Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Qodri Febrilian Erahman
Abstrak :
ABSTRAK
Studi tentang ketahanan energi energy security menjadi topik yang terus berkembang di kalangan peneliti energi, terlebih situasi produksi minyak terus menurun, kapasitas kilang minyak yang terbatas, tingkat diversifikasi energi yang rendah, secara kualitatif menunjukkan, bahwa Indonesia sedang mengalami situasi yang kurang baik dalam definisi ketahanan energi. Seberapa rendahnya tingkat ketahanan energi tersebut, maka perlu dilakukan pengukuran secara kuantitatif. Sejak tahun 2013 sektor transportasi menjadi konsumen terbesar energi final di Indonesia. Tingginya konsumsi energi sektor transportasi menjadi perhatian tersendiri karena dampak perubahannya mampu mempengaruhi tingkat ketahanan energi nasional. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dari perlakuan kebijakan di sektor transportasi terhadap ketahanan energi. Penelitian ini mengukur ketahanan energi menggunakan 14 indikator dan dikelompokkan ke dalam masing-masing dimensinya diantaranya, yaitu availability, affordability, accessibility, acceptability dan efficiency. Analisis energy security dilakukan dengan metode normalisasi min-max, aggregasi dan pembobotan menggunakan principal component analysis PCA untuk mengatasi masalah subjektivitas dalam penentuan bobot indikator. Hasil menunjukkan, bahwa dampak peningkatan ketahanan energi terjadi pada skenario transportasi massal dan skenario teknologi kendaraan, sedangkan skenario pajak bahan bakar memberikan efek negatif terhadap peningkatan ketahanan energi. Peningkatan ketahanan energi terbesar ditunjukkan oleh skenario teknologi kendaraan untuk kasus PHEV pada rentang tahun 2030 ndash; 2040, namun mengalami penurunan sampai dengan akhir tahun proyeksi yang disebabkan karena faktor emisi pembangkit listrik nasional yang masih relatif tinggi, sehingga penetrasi kendaraan berbasis listrik justru akan meningkatkan jumlah emisi CO2.
ABSTRACT
The study of energy security has become an emerging topic among energy researchers. The decline of oil production, the limited capacity of refineries, the low level of energy diversification, qualitatively shows that Indonesia is experiencing an unfavorable situation in the definition of energy security. therefore, it is necessary to measure energy security quantitatively. Since 2013, the transportation sector has become the largest consumer of final energy in Indonesia. The high energy consumption of the transportation sector is being a particular concern due to the impact to the energy security. Therefore, the aim of this study is to analyze the effects of transport sector policy on the energy security. This study measures the energy security using 14 indicators and grouped into each dimension such as availability, affordability, accessibility, acceptability, and efficiency. Energy security analyzed by min max normalization method and using principal component analysis PCA to overcome the problem of subjectivity in determining the indicator weight. The results show that the scenario of mass transportation and vehicle technology bring an increase in the energy security, while fuel tax scenario has a negative effect on energy security. The greatest increase in energy security is showed by vehicle technology scenarios for the PHEV case during 2030 2040. However, the increase is fall until 2050 due to relatively high of power emission factor, therefore penetration of electric based vehicles will actually increase the number of emissions CO2.
