memberikan nilai tambah pada proses, tetapi juga dapat mensejajarkan pada visi dan misi organisasi. Dengan demikian, para praktisi menerapkan langkah-langkah terstruktur yang konsisten dan efisien saat digunakan dalam peningkatan proses bisnis. Studi kasus dilaksanakan pada sebuah unit perakitan kartu seluler yang mengidentifikasi kebutuhan bisnis dan masalah-masalah menggunakan diagram Pareto menunjukkan ?barcode tidak terbaca oleh alat pemindai? adalah peringkat teratas (33.41%). Pemetaan proses ?as-is?juga diadakan untuk menggambarkan proses bisnis yang ada. Dengan menggunakan diagram sebab-akibat (Diagram tulang ikan) dan analisa Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), dapat diidentifikasi masalah utama adalah ?kurangnya level tinta pada tabung mesin? (angka Risk Priority Number: 125). Rencana tindakan dituangkan ke dalam sebuah matriks, yang disebut Performance Improvement Matrix (PIM) sebagai sebuah roadmap untuk rencana peningkatan proses. Pada akhir penelitian ini, dilakukan perbandingan sebelum dan sesudah implementasi MIPI pada indikator kinerja operasional, seperti: keluhan pelanggan, volume produksi, produk grade ?A?, produk rework, produk reject, material waste, produktifitas staf, angka kecelakaan kerja, dan ketepatan waktu pengiriman barang. ......This research aims to implement a process business improvement methodology, called the Model-based and Integrated Process Improvement (MIPI), created by Sola Adesola and Tim Baines. Although there are many methods have been developed, practitioner still found difficulties when implementing the methods. MIPI shows a holistic, structured and procedural guidance for improving business processes. MIPI implementation is expected not only to meet the customer requirement, but also to run business effectively and efficiently in order to compete in nowadays dynamic and competitive market. MIPI is developed by reviewing and analysing current methodologies and selecting a few frameworks against key performance indicators. Through implementing MIPI methodology, industry is not only can identify non value added activities in their processes but also can align to its organization vision and mision. Hence, practitioners can have structured steps which are consistent and efficient when improving business process. The case study was taken on a unit of celuller card assembly which identified business needs and problem areas using Pareto chart shows that ?unreadable barcodes by scanning devices? is the highest rank (33.41%). As-is process mapping was also conducted to capture current business process architecture. Using the Cause and Effect Diagram (Fishbone Diagram) the and Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), the organization can identify that ?lack of ink level on the assembly machine? is the main problem (Risk Priority Number : 125). Action plan created in to a matrix, called the Performance Improvement Matrix (PIM) as a roadmap for process improvement plan. At the end of this research was conducted an operational performances benchmark pertaining before and after implementing MIPI method in the organisation, such as: customer complaint, production volume, grade ?A? product, rework products, rejected products, waste of raw materials, employee productivity, occurance of accident on work, and on time delivery rate.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T31217
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library