2017
D2433
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puguh Setyopratomo
Abstrak :
Carbon nanotubes CNT dipandang sebagai media yang potensial untuk penyimpan gas hidrogen. Untuk mempercepat pengembangan metode dan teknik-teknik produksi CNT skala komersial, maka pada penelitian ini akan dilakukan produksi CNT dengan metode chemical vapor deposition menggunakan reaktor fluidized bed, dengan katalis Fe-Co-Mo/MgO dan sumber karbon LPG. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kefektifan katalis Fe-Co-Mo/MgO, mengetahui kinerja reaktor fluidized bed dan menguji kinerja CNT yang dihasilkan dalam aplikasinya sebagai penyimpan gas hidrogen. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa katalis dengan loading logam 10 b/b menghasilkan yield CNT tertinggi. Katalis tersebut tetap menunjukkan keaktifan yang tinggi dan terhindar dari deaktifasi akibat sintering sampai suhu reaksi 950 oC. Katalis juga mampu mempertahankan keaktifannya sampai 5 jam waktu reaksi. Meningkatkan rasio massa katalis terhadap laju alir gas umpan berakibat pada turunya yield CNT karena unggun katalis menjadi lebih padat sehingga mengurangi ketersediaan ruang untuk pertumbuhan CNT. Partikel katalis Fe-Co-Mo/MgO memiliki ukuran dalam rentang 135 ndash; 227 nm dan memiliki karakteristik sulit difluidisasi. Fluidisasi terjadi setelah terjadinya pertumbuhan CNT. Pada reaktor fluidized bed yang dirancang, diperlukan zona preheating untuk mengkondisikan zona reaksi berada pada suhu yang diperlukan untuk terjadinya sintesa dan pertumbuhan CNT. Adsorpsi gas hidrogen pada produk CNT mengikuti model Langmuir. Purifikasi as-grown CNT secara signifikan meningkatkan kapasitas adsorpsinya terhadap gas hidrogen dimana pada suhu 30 oC mencapai 32,7 m mol H2/g CNT. Pada kasus ini, penggunaan siklon sebagai alat bantu untuk memisahkan produk CNT yang terbawa aliran gas ke luar reaktor terbukti efektif dalam meningkatkan kapasitas sintesa CNT dengan reaktor fluidized bed. ......Carbon nanotubes are considered as a potential media for hydrogen storage. To accelerate the development of methods and techniques of commercial-scale CNT production, this research will produce CNT by chemical vapor deposition method using fluidized bed reactor with Fe-Co-Mo/MgO catalyst and LPG as carbon source. The objectives of the study are to determine the effectiveness of Fe-Co-Mo/MgO catalyst, to observe the performance of fluidized bed reactor and to investigate the performance of the CNT product in the application as a hydrogen gas storage. From the result of the research, it is found that the catalyst with metal loading 10 w demonstrate the highest CNT yield. The catalyst continues to exhibit high activation and avoid rapid deactivation due to sintering until the reaction temperature reach 950 oC. The catalyst is also able to maintain its activity up to 5 hours reaction time. Increasing the mass ratio of the catalyst to the feed gas flow rate results in the decrease in the CNT yield because the catalyst bed becomes more compact thus reducing the space available for CNT growth. Fe-Co-Mo/MgO catalyst particles have sizes in the range of 135-222 nm and has a characteristic that is difficult to fluidize. Fluidization occurs after CNT growth occurs. on the designed fluidized bed reactor, a preheating zone is required to heat up the reaction zone until it reaches the temperature required for the synthesis and growth of the CNT. Adsorption of hydrogen gas on CNT products follows Langmuir model. As-grown CNT purification significantly increases the adsorption capacity of hydrogen gas in which at 30 oC reach 32.7 m mol H2/g CNT. In this case, the use of cyclone as a tool for separating CNT products carried by gas streams exit the reactor proven effective in increasing the capacity of CNT synthesis in fluidized bed reactors.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
D2453
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joddy Arya laksmono
Abstrak :

Bioetanol yang diproduksi dari hasil fermentasi telah menjadi kandidat yang prospektif dalam mensubstitusi energi alternatif, terutama dalam sektor transportasi. Proses pembuatan bioetanol secara garis besar terdiri dari pre-treatment, sakarifikasi, fermentasi, dan pemurnian. Adapun permasalahan yang terjadi pada proses pemurnian system etanol – air adalah hasil pemurnian etanol secara konvensional hanya menghasilkan kemurnian maksimal 95,63 % b/b, hal ini diakibatkan system azeotrop antara etanol – air. Berdasarkan data ASTM D4806 mengenai spesifikasi teknis bioetanol sebagai bahan bakar, disebutkan bahwa kandungan air yang terdapat dalam bioetanol grade bahan bakar maksimal adalah 1,0 % v/v. Pada penelitian ini, pemurnian bioetanol dilakukan dengan menggunakan teknologi adsorpsi dengan menggunakan adsorben komposit polivinil alkohol/zeolit/karbon. Penelitian awal dilakukan dengan menguji prekursor individu yakni polivinil alkohol, zeolit dan karbon aktif sebagai adsorben pada proses pemurnian bioetanol. Hasil penelitian awal menunjukan bahwa ketiga prekursor tesebut memiliki potensi sebagai adsorben. Untuk kapasitas adsorpsi, karbon aktif (KA) memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan zeolit (Zeo) dan polivinil alkohol (PVA). Sedangkan, selektivitasnya zeolit lebih baik dibandingkan karbon aktif dan polivinil alkohol. Tahap berikutnya adalah preparasi adsorben komposit PVA/Zeo/KA dengan berbagai komposisi karbon aktif dan PVA menggunakan glutaraldehida sebagai crosslinker. Hasil identifikasi menggunakan Fourier Transform Infra-Red (FTIR) terbentuknya ikatan hidrogen pembentuk komposit pada bilangan gelombang 1600 cm-1. Adsorben komposit yang telah dipreparasi kemudian diuji untuk pemurnian bioetanol dengan teknologi adsorpsi. Hasil menunjukan bahwa adsorben komposit PVA/Zeo/KA 1:1:1 memberikan hasil kapasitas adsorpsi 4 kali lebih besar dibandingkan dengan menggunakan adsorben individu dengan nilai 0,79 g air/g adsorben. Untuk komposisi PVA kurang dan lebih dari satu, tidak memberikan hasil yang optimum untuk proses adsorpsi pada pemurnian bioetanol. Penelitian dilanjutkan dengan menguji adsorben komposit pada kolom unggun tetap untuk proses pemurnian bioetanol dan dilakukan perlakuan beberapa kali regenerasi adsorben. Hasil penelitian menunjukan bahwa adsorben komposit PVA/Zeo/KA 1:1:1 memberikan hasil parameter-parameter adsorpsi yang optimal melalui uji kurva breakthrough seperti waktu adsorpsi efektif, waktu penetrasi dan total kapasitas adsorpsi. Dengan melakukan regenerasi sebanyak 5 kali, adsorben komposit PVA/Zeo/KA masih memberikan hasil yang baik walaupun semakin banyak diregenerasi maka nilai dari parameter-parameter adsorpsinya semakin menurun.


Bioethanol produced from fermented products has becomes a prospective candidate in substituting alternative energy, especially in the transportation sector. The processing bioethanol consists of pre-treatment, saccharification, fermentation, and purification, generally. The problems that occurs in the ethanol-water purification process are the purity using conventional ethanol purification which only produces a maximum 95.63% v/v due to the azeotropic system between ethanol-water. Based on ASTM D4806 data regarding the technical specifications of bioethanol as fuel, it is stated that the water content contained in the maximum fuel grade bioethanol is 1.0% v/v. In this study, bioethanol purification was performed using adsorption technology using a polyvinyl alcohol/zeolite/carbon composite adsorbent. The initial research was carried out by testing individual precursors namely polyvinyl alcohol, zeolite and activated carbon as adsorbents in the bioethanol purification process. The results of preliminary studies showed that the three precursors have potential as adsorbents. For adsorption capacity, activated carbon (AC) has a higher value compared to zeolite (Zeo) and polyvinyl alcohol (PVA). Whereas, the selectivity of zeolite is better than activated carbon and polyvinyl alcohol. The next step is the preparation of PVA/Zeo/AC composite adsorbents with various compositions of activated carbon and PVA using glutaraldehyde as a crosslinker. The identification using Fourier Transform Infra-Red (FTIR) formed a hydrogen bond forming a composite at wave number 1600 cm-1. Composite adsorbents that have been prepared were then tested for bioethanol purification with adsorption technology. The results showed that the composite adsorbent PVA/Zeo/AC 1:1:1 gave the results of adsorption capacity 4 times higher than an individual adsorbent with a value of 0.79 g water/g adsorbent. In the study of effect of the PVA composition, PVA with composition less and more than 1 does not provide optimum results for the adsorption process on bioethanol purification. The study was continued by testing the composite adsorbent in the fixed bed column for the bioethanol purification process and also carried out with several times the regeneration of the adsorbent. The results showed that the composite adsorbent PVA/Zeo/AC 1: 1: 1 gave optimal results of adsorption parameters through a breakthrough curve test such as effective adsorption time, penetration time and total adsorption capacity. By regenerating 5 times, the PVA/Zeo/AC 1:1:1 composite adsorbent still gives fine results even though the more regenerated will decreases the value of the adsorption parameters.

2019
D2677
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library